Pernahkah Sahabat Wirausaha mencicipi Mie Gacoan? Merk dagang ini terkenal dengan ragam menu mie pedas yang mampu membuat konsumen ketagihan. Didirikan pada tahun 2016, restoran ini berkembang pesat dalam 7 tahun belakangan dan berhasil mencuri perhatian para pecinta makanan pedas di Indonesia.
Mie Gacoan didirikan oleh Harris Kristanto di Malang, Jawa Timur pada tahun 2016. Saat ini, gerai-gerai berlabel Mie Gacoan sudah banyak berdiri di beberapa daerah Indonesia seperti di Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali dan lainnya. Bahkan jumlah karyawan Mie Gacoan diperkirakan mencapai 3000 orang. Tidak perlu waktu lama bagi Mie Gacoan untuk menggaet hati pelanggan hingga membuka lapangan kerja dalam jumlah yang besar.
Salah satu faktor kesuksesan dari Mie Gacoan adalah strategi bisnis yang kreatif dan inovatif dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat. Beberapa diantaranya adalah :
1. Menjual Produk Yang UnikMie Gacoan memiliki produk unik dengan karakter yang berbeda dari produk mie instan lainnya. Mereka menghadirkan berbagai varian rasa yang berbeda dari mie instan biasa, seperti rasa pedas, ayam bakar, rendang, dan lain-lain. Selain itu, Mie Gacoan juga menghadirkan menu unik yang namanya bisa menerbitkan rasa penasaran konsumen, seperti Mie Gacoan Super Pedas, Mie Setan, hingga Mie Iblis. Ketiganya terbukti menjadi menu andalan dan favorit di kalangan penggemar makanan pedas.
Baca Juga: Strategi Barbie Jadi Brand Mainan Terlaris di Dunia, Omzetnya Tembus Rp22,3 Triliun!
2. Memiliki Desain Gerai yang Menarik
Mie Gacoan memiliki desain gerai yang menarik dan berbeda dari gerai mie instan biasa. Desain gerai mereka didominasi oleh warna merah dan hitam yang mencolok sehingga lebih mudah dikenali oleh pelanggan dan pengguna jalan. Selain itu, Mie Gacoan juga menggunakan desain interior modern dengan lampu kekinian dan hiasan dinding mural yang kreatif. Hal ini membuat gerai Mie Gacoan menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi dan menjadi tempat yang cocok untuk bersantai bersama teman atau keluarga.
3. Mematok Harga Yang Terjangkau
Meski menawarkan menu yang unik dengan desain gerai kekinian, harga semangkuk Mie Gacoan masih terjangkau dan mampu bersaing dengan merek mie instan lainnya. Mie Gacoan memberikan harga relatif murah yakni berkisar antara Rp9.500 hingga Rp10.500. Selain itu, Mie Gacoan juga mengadakan promo-promo menarik untuk produk baru yang diluncurkan, seperti diskon atau potongan harga.
4. Selalu Menghadirkan Menu Terbaru
Mie Gacoan selalu menghadirkan menu terbaru yang inovatif dan menarik bagi konsumen. Hal ini membuat konsumen selalu penasaran dan ingin mencoba menu-menu baru dari Mie Gacoan. Misalnya, mereka mengkombinasikan mi dengan bahan-bahan dan saus yang berbeda-beda, seperti mi ayam geprek, mie ayam keju, dan mie ayam kecap. Konsumen merasa tertarik untuk mencoba menu yang unik dan berbeda ini, sehingga memperluas jangkauan pasar mereka.
5. Memanfaatkan Media Sosial Secara Maksimal
Mie Gacoan menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube untuk memperkenalkan produk dan mempromosikan gerai-gerainya. Mie Gacoan juga sering mengadakan konten-konten menarik di media sosial, seperti giveaway atau challenge yang melibatkan konsumen.
6. Berani Bekerja Sama dengan Berbagai Pihak
Mie Gacoan berani mengambil kesempatan dan bekerja sama dengan produsen makanan lainnya untuk mengembangkan menu kolaborasi yang menarik. Selain itu, Mie Gacoan juga bekerja sama dengan berbagai event dan festival kuliner untuk memperkenalkan mereknya kepada lebih banyak orang. Sebagai contoh Mie Gacoan yang tergabung dalam Festival Mie Pedas ViuiT yang memberikan diskon sebesar 40 persen dengan maksimal potongan harga sejumlah Rp 10 ribu.
7. Fokus pada Pelayanan yang Baik
Mie Gacoan selalu memperhatikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Para karyawan Mie Gacoan dilatih untuk memberikan pelayanan yang ramah dan baik kepada konsumen. Hal ini membuat konsumen merasa dihargai dan senang berkunjung ke gerai Mie Gacoan.
Mie Gacoan menekankan pentingnya pelayanan yang memuaskan dengan memberikan pelatihan khusus bagi karyawan mereka dalam memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan. Mereka juga menerapkan sistem komplain dan saran dari pelanggan agar bisa terus memperbaiki pelayanannya.
Baca Juga: Strategi Bisnis Starbucks, Jual Kopi dengan Harga Lebih Mahal, Tapi Bisa Laris di Pasaran
8. Melakukan Kolaborasi
Mie Gacoan melakukan kolaborasi dengan selebriti dan influencer di media sosial. Mereka mengajak selebriti untuk mencoba menu Mie Gacoan dan mengunggahnya di akun media sosial mereka. Salah satu contohnya adalah saat Mie Gacoan berkolaborasi dengan salah satu selebriti Indonesia, Raditya Dika, untuk membuat video berjudul "Seenak Apa Mie Gacoan?”. Kolaborasi ini sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas dan memperluas jangkauan pasar mereka. Kredibilitas brand juga jadi terangkat karena didukung oleh nama-nama terkenal.
Tips Menerapkan Strategi Bisnis Kreatif yang Sukses Seperti Mie Gacoan
Sahabat Wirausaha bisa juga lho menjadikan bisnis masing-masing tetap kreatif dan relevan di pasaran seperti Mie Gacoan. Berikut beberapa tipsnya:
1. Kenali Pasar dan Konsumen
Pahami pasar dan konsumen kita dengan baik, termasuk preferensi dan kebutuhan mereka. Dengan memahami pasar dan konsumen kita, kita dapat mengembangkan produk dan strategi bisnis yang lebih tepat sasaran.
Contoh konkret dari poin ini adalah Mie Gacoan yang menargetkan pasar yang lebih muda. Mereka menawarkan mie dengan cita rasa yang lebih pedas dan berani, serta desain interior kedai yang lebih modern dan berbeda dari kedai mie pada umumnya. Hal ini berhasil menarik perhatian dari kalangan muda yang ingin mencoba sesuatu yang baru dan berbeda.
2. Cari Tahu Apa yang Membuat Produk Berbeda
Temukan keunikan dari produk atau layanan kita yang membedakan kita dari pesaing lainnya. Keunikan ini bisa menjadi poin penjualan utama dan menjadi daya tarik bagi konsumen. Contohnya pada kasus Mie Gacoan, terdapat menu-menu yang unik seperti Mie Gacoan Super Pedas, Mie Setan, hingga Mie Iblis.
3. Fokus Pada Pelayanan yang Baik
Pelayanan yang baik kepada konsumen adalah kunci untuk membangun loyalitas konsumen dan memperkuat merek kita. Latih karyawan kita untuk memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada konsumen. Contohnya para karyawan selalu sigap melayani kebutuhan pelanggan dengan pengantaran makanan yang cepat dan responsif.
4. Manfaatkan Media Sosial
Manfaatkan media sosial untuk memperkenalkan merek kita kepada lebih banyak orang dan mempromosikan produk atau layanan kita. Gunakan konten yang kreatif dan menarik untuk menarik perhatian konsumen. Contohnya dengan membuat meme, give away, dan photo contest di Instagram.
5. Berinovasi Terus Menerus
Teruslah berinovasi dan mengembangkan produk dan layanan kita agar tetap menarik bagi konsumen. Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan berani berbeda dari yang lain. Contohnya seperti yang dilakukan Mie Gacoan yang selalu mengeluarkan menu mi yang terbaru dari hasil inovasi kuliner mereka.
6. Bangun Kemitraan yang Strategis
Bangun kemitraan yang strategis dengan pihak-pihak yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan bisnis kita. Dengan kemitraan yang tepat, kita dapat memperluas jangkauan pasar dan menawarkan produk yang lebih menarik bagi konsumen. Misalnya kita tergabung dengan komunitas wirausaha yang didalamnya banyak juga pelaku usaha. Kita bisa ikut bekerja sama dengan mereka ketika ada festival UMKM atau bazar tertentu.
Baca Juga: Mengembangkan Strategi Bisnis dengan Ansoff Matrix, Simak Caranya!
7. Gunakan Teknologi
Manfaatkan teknologi untuk memperkuat bisnis kita. Gunakan aplikasi atau platform online untuk memudahkan konsumen dalam memesan produk kita. Selain itu, teknologi juga dapat membantu kita dalam mengelola stok dan inventaris produk. Contohnya kita bisa membuat website untuk melayani penjualan online.
8. Berikan pengalaman yang unik
Berikan pengalaman yang unik kepada konsumen kita. Misalnya, dengan menyediakan acara atau kegiatan yang unik dan menarik, atau dengan memberikan produk atau layanan eksklusif yang tidak tersedia di tempat lainnya.
9. Jaga kualitas produk
Jaga kualitas produk atau layanan kita agar tetap memuaskan konsumen. Pastikan bahan baku yang digunakan berkualitas tinggi dan selalu memperhatikan proses produksi yang baik. Contohnya Mie Gacoan yang selalu menggunakan bahan-bahan yang bermutu mulai dari mi, hingga bumbu-bumbunya.
10. Bangun komunitas penggemar
Bangun komunitas penggemar atau pelanggan setia kita. Dengan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, kita dapat membangun loyalitas konsumen yang kuat dan memperkuat merek kita. Misalnya kita bisa memberikan hadiah untuk pelanggan yang loyal.
Dari Mie Gacoan, Sahabat Wirausaha bisa belajar bahwa kita harus kreatif dan inovatif dalam mencari cara untuk tetap relevan dan bersaing di pasar yang ketat. Dengan menerapkan strategi bisnis kreatif yang terinspirasi dari Mie Gacoan, Sahabat Wirausaha dapat mengembangkan bisnisnya menjadi lebih sukses dan berkembang. Yuk, sudah saatnya UMKM Naik Kelas!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.
Sumber: