UKM Indonesia

3 Langkah Membangun ​Brand

Penulis : Putri Intan N.F.
Editor : Banu Rinaldi
25 Agustus 2022
Lama Baca : 3 menit

Brand word written on wood block

Membangun sebuah bisnis sama halnya dengan mewujudkan sebuah brand. Namun membangun sebuah brand tidaklah mudah. Ada banyak komponen yang harus Sahabat Wirausaha siapkan untuk membuat brand menjadi lebih kuat di masyarakat, seperti mengatur tampilan brand agar mampu mewakili nilai bisnis ke target audiens.

Sahabat Wirausaha juga harus bisa membuat brand seakan berada di depan mata audiens sehingga mereka akan melihat brand Sahabat Wirausaha menjadi satu-satunya brand yang harus dipilih.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Dagang atau Toko Online

Membangun brand yang mampu menguasai pasar memerlukan beberapa langkah untuk mewujudkannya. Untuk mewujudkannyapun Sahabat Wirausaha harus mengetahui step-step yang tepat agar mempercepat produktivitas brand Sahabat Wirausaha, kira-kira apa aja? yuk simak pembahasannya.


Langkah Awal Membangun Brand Apasaja sih?

Dalam menciptakan brand yang mampu memikat hati masyarakat diperlukan strategi yang tepat agar produktivitas sebuah brand dapat meningkat secara cepat dan pesat. Langkah apa saja yang harus diwujudkan? ikuti infromasi berikut ya.

Baca Juga: Tips Membangun Bisnis Frozen Food Mulai dari Nol

1. Tentukan Target Pasar

Langkah awal yang harus dilakukan pebisnis ialah melihat target pasar yang harus diberi kail dengan meriset target ini beserta kompetitornya. Dengan melakukan hal tersebut Sahabat Wirausaha akan dapat dengan mudah menguasai pasar karena telah mampu melihat peluang bisnis yang sedang terjadi, mulai dari permintaan pasar hingga kelemahan kompetitor.

2. Pilih Fokus dan Karakteristik Brand

Memilih fokus brand menjadi suatu hal penting karena nantinya akan mempengaruhi semua komponen yang berhubungan dengan brand ini. Karakteristik sebuah brand juga mempengaruhi produk yang dipasarkan. Brand yang dibangun seakan menjadi value yang ingin disampaikan pebisnis kepada target pasar, sehingga dengan sendirinya konsumen akan menyesuaikan kesamaan karakter antara dirinya dengan brand.

Baca Juga: Agar Proposal Bisnis Tembus Investasi, Yuk Simak Saran dari Para Mentor!

3. Tentukan Nama Brand dan Tagline

Pemilihan nama brand menunjukan karakteristik hingga value sebuah brand yang akan membuatnya dikenal di masyarakat. Pemberian nama brand nantinya juga akan berpengaruh terhadap logo dan komponen marketing lainnya. Selain menyesuaikan dengan karakteristik brand, pilihlah nama brand yang unik dan sulit ditiru oleh kompetitor sehingga mudah diingat.

Tagline juga perlu dipikirkan dengan cerdik, keberadaan tagline berfungsi sebagai penjelas arah yang dipilih sebuah brand.

Baca Juga: 6 Bisnis yang Punya Prospek Cerah di Masa Pandemi


Fungsi Branding dalam Suatu Bisnis Apa saja?

  1. Sebagai pembeda value yang diberikan tiap produk, semakin kuat Sahabat Wirausaha meningkatkan branding hingga kualitas produk maka semakin kuat pula karakter produk Sahabat Wirausaha di pasaran
  2. Ajang promosi dan daya tarik. Jika sebuah brand sudah memiliki branding yang kuat dan membuatnya dikenal maka hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi target pasar, mereka akan secara suka rela membeli produk Sahabat Wirausaha karena telah melekat pada mindset mereka bahwa produk ini ialah produk bagus dan wajib dibeli
  3. Membangun Citra Perusahaan

Dengan melakukan branding tak hanya produk yang bisa dikenal luas namun juga perusahaannya karena citra brand yang telah diwujudkan. Sehingga jika perusahaan membuat produk baru target pasar tak akan ragu mencobanya karena citra yang dari awal sudah bagus.

Baca Juga: Peluang Usaha Makanan Beku


Branding Target Pasar

Setelah mengetahui langkah awal membentuk sebuah brand, kini Sahabat Wirausaha harus mampu melakukan branding, yakni perilaku membentuk dan memperkenalkan brand kepada masyarakat luas. Tak perlu merasa takut, melakukan branding ini tidaklah sulit hanya perlu ketekukan dalam menjalankannya. Berikut cara mengenalkan brand ke target pasar:

1. Membuat iklan di media sosial

Mengapa media sosial? yap brand tak dapat menembus ruang dan waktu untuk mengenalkan produknya ke target pasar, sehingga perlu memanfaatkan iklan media sosial untuk menginfomasikan serta meng-influence target pasar selama 24 jam dan tanpa batas ruang.

Baca Juga: Menentukan Unique Selling Proposition

2. Ikuti berbagai event hingga bazar

Selain memperkenalkan brand melalui jejaring sosial Sahabat Wirausaha juga perlu terjun langsung ke masyarakat untuk mem-branding produk lebih dekat. Selain tahu, target pasar juga bisa melihat secara langsung produk selling yang di highlight, sehingga sedikit banyak aktivitas ini akan membuat target pasar hafal dengan produk yang sedang di-branding.

Demikian pemaparan informasi terkait brand. Memperkenalkan produk baru dipasaran memang memerlukan strategi brand yang tepat agar dapat bersaing bahkan menjadi yang teratas di mata tiap target pasar.

Baca Juga: Mengidentifikasi Peta Persaingan Supaya Bisnis Tetap Unggul

Pada paparan informasi diatas, artikel ini sudah membahas langkah awal membentuk brand yang baik, fungsi branding hingga lokasi yang dapat dimanfaatkan untuk branding. Diharapkan Sahabat Wirausaha mampu menguasai dan melaksanakan itu semua agar planning dalam membentuk brand yang kuat dimasyarakat terlaksana.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: