Cara Optimalkan Instagram Business untuk Toko Online – Sahabat Wirausaha, sebagai pelaku usaha, tentu kita tahu bahwa peran media sosial bagi perkembangan bisnis sangatlah besar. Jadi, Sahabat Wirausaha perlu belajar nih cara menggunakan serta mengoptimalkan media sosial dalam berbisnis. Sebut saja, Instagram. Instagram adalah salah satu media sosial paling populer yang dimiliki oleh perusahaan Amerika yaitu Meta Platforms.

Nah, Instagram juga merupakan salah satu platform jejaring sosial yang sangat mendukung pelaku usaha dalam berbisnis loh. Melalui Instagram Business, setiap pelaku usaha dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dari berbagai tempat dan meraih keuntungan yang besar. Lantas, seperti apa sih Instagram Business itu? dan bagaimana cara mengoptimalkan Instagram untuk toko online? Yuk, simak ulasan berikut ini ya.


Mengenal Instagram Business 

[Sumber: Solen Feyissa/Unsplash]

Instagram Business (Instagram Bisnis) merupakan bagian dari Instagram yang secara khusus dirancang untuk pelaku usaha yang menjalankan berbagai bisnis secara offline dan/atau online. Jadi, pelaku usaha juga dapat berjualan langsung kepada pengguna Instagram melalui fitur-fitur canggih yang ada di Instagram Business tersebut.

Baca Juga: Inilah 8 Alasan Memilih Instagram Sebagai Toko Online, Berikut Penjelasannya!

Cara membuat akun Instagram Business cukup mudah yaitu:

  1. Buka halaman profil bagian depan dari akun Instagram.
  2. Pilih simbol tiga garis mendatar di bagian pojok kanan atas.
  3. Pilih ‘Pengaturan’.
  4. Pilih tulisan berwarna biru ‘Beralih ke Akun Profesional’.
  5. Muncul beberapa penjelasan tentang keunggulan Instagram Business, pilih ‘Lanjutkan’.
  6. Pilih kategori bisnis sesuai profil bisnis Sahabat Wirausaha.
  7. Centang/aktifkan ‘Tampilkan Label Kategori’, lalu klik ‘Selesai’.
  8. Pada pilihan bisnis atau kreator, centang/pilih ‘Bisnis’, lalu klik ‘Selanjutnya’.
  9. Pada halaman ‘Tinjau Info Kontak Anda’, silahkan lengkapi alamat email, nomor ponsel, dan lokasi usaha (alamat lengkap, nama kota, dan nomor kode pos), lalu pilih ‘Simpan’.
  10. Setelah kembali ke halaman sebelumnya, pilih ‘Selanjutnya’.
  11. Jika ingin menghubungkan ke akun Facebook, pilih ‘Login ke Facebook’, lalu klik ‘Lanjut’.
  12. Pada halaman ‘Pusat Akun’, pilih ‘Selesaikan Penyiapan’. Jika tidak ingin menyiapkan Pusat Akun, maka silahkan pilih ‘Lain Kali’.
  13. Pada halaman ‘Siapkan Akun Profesional Anda’, pilih ‘Jelajahi Fitur Profesional’ untuk melihat fitur-fitur apa aja sih yang bisa digunakan. Misalnya, fitur insight dan promosi.
  14. Selanjutnya, Sahabat Wirausaha dapat memilih “Undang Teman” dan pilihan lainnya yang belum dilengkapi, lalu pilih ‘Berikutnya’ dan ‘Beralih ke Akun Anda’.
  15. Nah, akun Instagram Business Sahabat Wirausaha sudah bisa digunakan deh. Sahabat Wirausaha sudah bisa langsung mengunggah foto atau video untuk pertama kali.

Keuntungan Menggunakan Instagram Business

Mungkin Sahabat Wirausaha bertanya-tanya, apa sih keuntungan menggunakan Instagram Business? Jawabannya, cukup banyak keuntungan yang bisa diperoleh pelaku usaha, seperti : 

1. Meningkatkan Brand Awareness

Dilansir dari dataindonesia.id, jumlah pengguna Instagram di Indonesia pada April 2023 mencapai 109,3 juta pengguna. Nah, dengan menggunakan Instagram Business, Sahabat Wirausaha berpeluang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan loh. Sahabat Wirausaha juga dapat memperkenalkan produk bisnis melalui iklan online yang menarik sehingga meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) dari calon pelanggan.

2. Bisnis Semakin Berkembang

Sahabat Wirausaha dapat memperluas pangsa pasar dengan berjualan secara online kepada jutaan pengguna Instagram di berbagai wilayah. Dengan demikian, bisnis pun akan semakin berkembang. 

Baca Juga: Inilah 9 Fitur Unggulan Toko Online Shop di Instagram, Pengusaha Milenial Wajib Tahu! 

3. Omzet Penjualan Meningkat

Hal ini akan terjadi seiring dengan perkembangan bisnis Sahabat Wirausaha. Lebih banyak pelanggan yang mengenal produk bisnis serta membeli produk secara online, tentu akan berdampak pada jumlah omzet harian maupun bulanan.

4. Memperoleh Pelanggan Baru

Jika Sahabat Wirausaha sering beriklan di Instagram Business, peluang untuk memperoleh pelanggan baru pun semakin besar. Apalagi jika postingan foto dan video produk bisnisnya menarik, tentu akan membuat calon pelanggan penasaran untuk sekedar melihat-lihat atau bahkan langsung melakukan pembelian.

5. Mudah Membangun Relasi

Instagram Business memberikan peluang bagi Sahabat Wirausaha untuk membangun relasi melalui komunitas bisnis Indonesia di Instagram. Komunitas ini dapat membantu Sahabat Wirausaha untuk menambah wawasan bisnis. 

Gimana? Menarik, bukan? Hal ini tentu akan berbeda jika Sahabat Wirausaha hanya mengandalkan penjualan di toko offline saja tanpa memanfaatkan media sosial untuk berjualan online.


Tips Optimalisasi Instagram untuk Toko Online

Berikut ini ada beberapa tips optimalisasi Instagram Business untuk Sahabat Wirausaha yang mau jualan online di Instagram nih. Yuk, simak penjelasannya.

1. Jelajahi Fitur Insight

Fitur insight pada postingan foto/video produk bisnis yang diunggah, memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk memantau beberapa hal seperti berikut: 

  • Jumlah akun yang dijangkau dari pengikut (followers) dan bukan pengikut.
  • Jumlah akun yang berinteraksi untuk memberikan tanda suka dan komentar. 
  • Jumlah akun yang berinteraksi untuk menyimpan dan membagikan postingan.
  • Jumlah akun yang mengunjungi halaman profil.

Dengan fitur insight, Sahabat Wirausaha dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Mengevaluasi jenis postingan apa sih yang paling disukai pengikut (followers) maupun bukan pengikut (non followers).
  • Menilai seberapa efektif penggunaan tagar, deskripsi, dan informasi lainnya pada foto/video produk yang diunggah.
  • Mengevaluasi apa saja yang perlu diperbaiki dan/atau dilengkapi pada postingan berikutnya.

2. Gunakan Fitur Iklan/Promosi

Pada bagian kiri bawah postingan foto/video yang diunggah, ada ikon berwarna biru ‘promosikan postingan’ yang dapat dimanfaatkan untuk menjangkau lebih banyak akun pengguna Instagram. Caranya mudah yaitu:

  • Pilih target yang diinginkan. Apakah Sahabat Wirausaha ingin agar lebih banyak pengguna Instagram mengunjungi halaman profil atau situs web?, ataukah ingin lebih banyak menerima pesan melalui direct message?
  • Pilih target pemirsa. Target pemirsa disesuaikan dengan kategori yang tersedia berupa promo finansial, karir, perumahan, atau isu sosial dan politik. Terdapat pilihan lain juga yaitu ‘otomatis’ dan ‘buat target anda sendiri’. Jika membuat target sendiri, Sahabat Wirausaha dapat menentukan lokasi dari target pemirsa, minat, usia, dan jenis kelamin.
  • Sesuaikan anggaran dan durasi. Untuk beriklan di Instagram Business, ada biayanya ya. Tapi, biayanya dapat disesuaikan dengan modal yang dimiliki Sahabat Wirausaha. Anggaran iklan dihitung per hari dan durasi lamanya iklan dapat diatur hingga 30 hari. Jika sudah selesai menentukan anggaran dan durasi, pilih ‘Selanjutnya’.
  • Pratinjau Iklan. Nah, iklan akan otomatis ditayangkan di halaman beranda, cerita Instagram, halaman jelajahi, dan reels Instagram. Sahabat Wirausaha juga dapat mengecek kembali pilihan sebelumnya serta ringkasan biaya yang harus dikeluarkan untuk iklan tersebut. Selanjutnya, klik ‘promosikan postingan’.

Baca Juga: Reels Instagram Untuk Tingkatkan Penjualan Online

3. Jelajahi Fitur Dasbor Profesional

Sahabat Wirausaha dapat mengevaluasi kinerja akun Instagram Business secara keseluruhan dalam satu halaman Dasbor Profesional saja loh. Pasalnya, fitur Dasbor Profesional sangat bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha yang ingin mengetahui berapa besar Engagement Rate (tingkat keterlibatan) yang dicapai dari semua konten selama periode tertentu. 

Engagement Rate (tingkat keterlibatan) mengukur seberapa banyak pengunjung yang terlibat secara aktif dengan konten yang dibagikan di Instagram. Misalnya, untuk satu postingan foto, Sahabat Wirausaha dapat mengetahui berapa banyak akun yang dijangkau, akun yang berinteraksi, akun yang mengunjungi halaman profil Instagram, dan lainnya.

Dengan demikian, Sahabat Wirausaha dapat menilai seberapa efektif sih konten (foto, video, maupun reels) yang diunggah di Instagram? Jika ternyata hasil Engagement Rate tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka Sahabat Wirausaha dapat melakukan evaluasi terhadap konten-konten dengan nilai Engagement Rate yang rendah tersebut.

  1. Buat Toko di Instagram Business melalui halaman fitur Dasbor Profesional, Sahabat Wirausaha dapat menambahkan toko yang dibuat ke halaman profil Instagram, serta membuat konten yang bisa dibeli dengan menandai produk di postingan maupun cerita Instagram.
  2. Hubungkan Akun Instagram Business dengan Halaman Facebook jika Sahabat Wirausaha memiliki halaman facebook, maka Sahabat Wirausaha dapat menghubungkannya dengan akun Instagram. Tujuannya adalah agar postingan foto/video produk bisnis yang diunggah di Instagram Business, dapat muncul juga di halaman facebook. Selain pengguna Instagram, Sahabat Wirausaha juga dapat beriklan kepada pengguna facebook.
  3. Gunakan Fitur Tautan fitur tautan membantu Sahabat Wirausaha untuk menampilkan shortlink ke situs web, marketplace, atau aplikasi omnichannel marketing (jika ada). Caranya klik ‘edit profil’, pilih ‘tautan’, pilih ‘tambahkan tautan eksternal’, masukkan URL dan judul tautan, lalu klik tanda centang biru bagian kanan atas. Tautan tersebut akan otomatis tampil di halaman profil akun Instagram Business.
  4. Arahkan Pemirsa ke Fitur Tautan setelah mengatur tautan pada halaman profil, Sahabat Wirausaha perlu mengarahkan pemirsa/pengguna Instagram untuk mengklik tautan tersebut dengan menyematkan kalimat “link on bio” di deskripsi postingan foto/video produk bisnis maupun di cerita Instagram. Hal ini memudahkan pelanggan untuk membeli produk bisnis Sahabat Wirausaha.
  5. Jelajahi Fitur Lainnya Instagram Business memiliki banyak fitur canggih lainnya yang masih bisa dijelajahi oleh Sahabat Wirausaha loh. Meskipun membutuhkan banyak waktu, namun layak dicoba kok. Pada akhirnya, Sahabat Wirausaha akan menemukan fitur-fitur Instagram Business yang paling cocok dengan profil bisnis yang sedang dijalankan saat ini.

Tertarik mencoba? Yuk, kembangkan bisnis Sahabat Wirausaha dengan Instagram Business!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Referensi : business.instagram.com, dataindonesia.id, Kelas Bersama.