Alasan Memilih Instagram – Sahabat Wirausaha, kini platform media sosial sudah menjadi sebagian dari kebutuhan kita dalam kehidupan sehari-hari. Adapun manfaat dari platform ini sangat beragam, seperti untuk hiburan, pengetahuan, bahkan untuk berbisnis. Ya, media sosial bisa digunakan untuk berbisnis agar dapat memperluas jangkauan target konsumen dan pelanggan potensial.
Saat ini, platform media sosial yang telah menjadi pilihan terbaik untuk berbisnis adalah Instagram. Hal ini dibuktikan bahwa lebih dari 1 miliar pengguna aktif dimiliki oleh Instagram setiap bulannya. Maka, dari pernyataan tersebut tentunya Instagram memiliki peluang yang besar bagi bisnis, seperti berinteraksi dengan pelanggan, mempromosikan produk, dan meningkatkan penjualan. Dalam mewujudkan peluang tersebut, ada 8 alasan penting yang perlu dipahami untuk menjadikan Instagram sebagai “toko” online bagi bisnis yang kita jalankan. Yuk kita cari tahu penjelasannya pada artikel berikut ini.
1. Visualisasi yang Menarik
Hal pertama yang perlu diketahui adalah Instagram merupakan platform berbasis gambar dan video, yang membuatnya ideal bagi toko online yang ingin menampilkan produk-produk mereka secara visual. Toko online yang kita kembangkan di Instagram bisa dimanfaatkan untuk memposting gambar/video produk, penyajian konten pengetahuan seputar produk, serta konten lainnya yang dapat menarik perhatian pelanggan potensial.
Selain itu, fitur-fitur seperti “jelajahi” dan video IGTV dapat memungkinkan pelaku usaha untuk membandingkan konten mereka dari pengguna lainnya, serta menjadi “pemicu” utama dalam mengembangkan konten visual yang lebih variatif dan informatif kepada pelanggan.
Baca Juga: Inilah 9 Fitur Unggulan Toko Online Shop di Instagram, Pengusaha Milenial Wajib Tahu!
2. Menjangkau Target Audiens Secara Luas
Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak (sekitar 1 miliar), secara tidak langsung Instagram telah memberikan akses kepada toko online untuk menjangkau audiens yang sangat luas. Melalui pemanfaatan strategi pemasaran yang tepat, target audiens bisa diarahkan juga ke toko online Instagram kita, lho. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kita juga bisa menjangkau target audiens secara global di seluruh dunia, sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar bagi sebuah bisnis.
Ketika calon konsumen tertarik akan produk yang dijual di toko online, maka sebenarnya kita juga sedang menjangkau target audiens yang lebih luas. Di Indonesia pun pengguna Instagram sudah mencapai angka hingga 59,8 juta pengguna, dan jumlah ini akan terus meningkat setiap tahunnya. Jadi, Instagram bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau target audiens yang lebih luas lagi.
3. Pemanfaatan Instagram Story dan Konten Interaktif Secara Optimal
Fitur story atau “cerita” di Instagram memungkinkan sebuah bisnis untuk membagikan konten foto/videonya dengan durasi hingga 60 detik. Story ini juga dapat digunakan untuk mempromosikan penawaran tertentu (limited offer), konten di balik layar (behind the scene), atau berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Selain itu, fitur-fitur interaktif seperti “opinion” dan kuis dapat digunakan untuk melibatkan pengguna, serta membangun hubungan yang lebih kuat antara bisnis dan pelanggan.
Contohnya, sebuah toko online yang menjual pakaian menggunakan Instagram story untuk memamerkan koleksi terbaru mereka. Dari story tersebut, pengikut mereka di Instagram akan menjadi tahu apa saja produk yang baru saja dirilis. Dengan begitu, nantinya akan banyak orang yang kemudian tahu tentang produk kita, ya. Kita juga punya kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari cara tersebut. Tapi perlu diingat, story ini hanya bisa disaksikan hingga 24 jam atau satu hari saja oleh para pengguna Instagram.
Jangan lupa juga untuk menuliskan link/tautan website atau kontak toko online kita di bio Instagram, ya. Atau, jika kita memiliki follower lebih dari 10.000, bisa juga menggunakan fitur ‘Swipe Up’. Melalui fitur ini, calon pelanggan akan lebih mudah melihat produk kita dan melakukan pembelian.
4. Pemanfaatan Tagar (Hashtag) Agar Produk Mudah Ditemukan
Tagar adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan visibilitas unggahan kita di Instagram. Dengan menggunakan tagar yang relevan dan populer dalam niche atau segmen pasar yang dituju, unggahan kita dapat lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari produk atau konten sejenis. Hal ini dapat membantu kita untuk menjangkau lebih banyak pengguna agar tertarik membeli produk yang ditawarkan.
Baca Juga: Reels Instagram Untuk Tingkatkan Penjualan Online
5. Analisis Data yang Akurat
Berikutnya, alasan Instagram cocok untuk dijadikan sebagai toko online adalah karena tersedianya opsi analisis data. Ya, Instagram menyediakan berbagai alat analisis data yang memungkinkan kita untuk memantau kinerja unggahan dan kegiatan promosi (campaign) yang dilakukan.
Adapun data tersebut disajikan dalam bentuk metrik seperti jumlah tampilan, interaksi, dan konversi untuk mengukur sejauh mana efektivitas strategi pemasaran kita. Dari pengukuran tersebut, kita bisa menjadikannya sebagai bahan perbaikan untuk mengoptimalkan campaign selanjutnya.
6. Membangun Brand Awareness
Di Instagram, kita juga bisa membangun brand toko online kita melalui tingkat engagement (seperti jumlah followers atau pengikut, jumlah komentar, dsb.) Kalau angkanya tinggi, hal tersebut menandakan bahwa toko online kita sangat potensial untuk dikenal para pengguna Instagram.
Perlu diingat juga bahwa pengguna tersebut bisa saja menjadi klien potensial bagi usaha kita, atau menjadi partner untuk bekerja sama ketika “aset” atau engagement tadi sudah dikelola dengan baik. Maka, jangan ragu untuk terus meningkatkan engagement Instagram kita, ya. Agar semakin banyak target audiens/pengguna yang mengetahui keberadaan toko online kita.
7. Meningkatkan Traffic Pada Situs Website Bisnis
Selain memanfaatkan Instagram untuk toko online, memang sebaiknya sebuah bisnis memiliki situsnya sendiri. Hal ini akan membuat tingkat kepercayaan calon konsumen naik terhadap citra brand yang sedang dibangun. Namun, situs bisnis ini juga bisa ditautkan ke Instagram kita kok! Jadi, pada halaman akun Instagramnya pelaku usaha bisa menautkan link situs bisnisnya untuk segala aktivitas transaksi, informasi, maupun layanan kritik/saran terhadap pelanggan.
Jika konten di Instagram kita bisa menarik perhatian pelanggan, tentunya akan semakin banyak dari mereka yang mau mengunjungi situs bisnis yang telah ditautkan untuk membeli produk. Maka, hal ini juga dapat meningkatkan aktivitas atau traffic di situs bisnis yang kita buat tersebut.
8. Membangun “Hubungan Digital” dengan Para Pelanggan
Pada dasarnya, Instagram memiliki kesamaan dengan media sosial lainnya yang digunakan untuk melakukan komunikasi dan interaksi. Dari kesamaan tersebut, kehadiran Instagram ini bisa menjadi wadah paling tepat melakukan interaksi dengan calon pembeli karena penggunanya yang paling banyak. Adapun interaksi yang bisa dilakukan seperti membalas pesan, memberikan informasi produk melalui pesan pribadi (Direct Messages), melakukan tanya jawab (QnA), dan masih banyak lagi.
Nantinya, pelaku usaha bisa menjalin kedekatan dengan para penggunanya di Instagram melalui interaksi yang dilakukan. Jangan lupa juga agar selalu memberikan service atau pelayanan yang terbaik ya Sahabat Wirausaha, supaya pelanggan merasa puas dan membeli produk kita lagi (repeat order).
Nah Sahabat Wirausaha, dengan kombinasi visualisasi yang menarik, fitur yang praktis dan mudah digunakan, ketersediaan analisis data, tautan situs bisnis, dan kemampuan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, Instagram memang merupakan platform yang cocok untuk menjalankan toko online.
Namun, kita juga perlu mengembangkan strategi konten dan pemasaran yang tepat guna untuk memaksimalkan potensi platform ini. Melalui dua perpaduan tersebut, sebuah bisnis dapat memanfaatkan kekuatan atau “pengaruh” dari Instagram, untuk pengembangan toko online yang dikelola secara berkelanjutan agar menghasilkan keuntungan. Jadi, yuk mulai kembangkan toko online kita di Instagram dari sekarang!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan atau share kepada teman dekat atau kerabat Kita. Jangan lupa juga untuk like dan berikan komentar pada artikel ini ya, Sahabat Wirausaha.
Referensi : Eraspace, Deepublish, Gojek, Niagahoster