Indonesia merupakan salah satu negara produsen pakaian pria yang besar. Di satu sisi, Eropa adalah salah satu importir pakaian pria yang lebih signifikan di dunia. Pada tahun 2021, nilai impor pakaian pria ke Eropa mencapai €5,0 miliar. Eropa juga merupakan pengekspor ulang pakaian pria yang besar. Pada tahun 2021, mengekspor pakaian pria senilai €3,8 miliar.

Sayangnya, untuk ekspor pakaian pria ke Eropa, Indonesia kalah jauh bersaing dengan negara-negara Bangladesh, China, India, bahkan Vietnam. Salah satu faktor utama adalah karena kebanyakan pengusaha pakaian pria tidak memiliki wawasan yang baik mengenai pasar dan importir di Eropa. Di artikel ini, kita akan membahas tuntas bagaimana jalur masuk serta terdapat daftar importir pakaian pria di Eropa.


Bagaimana Segmen Pasar Pakaian Pria Di Eropa?

Pasar terutama tersegmentasi berdasarkan tingkat harga/kualitas. Berikut ini adalah segmen-segmennya:

1. Konsumen Mewah (Kelas Atas)

Konsumen mode kelas atas berbelanja di brand mewah seperti Luigi Borrelli, Charvet, Paul Smith, dan Acne Studios. Konsumen ini mengharapkan pakaian untuk mewakili citra brand yang kuat dan tren fashion terkini dalam pakaian pria dengan fokus pada kenyamanan maksimal. Brand kaos pria di pasar mewah membutuhkan bahan dan manufaktur berkualitas tinggi, inovasi teknis terbaru, dan desain yang sangat nyaman.

Baca Juga: Ternyata Menjanjikan, 3 Ide Bisnis dari Barang Bekas yang Layak Dicoba!

2. Konsumen Pasar Menengah dan Menengah ke Atas

Di segmen pasar ini, brand menjual koleksi yang dibuat berdasarkan citra brand dan menawarkan produk berkualitas baik dengan harga menengah. Produk harus memiliki tampilan dan nuansa produk kelas atas, tetapi harga eceran lebih rendah, terkadang bahkan jauh lebih rendah. Citra brand semakin berpusat pada keberlanjutan. Pasar ini berkembang. Contohnya termasuk Asket, Scotch & Soda, Profuomo, SuitSupply dan Eton Shirts.

3. Konsumen yang Sadar Harga (Kelas Bawah)

Pasar ini mencakup perusahaan seperti H&M, Jack & Jones, Only & Sons, Vero Moda, Pull & Bear, Primark, Decathlon, Monoprix, dan C&A, yang melayani konsumen yang sadar harga. Volume tinggi tetapi harga rendah dan persaingan sengit di segmen pasar ini, baik yang berkaitan dengan ritel maupun manufaktur. Supermarket di 6 pasar utama Uni Eropa menawarkan berbagai kebutuhan dasar dengan harga yang sangat kompetitif.


Apa Saja Jalur Masuk Importir Pakaian Pria Di Eropa?

Ada berbagai jalur masuk pakaian pria di pasar Eropa. Setiap jenis pembeli membutuhkan pendekatan khusus. Sahabat Wirausaha sebaiknya selalu berusaha mencari tahu di bagian rantai nilai mana pembeli beroperasi, tantangan apa yang mereka hadapi di pasar, dan bagaimana Sahabat Wirausaha dapat berkontribusi pada strategi penjualan mereka. Yuk kita bahas masing-masing.

1. Perantara Seperti Agen, Pedagang, Importir, Perusahaan Label Pribadi, dan Vendor

Mereka berfokus pada harga dan membutuhkan fleksibilitas dalam jumlah dan kualitas. Beberapa, seperti Li & Fung, terletak di dekat atau di negara produsen dan terutama melakukan pengadaan dan logistik. Lainnya, seperti Dewhirst, bekerja dari Eropa dan lebih fokus pada riset pasar, desain, dan penyimpanan stok. Tingkat layanan mereka menentukan tingkat komisi yang mereka tetapkan.

2. Brand Independen 

Mereka biasanya mengembangkan koleksi 12 bulan sebelumnya. Sahabat Wirausaha memerlukan ruang sampel yang besar karena brand memerlukan sampel dari setiap gaya koleksi. Setiap sampel harus aktual. Ini berarti harus terlihat persis seperti produk yang akan terlihat di toko, termasuk hangtag dan aksesoris. Mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan sebelum pesanan dilakukan. Proses penjualan ini dapat menyebabkan keterlambatan produksi serta ketidakpastian peramalan jumlah, termasuk untuk bahan baku.

3. Retailer

Jika Sahabat Wirausaha ingin menjual ke retailer, nama terbesar di pakaian pria adalah H&M dan C&A. Retailer dapat memesan dengan relatif mudah karena mereka hanya memerlukan satu sampel pengembangan untuk konfirmasi pesanan. Kuantitas pesanan biasanya tinggi, seperti tekanan harga.

Baca Juga: Impor Pakaian Bekas Dilarang, Berikut Solusi Kreatif untuk Bisnis Thrifting Agar Bisa Bertahan

4. Retailer Multi-brand Online 

Contohnya seperti Zalando, Asos, Yoox, dan LYST, menjual brand yang sudah ada dan mengembangkan koleksi pribadi mereka sendiri, sebagian besar brand bernilai. Mereka dapat mendeteksi minat pasar dengan sangat cepat dan akan langsung bereaksi berdasarkan data penjualan. Biasanya, perusahaan seperti itu pertama-tama akan melakukan pemesanan percobaan kecil. Jika barang terjual dengan baik, mereka akan menempatkan pesanan produksi yang sebenarnya. Pengiriman cepat adalah suatu keharusan.

5. Pasar Barang Bekas 

Ini dilayani oleh platform online seperti vestiairecollective.com, vinted.com dan depop.com, atau situs web nasional seperti marktplaats.nl (Belanda). Beberapa brand dan retailer telah meluncurkan platform bekas mereka sendiri, seperti Sellpy by H&M.

6. Platform Online Marketplace 

Contohnya seperti Alibaba, Wish, Amazon, dan Wolf & Badger. Sebagian besar konsumen online dapat ditemukan di negara-negara di barat laut Eropa. Sahabat Wirausaha perlu berinvestasi di toko web, stok, manajemen pesanan, dan layanan pelanggan. Tantangan terbesar Sahabat Wirausaha adalah kebijakan pengembalian dan kurangnya kesadaran brand, sehingga sulit menemukan pembeli di luar pasar anggaran.


Negara-Negara Importir Pakaian Pria Terbesar Di Eropa

Pasar Eropa Barat jauh lebih besar dan berkembang lebih baik daripada pasar Eropa tengah dan timur dalam hal organisasi rantai pasokan dan kontrol kualitas. Pasar impor teratas untuk pakaian pria di UE adalah Jerman, Prancis, Italia, Belanda, Spanyol, dan Polandia. Enam negara teratas ini bersama-sama menyumbang 72,9% dari impor pakaian pria di Uni Eropa, yang menurun dengan rata-rata 5,2% per tahun antara 2016 dan 2021.

Tabel dibawah ini menggambarkan detil kinerja impor pakaian pria masing-masing negara.

Negara

Nilai Impor Pakaian Pria

Jerman

1,13 milyar Euro

Perancis

716 juta Euro

Italia

546 juta Euro

Belanda

504 juta Euro

Spanyol

494 juta Euro

Polandia

227 juta Euro

Pusatkan upaya ekspor Anda di enam pasar teratas tersebut, karena mereka adalah rumah bagi pasar pakaian pria terbesar di Eropa. Masing-masing negara ini memiliki toleransi yang tinggi terhadap pemasok non Eropa. Kunjungi situs web importir utama masing-masing negara untuk menentukan persyaratan dan estetika berbagai sektor Fashion Sportswear.

Pertimbangkan untuk mengekspor ke Polandia, karena ini adalah importir pakaian pria yang tumbuh paling cepat di Eropa dari negara-negara berkembang.

Baca Juga: Mengenal Pinjaman Pembiayaan Ekspor, Solusi Bagi Eksportir yang Butuh Modal


Daftar Brand Perusahaan Importir Pakaian Pria Di Masing-Masing Negara

Setiap negara Eropa memiliki perusahaan brand besar masing-masing yang biasanya mengimpor langsung dari negara berkembang. Berikut ini daftar brand pakaian pria untuk 6 negara importir terbesar di Eropa.

  1. Jerman: Brand pakaian pria Jerman utama termasuk Adidas, Puma, A Kind of Guise, Jil Sander, Akronim dan Hugo Boss.
  2. Perancis: Brand pakaian pria utama termasuk Lacoste, Maison Kitsune, AMI, Saint Laurent, Husbands, Armor Lux, Maison Labiche, The Kooples, Officine Generale, Sandro, Vilebrequin, Arpenteur, Louis Vuitton, A.P.C dan Vetra.
  3. Italia: Brand pakaian pria paling populer antara lain Ermenegildo Zegna, Gucci, Canali, Luca Faloni, Stone Island, Brunello Cucinelli, Giorgio Armani, Prada, Boblioli, Brioni, Stefano Ricci, Bottega Veneta, Loro Piana, Missoni, C.P. Perusahaan, Aspesi, Fila dan Barena.
  4. Belanda: Brand pakaian pria paling populer termasuk Suitsupply, Scotch & Soda, Daily paper, Denham, dan G-Star raw.
  5. Spanyol: Brand pakaian pria paling populer termasuk Loewe, Comovita, Balenciaga, Massimo Dutti, Man 1924 dan Zara.
  6. Polandia: Brand pakaian pria paling populer termasuk Kastor, mode Lanieri, dan Vizard.

Pertimbangkan untuk mensubkontrakkan dengan brand besar ini.. Kunjungi situs web mereka dan selidiki merek-merek ini untuk mendapatkan pemahaman tentang bermacam-macam di pasar Eropa.


Daftar Perusahaan Importir Pakaian Pria Di Masing-Masing Negara

Disini kita coba juga bedah daftar perusahaan importir pakaian pria di tiga negara importir terbesar yaitu Jerman, Perancis, dan Italia. Daftar ini diambil dari trademap.org.

1. Jerman

Nama perusahaan

Jumlah produk diimpor

Jumlah karyawan

Kota

Website

DIMO~TEX GmbH 

3

15

Wenden

http://www.dimo-tex.de 

MRUK Import Export GmbH 

8

15

Rheda

http://www.mruk.de 

Mungunzezeg Schneider 

25

 

Münster

http://www.mungungruppe.de 

2. Perancis

Nama perusahaan

Jumlah produk diimpor

Jumlah karyawan

Kota

Website

ABC SOURCING 

4

 

SAINT-DENIS

http://www.abc-sourcing.com 

AGENCE GENERALE D APPROIVI ET D INTERC 

21

5

SAINT SOUPPLETS

http://www.again.fr 

ALLURE SAINT-HONORE 

4

 

PARIS 8

http://www.vicomte-a.com 

ARTEXTYL 

4

75

VILLEURBANNE

http://www.artextyl.com 

BESTELLE 

2

5

AUBERVILLIERS

http://www.bestelle.fashioncenterparis.com/ 

BRIEFING 

26

 

TASSIN-LA-DEMI-LUNE

http://www.briefing.fr 

CHAUSS SERVICE 

4

15

LUC LA PRIMAUBE

http://www.chauss-service.fr 

CHRISTIAN LOUBOUTIN 

4

 

PARIS 1

http://www.christianlouboutin.com 

COALISION EUROPE SAS 

3

35

BIARRITZ

http://www.coalision.com/ 

DUPONT TEXTILES 

20

5

MONTBAZON

http://www.dupont-textiles.fr 

GIDEC FASHION 

7

5

ANDREZIEUX BOUTHEON

http://www.gidec-fashion.com 

HARTH 

6

5

PARIS 9

http://www.harthtrading.com 

INFLUENCE 

3

 

PARIS 3

http://www.intuitionparis.fr 

KOKOMARINA 

2

 

SAINTE-MAXIME

http://kokomarina.fr 

LABEL TOUR 

9

35

CARQUEFOU

http://www.lecoindescreateurs.com 

Baca Juga: 5 Tips Ekspansi Bisnis, Persiapan Penting yang Perlu Kamu Lakukan untuk Bisnis Naik Kelas

3. Italia

Nama perusahaan

Jumlah produk diimpor

Jumlah karyawan

Kota

Website

CENTEX 

21

35

GANDINO

http://www.centexspa.com 

MAGNETOR 

30

 

MILANO

http://www.magnetor.it 

MARUBENI EUROPE PLC 

57

15

MILANO

http://europe.marubeni.com/ 

MAXENWORLD S.R.L. 

5

 

VIGEVANO

http://www.marinamilitareshoes.com 

OM LOG S.P.A. 

12

 

CAMPEGINE

http://www.omlog.ch 

PRIMATRONIC S.P.A. 

16

 

TREZZANO SUL NAVIGLIO

http://www.primatronic.com 

PRIMATRONIC S.P.A. 

16

 

MILANO

http://www.primatronic.com 


Bagaimana Harga Jual Ke Importir Pakaian Pria Di Eropa?

Harga jual produk Sahabat Wirausaha, yang sering diindikasikan sebagai harga FOB (Free on Board), dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti biaya bahan (60%), biaya karyawan (20%), biaya aksesoris (5%), serta overhead dan margin keuntungan (15%).

Perhatikan bahwa persentase ini dapat bervariasi per pabrik dan per pesanan. Beberapa pabrik menerima margin keuntungan yang lebih rendah selama periode di luar musim, atau ketika volume pesanan tinggi. Selain itu, persentase tenaga kerja versus kain mungkin berbeda, tergantung pada efisiensi dan tingkat upah tenaga kerja serta harga bahan. Efisiensi naik dan harga material turun saat memproduksi pesanan volume besar.

Bergantung pada kerumitan produk, bahan yang digunakan, tingkat kualitas, dan brand, kisaran harga eceran saat ini (dalam euro) untuk jenis produk utama di segmen harga yang berbeda biasanya seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Jenis Produk Pakaian

Kelas Bawah (Budget)

Kelas Menengah

Kelas Menengah Ke Atas (Premium)

Kelas Atas (Mewah)

Pakaian formal

15-39

40-99

70-150

200-750

Pakaian santai

15-39

40-70

70-150

150-400

Pakaian luar

30-60

40-80

70-200

250+

Harga ritel produk pakaian pria rata-rata adalah 4 hingga 8 kali lipat dari harga FOB. Perkalian ini adalah 'markup ritel'. Oleh karena itu, harga FOB rata-rata adalah 12,5%–25% dari harga eceran produk. Ada pengecualian. Di pasar anggaran, beberapa rantai ritel besar Eropa mungkin menjual produk dengan markup hanya dua kali lipat dari harga FOB. Retailer menaikkan harga FOB untuk memperhitungkan bea impor, transportasi, sewa, pemasaran, biaya overhead, pemeliharaan stok, penurunan harga, dan PPN (15%–27% di negara Uni Eropa), di antara biaya lainnya.

Menurut perbandingan harga ritel pakaian tahun 2020, dari 6 importir pakaian dan alas kaki Eropa teratas, Prancis memiliki tingkat harga tertinggi pada 107,6 poin dibandingkan rata-rata Eropa sebesar 100, diikuti oleh Belanda (106,1), Italia (101 ), Jerman (98,2) dan Spanyol (92,2). Perhatikan bahwa brand dan retailer yang menjual di beberapa negara Eropa biasanya mempertahankan harga sama atau hanya sedikit menyimpang dari harga eceran standar.

Baca Juga: Tak Harus Punya Banyak Uang, Begini Cara Menjadi Eksportir dengan Modal Terbatas


Tips-Tips Untuk Mendapatkan Importir Pakaian Pria Di Eropa

  1. Pameran dagang dan fesyen berikut adalah sumber yang berguna untuk meneliti pasar dan/atau menemukan mitra dagang di Eropa: Pitti Uomo (pameran dagang fesyen pria di Florence, Italia), Premiere Vision (pameran sumber tekstil dan fesyen di Paris, Prancis) dan Texworld (pameran sumber kain dan pakaian jadi di Paris).
  2. Jika Sahabat Wirausaha berencana untuk bertemu dengan pembeli yang ada atau calon pembeli di pameran, periksa koleksi apa yang mereka miliki, beli 1 atau 2 barang dan siapkan sampel yang cocok atau bahkan lebih baik. Juga tentukan biayanya sebelum memperkenalkan perusahaan dan sampel Sahabat Wirausaha kepada calon pembeli.
  3. Sahabat Wirausaha dapat menemukan perantara khusus pakaian pria dengan menggunakan mesin pencari online.
  4. Jelajahi kemungkinan untuk berbagai jenis kemitraan kolaboratif yang dapat menawarkan peluang akses pasar dan/atau meningkatkan pengetahuan dan tingkat layanan Sahabat Wirausaha.
  5. Kemampuan untuk sumber berbagai masukan kualitas menawarkan keunggulan kompetitif. Untuk pabrikan di negara-negara yang menikmati preferensi bea masuk ke Eropa, penting untuk memahami aturan asal terkait bahan mentah dan membangun jaringan pemasok regional dan/atau China yang sesuai.
  6. Buat situs web berkualitas tinggi dalam bahasa Inggris dan komunikasikan kemampuan Sahabat Wirausaha secara berkelanjutan. Misalnya dengan berpameran di pameran dagang dan/atau perwakilan penjualan di Eropa.
  7. Periksa database online gratis Open Apparel Registry. Di situs web ini Sahabat Wirausaha dapat menemukan pemasok ratusan brand fesyen Eropa, termasuk pembeli pakaian pria.

Itulah pembahasan kita mengenai importir pakaian pria di Eropa. Semoga dari sini, Sahabat WIrausaha makin semangat untuk mendapatkan importir disana. Lalu rancang nilai kelebihan produk pakaian pria kita dibandingkan dari negara pesaing lainnya. Kualitas dan layanan merupakan aspek yang penting.

Namun, saat ini aspek sustainability merupakan poin yang penting bagi para pembeli di Eropa. Cari cara di mana Sahabat Wirausaha dapat menampilkan perusahaan Sahabat Wirausaha sebagai perusahaan yang sadar lingkungan dan sosial, dan komunikasikan aspek ini kepada pembeli. Tunjukkan pada mereka bahwa produk pakaian pria Sahabat Wirausaha berbeda dari pesaing. Semangat Go Global!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. CBI (2022). The European market potential for men’s shirts
  2. CBI (2022). Entering the European market for men’s shirts
  3. Trade Map