Dalam jangka menengah dan panjang, pasar Eropa untuk buah tropis kering diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan volume yang stabil sebesar 5-7% setiap tahunnya. Pertumbuhan ini kemungkinan besar didorong oleh perubahan pola konsumsi konsumen Eropa, termasuk meningkatnya permintaan akan pilihan jajanan sehat dan penurunan konsumsi jajanan manis. Inggris, Jerman, Perancis, Belanda, Belgia dan Italia menawarkan peluang bagi pemasok negara berkembang.

Indonesia sebagai salah satu negara tropis memiliki peluang yang sangat besar dalam ekspor produk ini ke negara-negara Eropa. Tapi apakah Sahabat Wirausaha bingung mendapatkan pembeli atau importirnya? Yuk simak artikel ini.


Apa Itu Buah Tropis Kering?

Buah tropis kering adalah produk yang dibuat dari buah matang yang asli atau tumbuh di daerah tropis (zona iklim sekitar khatulistiwa), diproses dengan cara dikeringkan, baik dengan sinar matahari atau metode dehidrasi lain yang dikenal, dengan atau tanpa bahan pemanis tambahan (seperti seperti gula tebu) dan bahan tambahan makanan. Cara lainnya adalah dengan merendam buah dalam sirup sebelum dikeringkan, sehingga menghasilkan produk yang sangat manis dan tahan lama. Hal ini banyak dilakukan untuk buah-buahan lunak, seperti pepaya dan nanas.

Buah tropis kering yang paling populer di Eropa antara lain pisang kering, mangga, nanas, dan pepaya. Namun jenis buah tropis kering lainnya juga mulai populer, seperti jambu biji, belimbing (belimbing), durian, rambutan, markisa, nangka, dan pitahaya.

Buah tropis kering digunakan di rumah, sebagai makanan ringan atau bahan masakan, di tempat lain di hotel, restoran dan tempat lainnya, dan di industri makanan, seperti produk roti dan kembang gula, atau dalam campuran sereal sarapan.

Baca Juga: 5 Daftar Jaringan Komunitas Ekspor yang Bisa UMKM Ikuti


Mengapa Eropa Pasar Yang Potensial?

Rata-rata volume impor buah tropis kering Eropa mengalami peningkatan sebesar 7% (selain 2019 karena COVID). Khususnya impor mangga kering dan nanas kering terus meningkat.

Hampir semua impor dari luar Eropa berasal dari negara-negara berkembang. Dalam lima tahun ke depan, pasar buah tropis kering Eropa kemungkinan akan meningkat dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 5-7%. Fluktuasi reguler impor akan terus dipengaruhi oleh volume panen dan fluktuasi harga dibandingkan perubahan permintaan.


Bagaimana Segmen Pasar Buah Tropis Kering di Eropa?

1. Segmen Makanan Ringan

Sekitar 40% buah tropis kering impor di Eropa dijual sebagai makanan ringan. Konsumsi buah tropis kering alami (khususnya mangga kering) semakin meningkat, namun pangsa pasar yang besar masih didominasi oleh buah tropis kering yang diberi gula.

Saat ini, buah tropis kering yang paling populer adalah mangga kering, disusul nanas kering. Segmen makanan ringan dilayani oleh perusahaan pengepakan yang mengemas ulang dan memberi merek buah tropis curah impor. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini mengemas buah-buahan tropis kering dengan label pribadi untuk jaringan ritel Eropa. Beberapa perusahaan mempunyai merek sendiri, namun biasanya pasar terkonsentrasi dan jumlah perusahaan yang relatif kecil di masing-masing negara Eropa memasok segmen makanan ringan. 

2. Segmen Bahan Baku

Industri sereal sarapan adalah pengguna utama buah tropis kering yang mengandung gula. Untuk memenuhi permintaan konsumen akan produk rendah gula, diperkirakan produsen sereal sarapan akan semakin banyak menggunakan buah kering tropis (yang dilengkapi dengan pemanis alami seperti jus buah pekat) dibandingkan buah kering yang dimaniskan dengan sirup gula.

Industri penganan terutama menggunakan buah-buahan tropis yang dipotong untuk menghasilkan makanan ringan yang manis. Formulasi produk baru semakin banyak menggunakan buah tropis kering yang dilapisi dengan coklat dan bahan kaca manis lainnya.

Industri roti menggunakan potongan buah tropis kering mentah dalam kue kering, kue kering, dan kue kering. Industri roti masih merupakan pengguna penting buah-buahan tropis kering yang diberi pemanis, seperti potongan mangga kering, pepaya, dan nanas.

Batangan buah tropis kering tersedia dalam semakin banyak varietas. Buah batangan organik semakin populer (terutama di Jerman). Buah tropis yang dikeringkan secara alami digunakan sebagai bahan buah utama di beberapa batangan buah, sementara batangan lainnya sebagian besar terdiri dari pure buah kering.

Industri susu menggunakan buah tropis kering sebagai bahan olahan buah untuk es krim rasa tropis, atau yoghurt buah.

Baca Juga: Membedah Importir Kelapa Kering di Eropa


Bagaimana Jalur Masuk Importir Buah Tropis Kering di Eropa?

1. Importir/Grosir

Dalam kebanyakan kasus, importir bertindak sebagai pedagang grosir. Mereka sering kali menjual buah tropis kering ke perusahaan pengepakan yang mengemasnya untuk dijual ke konsumen. Beberapa importir juga memiliki peralatan pengolahan dan pengepakan sendiri, sehingga mereka juga dapat memasok langsung ke saluran ritel dan layanan makanan. Namun, banyak merek buah kering penting yang mengimpor buah tropis kering secara langsung, dibandingkan membelinya melalui importir khusus.

Importir biasanya memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pasar Eropa dan mereka memantau dengan cermat perkembangan di negara-negara penghasil buah tropis kering. Oleh karena itu, mereka adalah kontak pilihan Anda, karena mereka dapat memberi tahu Anda secara tepat waktu mengenai perkembangan pasar dan memberikan saran praktis mengenai ekspor. Importir buah tropis kering juga sering mengimpor jenis buah kering dan kacang-kacangan lainnya, sehingga menawarkan produk lain selain buah tropis kering dapat meningkatkan daya saing Anda.

Posisi importir dan produsen pangan mendapat tekanan dari pengecer. Tingginya permintaan yang dibebankan oleh industri ritel menentukan dinamika rantai pasokan dari atas ke bawah. Tekanan ini tidak hanya berarti harga yang lebih rendah, tetapi juga nilai tambah dalam bentuk produk yang “berkelanjutan”, “alami”, “organik”, atau “perdagangan yang adil”. Oleh karena itu, transparansi dalam rantai pasok sangat diperlukan. Untuk mencapai hal ini, banyak importir mengembangkan kode etik mereka sendiri dan membangun hubungan jangka panjang dengan pemasok pilihan mereka di negara berkembang.

 2. Pengemas Buah Kering

Sebagian besar merek buah kering terkemuka di Eropa mengimpor buah tropis kering secara langsung. Bagi pemasok baru, tantangannya adalah menjalin hubungan jangka panjang dengan perusahaan buah kering ternama, karena mereka biasanya sudah bekerja sama dengan pemasok terpilih. Importir mapan melakukan audit dan mengunjungi negara-negara produsen secara teratur. Banyak kontak baru menyadari bahwa mereka harus menawarkan kualitas yang sama dengan harga lebih rendah dibandingkan pesaing mereka, pada awal hubungan. Banyak pengepakan buah kering akan meminta Anda untuk mematuhi kode etik tertentu, karena mereka berada di bawah tekanan besar dari industri ritel, seperti yang telah disebutkan.

 3. Agen/Broker

Agen yang terlibat dalam perdagangan buah tropis kering biasanya melakukan dua jenis kegiatan. Agen biasanya bertindak sebagai perusahaan independen yang bernegosiasi atas nama klien mereka dan sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Biasanya, mereka membebankan komisi mulai dari 2% hingga 4% dari harga jual untuk layanan perantara mereka.

Kegiatan lain yang dilakukan pihak-pihak tersebut adalah penyediaan private label untuk jaringan ritel Eropa. Bagi sebagian besar pemasok di negara berkembang, sangat sulit untuk berpartisipasi dalam prosedur tender label swasta yang menuntut. Untuk layanan ini, beberapa agen, bekerja sama dengan pemasok buah tropis kering mereka, berpartisipasi dalam prosedur pengadaan yang dilakukan oleh rantai ritel.

Agen buah tropis kering di pasar utama Eropa antara lain sebagai berikut: Kenkko (Inggris), Hpm Warenhandelsagentur (Jerman), MW Nuts (Jerman) dan QFN (Belanda).

Baca Juga: 5 Tahap Optimalisasi LinkedIn Agar Profilmu Terlihat Profesional, Efektif Untuk Cari Buyer Ekspor!

 4. Perusahaan Ritel/Pengecer

Pengecer jarang membeli langsung dari eksportir negara berkembang. Baru-baru ini, sektor ritel menjadi semakin terpolarisasi, dengan adanya pergeseran ke arah segmen diskon atau segmen kelas atas. Sampai saat ini, buah tropis yang dikeringkan secara alami ditawarkan terutama di segmen ritel kelas atas. Namun, dalam dua tahun terakhir, buah tropis kering juga telah ditawarkan oleh beberapa toko diskon besar di Eropa (misalnya mangga kering “Simply Nature” dari ALDI atau mangga kering dan nanas kering “Alesto” dari Lidl).

Perusahaan ritel makanan terkemuka di Eropa berbeda-beda di setiap negara. Perusahaan dengan pangsa pasar terbesar adalah Schwartz Gruppe (merek Lidl dan Kaufland), Carrefour, Tesco, Aldi, Edeka, Leclerc, Metro Group, Rewe Group, Auchan, Intermarché dan Ahold (Delhaize, Albert Heijn dan beberapa merek lainnya).

 5. Perusahaan Layanan Makanan

Saluran jasa makanan (hotel, restoran dan perusahaan katering) biasanya dipasok oleh importir khusus (pedagang grosir). Segmen jasa makanan sering kali memerlukan kemasan khusus buah tropis kering dengan berat 1 kg hingga 5 kg, yang berbeda dengan persyaratan kemasan curah atau eceran.

Masakan dunia, makanan sehat, dan kenikmatan makanan merupakan kekuatan pendorong utama dalam saluran layanan makanan di Eropa. Jenis bisnis yang tumbuh paling cepat cenderung berupa restoran cepat saji, jajanan kaki lima, dan restoran pop-up baru (yang lebih sehat), serta restoran yang menyajikan masakan internasional dan bar sandwich.


Siapa Saja Importir Buah Tropis Kering Yang Potensial?

1. Importir Inggris

Mayoritas buah tropis kering di Inggris dijual sebagai makanan ringan. Pangsa pasar terbesar dipegang oleh jaringan ritel private label seperti Tesco, Sainsbury's, ASDA, dan Morrisons. Jaringan ritel umumnya dipasok melalui pengepakan lokal dan perusahaan merek Eropa dan mereka jarang mengimpor produk siap pakai secara eceran langsung dari negara berkembang.

Merek terkemuka yang menjual buah tropis kering termasuk Whitworths, Forest Feast, Crazy Jack, dan Tree of Life. Buah tropis kering juga semakin banyak digunakan sebagai bahan pembuat buah batangan (misalnya Fruit Doctor) dan sereal sarapan (misalnya sereal Dorset). Produk makanan ringan buah tropis kering yang inovatif meliputi buah gulung dan makanan ringan buah renyah.

Baca Juga: Syarat Ekspor Pangan Olahan yang Perlu UMKM Ketahui, Punya Permintaan Tinggi di Luar Negeri!

2. Importir Belanda

Belanda adalah importir pisang kering (keripik pisang) terbesar di Eropa, dengan Ekuador sebagai pemasok utama. Pada tahun 2019, Belanda mengimpor 2,2 ribu ton pisang kering, yang mencakup lebih dari setengah total impor Eropa. Lebih dari 90% pisang kering yang diimpor kemudian diekspor kembali ke negara-negara Eropa lainnya, dengan Jerman sebagai target pasar utama.

Lebih dari 90% buah tropis kering yang diperdagangkan secara lokal dijual oleh label supermarket swasta seperti Albert Heijn, Jumbo, jaringan ritel kesehatan seperti Holland & Barrett atau toko diskon seperti Lidl.

Volume impor buah tropis organik di Belanda relatif tinggi dan dipimpin oleh salah satu importir organik khusus terbesar di Eropa, Tradin Organic (pisang kering organik, mangga, dan pepaya). Contoh merek khusus organik dengan rangkaian buah tropis kering adalah Smaakt, Lucy Superfood, dan Horizon.

3. Importir Jerman

JJerman merupakan pasar yang sangat menarik untuk buah tropis kering organik, karena negara ini merupakan pasar makanan organik terbesar di Eropa. Selain itu, penjualan buah tropis kering bebas gula dan bebas pengawet juga meningkat. Salah satu segmen pasar yang menawarkan peluang khusus bagi pemasok buah tropis kering adalah segmen buah batangan. Semakin banyak peluncuran produk batangan buah yang mengandung buah tropis kering. Contohnya termasuk Lubs, Alnatura, DM. Namun, beberapa batangan buah dihasilkan dari pure buah dan bukan dari buah kering.

Contoh merek buah tropis kering Jerman antara lain Seeberger, Farmer’s Snack, Kluth, atau MorgenLand. Selain makanan ringan dan buah batangan yang disebutkan sebelumnya, buah tropis kering merupakan bahan penting dalam campuran sereal sarapan. Namun, penggunaan buah tropis kering yang mengandung gula dalam sereal sarapan lebih besar dibandingkan penggunaan buah tropis kering alami. Namun, buah kering tanpa tambahan gula diperkirakan akan menggantikan buah yang mengandung gula dalam sereal sarapan dalam waktu dekat.

4. Importir Perancis

Merek private label dari pengecer besar (seperti Carrefour atau Auchan) sangat kuat dalam penjualan buah tropis kering di Prancis. Merek swasta independen terkemuka termasuk Maître Prunille dan Brousse Vergez. Beberapa merek yang memiliki kehadiran kuat di segmen organik antara lain Juste Bio dan Daco Bello. Buah organik kering banyak digunakan dalam sarapan muesli. Namun, beberapa produsen sereal sarapan menggunakan buah tropis dari bubur kering beku, bukan buah tropis kering.

Buah tropis kering juga dijual di supermarket Prancis tanpa merek, per berat, atau dalam kemasan eceran transparan sederhana. Beberapa campuran tropis kering dijual sebagai bahan muesli buatan sendiri. Semua merek supermarket (private label) di Perancis mulai menggunakan label nutriscore untuk memberi label pada mangga kering. Buah tropis kering biasanya diberi label “C”, artinya memiliki nilai gizi rata-rata. Muesli dengan bahan buah tropis kering dapat diberi label “A” tergantung komposisinya.

Banyak buah tropis kering diimpor ke Perancis melalui Belanda, namun kini semakin banyak perusahaan yang membeli buah tropis kering langsung dari negara produsen. Perusahaan-perusahaan tersebut berinvestasi dalam pengadaan sumber daya yang etis dan berupaya membantu komunitas lokal di negara-negara berkembang. Contoh perusahaan tersebut adalah Agro Sourcing dan Direct Producteurs Fruits Secs.

Baca Juga: Makin Diminati, Potensi Produk Makanan Olahan Asal Indonesia di Pasar Australia

Bagaimana Sahabat Wirausaha? Apakah sekarang makin yakin untuk mengekspor buah kering tropis ke Eropa? Coba telusuri berbagai perusahaan dalam artikel ini. Jangan lupa juga untuk pelajari juga kebutuhan konsumen disana. Kita dapat mengetahui bahwa yang dibutuhkan dari mereka adalah buah kering yang berkualitas tinggi serta sehat. Proses produksi yang etis juga merupakan salah satu faktor terpenting.

Indonesia sebagai negara tropis yang besar pastinya memiliki potensi yang kuat. Masa kita kalah dengan Filipina dan Thailand yang jelas-jelas ukuran negara dan jumlah penduduknya jauh lebih kecol dari Indonesia. Yuk semangat untuk memasarkan buah kering dari Indonesia ke Eropa!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. CBI (2021). Entering the European market for dried tropical fruit
  2. CBI (2021). The European market potential for dried tropical fruit