Smooch Beauty Bar – Tahukah Sahabat Wirausaha, kini konsep beauty bar mulai banyak dilakukan oleh pelaku usaha salon kecantikan, loh! Berbeda dengan salon kecantikan biasa yang hanya berfokus pada perawatan rambut, beauty bar merupakan rumah kecantikan yang berkonsep seperti klinik. Seperti salah satu salon kecantikan berkonsep beauty bar yang sukses di Indonesia yaitu Smooch Beauty Bar

Salon Smooch Beauty Bar ini layak untuk dijadikan sebagai inspirasi sukses loh. Khususnya bagi Sahabat Wirausaha yang ingin menekuni bidang yang sama yaitu bidang kecantikan dan perawatan tubuh. Lantas, seperti apa sih perjalanan awal salon kecantikan Smooch Beauty Bar ini? dan apa saja pelajaran berharga yang bisa diambil oleh Sahabat Wirausaha? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 


Perjalanan Awal Smooch Beauty Bar

Smooch Beauty Bar mulai didirikan oleh Rani Kiswanto pada tahun 2015 di Bogor, Indonesia. Beliau melihat adanya peluang pasar bahwa saat itu belum ada salon dengan konsep beauty bar di Bogor. Umumnya, salon kecantikan hanya menawarkan perawatan rambut saja. Sementara itu, salon kecantikan yang mengusung konsep klinik dengan perawatan from head to toe (dari kepala hingga kaki) terbilang sulit ditemukan saat itu. Peluang pasar inilah yang diambil oleh Rani Kiswanto.

Awalnya, Smooch Beauty Bar merupakan usaha kecil dengan jumlah karyawan sebanyak 5 orang saja. Smooch Beauty Bar adalah salon kecantikan yang menawarkan jasa service untuk perawatan bulu mata, alis, kuku, rambut, dan perawatan lainnya. Selain itu, tersedia juga perawatan manicure dan pedicure khusus untuk laki-laki. Perjalanan bisnis dari Smooch Beauty Bar juga tidak lepas dari berbagai tantangan, pernah mengalami penurunan keuntungan akibat pandemi Covid-19.

Sejak awal perintisan di tahun 2015 hingga saat ini, banyak hikmah yang bisa diambil dari setiap jatuh bangun perjalanan bisnis Smooch Beauty Bar. Hal ini terbukti dengan kesuksesan yang diraih oleh Smooch Beauty Bar baik di pasar lokal maupun di pasar internasional. Di Indonesia, Smooch Beauty Bar telah memiliki 17 outlet yang tersebar di berbagai daerah dan 1 outlet di Bangkok, Thailand dengan nama Smooch Bangkok Beauty Salon.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Jhonny Andrean, Berawal Dari Salon Rambut Hingga J.Co yang Punya Banyak Gerai di Indonesia


5 Pelajaran Berharga dari Founder & CEO Smooch Beauty Bar

Dilansir dari kanal Youtube Fempire ID, Rani Kiswanto menceritakan kisahnya membangun bisnis Smooch Beauty Bar sejak tahun 2015. Secara ringkas, terdapat beberapa hal yang bisa Sahabat Wirausaha pelajari dari beliau sebagai seorang mompreneur. Berikut penjelasannya.

  1. Tanpa melakukan riset pasar yang proper, beliau bisa melihat peluang dan kebutuhan pasar di area Bogor dan meyakini bahwa peluang tersebut merupakan peluang bisnis yang baik dan akan sukses di masa mendatang. Jadi Sahabat Wirausaha, pandai-pandailah melihat peluang dan kebutuhan pasar di lingkungan sekitarmu. Jangan berlama-lama untuk mengambil peluang bisnis yang ada. Gunakan insting Sahabat Wirausaha sebagai pebisnis.
  2. Berawal dari masalah keluarga hingga berpisah dengan suami, beliau berani mengambil keputusan untuk membangun bisnis yang bukan merupakan passion beliau. Tujuannya adalah agar beliau bisa hidup mandiri secara finansial. Bisnis salon kecantikan ini merupakan dunia yang baru bagi beliau sehingga beliau benar-benar harus belajar dari 0 dan mengambil kursus tentang salon kecantikan. Kemampuan untuk melihat peluang bisnis di saat terpuruk, berani mengambil keputusan, dan kemauan untuk belajar tentang sesuatu yang benar-benar baru dari 0, adalah pelajaran yang bisa diambil dari sosok Rani Kiswanto.
  3. Di tahun 2015, saat Instagram belum booming, beliau tetap menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnis dan memberikan edukasi kepada para pengguna tentang perawatan kecantikan. Meskipun banyak orang yang meragukan hasilnya, namun beliau tidak menyerah. Beliau yakin bahwa Instagram merupakan media atau sarana promosi yang baik. Siapa sangka, hingga kini, followers dari akun Instagram resmi @smoochbeautybar telah mencapai 81 ribu pengguna loh. Nah, pelajaran pentingnya adalah media sosial sangat dibutuhkan oleh setiap pebisnis untuk meningkat brand awareness dari calon pelanggan serta personal branding dari pebisnis itu sendiri.
  4. Pernah mengalami penurunan keuntungan akibat pandemi Covid-19 dan pernah kalah bersaing dari pesaing, membuat beliau akhirnya belajar bagaimana caranya untuk tetap mempertahankan para pelanggan yang sudah melakukan perawatan di Smooch Beauty Bar. Dibutuhkan usaha dan strategi bisnis yang tepat agar pelanggan tetap loyal dan tidak beralih ke pesaing.  Beliau juga terus berupaya untuk menjangkau pasar baru. Pelajaran yang bisa diambil adalah membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan membutuhkan waktu, namun manfaat jangka panjangnya tentu sepadan dengan usaha yang dilakukan. Sahabat Wirausaha dapat melakukan strategi untuk mempertahankan pelanggan seperti memberikan pelayanan terbaik, membuat program loyalitas pelanggan, serta aktif berkomunikasi dengan pelanggan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan.
  5. Dalam menjalankan bisnisnya, beliau mengusung sebuah misi yaitu untuk memberdayakan kaum perempuan (empowering women). Hal ini terbukti ketika beliau mempekerjakan 80 hingga 90 persen karyawan perempuan dan semuanya diberikan pelatihan khusus. Nah, sebagai pelaku usaha, Sahabat Wirausaha juga perlu memperhatikan kesejahteraan karyawan, serta melatih dan membimbing mereka. Hal tersebut penting agar para karyawan tersebut merasa puas dan dapat bekerja dengan baik.

Yuk, terapkan kelima pelajaran tersebut di atas, agar Sahabat Wirausaha dapat terus menjadi pebisnis yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Cara Bikin Perencanaan Bisnis Salon Kecantikan dengan Business Model Canvas, Mudah dan Praktis!


Jenis-Jenis Perawatan dan Harga di Smooch Beauty Bar

Smooch Beauty Bar menawarkan one stop beauty service, produk-produk berkualitas impor namun harga lokal, serta pelayanan terbaik. Bagi Sahabat Wirausaha yang mungkin penasaran apa saja perawatan yang tersedia di Smooch Beauty Bar serta kisaran harganya, yuk simak ulasan berikut.

  • Perawatan Lash Extensions (Single Lash) : Terdiri dari beberapa jenis seperti Classic Lash, Kim Lash, Mink Velvet, dan YY Lash (Hybrid) dengan kisaran harga antara 250 ribu rupiah hingga 450 ribu rupiah.
  • Perawatan Lash Extensions (Volume Lash) : Terdiri dari beberapa jenis seperti Russian Volume, Clean Lash, Light Volume, Black Matte Volume, dan lainnya dengan kisaran harga mulai dari 510 ribu rupiah hingga 715 ribu rupiah tergantung volume dan kebutuhan pelanggan.
  • Perawatan Under Lash dipatok dengan harga 200 ribu rupiah. Panjang bulu mata disesuaikan dengan kebutuhan mata pelanggan.
  • Perawatan Lash Filler & Lash Tint : Terdiri dari dua jenis yaitu Lash Filler dengan harga 660 ribu rupiah dan Lash Tint dengan harga 385 ribu rupiah.
  • Brow Treatment (Perawatan Alis) : Terdiri dari dua jenis yaitu Brow Bomber dengan harga 600 ribu rupiah dan Retouch dengan harga 200 ribu rupiah.
  • Nail Treatment (Perawatan Kuku) : Harga mulai dari 160 ribu rupiah hingga 200 ribu rupiah.
  • Hair Treatment (Perawatan Rambut) : Untuk smoothing, colouring, dan sejenisnya, harga berkisar antara 400 ribu rupiah hingga 2 juta 500 ribu rupiah. Untuk hair care dan haircut, harga berkisar antara 60 ribu rupiah hingga 950 ribu rupiah.
  • Other Treatment (Perawatan Lainnya) : Meliputi waxing untuk area wajah dan tubuh dengan harga 60 ribu rupiah hingga 135 ribu rupiah. Make up dan hair do, mulai dari 150 ribu rupiah hingga 400 ribu rupiah.
  • Men’s Treatment (Perawatan Khusus Pria) : Meliputi perawatan manicure dan pedicure dengan harga 250 ribu rupiah.

Bukan hanya di salon, ternyata Smooch Beauty Bar juga melayani perawatan di rumah (home treatment) loh. Selain itu, tersedia berbagai promo maupun voucher-voucher menarik bagi para pelanggan juga. Jadi, gimana nih? Apakah Sahabat Wirausaha tertarik mencoba?

Baca Juga: 9 Cara Memasarkan Salon Kecantikan, Undang Banyak Pelanggan!

Nah, demikian ulasan mengenai inspirasi sukses dari Smooch Beauty Bar. Salam sukses.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi Web : smoochbeautybar.com

Referensi Youtube

  1. Celoteh Bisnis - Peluang Usaha (Mengintip Peluang dari Bisnis Salon Kecantikan)
  2. Fempire _ID - Kisah Dibalik Layar Seorang Mompreneur Bersama Founder & CEO Smooch Beauty Bar dan Dew It Skin