Brand Kosmetik Gobal – Sahabat Wirausaha, nama brand Wardah tentu tak asing lagi bagi kaum perempuan maupun para pelaku usaha di Indonesia. Wardah merupakan salah satu brand produk kecantikan asal Indonesia yang cukup populer sebagai produk kosmetik halal. 

Kesuksesan Wardah sebagai produk lokal yang kini telah Go Global, patut di acungi jempol. Namun demikian, kita tahu bahwa sebelum mencapai puncak kesuksesan, tentu ada proses jatuh bangun yang harus dilewati setiap pelaku bisnis. 

Lantas, seperti apa sih perjalanan awal Wardah sebagai brand kosmetik? Yuk, simak ceritanya berikut ini.


Nurhayati Subakat, Perempuan Dibalik Brand Wardah

Wardah Cosmetics atau Wardah pertama kali diluncurkan secara resmi pada tahun 1995 oleh Ibu Nurhayati Subakat. Beliau merupakan pendiri PT. Pusaka Tradisi Ibu sebelum berganti nama menjadi PT. Paragon Technology and Innovation. Nama Wardah sendiri berasal dari Bahasa Arab  (الورد) yang berarti bunga mawar. Wardah adalah satu dari tiga nama yang diusulkan oleh pihak pesantren karena merupakan nama khas Arab yang dianggap Islami.

Sama seperti perjalanan bisnis lainnya, Wardah juga mengalami proses jatuh bangun di dunia bisnis. Meskipun sejak awal telah menjalin kerjasama dengan pihak pesantren, Wardah masih harus melewati waktu 18 tahun lamanya untuk bisa memenangkan hati konsumen. Sejak diluncurkan tahun 1995, Wardah baru bisa diterima sebagai salah satu merek kosmetik terkemuka di Indonesia pada tahun 2013 dan masih terus berlanjut hingga kini.

Baca Juga: Ingin Produk Laris Manis? Yuk Pelajari 11 Teknik Sense of Urgency Supaya Konsumen Kebelet Belanja!

Di awal perjalanan bisnis Wardah, Ibu Nurhayati Subakat juga menerapkan strategi pemasaran direct selling yaitu door to door dan MLM (multi-level marketing) untuk memperkenalkan produk Wardah ke calon konsumen. Kegagalan yang terus dialami membuat Ibu Nurhayati Subakat mulai merubah strategi pemasarannya serta melakukan perbaikan branding Wardah di tahun 2004.

Meskipun begitu, Wardah masih belum bisa memenangkan hati konsumen Indonesia. Akhirnya, di tahun 2009, Ibu Nurhayati Subakat memutuskan untuk melakukan rebranding besar-besaran untuk produk Wardah. Setelah rebranding, barulah penjualan Wardah meningkat pesat bahkan mencapai 100 persen di tahun 2012 hingga 2013. Nah, perjuangan dan sikap pantang menyerah beliau selama 18 tahun untuk mencapai puncak kesuksesan, patut diteladani nih Sahabat Wirausaha.


Perubahan Slogan (Tagline) Wardah

Sahabat Wirausaha, perbaikan branding Wardah yang dilakukan salah satunya adalah slogan (tagline) Wardah. Apa itu slogan (tagline)? Dalam konteks bisnis, slogan adalah sebuah kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan atau ideologi suatu perusahaan dan digunakan untuk mengiklankan suatu produk. Mungkin Sahabat Wirausaha bertanya-tanya, mengapa sih harus merubah slogan (tagline) produk?

Nah, peran slogan terhadap suatu produk sangat penting, loh. Slogan dibuat untuk menciptakan kesadaran merek (brand awareness) dari konsumen, yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Jadi, ketika produk usaha Sahabat Wirausaha terus menerus gagal di pasar, bisa jadi karena slogan produk belum berhasil menarik perhatian calon konsumen untuk menggunakan produk tersebut. Slogan juga dibuat untuk memperkuat citra merek dan membedakan bisnis dari pesaing di pasar.

Lantas, apa saja slogan yang diusung oleh Wardah? Diketahui bahwa sejak tahun 1995, Wardah telah mengganti slogan produknya sebanyak 4 kali yaitu Kosmetika Suci & Aman (1995-2008), Inspiring Beauty (2008-2018), Feel The Beauty (2019-2021), dan Beauty Moves You (2021-sekarang). Di bawah slogan Beauty Moves You, Wardah memperkenalkan aspek baru kecantikan bagi perempuan. Aspek tersebut mencakup nilai-nilai progresif, modern, kesopanan, berani, dan kebermanfaatan. 

Beauty Moves You juga menunjukkan bahwa perempuan merupakan penggerak perubahan dan kecantikan. Artinya, setiap langkah yang dilakukan oleh perempuan dapat memberikan dampak dan manfaat kepada lingkungan, sesama, dan dunia. Berbagai gerakan dan kolaborasi dalam mewujudkan Beauty Moves You juga telah Wardah lakukan. Salah satunya adalah menghadirkan perwakilan tokoh-tokoh perempuan progresif Indonesia dan global, dari lintas profesi dan keahlian. 

Baca Juga: Bisnismu Baru Berdiri? Begini Cara Kenalkan Produk Baru ke Konsumen Agar Cepat Populer


Menggaet Influencer, Membentuk Citra Perempuan Mandiri

Sederet influencer yang terpilih untuk menjadi Brand Ambassador Wardah antara lain yaitu Inneke Koesherawati, Natasha Rizky, Ria Miranda, Dewi Sandra, Mesty Ariotedjo, Tatjana Saphira, Dian Pelangi, Raline Syah, Amanda Rawles, Fenita Arie, Dinda Hauw, Yasmin Napper, dan Cut Syifa.

Apa alasan Wardah memilih para influencer tersebut untuk menjadi Brand Ambassador? Nah, ternyata Wardah secara khusus memilih sosok Wanita yang bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Seperti contoh, Mesty Ariotedjo yang terpilih menjadi Brand Ambassador Wardah karena berjiwa sosial tinggi, serta memiliki karakter yang kuat dan inspiratif bagi sesama. Jadi, tak hanya sekedar cantik, mereka juga terkenal sebagai perempuan mandiri yang sukses, namun tetap memperhatikan penampilan. 

Hingga kini, Wardah telah dikenalkan kepada konsumen sebagai pelopor merek (brand) kecantikan halal nasional, yang peduli dan memahami keinginan setiap wanita untuk selalu merasa tenang dan nyaman dengan penampilannya. 


Pencapaian Wardah Sebagai Brand Global

Untuk bisa Go Global, banyak hal yang harus dilakukan. Target utama yang harus dipenuhi adalah Wardah harus meraih dan mempertahankan posisi sebagai market leader dalam Industri Kosmetik di Indonesia terlebih dahulu. Namun dalam perjalanannya, Wardah mengalami proses jatuh-bangun dan seringkali posisinya digeser oleh brand lain khususnya di tahun 2017 hingga 2018. Barulah di tahun 2019, Wardah kembali meraih posisi sebagai market leader di Industri Kosmetik Indonesia.

Agar bisa terus mempertahankan posisinya dan masuk ke pasar Global, Wardah pun melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Dilansir dari wardahbeauty.com, Wardah bekerja sama dengan beberapa pihak penting yaitu:

  • Konsultan Global, bekerja sama dalam pengembangan penelitian dan dermatologis.
  • Petani Lokal, bekerja sama dalam penggunaan bahan baku lokal dengan kualitas global.
  • Local & Global Expert, bekerja sama dengan lebih dari 300 ahli kecantikan dan peneliti yang tersebar di 25 negara, lebih dari 200 inovator muda Indonesia untuk mengembangkan produk, dan lebih dari 45.000 beauty advisor.

Lalu, apa saja pencapaian internasional yang telah diraih oleh Wardah?

  • Wardah berhasil melakukan ekspansi ke pasar internasional yaitu Malaysia dan akan terus menyasar pasar internasional lainnya seperti Thailand dan Turki, bahkan negara-negara Muslim di Asia Tenggara.
  • Wardah turut berpartisipasi sebagai No. 1 Beauty Brand Indonesia dalam Global Business Forum Dubai Expo di Dubai.
  • Wardah turut ikut serta di Dubai Modest Fashion Week (DMFW) bersama dua orang desainer muslim asal Indonesia, serta berkolaborasi dengan Global Brave Beauties.

Baca Juga: Bikin Konsumen Percaya dengan Bisnismu, Begini 4 Cara Membangun Kredibilitas Website untuk UMKM

Sahabat Wirausaha, tentu ada hal positif yang bisa dipelajari dari kisah perjalanan Wardah. Apa saja?

  1. Jatuh-bangun dalam membangun usaha adalah wajar dan merupakan bagian dari perjalanan menuju sukses. Milikilah sikap pantang menyerah seperti  Ibu Nurhayati Subakat yang ikhlas berjuang selama 18 tahun untuk bisa berada di posisi puncak.
  2. Saat mengalami kegagalan, lakukanlah evaluasi atau analisis SWOT. Dengan demikian, Sahabat Wirausaha bisa mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki atau diubah. Sama seperti Wardah yang telah beberapa kali merubah strategi pemasaran hingga slogan/tagline produk mereka.
  3. Jika ingin menggunakan influencer sebagai Brand Ambassador, pilihlah sosok yang bisa berperan sejalan dengan visi dan misi dari bisnis Sahabat Wirausaha. Jangan asal pilih ya.

Lebih lanjut, menurut Ibu Nurhayati Subakat, kunci utama untuk memulai usaha adalah Mau dan Bisa. Artinya, kita punya kemauan untuk berusaha dan kita benar-benar memahami tentang bisnis yang kita kelola. Yuk, tetap semangat berusaha meskipun banyak tantangan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi Web : wardahbeauty.com, Wikipedia

Referensi Youtube : Kumparan - #TheCEO: Nurhayati Subakat, Ibu Rumah Tangga Bawa Wardah Jadi Ratu Kosmetik Indonesia