Mengenal WhatsApp Business dan Manfaatnya bagi Bisnis. Siapa yang tidak mengenal WhatsApp? Di Indonesia, hampir dapat dipastikan bahwa setiap pemilik smartphone memiliki aplikasi ini dalam perangkatnya, tak terkecuali Sahabat Wirausaha. 

Aplikasi WhatsApp yang dikenal dan digunakan oleh kalangan umum biasanya yang bersifat personal, dengan fitur terbatas untuk mengirimkan pesan baik berupa teks, gambar, suara, maupun video, hingga memperbarui status. Namun, beberapa tahun belakangan, developer WhatsApp juga mengembangkan fitur khusus untuk para pengusaha, yaitu WhatsApp Business. Secara prinsip, fungsinya memang sama sebagai aplikasi perpesanan, tapi dengan fitur yang lebih lengkap dan dirancang khusus untuk dunia bisnis. Nah, apa saja manfaat aplikasi ini untuk UMKM? Yuk, kulik lebih jauh lewat penjelasan berikut. 

Mengenal WhatsApp Business

WhatsApp Business merupakan aplikasi perpesanan yang secara khusus diperuntukkan bagi pelaku bisnis agar lebih mudah dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggannya. Sejak kemunculannya di tahun 2017, aplikasi besutan WhatsApp ini berhasil menyita perhatian publik terutama pelaku bisnis. 

Kehadiran WhatsApp Business diakui mampu membantu pelaku UMKM dalam upaya mengembangkan bisnisnya. Mulai dari mengelola data pelanggan, menjalin hubungan baik dengan pelanggan, hingga memasarkan produk atau jasa. Prinsipnya, WhatsApp Business memperlancar proses komunikasi bisnis, di mana pesan-pesan bisnis dapat disampaikan kepada pelanggan secara efektif dan efisien. 

Baca Juga: Cara Membuat Customer Service Otomatis dan Menyusun Pertanyaan di WhatsApp Business, Ternyata Mudah Lho!

Tak heran jika banyak bisnis yang menggunakan WhatsApp Business sebagai media utama dalam pelayanan pelanggan (customer service), karena komunikasi dan interaksi dengan pelanggan dapat dilakukan secara real-time. Dilansir dar Cooby.co, pengguna aplikasi ini telah mencapai 2,2 miliar dan lebih dari 100 miliar pesan yang dikirim melalui platform ini setiap harinya. Hal ini membuktikan bahwa WhatsApp Business adalah salah satu saluran komunikasi terpopuler di dunia. 

Manfaat WhatsApp Business bagi Pelaku UMKM

Sebagai aplikasi perpesanan dengan fitur yang mendukung pengelolaan bisnis, WhatsApp Business juga menawarkan banyak manfaat bagi UMKM, diantaranya sebagai berikut. 

1. Menjangkau Pelanggan Tanpa Batas Ruang dan Waktu 

Manfaat WhatsApp Business bagi bisnis yang paling utama adalah kemudahan komunikasi dengan pelanggan, di mana pelaku bisnis dapat menjangkau pelanggan tanpa batas ruang dan waktu. Artinya komunikasi dengan pelanggan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Diakui atau tidak, pesan yang dikirim melalui WhatsApp Business cenderung lebih diperhatikan pelanggan dibandingkan pesan yang dikirim melalui email atau saluran komunikasi lainnya. 

Banyak pelanggan yang sering menunda untuk membaca email, tapi tidak dengan pesan WhatsApp Business. Mereka cenderung lebih antusias untuk membacanya sesegera mungkin. Keunggulan ini memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk menjangkau pelanggan secara lebih luas dan terlibat dengan mereka secara lebih personal. 

2. Keamanan Terjamin 

WhatsApp Business menggunakan sistem enkripsi end-to-end, yang artinya segala pesan yang dikirim terlindungi sehingga tidak dibaca oleh pihak ketiga. Setiap akun WhatsApp Business harus melalui otentikasi wajib sebagai penunjang keamanan akun dan segala pesan yang dikirimkan dari akun tersebut. Otentikasi wajib ini berlaku baik bagi bisnis yang menggunakan aplikasi WhatsApp Business maupun API (Application Programming Interface). Hasilnya, pesan dan informasi yang bersifat rahasia perusahaan pun akan tetap terjaga keamanannya. 

Perlu diketahui bahwa akun WhatsApp Business bisa diakses melalui dua cara yakni unduh dan instal aplikasi dari Play Store atau App Store secara gratis, dan registrasi bisnis ke BSP (Business Solution Provider) sebagai partner resmi dari WhatsApp untuk mendapatkan layanan berbayar. Akses WhatsApp Business API memungkinkan Sahabat Wirausaha mengajukan tanda centang hijau WhatsApp, sebagai simbol bahwa akun resmi dan profesional untuk jaminan keamanan tambahan. 

Baca Juga: Saatnya Naik Kelas! Ini 6 Keunggulan WhatsApp Business Untuk Tingkatkan Omzet UMKM

3. Penawarkan Format Konten yang Beragam dan Interaktif

Manfaat terbesar yang dapat diperoleh bisnis dari aplikasi WhatsApp Business adalah tersedianya format konten yang beragam dan interaktif untuk mengirimkan pesan bisnis. Sebut saja CTA (Call to Action), tautan (link), gambar, video, hingga lampiran produk. Format konten ini memungkinkan pelaku bisnis melibatkan pelanggan untuk berinteraksi dalam kampanye bisnis. 

Keunggulan lainnya, pesan yang dapat dikirimkan melalui WhatsApp Business tidak dibatasi oleh panjang karakter, lain halnya dengan SMS (Short Message System) yang sangat terbatas. Hal ini tentu menguntungkan bagi bisnis, karena dapat mengirimkan pesan secara lengkap dan jelas kepada pelanggan. Artinya, Sahabat Wirausaha dapat memberikan informasi kepada pelanggan sebanyak yang diinginkan. 

4. Mendukung Komunikasi Dua Arah

Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah tersedianya layanan pelanggan, yang memungkinkan pelanggan untuk mengirim pesan langsung. WhatsApp Business memiliki kemampuan untuk itu. Aplikasi ini dapat menerima pesan dari pelanggan secara langsung, meski tanpa mengunjungi situs website bisnis Sahabat Wirausaha. 

Kemampuan akses ini tentu akan meningkatkan peluang Sahabat Wirausaha untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Sebab, kebanyakan pelanggan umumnya lebih suka berbelanja dari toko online yang menyediakan layanan pelanggan, di mana mereka dapat berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung melalui pengiriman pesan. 

Tak hanya dapat menjaring dan mempertahankan pelanggan, dukungan komunikasi dua arah ini membantu bisnis untuk membangun loyalitas merek. Pelanggan dapat mengontak bisnis baik untuk menyampaikan pertanyaan maupun permasalahan atau kekhawatiran. Sementara bisnis dapat merespon dengan lebih cepat dan efisien, sehingga mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang positif. 

5. Meningkatkan Strategi Pemasaran 

WhatsApp Business merupakan aplikasi satu paket yang memberikan beragam manfaat bagi bisnis. Aplikasi ini menawarkan cara praktis dan mudah untuk meningkatkan dan memperluas strategi pemasaran. WhatsApp Business memiliki fungsi ganda yakni sebagai saluran pemasaran dan dukungan. Hanya dengan satu aplikasi ini, Sahabat Wirausaha dapat menjawab pertanyaan, menerima pesanan, menyelesaikan masalah, mengirim pesan langsung sebagai pembaruan ketika melakukan kampanye pemasaran.

Bahkan WhatsApp Business API (WABA) memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk menggunakan satu akun bisnis dengan banyak nomor telepon, pengguna, dan perangkat. Inilah keunggulan WhatsApp Business dibandingkan dengan aplikasi perpesanan lainnya, di mana biaya layanan dibebankan per anggota tim per perangkat. Sebab itu, Sahabat Wirausaha bisa lebih fokus dalam mengembangkan dukungan pelanggan dan tim pemasaran sesuai kebutuhan.  

Baca Juga: Mengenal Strategi Optimalisasi Basis Data Kontak Konsumen - Fitur Labelling Dengan Whatsapp Business

6. Mengirimkan Pesan Otomatis

Tentu akan menyita banyak waktu apabila Sahabat Wirausaha harus mengetik pesan greetings atau jawaban pertanyaan pelanggan yang panjang dan berulang. Tak perlu khawatir, karena di WhatsApp Business Sahabat Wirausaha tidak lagi direpotkan dengan hal tersebut. 

Sebab aplikasi ini menawarkan pengiriman pesan otomatis sebagai bentuk dukungan terhadap layanan pelanggan yang responsif. Pengiriman pesan otomatis tentu dapat mengurangi beban kerja Sahabat Wirausaha dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas dengan kualitas layanan yang diberikan, pastilah tidak akan segan untuk melakukan pembelian ulang, bahkan merekomendasikan produk atau jasa kita kepada orang-orang di sekitarnya. 

7. Memajang Produk Untuk Meningkatkan Citra Merek

WhatsApp Business memiliki fitur Catalog yang berfungsi untuk memajang produk-produk unggulan bisnis kita. Dengan memajang produk disertai dengan deskripsi singkat, padat, dan jelas tentu dapat memberikan informasi mengenai bisnis yang ditawarkan kepada pelanggan. 

Bahkan informasi ini mampu merepresentasikan profesionalisme dari bisnis yang Sahabat Wirausaha jalankan, sehingga terpercaya di mata pelanggan. Seiring dengan hal tersebut, citra merek produk dan bisnis Sahabat Wirausaha tentu akan meningkat. Keberadaan katalog produk juga memungkinkan pelanggan untuk membandingkan dengan pesaing, sehingga memudahkan mereka dalam menentukan keputusan dan pilihan pembelian. 

8. Mengumpulkan Basis Data Pelanggan 

Pelanggan memiliki peran penting dalam bisnis. Sebab itu, Sahabat Wirausaha dituntut untuk pandai-pandai dalam menjalin hubungan dengan pelanggan agar tidak beralih ke pesaing. Salah satu caranya adalah dengan mengumpulkan basis data pelanggan dengan memanfaatkan WhatsApp Business

Aplikasi ini dapat membantu kita mengumpulkan basis data pelanggan dengan kode QR. Teknologi kode QR memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk menarik pelanggan potensial dari offline ke aset digital. 

Caranya cukup mudah. Pastikan Sahabat Wirausaha telah mendaftarkan bisnis dan memiliki kode QR. Sahabat Wirausaha dapat mencetak dan memajang kode QR tersebut di toko offline maupun online, atau di akun-akun sosial medianya. Ajak pengunjung toko untuk memindai kode QR bisnis tersebut dan menyimpan nomor WhatsApp Business kita. Ketika pelanggan membutuhkan informasi terkait dengan bisnis atau produk kita, maka mereka bisa langsung menghubungi nomor tersebut. 

9. Memperbarui Status 

Keberadaan fitur pembaruan status pada WhatsApp Business memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk membagikan informasi bisnis kepada pelanggan secara efektif dan efisien. Misalnya ketika Sahabat Wirausaha sedang menawarkan program promo singkat Buy 1 Get 2 untuk durasi waktu tertentu, maka bisa membagikan informasi tersebut melalui pembaruan status. Cara ini biasanya lebih cepat dan mudah untuk diterima pelanggan, sehingga strateginya menjadi lebih tepat sasaran. 

Nah, sudah tahu kan apa itu WhatsApp Business dan manfaatnya. Jika selama ini Sahabat Wirausaha telah menggunakan aplikasi tersebut untuk mengelola bisnisnya, maka penting untuk meningkatkan penggunaannya agar dapat diperoleh hasil yang maksimal. Sementara Sahabat Wirausaha yang belum menggunakan aplikasi ini, tunggu apa lagi? Begitu banyak manfaat yang bisa Sahabat Wirausaha peroleh dalam upaya mengembangkan bisnis yang pastinya bermuara pada memaksimalkan keuntungan. 

Jika merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk like, share, dan comment serta mengirimkannya kepada teman-teman terdekat Anda.

Referensi:

  1. Brevo.com. 2023.
  2. Cooby.co. 2023.
  3. Barantum.com. 2023.
  4. Whello.id. 2023.