Grand Opening Bisnis – Sahabat Wirausaha, apakah kita meluncurkan bisnis baru, membuka toko yang dipindahkan, atau menambah lokasi lain? 

Jika demikian, pebisnis perlu membuat acara grand opening kita berarti untuk memulai bisnis dengan baik dan menghasilkan antusiasme dalam komunitas pelanggan.

Meskipun demikian, menyelenggarakan grand opening yang sukses untuk membantu memasarkan bisnis pelaku usaha bisa terasa seperti tugas yang menakutkan dan membingungkan.

Kecuali jika pebisnis memiliki panduan grand opening yang lengkap dibawah ini! 


Apa itu Grand Opening?

Grand Opening adalah acara atau pertemuan yang diselenggarakan untuk memperkenalkan/brand awareness secara resmi suatu bisnis baru kepada masyarakat atau komunitas tertentu. 

Acara ini sering kali dirancang untuk menarik perhatian dengan tujuan berikut:

  • Memberitahukan masyarakat tentang adanya pilihan bisnis baru di daerah tersebut;
  • Menyampaikan branding untuk memperlihatkan nilai-nilai yang dipegang oleh usaha UMKM, seperti komitmen terhadap keberlanjutan lingkungan atau partisipasi dalam kegiatan amal di komunitas lokal;
  • Membangun hubungan serta memberikan edukasi kepada konsumen tentang produk yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan selama open house;
  • Mengumpulkan konten yang bernilai dari pengguna (UGC) dan testimoni. Acara langsung atau kontes media sosial dapat membuat pelanggan UMKM berbagi pengalaman mereka — cara yang bagus untuk mendapatkan bukti sosial.

Baca Juga: 10 Tips Membuka Toko Online di Bukalapak, Raih Lebih Banyak Pembeli


Tips Pemasaran Grand Opening

Untuk membuat pemasaran grand opening secara efektif, penting untuk mengingat tips berikut:

1. Adakan Soft Opening

Banyak bisnis meluncurkan soft opening sehari sebelum grand opening resmi sebagai acara uji coba. Soft opening terbuka untuk keluarga, teman, dan kenalan untuk mendapatkan umpan balik.

Soft opening bermanfaat karena:

  • Keluarga, teman, dan kenalan lebih memahami dan mendukung situasi yang belum berpengalaman.
  • Pelaku usaha dapat meminta umpan balik yang jujur tanpa takut dinilai oleh orang asing. UMKM dapat mengantisipasi masalah dan menyiapkan solusi sebelum hari pembukaan besar resmi.
  • Pebisnis dapat memiliki beberapa ide tentang cara meningkatkan pengalaman keseluruhan bagi pengunjung: dekorasi, layanan, makanan, staf, atmosfer, dan sebagainya.
  • Menciptakan kegembiraan pertama untuk memancing rasa ingin tahu orang yang lewat.

Misalnya, Platinum Hotel Bali dihadiri Owner,  keluarga besar, pemotongan tumpeng, dan berdoa.

2. Pasang tanda ‘Coming Soon’

Cara terbaik untuk menarik perhatian masyarakat sekitar yang lewat. Tanda ‘Coming Soon’ harus didesain dengan jelas untuk menarik perhatian pada merek UMKM dan membuat mereka penasaran tentang grand opening pebisnis.

Pebisnis dapat menambahkan selembaran, tanda dan spanduk stand di trotoar.

Baca Juga: 5 Cara Menentukan Target Konsumen Untuk Bisnis, Agar Makin Untung dan Laris!

3. Bangun Tenda dan Maskot

Sumber: Pakuwon Mall

Pasang tenda dan maskot di sekitar toko untuk memberi tahu orang bahwa pebisnis sedang mengatakan mengadakan acara pembukaan besar di dalam. 

Selain itu, jika pelaku usaha memiliki maskot merek, mintalah seseorang untuk mengenakan kostum maskot tersebut. Misalnya, Subway yang memiliki maskot tersendiri.

Photobooth untuk pelanggan dan maskot merek UMKM adalah cara yang bagus untuk melibatkan pelanggan dan mendorong mereka untuk mengambil foto dan menandai bisnis kita di instagram.

4. Bagikan Produk Gratis untuk Pengunjung Pertama

Sumber: bakmi akiu

Bagikan sampel atau produk gratis kepada beberapa orang pertama yang datang ke acara grand opening pelaku usaha untuk membuat mereka tertarik mencoba dan mengenal lebih jauh tentang produk UMKM.

Dalam contoh ini dari Bakmi Akiu, merek tersebut mempromosikan bakmi gratis kepada 100 konsumen pertama yang memasuki pintu toko bakmi.

Baca Juga: 5 Brand Fashion Lokal UMKM, Rekomendasi Buat Tampil Modis!

5. Aktifkan Interaksi Media Sosial

Gunakan konten media sosial untuk memberitakan pesan lebih luas tentang grand opening  seperti: 

a. Berikan Give Away atau Kontes

Sumber:   Mie Gacoan

Taktik hadiah, diskon, voucher, atau merchandise dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah pengikut sosial media, membangun daftar email pebisnis, menghasilkan UGC (User-Generated Content), atau membuat pengikut membagikan konten pelaku usaha. 

Gunakan media sosial dan minta pengikut kita untuk melakukan tindakan tertentu untuk mendapatkan kesempatan dalam kontes.

Misalnya, Mie Gacoan yang membuat kampanye giveaway dengan syarat tertentu.

b. Lakukan Siaran Langsung (Live)

Pebisnis dapat menjangkau pasar lebih luas dengan live pada TikTok, Zoom, YouTube, dan platform lainnya untuk mengadakan acara virtual. Misalnya, Live Instagram Grand Opening Gamchi Resinda Park Mall.

c. Membuat Hitungan Mundur

Sumber: shopify

Buatlah konten dengan hitungan mundur dengan jam hitung mundur dapat meningkatkan antisipasi untuk peluncuran toko atau acara grand opening kita. 

Saat dalam hitungan mundur, manfaatkan media sosial untuk melibatkan penggemar awal UMKM — bagikan momen-momen heboh menjelang peluncuran atau cuplikan dibalik persiapan dari ruang atau produk pebisnis. 

Sebagai contoh, ketika aktris Kaley Cuoco mempersiapkan peluncuran merek hewan peliharaannya, Oh Norman!, umpan sosialnya dipenuhi dengan pengingat dan hitungan mundur menuju hari pembukaan. 

Baca Juga: Inspiratif! 4 Cara Bisnis ala Rasulullah yang Patut Diteladani

6. Undang Organisasi atau Individu Lokal 

Sumber: Tribun Pontianak

Sahabat Wirausaha dapat mempertimbangkan untuk mengundang orang-orang yang berpengaruh di lokasi toko berada seperti politisi, polisi, anggota dewan, organisasi non-profit, anggota media surat kabar, tv, dan radio.

Misalnya, Bupati Kabupaten Mempawah, para pimpinan OPD Pemkab Mempawah, tokoh pemuda, pengusaha, komunitas motor dan pihak terkait lainnya turut hadir dalam Grand Opening Warung Kopi Goncang Lidah II.

Terdapat wartawan juga yang diundang meliput dan memposting pada laman website Tribun Pontianak sebagai media partner dengan tujuan mempromosikan lebih luas dan profesional.

7. Lakukan Pemasaran bersama Influencer 

Sumber: inibaca

Undang influencer lokal, blogger, reviewer, dan pembicara ke grand opening UMKM karena individu-individu ini memiliki basis penggemar yang besar. 

Jika pelaku usaha dapat mendapatkan ulasan positif atau penyebutan dari mereka, kemungkinan besar pengikut mereka juga akan tertarik pada produk kita. Pelaku usaha akan ingin mengundang influencer yang sejalan dengan bisnis dan produk / layanan yang disediakan.

Dari hasil penelitian Econsultancy 2020, terungkap bahwa sebanyak 61% dari konsumen yang berusia 18 hingga 34 tahun telah terpengaruh oleh influencer dalam proses pengambilan keputusan mereka.

Misalnya, jika UMKM membuka salon kecantikan, lebih baik undang blogger kecantikan ke acara tersebut, atau undang ahli di industri tersebut untuk berbicara tentang perawatan kulit.

Namun, kebanyakan influencer tidak datang ke acara secara gratis, jadi pastikan untuk merencanakan anggaran pebisnis untuk ini. Jika pelaku UMKM tidak mampu biaya kehadiran influencer di acara kita, coba kirimkan mereka sampel gratis produk merek UMKM.

Jika produknya berkualitas tinggi, beberapa dari mereka mungkin akan menyebutkan merek kita di media sosial.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ternyata Ini Pentingnya Membuat Rencana Bisnis Bagi UMKM

8. Laksanakan Upacara Pemotongan Pita

Tidak ada yang mengatakan ‘grand opening’ seperti upacara pemotongan pita! Namun pebisnis dapat dengan mudah membeli pita murah di toko lokal. 

Pasang di depan pintu atau pilihan produk UMKM, dan ajak peserta berkumpul untuk menyaksikan usaha ‘secara resmi’ membuka bisnis kita secara umum.

9. Sajikan Demonstrasi atau Lokakarya

Sumber: kominfo

Tawarkan demonstrasi atau lokakarya jika UMKM menawarkan produk yang berguna, bisa menjadi ide bagus untuk menunjukkan mengapa produk pebisnis begitu berharga dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar. 

Dengan kata lain, adakan demonstrasi produk atau layanan dapat dipahami konsumen dan tertarik untuk membeli.

Misalnya, Mentri Kominfo menjelaskan program baru ‘Traveloka Kampus’, di mana dijelaskan mulai dari kegiatan hingga keuntungan bagi para mahasiswa. 

Rhino Indonesia membuka distributor mesin digital printing di kota Semarang, pebisnis memberikan demo langsung beberapa mesin dari Rhino dan pelatihan sablon digital nya juga.

Steve Jobs mempresentasikan tablet keluaran terbaru Apple , dan merek lainnya melakukan hal serupa.

Pelaku usaha dapat mengambil inspirasi dari merek-merek sebelumnya dan mengeksplorasi kreativitas tanpa batas dengan mengadakan kuis berhadiah yang dipandu secara langsung oleh pembawa acara.

Promosi yang efektif dan strategis merupakan kunci keberhasilan dalam menarik perhatian dan mengundang partisipasi masyarakat. Meningkatkan kepada kepercayaan suatu merek UMKM yang baru.

Dengan menggabungkan berbagai metode pemasaran, seperti kolaborasi dengan influencer lokal, kegiatan amal, dan promosi melalui media sosial, acara grand opening UMKM dapat mencapai dampak yang signifikan dan memperluas jangkauan pasar. 

Perencanaan yang cermat dan kreativitas dalam memilih strategi pemasaran akan membantu menciptakan buzz (Antusiasme) yang kuat sebelum acara dan meningkatkan kesadaran serta minat masyarakat terhadap bisnis yang baru dibuka.

***

Jangan lewatkan kesempatan untuk memperkenalkan produk dan layanan pebisnis kepada masyarakat dengan mengadakan acara grand opening yang meriah dan berkesan.

Yuk, manfaatkan momen spesial dengan mengadakan acara grand opening untuk bisnis UMKM kita! 

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://www.indeed.com/perusahaan/c/info/grand-opening-ideas#:~:text=Benefits%20of%20having%20a%20grand%20opening&text=The%20event%20can%20kick%20off,convey%20what%20your%20company%20represents.
  2. https://www.shopify.com/id/blog/grand-opening-ideas
  3. https://blog.camelohq.com/grand-opening-ideas-for-small-business/
  4. https://localiq.com/blog/grand-opening/
  5. https://pontianak.tribunnews.com/2022/05/29/bupati-mempawah-turut-hadir-grand-opening-warkop-goncang-lidah-ii-di-kelurahan-terusan
  6. https://m.facebook.com/RhinoIndonesia/photos/a.2225471391096979/3096566000654176/
  7. https://econsultancy.com/reports/influencer-marketing-2020/