Instagram Reels: Fitur Terkini dari Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Tahukah Sahabat Wirausaha, Instagram Reels sudah dapat digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia! Seperti yang kita ketahui, sebelumnya fitur Reels ini hanya dapat digunakan di beberapa negara saja. Namun, setelah menunggu beberapa waktu, fitur Reels tersebut pertama kali resmi dirilis di Indonesia pada tanggal 24 Juni 2021 lalu. Fitur terbaru Instagram ini juga dipercaya dapat membantu para pemilik bisnis untuk mempromosikan produknya. Penasaran apa saja kegunaan dan manfaat Reels untuk bisnis kita?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai Instagram Reels, cara Instagram Reels meningkatkan penjualan produk secara online diikuti dengan trik-trik yang dapat dilakukan untuk membuat konten Reels yang banyak ditonton. Penjelasan ini diambil dari seorang narasumber melalui akun Instagram ukmindonesiaid. Yuk, mari kita simak bersama!


Sekilas tentang Instagram Reels

Instagram Reels merupakan unggahan video 15 detik di Stories yang dapat dimodifikasi dengan AR (Augmented Reality) musik dari pengguna, stiker, maupun teks, dan selanjutnya digabungkan dengan video atau foto lain. Selain itu, pengguna juga bisa memperlambat atau mempercepat video.

Baca Juga: Tips Membuat Konten Reels Instragam Jadi Viral

Semua fitur yang ada di Instagram sebenarnya bertujuan untuk membangun komunitas dari pemilik akun. Jualan merupakan suatu kegiatan tambahan yang dapat dilakukan melalui media sosial. Hal ini disebabkan karena sebagian besar dari sifat masyarakat Indonesia sendiri, masih lebih nyaman untuk melakukan transaksi bukan langsung melalui Instagram melainkan lewat WhatsApp ataupun e-commerce lainnya. Dengan kata lain, media sosial merupakan jembatan yang menghubungkan antara pelanggan baru atau lama dengan produk yang ditawarkan.

HIngga saat ini, fitur Instagram yang paling membantu penjualan online adalah Reels Instagram, bahkan Instagram sendiri mengklaim dengan adanya fitur ini dapat mengembangkan akun-akun kecil. Tidak seperti fitur Instagram lainnya, yang mana untuk menjadi viral perlu memasang iklan atau menggunakan hashtag, Reels Instagram tidak memerlukan itu semua namun tetap dapat menjangkau pengguna baru. Story dan Fit Instagram bertujuan untuk mempertahankan pengikut yang sudah ada dalam akun individu.

Secara garis besar manfaat dari Instagram Reels adalah pertama, sebagai media untuk mendorong engagement Instagram. Setiap postingan Reels yang kamu upload, akan masuk ke halaman feeds dan explore Instagram. Jadi, tingkat engagementnya bisa lebih tinggi. Namun, harus dipastikan bahwa konten yang dibuat sudah cukup menarik sehingga calon pelanggan yang melihat Reels kamu akan tertarik untuk melihat profil Instagram bisnis online kamu dan dapat memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa kamu. Kedua, meningkatkan followers. Hal ini disebabkan karena Reels bisa muncul di explore Instagram, traffic pengunjung Instagram kamu pun bisa meningkat dan berujung pada kenaikkan followers. Dan yang terakhir adalah sebagai media kolaborasi bisnis.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Instagram Untuk Berbisnis, Yuk Simak Tipsnya!

Prospek Instagram ke depannya dapat dibilang cukup bagus karena jumlah pengguna Instagram cukup banyak dan masih aktif, banyaknya fitur yang disediakan oleh Instagram yang dapat menarik pengguna baru, serta memberikan kesempatan kepada semua orang untuk dapat viral di social media.


Fitur-Fitur di Instagram Reels

Sahabat wirausaha dapat menggunakan Reels untuk promosi di media sosial. Reels menawarkan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk membuat video kreatif. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Remix

Remix yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk membuat video Reel versi mereka dan digabung dengan video Reel yang sudah ada.

  • Voiceover

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan suara mereka ke video. Selain itu, ada juga Mixed Audio yang memungkinkan pengguna menambahkan suara disertai lagu sebagai latar belakang.

Baca Juga: Tips Membuat Jadwal Konten di Media Sosial

  • AR effect

Ada pula fitur efek yang membantu mempercantik konten. Pengguna bisa memilih untuk menggunakan filter dari Instagram atau mencari filter favoritmu. Lalu, gunakan efek tersebut di konten Reels agar lebih menarik bagi audiens.

  • Timer dan Countdown

Atur waktu rekam otomatis Reel Instagram kamu untuk mempermudah proses pembuatan video dengan konsep on-stage.

  • Align

Fitur ini bertujuan membuat objek seperti stiker atau tulisan yang disisipkan video sebelumnya lebih rapi saat transisi. Jika kamu memotong video menjadi beberapa bagian, fitur ini juga bermanfaat agar lebih presisi. Alhasil, reel Instagram kamu terlihat lebih profesional.

  • Speed

Pengguna bisa mempercepat atau memperlambat video atau audio sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Membangun Brand Positioning Agar Bisnis Berkembang


Cara Kerja Instagram Reels untuk Meningkatkan Penjualan Online

Cara kerja Reels Instagram bisa dibilang mirip dengan Youtube. Pada halaman utama Youtube, biasanya video yang muncul bukanlah video dari akun-akun yang sudah di-subscribe. Begitu pula dengan Reels Instagram. Ketika individu menekan tombol Instagram Reels, sebagian besar Reels yang muncul bukan dari akun yang pernah individu tersebut ikuti. Instagram mendapatkan keuntungan dari lama waktu seorang individu menggunakan platformnya.

Oleh karena itu, Instagram membentuk fitur Reels yang bertujuan untuk memanjangkan durasi seseorang ketika menggunakan Instagram dan membagikan konten yang dijadikan sebagai Reels kepada semua orang secara acak. Selain itu, dengan adanya Reels Instagram, jumlah pengikut menjadi kurang penting. Hal ini disebabkan karena ketika individu melihat video tersebut, mereka biasanya akan langsung follow atau menekan tombol suka.


Tips Membuat Reels Instagram Agar Menarik Banyak Penonton

Sahabat Wirausaha berikut tips dan trik yang dapat dicoba untuk meningkatkan jumlah penonton yang kemudian akan memberikan efek terhadap peningkatan penjualan adalah :

Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram

  1. Jangan ada logo brand lain karena jika didapatkan logo brand lain, Instagram tidak akan membagikan video tersebut ke banyak orang walaupun video yang dibuat tersebut menarik. Akibatnya jumlah penonton akan menurun.
  2. Menggunakan fitur-fitur yang ada di Reels Instagram, seperti menambahkan audio atau gambar yang telah disediakan dari Reels Instagram.
  3. Harus ada value konten. Maksudnya dapat melibatkan emosi penonton, seperti dapat membuat penonton terhibur atau terharu. Cara untuk bisa mendapatkan value konten adalah dengan melihat trend di Reels Instagram, kemudian remake ulang video tersebut sesuai dengan gaya masing-masing individu.
  4. Membuat konten yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari, seperti membuat konten tentang resep masakan untuk anak kos dengan budget 10 ribu.
  5. Jangan membuat video terlalu canggih atau terlalu bagus.
  6. Menggunakan voice over dan subtitle yang dapat muncul di video.
  7. Apabila ingin meningkatkan jumlah komentar, dapat digunakan kalimat ajakan ataupun pertanyaan.
  8. Konsisten. Maksudnya membuat 1-2 video rutin setiap harinya.
  9. Durasi video tidak perlu terlalu panjang cukup 15-30 detik karena tidak semua orang menonton video dari awal sampai akhir.

Sahabat Wirausaha dapat mempelajari trik dan trip yang telah disampaikan serta menerapkannya pada usaha milik Sahabat Wirausaha. Media sosial merupakan salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau bisnis sahabat wirausaha termasuk menggunakan Reels Instagram. Oleh karena itu, jangan takut untuk berkreasi ya. Semoga dengan trik yang telah diberikan dapat membantu meningkatkan penjualan produk online sahabat wirausaha. Selamat berkreasi!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Sumber:

https://www.instagram.com/tv/ChwZ4D_PtHH/?igshid=Y...