UKM Indonesia

Kemitraan, Strategi Bisnis UMKM dalam Meningkatkan Omzet Penjualan

Penulis : Achmad S. - Barantum
02 Januari 2020
Lama Baca : 5 menit

Apapun namanya, ketika sebuah bisnis di jalankan, sudah pasti tujuannya adalah agar produk yang di hasilkan bisa terserap dengan baik di pasar. Sehingga diharapkan dengan kondisi seperti itu. Omzet penjualan bisa di maksimal-kan sesuai dengan apa yang menjadi harapan bersama.

Melihat pentingnya sebuah bisnis di jalankan dengan strategi yang matang. Sudah pasti hasilnya akan menjadi maksimal. Namun sayang besarnya potensi yang dimiliki pelaku bisnis UMKM masih menghadapi beberapa kendala. Salah satunya adalah masalah pengembangan jaringan usaha, pemasaran, dan kemitraan.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Kinerja Reseller

Oleh karena itu, memang dibutuhkan adanya sinergi yang baik dan terarah tidak saja dari pemerintah terkait tapi juga dari pelaku bisnis. Sehingga dengan terjadinya sinergi bisnis yang baik dan benar, maka sudah pasti peningkatan omzet dari pebisnis UMKM bisa lebih mudah untuk di tingkatkan.

Salah satu konsep kemitraan yang saat ini menjadi salah satu hal yang cukup membantu pelaku bisnis UMKM adalah terkait dalam sektor aplikasi teknologi. Dimana Barantum sebagai salah satu perusahaan yang fokus dalam bidang CRM (Customer Relationship Management) mencoba mengajak semua pihak termasuk instansi pemerintah atau swasta guna meningkatkan performa UMKM yang ada di Indonesia. Kenapa, karena saat ini dengan semakin tingginya kebutuhan bisnis akan penerapan aplikasi teknologi membuat pelaku bisnis UMKM perlu melakukan sinkronisasi dengan sistem yang ada agar perkembangan dan pengembangan bisnis UMKM menjadi lebih maksimal.

Baca Juga : Komunikasikan Target Usaha Pada Karyawan Dengan Cara Ini

Memang ketika berbicara soal aplikasi teknologi, bisa dikatakan begitu banyaknya aplikasi membuat pelaku bisnis UMKM menjadi sulit menentukan aplikasi mana yang memang benar-benar di butuhkan oleh mereka. Namun ada beberapa dasar yang bisa menjadi pegangan bagi pelaku bisnis UMKM dalam menentukan aplikasi teknologi mana yang pas dengan bisnis yang saat ini mereka jalankan.

Baca Juga: Tips Melakukan Riset Pasar Bagi UMKM

Barantum adalah aplikasi bisnis yang mampu meningkatkan omzet penjualan pebisnis UMKM. Itu bisa menjadi salah satu rujukan bagi pebisnis UMKM dalam menentukan jenis aplikasi yang bisa dipakai. Beberapa hal penting yang akan di dapatkan ketika pelaku bisnis UMKM melakukan sinergi dengan pebisnis yang fokus dalam bisnis aplikasi teknologi. Pertama sudah pasti mereka akan terbantu untuk bisa lebih cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Kedua pelaku bisnis akan bisa menentukan berapa persen peningkatan omzet yang akan bisa di capai dari pelaku bisnis tersebut. Ketiga pelaku bisnis akan lebih ter-konsep dalam merencanakan strategi bisnisnya ke depan, karena semua hal yang berkaitan dengan bidang marketing telah di backup oleh mitra bisnis yang bersangkutanBaca Juga: Tips Memulai Bisnis Dengan Modal Minim


Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

.
Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: