UKM Indonesia

Tips Membuat Jadwal Konten di Media Sosial

Penulis : Zpica Alfania Soukotta
Editor : Banu Rinaldi
12 Agustus 2022
Lama Baca : 7 menit


Sahabat Wirausaha, kegiatan pemasaran di media sosial dapat memberikan peluang yang baik bagi para pengusaha untuk berinteraksi secara online dengan konsumen potensial sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa media sosial memiliki peran yang begitu besar dalam mendorong penjualan produk/layanan. Bahkan beberapa perusahaan mempekerjakan tenaga spesialis di media sosial (social media specialist) yang bertugas untuk membuat, mengatur, serta mempublikasikan konten di semua platform media sosial seperti facebook, instagram, twitter, linkedin, pinterest, youtube tiktok, dan lainnya.

Namun, sebagai pelaku UKM, Sahabat Wirausaha tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk menggunakan jasa spesialis tersebut kok. Kini Sahabat Wirausaha dapat membuat, mengatur, serta mempublikasikan konten mengenai produk/layanan sesuai keinginan Sahabat Wirausaha sendiri. Publikasi konten di platform media sosial memang membutuhkan persiapan khusus salah satunya adalah dengan menyiapkan konten serta menyusun jadwal untuk mempublikasikannya. Jadi, tidak boleh asal-asalan dalam mengunggah sebuah postingan yah.

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial


Membuat Jadwal Konten

Lalu, bagaimana cara membuat jadwal konten di media sosial? Ada dua tips yang dapat Sahabat Wirausaha coba. Simak ulasannya berikut ini.

Tips 1. Mengatur Waktu Unggahan Untuk Setiap Platform Media Sosial

Jika Sahabat Wirausaha memiliki beberapa platform media sosial sekaligus, maka Sahabat Wirausaha dapat mengatur waktu unggahan yang berbeda untuk setiap platform tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah audience/followers melihat postingan berulang di semua platform pada waktu bersamaan.

Sumber: Vlada Karpovich/Pexels

Disadur dari sumber meltwater.com, waktu terbaik untuk mengunggah postingan cukup beragam untuk setiap platform media sosial baik hari maupun jamnya yaitu sebagai berikut.

  • Platform Facebook: Hari Rabu. Kisaran waktu antara jam 12 siang hingga jam 3 sore.
  • Platform Instagram: Hari Rabu dan Kamis. Dimulai jam 5 pagi, jam 11 pagi, dan jam 2 siang hingga jam 4 sore.
  • Platform Twitter: Hari Rabu dan Jumat. Dimulai jam 9 pagi.
  • Platform Linkedin: Hari Selasa dan Rabu. Kisaran waktu antara jam 7-8 pagi, jam 12 siang, dan jam 5-6 sore.
  • Platform Youtube: Hari Kamis dan Jumat. Dimulai jam 12 siang hingga jam 3 sore.
  • Platform TikTok: Hari Selasa dan Kamis. Dimulai jam 9 pagi hingga jam 12 siang.
Baca juga: Tips Buat Bisnis Viral Lewat TikTok

Nah, gambaran pengaturan jadwal ini dapat dijadikan sumber inspirasi bagi Sahabat Wirausaha. Namun demikian, jadwal tersebut dapat kurang efektif jika Sahabat Wirausaha memiliki karakteristik audience/followers yang berbeda. Sebagai langkah awal, tidak ada salahnya Sahabat Wirausaha mengikuti jadwal tersebut sambil mengevaluasi apakah hasilnya efektif bila diterapkan atau kah perlu dilakukan penyesuaian waktu.

Lantas, bagaimana caranya mengetahui apakah hasilnya efektif atau tidak efektif? Sahabat Wirausaha dapat mengetahuinya dengan memantau tingkat engagement yang diperoleh dari setiap unggahan di berbagai platform media sosial tersebut. Apakah tingkat engagement naik? Jika iya, maka berhasil. Namun jika tingkat engagement turun atau tidak mencapai target yang diharapkan, maka Sahabat Wirausaha perlu melakukan penyesuaian atau beberapa langkah percobaan (trial and error) hingga memperoleh waktu terbaik.

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial

Selain itu, saat melakukan percobaan Sahabat Wirausaha perlu mempertimbangkan adanya perbedaan zona waktu yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Hal ini dapat menentukan kapan sebagian besar audience/followers Sahabat Wirausaha berstatus online sehingga mereka dapat melihat postingan yang diunggah.

Mungkin Sahabat Wirausaha bertanya, ‘mengapa harus di jam-jam tertentu sih?’. Jawabannya, pengguna media sosial cenderung mengecek media sosial ketika memiliki waktu luang sehingga Sahabat Wirausaha perlu mengatur jadwal konten berdasarkan karakteristik pengguna atau demografi. Tahukah Sahabat Wirausaha, media sosial juga memiliki demografi yang dapat diukur loh. Hal ini penting untuk diketahui oleh Sahabat Wirausaha.

Baca Juga: Seluk Beluk Analisa Peluang Pasar di Tokopedia

Berdasarkan demografi media sosial, Sahabat Wirausaha dapat memetakan audience/followers dengan perkiraan waktu online di masing-masing platform media sosial. Dilansir dari sumber whitneyssocial.com, demografi media sosial di tahun 2020 menunjukkan bahwa pengguna terbanyak dari platform media sosial facebook, instagram, dan tiktok adalah perempuan, sedangkan pengguna terbanyak dari platform media sosial twitter, youtube, dan linkedin adalah laki-laki.

Dengan demikian, waktu terbaik untuk mengunggah postingan di media sosial (misalnya: facebook) adalah antara jam 12 siang hingga jam 3 sore yaitu ketika jam istirahat makan siang bila sebagian besar pengguna adalah wanita karir; dan jam tidur siang anak-anak di rumah bila sebagian besar pengguna adalah ibu rumah tangga. Jadi, Sahabat Wirausaha dapat memperkirakan kapan waktu terbaik untuk mengunggah postingan produk/layanan sesuai demografi audience/followers dari semua platform media sosial milik Sahabat Wirausaha.

Tips 2. Membuat Kalender Konten

Bila Sahabat Wirausaha sudah memahami bagaimana caranya mengatur waktu untuk mengunggah postingan di media sosial, langkah selanjutnya adalah membuat kalender konten yang memuat topik-topik menarik untuk diunggah. Tujuannya adalah untuk membantu Sahabat Wirausaha agar lebih teratur dan konsisten dalam mengunggah postingan, serta menarik perhatian audience/followers dengan postingan yang ‘eye catching’.

Sumber: Cottonbro/Pexels

Baca Juga: Tips Membuat Konten Reels Instragam Jadi Viral


Langkah-Langkah Menyusun Jadwal Konten

Lalu, apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

1. Identifikasikan produk/layanan yang ingin dipromosikan

Identifikasi, berarti Sahabat Wirausaha perlu menyiapkan informasi lengkap mengenai produk/layanan yang ingin dipromosikan di platform media sosial seperti nama produk, kandungan produk, manfaat/keunggulan produk. Informasi ini akan dicantumkan dalam kolom caption pada postingan setiap produk/layanan yang dipromosikan.

2. Tentukan rencana topik konten

Tentu, tujuan utama yang ingin dicapai dari produk/layanan yang dipromosikan adalah setiap postingan memiliki tingkat engagement yang tinggi. Oleh sebab itu, Sahabat Wirausaha perlu menyiapkan ide-ide topik konten yang akan diunggah setiap hari atau selama periode tertentu.

Misalnya, khusus produk berupa pakaian; Sahabat Wirausaha dapat mengunggah postingan kisah inspiratif mengenai fashion atau pun kutipan-kutipan bijak yang berkaitan dengan produk yang dipromosikan. Sahabat Wirausaha bahkan dapat melakukan program ‘giveaway’ melalui postingan yang diunggah agar menarik perhatian audience/followers.

Baca Juga: Proses Membangun Brand ala Keripik Maicih

3. Gunakan template kalender konten

Rencana topik konten yang telah disiapkan selanjutnya akan dimasukkan ke dalam template kalender agar lebih teratur. Misalnya, pada hari Selasa tanggal 1 Februari, Sahabat Wirausaha telah menentukan akan mengunggah postingan produk A di pagi hari dan produk B di sore hari maka Sahabat Wirausaha dapat langsung memasukkan topik tersebut ke dalam template kalender.

Lalu, bagaimana cara membuat templatenya? Tak perlu khawatir, karena saat ini Sahabat Wirausaha dapat dengan mudah mengunduh template untuk kalender konten secara gratis di internet, atau Sahabat Wirausaha juga dapat menggunakan Google Sheets.

Nah, kesimpulannya adalah membuat jadwal konten di media sosial tidak begitu sulit jika Sahabat Wirausaha telah mengetahui tipsnya. Demikian tips membuat jadwal konten di media sosial. Selamat mencoba! Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi :

  1. Pinterest
  2. meltwater.com
  3. whitneyssocial.com
Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: