“Bersedekahlah, karena sedekah membawa berkah.”, agaknya pepatah yang satu ini benar-benar dirasakan oleh Sherly Igarsia. Berawal dari rutinitas mengonsumsi madu hitam untuk menjaga kesehatan beliau dan keluarganya yang sudah dijalankan sejak tahun 2018, Sherly merasa sangat sayang jika manfaat madu hitam yang luar biasa ini hanya dia rasakan sendiri, sehingga sejak saat itu dia sering memberikan madu hitam secara gratis kepada tetangga atau teman yang sedang sakit agar mereka juga dapat merasakan manfaat dari madu hitam.

Baca Juga: Imago Raw Honey, Mengubah Hidup Semanis Madu

Namun, siapa sangka ternyata aktivitas berbagi itu kemudian berbuah berkah, banyak tetangga dan rekan yang mulai membeli madu hitam darinya. Melihat tingginya minat terhadap produk madu hitam tersebut, pada bulan Januari 2021 ia pun segera menangkap peluang ini dan mulai serius memasarkan produk madu hitamnya yang di branding secara eksklusif dengan merek Naturale Honey.

Pada Juli 2021 produk Naturale Honey bahkan bisa menjadi salah satu binaan Kimia Farma sehingga Naturale Honey bersama dengan 29 UMKM lain yang terpilih se-Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk mengisi booth Kimia Farma dalam pameran di Jakarta Convention Center dan juga kantor Kimia Farma. Sahabat Wirausaha sekalian penasaran bagaimana perjalanan Sherly Igarsia dalam membangun bisnis Naturale Honey ? Yuk kita simak kisah selengkapnya dibawah ini.


Sekilas Tentang Madu

Berbicara tentang madu, rasa-rasanya kita semua pasti mengenal jenis superfood yang satu ini, substansi makanan manis dan kental yang dihasilkan oleh lebah melalui sekresi nektar bunga tumbuhan.

Baca Juga: Mengintip Peluang Cuan Bisnis Lestari dengan Mengolah Sampah Ampas Kopi dan Teh

Secara ilmiah madu dihasilkan melalui berbagai macam rangkaian yang cukup rumit dari mulai pengambilan nektar bunga, penyimpanan dalam perut lebah yang menyebabkan terjadinya proses enzimatis yang mempengaruhi pH, proses regurgitasi antara lebah pengambil nektar (pekerja) dan lebah rumah, penurunan kadar air, sampai pada akhirnya madu disimpan dalam sarang.

Sumber: pixabay

Dikutip dari hellosehat, beberapa jenis madu yang umum dijumpai di Indonesia diantarnya, Madu Hutan, Madu Hitam (Black Honey), dan Madu Merah (Red Honey). Madu hutan merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah liar non peternakan, sehingga madu hutan cenderung asam namun kaya rasa.

Selanjutnya, yaitu Madu hitam, madu hitam dihasilkan dari nektar bunga pohon mahoni yang mana memiliki kandungan alkaloid yang cukup tinggi sehingga menyebabkan warnanya lebih hitam, rasanya lebih pahit dan teksturnya lebih kental dibanding madu manis pada umumnya. Yang terakhir adalah madu merah (red honey) Madu Merah umuma berasal dari nektar buah durian, duku, dan bunga lainnya di hutan liar ataupun peternakan.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Fitria Apriyani, Jadikan Hobi Sebagai Peluang Usaha


Menjadi Unik dan Khas Ala Naturale Honey

A picture containing diagram

Description automatically generated

Bisnis yang baik biasanya memiliki keunikan atau yang biasa dikenal sebagai USP (unique selling proposition) dibandingkan dengan bisnis lain yang serupa. Keunikan itu bisa berasal dari berbagai macam sisi, contohnya unik dari segi fungsi, kualitas, proses, eksklusifitas, dan sebagainya.

Begitu juga dengan prinsip yang dipegang oleh Sherly dalam mengembangkan bisnis madunya. Menurut Sherly, ada beberapa keunggulan produk Naturale Honey yang membuat produknya berbeda dengan produk madu lain, diantaranya:

Packaging yang cantik dan eksklusif sehingga memperoleh first impression yang baik dari pembeli;

Memberikan kualitas produk terbaik, karena madu Naturale Honey dipanen pada saat tingkat kematangan madu sempurna di dalam sarang sehingga menghasilkan madu yang kental (mengandung kadar air rendah), tidak asam (tidak bergas) dan secara khasiat lebih optimal untuk kesehatan;

Untuk varian madu Hitam Naturale Honey memiliki keunikan dibandingkan dengan madu hitam lain hal ini dikarenakan rasanya tidak terlalu pahit seperti kebanyakan madu hitam yang dijual dipasaran. Khasiatnya juga terbukti optimal dalam membantu customer menormalkan gula darah, kolesterol, tekanan darah, asam urat dan asam lambung, sehingga customer berusia 40 tahun ke atas banyak yang rutin repeat order setelah pembelian pertama;

Baca Juga: Bagaimana UKM Dapat Memvalidasi Potensi Produk dan Peluang Pasar?

Selain madu hitam, Naturale Honey juga memiliki varian madu lain, yaitu Red Honey. Red Honey dari Naturale juga memiliki keunikan karena rasanya yang enak, kental, tidak terlalu manis seperti madu lain di pasaran, dan juga tidak memiliki aroma yang menyengat sehingga cocok digunakan sebagai campuran minuman hangat atau toping kue tanpa merusak rasa. Selain itu Red Honey dari Naturale Honey juga disukai anak-anak dan tentunya ini sangat memudahkan orang tua dalam membiasakan anak minum madu.


Menjadi Binaan Kimia Farma

Kesuksesan itu biasanya selalu tentang kesempatan yang bertemu dengan momentum. Paling tidak itu yang dirasakan langsung oleh Sherly selama ia membangun usaha Naturale Honey.

“Nah, ini ceritanya berawal dari konsumen Naturale Honey yang rutin menjual produk madu kami, pada satu ketika saya diberitahu bahwa Kimia Farma sedang mencari rekanan binaan UMKM, dari situ saya coba apply dan lengkapi semua persyaratan yang diminta, hingga pada akhirnya kami bisa lolos menjadi salah satu UMKM terpilih dari 30 besar UMKM yang akan menjadi binaan Kimia Farma.” Begitu ujar Sherly.

Proses seleksi yang cukup ketat, tidak membuat Sherly menyerah, proses kurasi tersebut meliputi pengecekkan kualitas produk, kemasan, perizinan, memastikan strategi pemasaran sudah berjalan bahkan sampai keseriusan pemilik usaha dalam mengembangkan bisnisnya juga dinilai. Tentunya hal ini bisa ditempuh karena sikap proaktif dan passion dari Sherly sendiri sebagai owner dari Naturale Honey.

Baca Juga: Melirik Peluang Bisnis di Sektor Pertanian Lewat Inovasi


Tantangan Selama Berbisnis Naturale Honey

Setiap bisnis pasti akan menemukan tantangan dalam setiap perjalanannya, bagi Sherly ini adalah hal yang sangat wajar, tentunya bukan untuk meremehkan melainkan untuk senantiasa melakukan tindakan preventif jika belum terjadi dan solutif jika tantangannya sedang terjadi.

Saat ini menurutnya, tantangan terbesar yang dihadapi oleh Naturale Honey adalah banyaknya kompetitor dengan Brand yang sudah cukup besar dan dikenal. Tentunya jika harus head to head langsung dengan strategi mereka ia rasa tidak akan sanggup.

Baca Juga: Mereka yang Berbisnis Dengan Hati dan Berdampak Sosial

Namun, disinilah seninya sehingga Ia memilih untuk sedikit menggeser target marketnya dan memulai memasarkan produk Naturale Honey dari lingkungan sekitar seperti tetangga, rekan kerja, dan lainnya. Sampai Brand Naturale Honey dan personal branding dari owner dikenal baik oleh konsumen.


Marketing Strategy Ala Naturale Honey

Pada bulan pertama launching, Naturale Honey bisa terjual sampai 100 Kg dan pada bulan selanjutnya angka penjualannya bahkan bisa tembus sampai 200 Kg/ bulan. Hal ini tentunya adalah karena strategi marketing yang diterapkan Sherly cukup tepat.

Beberapa diantara strategi marketing yang dijalankan oleh Sherly adalah mengoptimalkan pemakaian sosial media pribadi sebagai alat promosi baik facebook, whatsapp dan instagram. Promosi tersebut ia lakukan dengan rutin sehingga calon pembeli terpengaruh untuk membeli.

Baca Juga: Kisah Bakpia Matur Nuwun 672, Bisnis Pantang Menyerah yang Diawali Cinta

Kemudian, untuk meningkatkan persentase penjualan atau yang biasa dikenal dengan conversion rate dari setiap calon pembeli yang datang tentunya perlu ada trust factor yang dibangun. Salah satu trust factor tersebut adalah testimonial pengiriman dan produk yang rutin diminta oleh Sherly kepada pembeli yang loyal sehingga hal ini bisa menambah tingkat kepercayaan pelanggan baru dari Naturale Honey.

Selain itu, Sherly juga tidak ingin menyia-nyiakan hadirnya platform marketplace sebagai toko online. Karena dengan menggunakan toko online jangkauan pemasaran akan lebih bisa optimal. Naturale Honey sendiri sudah ada di salah satu marketplace sejak september 2020 yaitu di Tokopedia, jadi sahabat wirausaha yang ingin mampir ke toko online Naturale Honey di Tokopedia bisa klik disini.

Baca Juga: Kemitraan, Strategi Bisnis UMKM Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan


Tips Berbisnis dari Naturale Honey untuk Sahabat Wirausaha

Berbisnis tidaklah mudah, namun bukan berarti sulit ya sahabat wirausaha. Kita hanya perlu fokus kepada bisnis yang saat ini sedang dijalankan, dan harus adaptif dalam menyikapi perkembangan teknologi. Saya jadi teringat salah satu konsep dalam buku Attomic Habbit karangan James Clear yang intinya If you master continuous improvement and get 1% better each day for one year, you'll end up 37 times better by the time you're done.

Hal itu juga yang dilakukan oleh Sherly dalam mengembangkan usaha Naturale Honey yang ia bangun sampai sekarang, yaitu fokus melakukan peningkatan kualitas produk, pelayanan, branding dan pemasaran secara kontinyu sehingga tanpa terasa bisnis kita sudah berada diposisi yang lebih baik.

Jika Sahabat Wirausaha ingin lebih dalam lagi mengenal Naturale Honey sahabat bisa langsung mengunjungi Toko Naturale Honey di Jl Guntur 4 No.1 Kayuringin Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, atau bisa juga melalui media sosial berikut Whatsapp: 08121034095, Instagram: @naturalehoney.id dan Tokopedia: naturalestore.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. Interview Langsung dengan Owner Naturale Honey
  2. https://ukmjuwara.id/ukm/naturale-honey
  3. https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/jenis-madu/
  4. https://www.tokopedia.com/naturalestore/
  5. https://pixabay.com/id/photos/lebah-sayang-lebah-madu-sarang-madu-345628/