Tips Membuka Toko Online di Bukalapak – Sahabat Wirausaha, sebagai pelaku usaha di Indonesia, tentu nama Bukalapak sudah tidak asing lagi, bukan? Dikenal sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, Bukalapak memberikan peluang usaha bagi Sahabat Wirausaha yang ingin merambah ke dunia bisnis online loh.

Nah, jika Sahabat Wirausaha berminat untuk bergabung bersama Bukalapak, ada beberapa tips berjualan yang perlu diperhatikan nih. Namun sebelum itu, cari tahu dulu yuk apa saja manfaat dan keuntungan berjualan di Bukalapak! Berikut ulasannya.


Manfaat dan Keuntungan Berjualan di Bukalapak

Dilansir dari Seller Guide Bukalapak, ada beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa Sahabat Wirausaha peroleh jika bergabung dengan komunitas penjual Bukalapak seperti berikut ini:

  • Sahabat Wirausaha bisa upgrade skill berbisnis online melalui kelas-kelas online gratis yang disediakan khusus bagi Komunitas Bukalapak.
  • Sahabat Wirausaha akan selalu menerima informasi terkini tentang promo atau informasi penting lainnya yang bisa memberikan keuntungan bagi bisnis.
  • Sahabat Wirausaha dapat menambah koneksi dan memperluas relasi bisnis dengan sesama pebisnis online lainnya di dalam Komunitas Bukalapak tersebut.
  • Dengan aktif memperkenalkan bisnis kepada Komunitas Bukalapak, Sahabat Wirausaha lebih mudah untuk meningkatkan brand awareness di kalangan sesama anggota komunitas.
  • Sahabat Wirausaha dapat menemukan rekan kolaborasi yang potensial di dalam komunitas.
  • Sahabat Wirausaha dapat lebih mudah terhubung dengan Tim Bukalapak, jika ingin mengajukan pertanyaan seputar transaksi jual beli di Bukalapak.
  • Sahabat Wirausaha juga memiliki peluang yang besar untuk memperoleh merchandise eksklusif dari Komunitas Bukalapak loh. Hal ini karena Komunitas Bukalapak sering mengadakan berbagai event dan games seru dengan hadiah yang menarik.

Baca Juga: Ini 5 Tips Sukses Bangun Bisnis Sambil Bekerja, Tertarik Coba?


Tips Berjualan di Bukalapak

Berikut ini ada 10 tips berjualan di Bukalapak yang dapat diterapkan oleh Sahabat Wirausaha. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Buatlah profil penjual yang jelas dan menarik

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bagaimana konsumen melihat profil bisnis atau profil Sahabat Wirausaha sebagai penjual. Sebab itu, semua informasi tentang bisnis yang disampaikan melalui laman profil tersebut harus akurat dan jelas. Jangan lupa untuk menyertakan gambar profil profesional juga. Tujuan tips ini adalah untuk membangun fondasi kepercayaan konsumen terhadap bisnis Sahabat Wirausaha.

2. Manfaatkan semua fitur-fitur Bukalapak

Bukalapak memiliki berbagai macam fitur menarik, khusus untuk penjual/pelapak yang bisa digunakan secara gratis loh! Kurang lebih terdapat 7 fitur seperti BukaSend, Kumpulink, Link Jual Beli, Manajemen Pelanggan, BukaStore, Ngorder, dan KOALA. Tujuan penggunaan fitur ini adalah untuk mempermudah operasional bisnis online Sahabat Wirausaha. Lantas, seperti apa sih manfaat dari ketujuh fitur tersebut? Berikut penjelasannya.

  • BukaSend : Fitur ini memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk mengirim paket tanpa perlu menggunakan jasa agen pengiriman. Manfaat bagi penjual yaitu tersedia banyak pilihan jasa pengiriman, transaksi pembayaran terjamin aman, paket akan langsung dijemput kurir, dan Sahabat Wirausaha bisa melacak status pengirimannya.
  • Kumpulink : Fitur ini memudahkan Sahabat Wirausaha untuk membuat satu halaman khusus yang berisi kumpulan link (tautan) dan katalog produk jualan. Link tersebut kemudian dapat dibagikan ke calon pembeli. Selain gratis, salah satu keunggulan dari fitur ini yaitu Sahabat Wirausaha bisa memasang link tersebut di toko online mana pun loh. Jadi, lebih mudah untuk mengakses data kinerja toko maupun data pembeli. Nah, untuk cara penggunaan fitur ini secara lengkap dapat dibaca melalui link ini ya.
  • Link Jual Beli : Fitur ini memungkinkan Sahabat Wirausaha untuk mengirimkan link (tautan) tagihan ke konsumen. Konsumen dapat menyelesaikan transaksi pembayaran di media sosial atau platform lain tanpa perlu mengunduh aplikasi. Fitur ini aman untuk digunakan loh. Selain itu, tersedia berbagai metode pembayaran yang bisa konsumen pilih termasuk transfer bank.
  • Manajemen Pelanggan : Fitur ini menyediakan informasi mengenai pelanggan. Sahabat Wirausaha dapat lebih mudah membangun komunikasi dengan pelanggan/konsumen yang pernah membeli jualan di lapak Sahabat Wirausaha. Sahabat Wirausaha juga bisa membagikan informasi promo/diskon.
  • BukaStore : Fitur ini memudahkan Sahabat Wirausaha untuk membuat laman web toko online di platform Bukalapak loh! Sahabat Wirausaha bebas membuat rancangan laman web sendiri, membuat promosi sesuai kebutuhan usaha, serta membagikan tautan fitur ini kepada calon konsumen di luar platform Bukalapak. Menariknya, fitur ini bisa diperoleh secara gratis dan sangat bermanfaat untuk menciptakan personal branding terbaik dari setiap pelaku usaha. Secara lengkap, cara penggunaan fitur BukaStore dapat dibaca melalui link ini.

Baca Juga: Waspada Lebih Baik, Berikut 10 Tips Aman Transaksi dengan QRIS

  • Ngorder : Berasal dari kata order (pesanan), fitur ini memudahkan kegiatan operasional bisnis Sahabat Wirausaha seperti mengelola pesanan serta mengelola stok dan pengiriman produk jualan yang dilengkapi dengan analisa bisnis. Misalnya, Sahabat Wirausaha ingin mengatur waktu proses pesanan dari pembeli. Nah, melalui fitur ini, Sahabat Wirausaha dapat melakukannya untuk setiap barang pesanan. Lantas, bagaimana caranya? Caranya mudah yaitu Sahabat Wirausaha perlu mengatur waktunya di halaman jual barang, klik bagian pengiriman - waktu proses pesanan - waktu proses toko. Untuk lebih lengkapnya, Sahabat Wirausaha dapat mengunjungi link ini.
  • KOALA : Bukan sekedar fitur biasa, KOALA adalah aplikasi yang dapat memudahkan Sahabat Wirausaha untuk mengirimkan pesan chat kepada konsumen. Di dalam aplikasi ini, terdapat fitur Keyboard Jualan dengan manfaat seperti berikut:
    • Menyediakan template chat khusus sehingga penjual tidak perlu mengetik pesan berulang.
    • Tanpa berpindah aplikasi, penjual dapat mengirim pesan chat, mengecek ongkos kirim, dan mencatat transaksi penjualan.
    • Memudahkan penjual untuk melakukan rekap transaksi penjualan, rekap hutang, serta rekap database konsumen.

Nah, Sahabat Wirausaha juga dapat mempelajari cara menggunakan fitur-fitur tersebut di atas melalui laman Channel Jualan di bukalapak.com. Dijamin lengkap deh!

3. Mematuhi aturan dan ketentuan Bukalapak

Bagi Sahabat Wirausaha yang ingin bergabung dengan Bukalapak, wajib membaca dan memahami beberapa hal penting yaitu Aturan Penggunaan Bukalapak, Kebijakan Privasi Bukalapak, serta Syarat dan Ketentuan Khusus bagi penjual yang ingin upgrade status menjadi Super Seller. Setelah memahaminya, setiap penjual diharapkan menaati semua aturan dan ketentuan tersebut.

4. Buatlah konten produk yang berkualitas dan profesional

Bukan hanya gambar/foto penjual, tapi foto produk jualan juga harus menggunakan foto terbaik dengan deskripsi yang jelas untuk menarik perhatian konsumen. Misalnya, fotonya tidak buram. Selain itu, pastikan bahwa produk jualan Sahabat Wirausaha adalah produk berkualitas dengan pengemasan yang berkualitas pula. 

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Nah, konsumen yang puas dan senang tentu akan memberikan umpan balik (feedback) yang positif terhadap produk jualan Sahabat Wirausaha juga loh.

5. Pastikan bahwa harga jual produk adalah harga bersaing

Mengenai harga produk, Sahabat Wirausaha harus melakukan survey awal terlebih dahulu. Survey dilakukan untuk mengetahui harga produk usaha yang ditetapkan oleh para pesaing. Tetapkan harga yang wajar dan bersaing, sesuai dengan kualitas produk. 

Misalnya, Sahabat Wirausaha menetapkan harga 4% lebih rendah dari harga pesaing. Selain itu, Sahabat Wirausaha dapat memberikan penawaran menarik berupa promo, diskon, atau paketan produk dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Bisnis Makin Unggul, Begini 7 Cara Riset Kompetitor Agar Bersaing di Pasar

6. Terapkan sistem layanan yang responsif

Hal lain yang tidak kalah penting yaitu sistem pelayanan terhadap konsumen. Hal ini menyangkut bagaimana Sahabat Wirausaha melayani setiap pesan berupa pertanyaan, keluhan, kritik, maupun saran dari konsumen. 

Lantas, apa saja sih contoh layanan yang responsif kepada pelanggan? Nah, contohnya yaitu  selalu mengangkat telepon dari pelanggan maupun nomor yang tidak dikenal. Membalas pesan chat yang masuk dari media sosial dengan cepat dan melayani keluhan dengan baik.

Berikanlah tanggapan atau jawaban yang bersifat informatif dan bermanfaat bagi konsumen. Layanilah konsumen dengan ramah, sabar, dan cepat. Tujuannya adalah untuk membangun reputasi yang positif dari konsumen.

7. Buatlah manajemen stok yang akurat

Sebisa mungkin, hindarilah mencantumkan daftar produk yang stoknya habis. Segeralah memperbaharui daftar inventaris produk jualan Sahabat Wirausaha. Misalnya, jika stok produk sudah tidak tersedia, jangan ditampilkan. Segeralah perbaharui daftar produknya. Jika tidak, hal tersebut dapat membuat konsumen kesal, apalagi ketika konsumen sudah memesan tapi ternyata stoknya habis.

8. Bangun kepercayaan konsumen melalui ulasan pengguna

Mungkin tidak semua umpan balik (feedback) yang diterima Sahabat Wirausaha dari konsumen bersifat positif. Jadi, saat menerima umpan balik/ulasan negatif dari konsumen, segeralah tanggapi secara profesional. Perbaiki apa yang perlu diperbaiki. Selain itu, doronglah pelanggan setia Sahabat Wirausaha untuk memberikan ulasan yang positif. Hal ini bertujuan untuk membangun kepercayaan konsumen lainnya.

9. Buatlah jadwal promosi toko online di media sosial

Tips ini merupakan bagian dari strategi pemasaran online. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan toko Bukalapak milik Sahabat Wirausaha. Pelajari kapan waktu yang tepat untuk mengunggah postingan/konten promosi di media sosial, kemudian buatlah jadwal rutin untuk kegiatan promosi tersebut. Sahabat Wirausaha dapat memberikan harga promo di hari-hari khusus seperti saat tanggal gajian atau di hari raya.

Baca Juga: Penting Banget! 4 Cara Melakukan Riset Produk di Media Sosial 

10. Selalu pantau dan evaluasi kinerja bisnis

Tinjaulah data dan kinerja penjualan produk Sahabat Wirausaha secara rutin. Identifikasikan produk jualan mana saja yang paling populer atau laris terjual dan mana yang tidak. Pantau dan evaluasi kinerja bisnis Sahabat Wirausaha secara teratur.

Nah, selain informasi mengenai tips berjualan tersebut di atas, Sahabat Wirausaha juga bisa menggali informasi lebih banyak dari sesama pebisnis yang sudah punya pengalaman berjualan di Bukalapak. Caranya mudah yaitu Sahabat Wirausaha cukup kunjungi laman Story Seller di bukalapak.com saja untuk membaca cerita mereka. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, manfaatkan peluang bisnis ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi : bukalapak.com, Story Seller Bukalapak, Channel Jualan Bukalapak, Seller Guide