Cara Memasarkan Salon Kecantikan - Sahabat Wirausaha, sebagai pelaku usaha, kita tentu tahu bahwa tanpa pasar maka tidak akan ada penjualan maupun pembelian, dan tanpa pelanggan maka tidak akan ada bisnis. Apalagi jika bisnis tersebut bergerak di bidang pelayanan jasa seperti bisnis salon kecantikan, yang sangat membutuhkan kehadiran pelanggan. Hal ini tentu memberikan tantangan tersendiri bagi pemilik salon untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin.

Lantas, bagaimana caranya agar salon dapat terus berkembang dan memperoleh banyak pelanggan? Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Nah, melalui artikel ini, Sahabat Wirausaha dapat menambah wawasan tentang cara memasarkan salon kecantikan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Melakukan Riset Pemasaran

Langkah paling awal adalah melakukan riset pasar. Idealnya, riset pasar yang dilakukan bukanlah aktivitas satu kali namun harus berkelanjutan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi pelanggan potensial dan kemudian menargetkan mereka dengan produk dan perawatan yang sesuai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dianalisis ketika melakukan riset pasar antara lain:

Baca Juga: Daftar Perizinan Yang Diperlukan Untuk Bisnis Potong Rambut dan Salon Kecantikan

  • Jenis perawatan yang paling diminati pelanggan.
  • Jam layanan paling ramai dalam sehari.
  • Hari-hari sibuk dalam seminggu.
  • Bulan-bulan tersibuk dalam setahun.
  • Berapa kali perawatan diberikan setiap minggu atau bulan.
  • Produk perawatan terlaris.
  • Jenis layanan dan harga pesaing.
  • Kegiatan lain di sekitar lokasi salon yang mungkin mempengaruhi bisnis.

Semua informasi di atas, dapat memberikan gambaran jelas mengenai kinerja bisnis, kinerja di masa mendatang, serta bagaimana faktor-faktor tersebut cenderung mempengaruhi bisnis. Semakin banyak informasi yang dapat digali dari proses riset pasar tersebut, maka akan semakin membantu kita dalam mengambil keputusan, memasarkan, dan menjalankan bisnis.

2. Meningkatkan Kualitas Layanan

Agar dapat menarik banyak pelanggan, maka Sahabat Wirausaha harus meningkatkan kualitas pelayanan serta keterampilan para staf karyawan terlebih dahulu. Misalnya, memberikan pelayanan premium kepada para pelanggan seperti yang diterapkan oleh Kalani Salon dan Spa. Dilansir dari fimela.com, salon tersebut menyediakan perawatan lengkap mulai dari perawatan rambut, wajah, perawatan tubuh berupa massage dan reflexology, manicure dan pedicure, eyelash extension, hingga waxing. Para pelanggan dapat menikmati semua layanan tersebut di satu tempat saja.

Selain itu, Sahabat Wirausaha dapat merancang interior salon menjadi lebih menarik dan elegan, memutar musik instrumen, dan menggunakan wewangian di ruangan perawatan, agar pelanggan merasa lebih nyaman dan rileks. Perlu diingat bahwa semakin tinggi kualitas dan pengalaman staf karyawan, maka semakin baik pula kualitas perawatan yang dapat ditawarkan kepada pelanggan. Nah, pelanggan yang puas dengan pelayanan tentu akan melakukan kunjungan berulang.

3. Beriklan Melalui Berbagai Platform

Setelah melakukan riset pasar serta meningkatkan kualitas layanan, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah beriklan. Tujuan beriklan adalah untuk membuat orang-orang mengetahui tentang keberadaan bisnis salon Sahabat Wirausaha, jenis layanan yang ditawarkan, serta produk-produk yang digunakan untuk perawatan. Sahabat Wirausaha dapat beriklan melalui berbagai media seperti radio/podcast, koran lokal, pamflet/poster, kartu nama, situs web, email, dan media sosial.

Baca Juga: 7 Cara Mengembangkan Bisnis Salon Kecantikan, Agar UKM Naik Kelas!

4. Menerapkan Strategi WOMM

WOMM (Word of Mouth Marketing) adalah salah satu cara beriklan atau memasarkan bisnis dari mulut ke mulut. Strategi ini dapat memiliki sisi baik dan sisi buruk tergantung dari seberapa baik kualitas pelayanan salon kepada pelanggan. Pasalnya, jika pelanggan merasa senang dan puas dengan perawatan di salon Sahabat Wirausaha, mereka tentu akan menyebarkan informasi yang baik tentang kualitas pelayanan secara gratis. Sebaliknya, jika pelanggan merasa tidak puas, maka informasi yang disebarkan tentu tidak akan menguntungkan bisnis Sahabat Wirausaha.

Salah satu contoh kasusnya yaitu ketika seorang pelanggan menyampaikan keluhannya atas manajemen salon Aurel Hair & Beauty yang dinilai buruk. Keluhan tersebut disampaikan secara terbuka di mediakonsumen.com sehingga setiap orang dapat membaca kronologi peristiwa secara lengkap dan dapat diakses oleh siapa saja. Tentu hal ini dapat berdampak buruk bagi bisnis salon tersebut. Jadi, penting bagi Sahabat Wirausaha untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan.

5. Melakukan Promosi Jangka Pendek

Selanjutnya, Sahabat Wirausaha perlu melakukan penawaran dan promosi yang sifatnya jangka pendek. Tujuan utamanya adalah sebagai berikut.

  • Menarik pelanggan baru.
  • Memperkenalkan produk baru.
  • Memperkenalkan jenis perawatan baru.
  • Meningkatkan penjualan layanan atau produk tertentu.
  • Menarik pelanggan pada waktu-waktu tertentu dalam sehari atau seminggu.
  • Meningkatkan pendapatan dan arus kas bisnis.

Nah, apa sajakah jenis promosi jangka pendek ini? Berikut adalah beberapa ide yang paling umum digunakan :

  1. Memberikan potongan harga pada pembelian produk kedua.
  2. Memberikan potongan harga pada jenis perawatan kedua.
  3. Memberikan diskon 10% jika pelanggan mengambil paket perawatan tertentu.
  4. Memberikan perawatan manikur gratis untuk setiap perawatan wajah.
  5. Memberikan diskon 10% untuk semua jenis perawatan sebelum jam 12 siang.
  6. Memberikan potongan harga bagi pelanggan lansia khusus di hari Senin (atau hari tertentu).
  7. Memberikan diskon 10% untuk jenis produk atau perawatan tertentu selama seminggu atau periode tertentu.
  8. Memberikan potongan harga untuk satu jenis perawatan, bila pelanggan mengajak satu orang teman.

6. Membuat Program Loyalitas Pelanggan

Sama seperti bisnis lainnya, Sahabat Wirausaha juga dapat membuat program loyalitas pelanggan untuk bisnis salon kecantikan. Umumnya, program ini dibuat untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Namun demikian, program ini dapat memberikan daya tarik bagi calon pelanggan untuk berkunjung ke salon milik Sahabat Wirausaha.

Baca Juga: 7 Cara Membuka Salon Kecantikan Untuk UMKM, Ceklis Wajib!

Program loyalitas pelanggan dapat berupa pemberian poin untuk setiap jenis perawatan yang diambil pelanggan. Poin yang dikumpulkan oleh pelanggan nantinya dapat ditukarkan dengan hadiah yang telah ditentukan seperti diskon atau bonus salah satu jenis perawatan. Program ini secara tidak langsung akan mendorong para pelanggan untuk tetap terus melakukan perawatan di salon Sahabat Wirausaha, demi mengumpulkan poin sebanyak mungkin.

7. Melakukan Pemasaran Tradisional

Meskipun kita telah memasuki era digital, tidak ada salahnya bagi Sahabat Wirausaha untuk melakukan pemasaran tradisional. Teknik pemasaran tradisional dapat dilakukan seperti berikut ini.

  • Menyebarkan pamflet atau brosur dari rumah ke rumah maupun di tempat keramaian.
  • Menempelkan stiker nama dan logo salon di kendaraan-kendaraan umum.
  • Membuat merchandise untuk dibagikan secara gratis kepada calon pelanggan seperti kalender, gelas cantik, goody bag, atau aneka barang lainnya yang dapat dicetak nama serta logo dari salon milik Sahabat Wirausaha.

8. Menggunakan Jasa Influencer Untuk Promosi

Cara lainnya untuk memasarkan salon kecantikan adalah dengan menggunakan jasa influencer untuk promosi di media sosial seperti Instagram, Facebook, atau TikTok. Sahabat Wirausaha dapat mencari influencer dengan spesialisasi di bidang kecantikan misalnya beauty vlogger. Melalui konten promosi yang dibuat, seorang influencer dapat membujuk ribuan bahkan jutaan para pengikutnya di media sosial untuk melakukan perawatan di salon Sahabat Wirausaha.

9. Menjadi Sponsor Acara

Sahabat Wirausaha dapat mencoba untuk menjadi sponsor acara-acara tertentu seperti acara amal, kompetisi, ataupun pergelaran seni dan budaya. Saat menjadi sponsor, nama serta logo dari salon Sahabat Wirausaha akan dicantumkan pada banner, poster/pamflet, dan iklan khusus acara-acara tersebut.

Selain itu, pada saat acara berlangsung, Sahabat Wirausaha mungkin akan disediakan meja khusus atau booth portable sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis salon. Strategi ini menarik karena selain memberikan manfaat/bantuan bagi penyelenggara acara, Sahabat Wirausaha juga berkesempatan untuk menemukan calon pelanggan potensial.

Sahabat Wirausaha, penting bagi kita untuk melakukan riset pasar dan meningkatkan kualitas layanan terlebih dahulu sebelum memasarkan bisnis salon kecantikan. Hal ini penting agar Sahabat Wirausaha dapat memenangkan hati calon pelanggan. Yuk, pasarkan bisnis salonmu dengan 9 tips di atas. Selamat mencoba!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Referensi Web : beresweb.com, uprint.id, mediakonsumen.com.

Referensi eBook : Yousef-Zadeh, Bijan dan Sally, Medcalf. 2009. Start and Run A Successful Beauty Salon. Begbroke, Oxford: How To Content.