Cara bisnis salon kecantikan - Industri kecantikan merupakan industri yang sangat menarik dan terus berkembang pesat. Tak heran, saat ini terdapat banyak hotel yang menyediakan layanan perawatan spa dan kecantikan sebagai daya tarik pelanggannya.

Kira-kira mengapa ya? Salah satu alasannya adalah perawatan kecantikan kini bukanlah sesuatu yang dianggap mewah tetapi merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat. Misalnya, jika kita merasa stres akibat banyaknya pekerjaan di kantor maka perawatan rambut, spa dan body massage di salon dapat menjadi salah satu solusi agar kita dapat merasa segar, rileks, dan siap untuk melanjutkan pekerjaan kembali.

Nah, apakah Sahabat Wirausaha ingin mengembangkan bisnis salon kecantikan yang sudah ada? Biasanya di tahun-tahun awal, Sahabat Wirausaha memang harus bekerja lebih keras dan mencurahkan banyak waktu untuk bisnis ini. Tapi, Sahabat Wirausaha kini tidak perlu khawatir atau bingung karena melalui artikel ini kita dapat belajar lebih banyak tentang tips mengembangkan salon kecantikan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengembangkan Bisnis Salon Kecantikan

Sahabat Wirausaha dapat mengembangkan bisnis salon kecantikan menjadi bisnis yang sukses dengan mengikuti tips berikut ini.

1. Berikan Layanan Terbaik

Kesan pertama sifatnya abadi. Jadi, pastikan Sahabat Wirausaha selalu memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan baru ya. Dengan demikian mereka akan selalu memiliki kesan yang baik terhadap salon kecantikan Sahabat Wirausaha. Selain itu, hal yang perlu diingat adalah klien membayar untuk waktu dan layanan yang terbaik dari salon Sahabat Wirausaha sehingga mereka layak menerima perhatian penuh.

Baca Juga: 7 Masalah Bisnis dan Risiko Salon Kecantikan, Waspadai Agar Bisnismu Tidak Merugi!

Sahabat Wirausaha tidak perlu melakukan ‘hard selling’ untuk memperoleh kepercayaan dari klien dan kunjungan berulang. Setiap klien hanya perlu didekati dan dilayani dengan sikap yang menyenangkan, peduli, dan profesional. Jika tidak, mereka tentu tidak akan kembali lagi ke salon Sahabat Wirausaha. Pastikan bahwa setiap klien meninggalkan salon dengan perasaan puas dan bahagia.

2. Pekerjakan Staf Profesional, Terlatih, dan Berpengetahuan

Jika Sahabat Wirausaha ingin menjalankan salon kecantikan yang sukses maka Sahabat Wirausaha perlu memiliki staf yang terlatih, berpengetahuan dan profesional. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memberikan pelatihan khusus bagi staf karyawan di salon Sahabat Wirausaha. Hal ini penting agar kualitas pelayanan kepada para pelanggan tetap terjaga dengan baik.

Sahabat Wirausaha selaku pemilik salon kecantikan beserta para karyawan pun harus dapat menyarankan perawatan atau produk terbaik bagi klien untuk hasil perawatan yang lebih efektif. Dengan kata lain, Sahabat Wirausaha beserta para karyawan tidak hanya berperan sebagai terapis atau penata rambut saja tapi juga dapat berperan sebagai konsultan kecantikan bagi para klien tersebut. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi salon kecantikan Sahabat Wirausaha loh.

3. Miliki Standar Kebersihan Yang Tinggi

Standar kebersihan yang tinggi akan mempengaruhi pilihan klien terhadap salon kecantikan yang ingin dikunjungi. Hal ini seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap penyebaran virus maupun infeksi. Oleh sebab itu, ruang perawatan, perlengkapan, dan peralatan salon harus dibersihkan secara rutin.

Baca Juga: Membedah Pameran Domestik Untuk Produk Kecantikan

Selain itu, semua karyawan salon harus berpenampilan rapi dengan rambut dan kuku yang bersih serta make-up yang halus atau tidak berlebihan. Hal ini karena para karyawan merupakan iklan berjalan bagi setiap bisnis salon kecantikan sehingga tentu Sahabat Wirausaha tidak ingin agar citra bisnis salon kecantikan menjadi buruk karena masalah kebersihan, bukan?

4. Menetapkan Harga Bersaing

Menetapkan harga bersaing sangat penting untuk kesuksesan bisnis Sahabat Wirausaha. Harga atas setiap pelayanan yang diberikan harus Sahabat Wirausaha tetapkan sejak hari pertama membuka salon. Salon Sahabat Wirausaha bisa mendapatkan sambutan hangat dari para klien jika harga yang ditetapkan terjangkau atau sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan kepada mereka. Sebaliknya, jika harga layanan salon terlampau mahal, maka mereka mungkin tidak akan kembali.

Umumnya, klien memang menginginkan layanan terbaik sesuai dengan uang yang mereka keluarkan, tetapi hal itu tidak berarti bahwa Sahabat Wirausaha harus menetapkan harga terendah loh. Setiap layanan yang diberikan oleh Sahabat Wirausaha tersebut harus tercermin dalam harga yang telah ditetapkan. Nah, penetapan harga bersaing ini seringkali digunakan para pebisnis sebagai salah satu strategi untuk memenangkan persaingan bisnis. Jadi, Sahabat Wirausaha juga dapat mencoba bersaing dari segi harga.

5. Tentukan Strategi Pemasaran Yang Efektif

Pemasaran merupakan kunci sukses untuk setiap bisnis. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, akan sulit bagi Sahabat Wirausaha untuk menarik klien baru dan menjaga kepuasan klien saat ini. Agar dapat berkembang pesat, Sahabat Wirausaha harus selalu berpikir out of the box dan tetap berada selangkah lebih maju dari para pesaing dengan menciptakan “buzz marketing”. Selain itu, Sahabat Wirausaha dapat melakukan program loyalitas bagi para pelanggan untuk promosi jangka panjang.

Baca Juga: Daftar Perizinan Yang Diperlukan Untuk Bisnis Potong Rambut dan Salon Kecantikan

Program loyalitas pelanggan yang dirancang harus membuat para pelanggan merasa istimewa sebagai bentuk penghargaan atas kesetiaan mereka, juga waktu dan uang yang telah mereka keluarkan di salon Sahabat Wirausaha. Saat mengembangkan program loyalitas tersebut, Sahabat Wirausaha perlu mengingat bahwa apapun yang ditawarkan harus membuat para pelanggan merasa penting bagi bisnis Sahabat Wirausaha dan seolah-olah promosi yang ditawarkan ditujukan khusus untuk mereka.

Nah, program loyalitas pelanggan tersebut cukup beragam loh. Sahabat Wirausaha dapat memberikan promo khusus bagi pelanggan yang telah memiliki kartu anggota, diskon khusus untuk pelanggan baru, hingga promo paket perawatan untuk hari-hari istimewa seperti hari ulang tahun pelanggan, hari kemerdekaan, atau hari istimewa lainnya. Program loyalitas pelanggan memang sangat diminati oleh banyak pelanggan sehingga tak heran jika banyak bisnis yang menerapkan program tersebut.

6. Menjalin Kerjasama Dengan Influencer/Brand

Sahabat Wirausaha dapat menjalin kerjasama dengan influencer atau brand tertentu untuk kegiatan promosi. Hal ini dapat dilakukan untuk memperkenalkan bisnis salon kecantikan milik Sahabat Wirausaha kepada publik secara luas melalui media sosial. Selain itu, Sahabat Wirausaha dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial loh. Menarik, bukan?

Peran influencer bagi kesuksesan sebuah bisnis memang tidak diragukan lagi. Pasalnya, jumlah pengikut aktif di media sosial hingga besarnya pengaruh yang diberikan oleh influencer tersebut dapat memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis yang dipromosikan. Tak heran bila kini banyak bisnis yang menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk bisnis mereka.

Namun demikian, Sahabat Wirausaha juga perlu berhati-hati dalam memilih influencer atau brand tertentu untuk bekerjasama. Perhatikan rekam jejak karir mereka, ‘apakah mereka pernah bermasalah dengan suatu bisnis sebelumnya?’, ‘apakah mereka bersikap profesional saat bekerja?’, ‘apakah mereka menetapkan biaya endorse yang tinggi?’, hingga ‘apakah mereka pernah/sedang terlibat masalah pribadi dengan sesama influencer/brand?’.

Baca Juga: Peluang Pasar: Produk Kecantikan dan Perawatan

Hal tersebut penting untuk dievaluasi agar kegiatan promosi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik tanpa kendala. Alasannya, nama baik serta rekam jejak karir dari influencer atau brand tersebut dapat mempengaruhi sukses tidaknya kegiatan promosi. Oleh sebab itu, telusuri dan evaluasi terlebih dahulu siapa yang layak untuk diajak bekerjasama.

7. Ciptakan Budaya Salon Yang Beretika

Apa keuntungan memiliki kode etik di salon? Pada dasarnya, standar etika akan melindungi para klien, terapis maupun penata rambut, serta Sahabat Wirausaha selaku pemilik salon. Kode etik bisnis merupakan seperangkat aturan dan prinsip yang menentukan bagaimana Sahabat Wirausaha ingin bisnis salon ini dijalankan, bagaimana karyawan harus berpakaian, bagaimana cara memperlakukan klien dengan baik, bagaimana menjual produk kepada klien, hingga bagaimana salon akan beroperasi sehari-hari.

Dengan menciptakan budaya salon yang beretika, maka klien Sahabat Wirausaha akan selalu merasa bahwa mereka berada dalam suasana yang profesional dan akan terus kembali serta merekomendasikan salon Sahabat Wirausaha kepada orang lain.

Selain itu, salon dengan kode etik yang kuat dan ditaati setiap hari, akan memiliki pelanggan yang puas dan karyawan yang senang karena semua orang tahu bagaimana harus bersikap dan bekerja. Nah, hal ini tentu akan membantu bisnis salon kecantikan milik Sahabat Wirausaha menjadi lebih sukses di masa mendatang.

***

Demikian ulasan mengenai cara mengembangkan salon kecantikan. Kini, Sahabat Wirausaha tidak perlu ragu lagi untuk mengembangkan salon kecantikan karena bisnis salon kecantikan merupakan bisnis yang dapat tumbuh dan berkembang dalam berbagai situasi ekonomi. Ikuti tipsnya yah dan semoga berhasil!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Sahabat Wirausaha. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.