Cara Membangun Kredibilitas Website - Sahabat Wirausaha, pernahkah kita mencari informasi tentang merek usaha di situs web mereka sebelum membeli produk? Jika ya, tindakan ini mencerminkan upaya kita untuk memastikan kepercayaan pada usaha tersebut.

Kepercayaan merupakan salah satu aspek paling krusial dalam proses pembelian. Menurut databoks 2021, sekitar 67,5% konsumen Indonesia — dari total pengguna internet nasional — mengungkapkan kegemaran mereka dalam melakukan riset produk.

Ayo kita teliti satu per satu bagaimana kita dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas situs web kita.


Apa itu Kredibilitas Website?

Kredibilitas website adalah ukuran seberapa dapat dipercayanya situs UMKM di mata pengunjung. Hal ini disebabkan oleh serangkaian faktor, mulai dari fungsi teknis hingga elemen yang lebih dangkal seperti gambar dan kata-kata. Penting bagi setiap pelaku usaha apalagi di era serba internet seperti saat ini, memperhatikan betul kredibilitas website bisnis mereka. 

Baca Juga: Mengenal Website Alibaba, E-Commerce yang Bisa Bikin UMKM Go Internasional!


Mengapa Kredibilitas Situs Web Penting bagi UMKM?

Menurut peneliti utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) 2023, Wati Hermawati mengungkapkan, “Sebesar 70,2 persen pelaku UMKM yang melakukan digitalisasi bermasalah dengan pemasaran produk. Banyak UMKM tidak memiliki brand, mereka hanya menjual saja.”

Dalam konteks ini, situs web UMKM yang dianggap tidak dapat dipercaya oleh konsumen dapat berdampak signifikan, menciptakan rendahnya tingkat pembelian, tingkat bounce tinggi  (banyak pengunjung keluar setelah satu kali kunjungan), dan tingkat tinggi pengabaian keranjang belanja. 


Bagaimana Membangun Kredibilitas Website?

Setelah memahami pengertian, jenis, dan pentingnya kredibilitas, Sahabat Wirausaha perlu konsisten dalam menjalankan fungsi yang dimaksudkan agar dapat dipercaya oleh konsumen diantaranya:

1. Terlihat Seperti Profesional

Kesan pertama sangat penting, terutama secara online. Oleh karena itu, memiliki situs web yang terlihat profesional adalah keputusan yang jelas ketika ingin menunjukkan kepercayaan. 

Orang tidak akan membeli dari situs web yang terlihat buruk dan terkesan dibuat dalam 5 menit serta terlupakan begitu saja. 

Sumber: orbit media

Situs web yang baik dibangun secara sederhana dan pesan yang cerdas. Hasil penelitian dari Hubspot menegaskan bahwa penting bagi orang untuk dengan mudah menemukan informasi di situs web, seperti:

a. Gunakan Domain yang Sah 

Sebagian besar konsumen mengenali domain yang diakhiri dengan ‘.org’ atau ‘.edu’ sebagai milik lembaga pemerintah atau lembaga pendidikan, sedangkan ‘.com’ adalah domain standar untuk situs web e-commerce. 

Pastikan situs web UMKM memiliki domain yang sesuai dengan kontennya dan dapat dikenali oleh audiens target pebisnis lokal; domain yang tidak lazim atau asing dapat merusak kredibilitas usaha.

Baca Juga: Auto Cuan! Begini Cara Efektif Menarik Pembeli ke Website

b. Halaman ‘Tentang Kami’ dan Struktur Organisasi


Sumber: teguk 

Halaman tentang kami adalah cara terbaik untuk membangun kepercayaan dengan menunjukkan keahlian orang-orang sebenarnya di balik merek atau organisasi, audiens pelaku usaha merasa lebih terhubung dengan layanan UMKM.

Beri pengunjung gambaran tentang apa yang penting bagi pelaku usaha dan siapa merek UMKM. Sertakan foto wajah karyawan merek UMKM di bagian ini untuk ‘menghumanisasi’ interaksi pelaku usaha dengan pelanggan. Kita juga dapat membuat konten melalui posting blog.

Misalnya, merek minuman Teguk bercerita tentang visi dan misi, awalan tercipta perusahaan dan tata kelola perusahaan mulai dari dewan komisaris sampai unit audit internal.

Jadilah menyenangkan, menarik, unik – pada dasarnya, tunjukkan kepribadian. Banyak merek lain pun serupa melakukannya seperti corporate.mcdonalds.com/, skill academy about, pizza hut about, dan kfcku.com/manajemen.

c. Tambahkan Informasi Kontak

Sumber: pagisore

Sahabat Wirausaha menganggap alamat fisik dan rincian kontak sebagai bukti terbesar dari keberadaan UMKM. Kita dapat menyusun halaman ‘Hubungi Kami’ di situs web pelaku usaha, di mana kita menampilkan rincian kontak, alamat email, formulir kontak, dan alamat kantor. 

Pelanggan akan lebih mudah memercayai pelaku usaha jika mereka dapat dengan mudah menghubungi pelaku usaha mengenai masalah atau pertanyaan apa pun, karena hal ini menunjukkan bahwa ada orang-orang nyata di balik bisnis tersebut. 

Bergantung pada merek atau bisnis UMKM, pelaku usaha dapat mencantumkan alamat fisik, kotak PO, nomor telepon, alamat email, formulir kontak, atau tautan media sosial.

Baca Juga: Mau Bisnis Tapi Minim Modal? Berikut 6 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Bisa Kamu Coba

2. Tampilkan Bukti Sosial

Bukti sosial sangat penting untuk halaman utama, karena itu menetapkan harapan, memberikan perbandingan, memperkuat pesan pelaku usaha, dan memverifikasi klaim UMKM. Contoh bukti sosial meliputi:

a. Konten yang Dihasilkan Pengguna

Sumber: Brodo

Tekankan komunitas dengan konten yang dihasilkan pengguna seperti peringkat pengguna, gambar, umpan balik, dll. Misalnya, sepatu merek lokal Brodo yang mencantumkan gambar Instagram pelanggan dengan panggilan keluarga Brodo dengan tagar #JoinCommunity.

b. Testimoni

Sumber: dropshipaja

Tampilkan testimoni di situs web pelaku usaha untuk memberikan pandangan ‘dari luar’ tentang merek UMKM dan produknya kepada pengunjung.

Jenis-jenis testimoni meliputi video, interview pelanggan, audio, media sosial, kutipan, dan gambar (proses sebelum dan sesudah). Misalnya, dropshipaja yang menggunakan testimoni video dicantumkan pada laman website mereka atau merek minuman Teguk menampilkan foto dan komentar artis, dan pelanggan sambil memegang produk minuman mereka.

Baca Juga: Bangun Kepercayaan Konsumen pada Bisnis dengan Ethical Marketing, Simak Cara Menerapkannya!

c. Liputan Berita tentang Pelaku Usaha

Sumber: puyo dessert

Tampilkan di halaman utama website media berita yang mengulas bisnis kita.

Kredibilitas yang dianggap muncul ketika situs atau sumber lain yang dipercaya pelanggan memuji pelaku UMKM, baik melalui liputan media atau konten bersponsor. 

Meskipun mereka belum menyelidiki sendiri, pelanggan ini cenderung memberi kita manfaat dari keraguan tersebut. 

Sahabat Wirausaha dapat mendapatkan inspirasi dari merek lainnya yang melakukan hal sama seperti Cakap, Evermos, dan Smartbatik.

d. Pelanggan yang Dilayani

Sumber: ninjaxpress

Banyak situs web, tampil di beranda, bertujuan memberikan informasi kepada pengunjung dengan memberi tahu berapa banyak pelanggan yang mereka layani sehingga berfikir bahwa pelaku usaha tersebut telah melayani banyak orang sebelum kita konsumen membeli.

Misalnya, Ninja Express mencantumkan telah melayani 2.000.000 pemilik bisnis di Asia Tenggara atau dalam website KFC Indonesia mencantumkan peta wilayah operasional sebanyak 747 gerai/outlet yang tersebar di 170 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Mereka mencantumkan beberapa pelanggan mereka, menyoroti yang paling terkenal. Menunjukkan bahwa mereka memiliki perusahaan-perusahaan terkemuka sebagai pelanggan meyakinkan pengunjung bahwa mereka adalah bisnis yang sah. Ini menunjukkan pengalaman pelaku usaha dihargai oleh ribuan pelanggan.

Sahabat Wirausaha dapat melakukannya dengan membagikan ‘statistik + angka’ yang relevan di situs web kita.

Baca Juga: 6 Strategi Pemasaran Bisnis Waralaba yang Efektif Undang Pelanggan, Pernah Coba?

3. Sertifikasi dan Penghargaan

Sumber: McDonald

Dengan mendokumentasikan pencapaian-pencapaian sertifikasi dan penghargaan, sebuah bisnis dapat memberikan keyakinan kepada pengunjung situs bahwa mereka telah mencapai standar tertentu dalam industri mereka.

Prestasi seperti sertifikasi halal, penghargaan industri, atau pengakuan dari lembaga terkemuka tidak hanya mencerminkan komitmen perusahaan terhadap kualitas dan kepatuhan, tetapi juga memberikan alasan bagi konsumen atau mitra bisnis potensial untuk mempercayai informasi yang disajikan di website tersebut.

  • Misalnya, McDonald’s Indonesia sukses meraih Top Halal Award dari IHATEC Marketing Research sebagai restoran cepat saji halal papan atas menurut konsumen milenial Indonesia. 
  • Pizza Hut menyematkan sertifikat Favorite Halal Brand – Category of Food Services (Food) pada tanggal 4 September 2023 pada laman website mereka - pizzahut.co.id/sertifikasi.
  • KFC Indonesia mendapatkan penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2019, Indonesia WOW Brand  Award 2019, Better Brand  Award 2019, dan lain – lain. Dicantumkan gambar sertifikat asli pada website - kfcku.com/penghargaan.
  • Rorokenes produk tas lokal yang ramah lingkungan menyematkan sejumlah penghargaan dan terlibat dalam berbagai kegiatan, baik dalam dan luar negeri - rorokenes.com/award/.

4. Posting Informasi Terkini

Sumber: airminumbiru

Bagikan semua kegiatan merek yang dilakukan dituangkan ke dalam artikel website UMKM. Jadikan sebagai referensi pengunjung bahwa kita aktif memberikan dampak positif ke lingkungan.

Lalu, buat konten berkualitas, periksa kembali situs pelaku usaha untuk ejaan, tata bahasa, dan frasa yang benar dan pastikan semua informasi yang jelas, ringkas, dan sesuai dengan suara merek UMKM.

Misalnya, merek Air Minum Biru menuliskan berbagai kegiatan mulai dari acara, promosi, testimoni, pembukaan, penghargaan biru, berbagi, inspirasi biru, berita terkini, dan semua terpopuler. 

Merek terkenal seperti McDonald dan lainnya juga melakukannya, kita dapat mengunjungi mcdonalds.co.id/whatson.

Singkatnya, kepercayaan sangat penting untuk situs web pelaku usaha. Dengan memanfaatkan 4 tips yang diuraikan dalam artikel ini, merek UMKM dapat menciptakan lingkungan yang dapat dipercayai sehingga pelanggan merasa aman dan bersemangat untuk membeli produk dari situs web kita.

Ceritakan kegiatan merek dalam tulisan laman website UMKM. Sebagai hasilnya, Pelaku usaha akan dapat menciptakan pelanggan setia yang akan terus berbelanja dengan UMKM selama bertahun-tahun.

***

Kepercayaan sangat penting secara online dan tanpanya, UMKM akan kesulitan untuk mendirikan dan mengembangkan bisnis kita di pasar online. Pengunjung dan pelanggan perlu tahu bahwa UMKM kredibel dan menyediakan produk berkualitas yang dapat mereka andalkan. 

Saatnya memulai perjalanan UMKM membangun kepercayaan dengan pelanggan dan memiliki bisnis online yang sukses!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2021/02/16/seven-ways-to-make-your-website-more-trustworthy/?sh=71fafb5b6af8
  2. https://www.shopify.com/ca/blog/website-credibility
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/07/mayoritas-konsumen-indonesia-lakukan-riset-produk-sebelum-belanja-online
  4. Webinar bertajuk, “Digitalisasi: Perkembangan, Kebijakan, dan Penerapannya di Sektor Bisnis”, yang disiarkan secara daring, di Jakarta, Kamis 5/10/2023, Berita dilansir Antara.
  5. https://kfcku.com/jaringan-kfc-indonesia
  6. https://www.mcdonalds.co.id/whats-on/mcdonalds-indonesia-raih-top-halal-award-2023
  7. https://www.wildflowersandpixels.co.uk/ways-to-build-trust-on-your-website/