Mengenal Alibaba - Sebagai seorang pebisnis, Sahabat Wirausaha tentu ingin meraih keuntungan yang maksimal. Perluasan pasar pun menjadi salah satu cara untuk mencapai keinginan ini. Kini, mendapatkan konsumen dengan lokasi jauh pun menjadi mudah karena digitalisasi. Penjualan secara online membuat pedagang dan konsumen yang berbeda kota atau negara dapat melakukan transaksi.

Terlebih, beberapa e-commerce yang ada di Indonesia memiliki akses untuk mendapatkan pelanggan dari luar negeri. Salah satunya situs Alibaba.com. Ingin tahu lebih lanjut mengenai situs jual-beli internasional ini? Yuk, simak artikel sampai habi.


Lebih Dekat dengan Alibaba

Alibaba merupakan platform jual-beli atau e-commerce raksasa yang didirikan oleh Jack Ma. Perusahaan asal China ini telah menjadi bisnis besar dengan berbagai sektor. Nama Alibaba diambil dari tokoh Ali Baba pada kisah 1001 Malam. Meski berada dalam kemiskinan, Ali Baba tetap berbagi dengan orang yang membutuhkan.

Kisah tersebut menginspirasi Jack Ma untuk menamai toko online miliknya dengan nama Ali Baba. Ia pun mengibaratkan Alibaba adalah orang yang pintar dan kerap membantu bisnis kecil dan menengah orang-orang di desa. Ma berharap Alibaba dapat menjadi pintu bagi para pengusaha untuk mendapatkan lebih banyak pembeli dari luar negeri.

Alibaba pertama kali diluncurkan pada 1999 di Hangzhou, China. Meski sempat mendapatkan berbagai penolakan dan kritikan, Alibaba telah berhasil membuktikan kesuksesannya. Kini, Alibaba menjadi platform jual-beli internasional terbesar di dunia. Kebanyakan transaksi yang ada pada Alibaba adalah transaksi antara bisnis dengan bisnis atau B2B. Situs ini berhasil mempertemukan klien menemukan vendor atau supplier dari berbagai negara dengan pesanan skala besar.

Baca Juga: Auto Cuan! Begini Cara Efektif Menarik Pembeli ke Website

Sebagai informasi, Alibaba hanya menjadi penghubung antara pembeli dan supplier. Alibaba tidak memiliki layanan pengiriman dan pembayaran. Maka dari itu, kedua pihak dapat melakukan negosiasi di fitur percakapan di situs Alibaba untuk membahas dua hal ini.

Tak hanya itu, Alibaba juga memiliki berbagai bisnis di bawah nama Alibaba Group. Bisnis yang dijalankan Alibaba antara lain bergerak di bidang ritel, internet, artificial intelligence, dan teknologi.

Dilansir dari situs resmi Alibaba, hingga Maret 2022, jumlah konsumen aktif Alibaba Group secara global mencapai 1,3 miliar. Angka ini tentu menjadi peluang besar bagi para pengusaha seperti Anda, Sahabat Wirausaha. Adapun pengguna Alibaba berasal dari berbagai negara, tetapi kebanyakan pembeli berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Eropa, India, dan Brazil.

Banyak pengusaha, baik dari perusahaan besar maupun pengusaha UMKM, yang memasok produk-produk asli Indonesia ke berbagai negara dari situs Alibaba. Kebanyakan produk yang dicari pembeli adalah furnitur, makanan, minuman, produk pertanian yang diolah menjadi bahan setengah jadi, seperti minyak kelor, vanili, dan bubuk kayu manis. Produk-produk ini kebanyakan dibeli oleh pembeli dari Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Timur Tengah.

Dengan pengguna yang tersebar di berbagai negara, Sahabat Wirausaha berpeluang mendapat pembeli yang berasal dari salah satu negara tersebut. Produk Anda pun dapat dikenal oleh pasar yang lebih luas dan go internasional.


Wajib Dipelajari Pebisnis, Ini Lho Cara Daftar Alibaba!

Bagi Sahabat Wirausaha yang tertarik menjual produknya di Alibaba.com dapat langsung mendaftarkan diri. Berikut cara mendaftar di situs Alibaba.

  1. Buka situs web Alibaba.com
  2. Pilih JOIN FOR FREE
  3. Isi data diri secara lengkap, mulai dari negara, email, password, nama perusahaan, nama diri, hingga nomor telepon. Jangan lupa untuk memilih SELLER
  4. Jika sudah diisi semua, pilih kolom AGREE AND REGISTER pada bagian bawah
  5. Tunggu kode verifikasi yang akan dikirim ke email terdaftar
  6. Masukkan kode verifikasi dan klik SUBMIT
  7. Pembuatan akun Alibaba sudah selesai
  8. Untuk melengkapi profil, buka Home Alibaba
  9. Pilih My Alibaba
  10. Pilih bar SHOP DECORATION lalu klik EDIT COMPANY PROFILE
  11. Isi dan pilih informasi produk yang sesuai dengan produk yang akan dijual
  12. Selesai

Setelah registrasi, Sahabat Wirausaha dapat langsung memasukkan foto dan deskripsi produk, kemudian mulai berjualan. Alibaba sendiri memiliki dua tipe pelanggan, yaitu gratis dan berbayar. Bagi pelanggan gratis, Anda hanya dapat mencantumkan lima produk untuk dijual.

Baca Juga: Pakai Ecommerce dan Punya Orientasi Kewirausahaan Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis? Simak Penjelasan Riset Ini!

Sementara itu, pelanggan berbayar dapat menjual produk sebanyak mungkin tanpa dibatasi. Adapun harga langganan pelanggan berbayar mulai dari Rp24 juta per tahun. Pelanggan berbayar juga perlu menyiapkan sejumlah dokumen verifikasi, seperti akta pendirian perusahaan atau SIUP.

Sumber: Freepik.


Mulai Berjualan di Alibaba

Walau terkesan mudah, berjualan di Alibaba tetap memerlukan beberapa tips dan trik khusus. Pasalnya, Sahabat Wirausaha membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam menjangkau pasar yang lebih luas.

Maka dari itu, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk mulai berjualan di Alibaba.

1. Pastikan Produk Tersedia

Sebelum memutuskan untuk berjualan di Alibaba.com, Sahabat Wirausaha wajib memastikan dapat menyanggupi produksi barang dalam jumlah yang banyak untuk memenuhi kebutuhan pembeli.

Perhitungkan juga berapa lama produksi barang. Hal ini untuk menghitung estimasi waktu dari pesanan diterima, dikirim, hingga sampai di tangan pembeli.

2. Produk Variatif

Seperti diketahui, platform jual-beli ekspor-impor mementingkan variasi produk. Maka dari itu, Anda wajib memberikan variasi produk sebanyak mungkin agar sukses berjualan di Alibaba. Semakin banyak varian yang ditawarkan, akan menarik minat pembeli untuk membelinya.

Baca Juga: ​Ingin Mendapat Penghasilan Tambahan? Tips Menjadi Affiliate Marketer di E-Commerce

3. Deskripsi Produk yang Menarik

Selain produk yang variatif, Sahabat Wirausaha juga perlu membuat deskripsi produk yang menarik. Sertakan juga foto atau video produk yang lengkap dan jujur untuk menarik perhatian pembeli.

4. Respon Cepat

Saat berjualan di platform internasional, akan ada perbedaan waktu antara negara pembeli dan penjual. Meski demikian, jangan sampai Anda terlalu lama membalas pesan pembeli. Hal ini akan kurang efektif untuk penjualan karena besar kemungkinan pembeli akan beralih ke toko lainnya.

Maka dari itu, agar tidak terlalu lama membalas pesan pembeli, sering-seringlah mengecek notifikasi pada akun Alibaba Anda. Jika perlu, aktifkan notifikasi Alibaba pada aplikasi di smartphone.

Selain itu, Sahabat Wirausaha perlu proaktif mendekati calon pembeli. Jangan hanya menjadi pedagang pasif dan menunggu pesanan saja. Anda dapat sering melakukan follow up agar dapat melanjutkan transaksi.

5. Punya Tim Khusus

Jika Sabahat Wirausaha ingin lebih serius dalam berbisnis secara digital melalui Alibaba, lebih baik memiliki tim khusus yang fokus mengurusi bisnis digital. Tim ini akan bertugas membuat deskripsi produk yang menarik, mengedit foto atau video secara apik, dan bernegosiasi dengan calon pembeli.

Tidak hanya itu, tim tersebut juga harus mengetahui teknis mengenai metode pengiriman, pembayaran internasional, dan juga pengurusan bea cukai ekspor ke berbagai negara.

Dengan tim yang berpengalaman, besar kemungkinan Anda dapat memenangkan persaingan dengan vendor lain dari berbagai negara.

Baca Juga: Catat! 5 Tips yang Wajib UMKM Terapkan Agar Bisnis Cepat Berkembang

6. Manfaatkan Fitur yang Ada

Alibaba memiliki sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan penjual. Misalnya, bagi pelanggan berbayar, Sahabat Wirausaha dapat menggunakan fitur analisa pasar untuk memahami market insight dan melakukan penyesuaian bisnis.

Tidak hanya itu, Sahabat Wirausaha juga dapat menggunakan fitur pemasangan promosi dengan keyword ads. Dengan demikian, produk Anda akan tampil pada tampilan depan ketika pembeli mencari sesuatu. 

****

Dengan bergabung dan menjadi anggota Alibaba.com, Sahabat Wirausaha memiliki peluang besar untuk go global. Produk UMKM milik Anda pun berkesempatan dikenal di berbagai negara di seluruh dunia.

Selain itu, sudah bisa dipastikan omset penjualan juga akan semakin meningkat. Peningkatan ini juga dibarengi dengan keuntungan yang semakin besar.

Bagaimana Sahabat Wirausaha? Tertarik berjualan di situs Alibaba.com? Selamat mencoba!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi :

  1. https://id.alibabanews.com/langkah-mudah-berjualan-di-alibaba-com/
  2. https://seller.alibaba.com/businessblogs/pxmlg8cn-how-to-sell-on-an-online-marketplace-a-beginners-guide
  3. https://id.alibabanews.com/sepuluh-pertanyaan-seputar-alibaba-group/
  4. https://wise.com/us/blog/sell-on-alibaba
  5. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5470158/cara-umkm-bisa-jualan-di-alibaba/2
  6. https://id.alibabanews.com/langkah-mudah-berjualan-di-alibaba-com/
  7. https://ocistok.com/blogs/news/cara-jualan-di-alibaba-terbaru-dan-mudah-2023
  8. https://id.wikihow.com/Menjual-Barang-di-Alibaba
  9. https://id.alibabanews.com/laporan-keuangan-alibaba-group-2022/#:~:text=Jumlah%20konsumen%20aktif%20tahunan%20Alibaba,berakhir%20pada%2031%20Desember%202021.
  10. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230811130651-37-462203/ditinggal-jack-ma-bisnis-alibaba-bangkit-dari-dasar-neraka#:~:text=Laba%20operasional%20naik%2032%25%20YoY,ke%20lebih%20dari%206.500%20karyawan.
  11. https://id.alibabanews.com/ketahui-hal-ini-sebelum-berjualan-di-alibaba-com/