UKM Indonesia

Cara Mengoptimalkan Instagram Untuk Berbisnis, Yuk Simak Tipsnya!

Penulis : Annisa Anastasya
Editor : Banu Rinaldi
16 Juli 2022
Lama Baca : 7 menit

Sahabat Wirausaha, siapa saja yang sudah menggunakan Instagram untuk media berjualan atau promosi produk? Akhir-akhir ini penggunaan Instagram sebagai saluran pemasaran semakin populer, terlihat dari semakin meningkatnya pelaku usaha yang membuat akun bisnis di Instagram untuk keperluan mempromosikan produk dan menjalin engagement dengan para konsumen.

Ada segudang manfaat yang bisa kita temukan di Instagram sebagai media pengembangan bisnis, salah satunya fitur bisnis yang disediakan dalam platform Instagram. Namun sudah seberapa optimal kita memanfaatkannya untuk bisnis? Kira-kira fitur apa saja yang tersedia dan bagaimana cara memanfaatkannya? Pada artikel kali ini, kita akan menggali bagaimana mengoptimalkan fitur Instagram untuk berbisnis.


Beralih ke Akun Bisnis

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar bisa mengakses fitur bisnis Instagram adalah melakukan peralihan ke akun bisnis. Cara untuk beralih ke akun bisnis sangatlah mudah. Pengguna harus terlebih dahulu membuat akun Instagram khusus produk yang terpisah dengan akun Instagram pribadi sehingga postingan yang ada pada akun tersebut memang ditujukan untuk bisnis dan tidak tercampur dengan foto-foto pribadi dan konten yang tidak relevan.

Baca juga: Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing

Setelah membuat akun produk, langkah untuk beralih ke akun bisnis seperti dikutip dari Dewaweb adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke halaman profil, kemudian klik simbol tiga garis (☰) yang berada di pojok kanan atas akun Instagram.
  • Setelah itu pilih menu Pengaturan/Setting, lalu pilih menu Akun/Account.
  • Pilih Menu Beralih ke Akun Profesional/ Switch to Professional Account.
  • Lanjutkan proses pengubahan jenis akun dengan menekan tombol Lanjutkan/Continue.
  • Pilih salah satu kategori akun yang sudah disediakan, misalnya kategori Produk/Layanan. Atau pilihannya bisa disesuaikan dengan jenis usaha.
  • Lengkapi kontak yang diminta seperti email dan nomor telepon bisnis.
  • Hubungkan profil Instagram ke Laman Facebook. Namun jika tidak ada, klik pilihan skip.
  • Akun Instagram sudah berhasil menjadi akun bisnis.

Untuk beralih ke akun bisnis, caranya cukup sederhana bukan? Selanjutnya, mari kita pahami fitur apa saja yang dapat kita temukan untuk membantu bisnis kita berkembang.

Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram


Fitur Penting Pada Instagram Bisnis

Data sangatlah penting untuk mengembangkan bisnis kita. Melalui fitur Insight pada Instagram Bisnis, kita bisa melihat aktivitas konsumen, apa konten yang mereka suka, bagaimana tingkat jangkauan konten tersebut, berapa jumlah orang yang melihat konten dan akun kita, dan sebagainya.

Di dalam Fitur Insight, ada beberapa menu yang bisa dimanfaatkan untuk menggali informasi dari konsumen, antara lain :

  • Gambaran Umum berisi Akun Dijangkau yang menginformasikan berapa jumlah orang yang sudah menjangkau akun Instagram kita, berapa jumlah akun yang suka/like konten, berapa yang mengunjungi profil, postingan mana yang paling populer, serta cerita, reels, video IGTV, dan video langsung mana yang paling populer. Di menu Gambaran Umum ini juga terdapat informasi tentang Interaksi Konten yang menhitung berapa jumlah orang yang menyukai, berkomentar, dan melihat konten kita.
  • Pemirsa Anda merupakan fitur Insight yang memuat informasi rincian follower dan audiens konten kita. Di menu ini, kita bisa melihat berapa jumlah pengikut, jumlah yang mengikuti dan berhenti mengikuti, asal wilayah, rentang usia, dan jenis kelamin para audiens secara menyeluruh. Di menu ini juga, kita dapat melihat di pukul berapa orang mengakses dan melihat konten kita.
  • Konten yang Anda Bagikan berisi informasi berapa jumlah audiens dari setiap konten yang kita publikasikan. Di menu ini, kita dapat melihat setiap insight konten yang kita bagikan, apakah itu postingan, cerita, reel, video, dan siaran langsung.
  • Buat Promosi merupakan fitur yang yang menyediakan layanan Instagram Ads atau iklan berbayar. Kita dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat iklan untuk menjangkau pemirsa yang lebih luas lagi. Syaratnya harus sudah memiliki Laman Facebook.
Baca juga: Tips Beriklan di Instagram Ads


Menuliskan Kontak Lengkap di Profil

Bagaimana cara agar konsumen dapat menghubungi dan mendapatkan produk kita dengan mudah? Caranya adalah dengan melengkapi informasi Profil Instagram kita. Tambahkan email, kontak, dan website agar konsumen bisa menghubungi jika ingin bertanya dan berkonsultasi mengenai produk dan layanan yang tersedia.

Untuk melengkapi profil, kita dapat masuk ke menu Edit Profil pada akun Instagram. Lengkapi informasi situs web dan bio yang tersedia. Namun, jika kita menuliskan nomor kontak pada bio yang tersedia, ini akan mempersulit konsumen untuk menambahkan nomor kontak kita. Sebab, konsumen harus mengetik ulang dan menginput kontak tersebut di handphone mereka.

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial

Sangat disarankan menggunakan linktr.ee untuk semakin memudahkan konsumen menjangkau produk kita. Dengan linktr.ee, kita dapat menambahkan beberapa link seperti nomor WA, website, dan toko online di marketplace sekaligus.

Sebagai contoh, berikut ini merupakan screenshoot salah akun Instagram yang memuat pintasan Linktr.ee di profilnya. Dengan mengklik menu tersebut, konsumen dapat memilih salah satu link yang tersedia dan langsung terhubung ke toko online seperti WA admin, website/webstore, Tokopedia, Shopee, dan Blibli.

Sumber : pluginongkoskirim.com

Mengapa kita perlu memasang tautan linktr.ee di profil Instagram kita? Dikutip dari pluginongkoskirim.com, manfaat yang kita peroleh dengan menambahkan tautan ini adalah mengkonversi audiens menjadi pembeli dengan memudahkan mereka mengakses link tersebut; memudahkan audiens jika ingin terhubung lewat chat, website, dan toko online; dan bisa memasang banyak menu/link sehingga konsumen mendapat pilihan beragam sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital


Buatlah Konten yang Menarik

Konten menarik adalah kunci untuk menarik follower. Konten visual menjadi daya tarik utama di Instagram. Itulah mengapa jika ingin mengoptimalkan penggunaan Instagram bisnis, kita perlu mempelajari bagaimana mengambil foto produk aagar tampak menarik dan membuat tulisan yang bisa memicu rasa antusias pengunjung akun.

Bagaimana membuat konten yang menarik ? Apa saja syaratnya ? Facebook memberikan tips bagaimana menampilkan konten Instagram yang menarik untuk bisnis Anda.

  • Buatlah rencana konten yang dimulai dengan menetapkan tujuan bisa membuat kita tetap fokus pada apa yang ingin dicapai. Misalnya tujuan kita ingin membangun brand dan mengenalkan produk kepada konsumen, maka konten-konten yang kita rencanakan harus fokus pada kedua tujuan ini.
  • Menentukan tampilan dan perspektif yaitu membangun visual dan pesan yang konsisten dengan memantapkan merek bisnis kita. Gunakan logo, warna, dan produk sebagai ciri khas bisnis kita.
  • Membuat jadwal memposting konten dapat membantu kita dalam merencanakan konten apa yang ingin dipublikasikan kepada follower seperti kapan harus memposting foto produk, memberikan konten edukasi, memposting video, memberikan giveaway, dan sebagainya. Kita dapat menjadwalkan variasi konten yang akan diposting setiap harinya sehingga follower tidak merasa jenuh.
  • Gunakan nada dan bahasa yang konsisten ketika kita membuat tulisan. Gaya bahasa bisa disesuaikan dengan segmen konsumen yang kita tuju. Jika segmen konsumen adalah milenial, kita bisa menggunakan bahasa yang hangat dan santai, jika segmen konsumen merupakan pekerja profesional, kita bisa menggunakan bahasa yang serius dan informatif, dan seterusnya. Gaya bahasa dapat membuat kita membangun koneksi lebih mudah dengan pelanggan.
  • Konsisten memposting konten agar kita selalu terhubung dan tetap berinteraksi dengan follower. Semakin sering kita memposting di Instagram, semakin banyak interaksi yang terjadi dengan para follower (komentar, suka, dan bagikan). Nah, interaksi yang intens dapat mendorong follower semakin mengenal bisnis dan produk yang kita tawarkan.

Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Untuk Membuat Website Toko Online Milik Sendiri


Meningkatkan Jumlah Follower

Jumlah follower sangat mempengaruhi popularitas brand bisnis kita. Semakin banyak follower, semakin dikenal brand kita oleh pelanggan, yang tentu saja akan meningkatkan penjualan produk. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan jumlah follower Instagram kita yaitu dengan cara berbayar melalui Instagram Ads dan cara organik.

Cara pertama dilakukan dengan memposting iklan melalui Instagram Ads yang berbayar. Ini merupakan metode paling umum dan mudah untuk mengumpulkan follower. Instagram dapat membantu kita memperoleh follower sesuai dengan segmen pelangan yang sesuai dengan jenis kelamin, usia, dan jangkauan area yang kita inginkan.

Baca Juga: Seluk Beluk Analisa Peluang Pasar di Tokopedia

Cara kedua dilakukan dengan proses organik atau mengumpulkan sendiri follower Instagram tanpa melalui iklan. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan dengan metode organik. Ini disarankan ketika akun kita masih minim jumlah followernya dan memiliki anggaran terbatas.

Metode paling umum adalah dengan follow dan unfollow target pasar. Untuk menemukan target pasar yang sesuai, kita perlu menentukan segmen konsumen dari produk kita, apakah jenis kelamin dan berapa rentang usianya. Target pasar yang kita tuju juga dapat diperoleh dengan mengunjungi akun selebgram dan produk kompetitor, lalu melihat daftar follower mereka. Ikuti follower mereka dan tinggalkan jejak dengan memberikan likes dan postingan komen di masing-masing akun. Jumlah maksimal akun yang dapat kita ikuti adalah 200 akun selama 24 jam.

Baca Juga: Apa itu Market Growth?

Cara organik lainnya yang dapat kita lakukan adalah dengan memberikan giveaway secara rutin, misalnya seminggu atau sebulan sekali. Kita dapat mendorong follower akun kita untuk men-tag orang lain dan memberikan komentar di akun Instagram untuk meningkatkan interaksi dan jumlah follower. Selain giveaway, metode endorsement juga lumrah digunakan untuk meningkatkan jumlah follower. Cara ini dilakukan dengan meminta selebgram meng-endorse produk kita di akun Instagram mereka.


Mengaktifkan Instagram Shopping

Fitur Instagram Shopping merupakan fitur yang memungkinkan pengunjung akun Anda untuk melihat katalog produk melalui postingan foto di akun Instagram kita. Dikutip dari Sirclo, Instagram Shopping memberikan kemudahan konsumen untuk berbelanja dengan mengetahui informasi produk lebih lanjut dan melakukan pemesanan tanpa perlu keluar dari aplikasi.

Baca Juga: Mengemas Narasi yang Efektif Optimalkan Strategi Direct Response Marketing

Untuk mengaktifkan Instagram Shopping, kita perlu membuat website toko online dan akun Facebook. Selanjutnya dapat ikuti langkah berikut agar dapat mengaktifkan Instagram Shopping :

  • Hubungkan Instagram ke Halaman Facebook Toko Online;
  • Di bagian menu Informasi Bisnis Publik, pilih Halaman;
  • Pilihan halaman Facebook dan halaman yang akan dihubungkan;
  • Upload katalog produk di halaman Facebook atau di website toko online;
  • Buka profil Instagram Bisnis, lalu ketuk simbol tiga garis (☰);
  • Pilih Setting/Pengaturan, lalu pilih menu Bisnis;
  • Pilih Siapkan Instagram Shopping;
  • Hubungkan Instagram ke Facebook, lalu pilih Katalog Produk dan Selesai. Fitur Instagram Shopping sudah aktif.
Baca Juga: Ragam Jenis Endorser Dalam Pemasaran Digital

Untuk melabeli produk di postingan Instagram, mulailah dengan mengupload foto seperti biasanya, lalu ikuti petunjuk sebelum memposting. Kita akan diminta untuk melabeli produk pada foto dan memilih produk yang terdapat pada katalog.



Label produk pada postingan Stiker belanja pada Story

Sumber : Instagram.com/hijabchic

Dengan mengaktifkan fitur Instagram Shopping, kita juga dapat menggunakan stiker belanja untuk Instagram Story. Fungsi stiker adalah seperti label pada postingan yaitu mengarahkan konsumen pada katalog produk ketika mengklik stiker tersebut.

***

Fitur Instagram Bisnis sangat efektif untuk mendukung pertumbuhan bisnis yaitu dengan menyediakan fasilitas yang memberi kemudahan pengunjung untuk menemukan dan membeli produk yang kita tawarkan.

Semoga artikel ini membuka wawasan dan semakin meningkatkan ketertarikan Sahabat Wirausaha untuk menggunakan Instagram Bisnis.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: