MacBook Pro turned-on on brown wooden surface

Menarik Pembeli ke Website - Ketika menjalankan bisnis online, salah satu tujuan utama kita tentunya untuk mendapatkan pengunjung yang melakukan pembelian atas produk kita. Apalagi bisnis online saat ini memiliki beragam jenis dan platform yang bisa digunakan, misalnya melalui media sosial, marketplace, ataupun situs website.

Jika melalui media sosial dan marketplace, mungkin sudah ada segmentasi atau target pengunjung berdasarkan konten/produk yang ditampilkan di sana. Namun, bagaimana caranya agar orang-orang tersebut dapat mengunjungi situs website milik pribadi yang dikelola sendiri, serta membuat mereka tertarik untuk melakukan pembelian di sana?.

Nah, Sahabat Wirausaha, pada artikel ini akan dibahas mengenai tips untuk mendatangkan pembeli ke website agar bisnis online bisa semakin berkembang. Yuk lanjut!

Cara Menarik Pembeli ke Website

Sebelum mendatangkan pembeli, kita perlu menarik perhatian pengunjung ke website kita. Adapun beberapa langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Mengoptimalkan SEO pada Website

Hal pertama yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan mengoptimalkan SEO pada website. Seperti yang kita ketahui, Search Engine Optimization atau SEO adalah proses yang dilakukan untuk memunculkan website kita pada hasil pencarian pertama di Google.

Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Untuk Membuat Website Toko Online Milik Sendiri

Dengan SEO ini, website Sahabat akan lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli, tetapi jangan lupa untuk tetap memiliki “identitas” atas website Sahabat. Beberapa cara untuk meningkatkan SEO di antaranya adalah menulis konten yang berkualitas, memperbarui konten tersebut secara teratur, serta menggunakan kata kunci yang tepat dan dicari oleh banyak orang.

2. Memanfaatkan Media Sosial untuk Pemasaran

Meskipun media sosial memiliki klasifikasi tersendiri dalam pengkategorian pengguna atau pengunjung, namun Sahabat Wirausaha juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran website, lho!.

Sahabat dapat memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk memasarkan produk di website. Pastikan juga agar Sahabat Wirausaha aktif di media sosial dan berinteraksi dengan para pengikut (followers) untuk membangun hubungan silaturahmi yang erat.

3. Membuat Konten Menarik di Website

Agar website kita bisa menarik perhatian pengunjung, maka diperlukan konten yang menarik pula. Buatlah konten yang berkualitas dan bermanfaat, misalnya artikel berisi tips, video tutorial, atau infografis.

Pastikan agar konten Sahabat Wirausaha di website tersebut relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Berikan nilai tambah yang dapat membuat calon pembeli tertarik untuk selalu berkunjung ke website kita.

Baca Juga: Manfaat Website Untuk Memajukan Bisnis

4. Menawarkan Diskon dan Promosi

Selain konten di website, diskon dan promosi dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik pembeli ke website Sahabat Wirausaha. Tawarkan diskon khusus atau promo menarik kepada calon pembeli di website tersebut, serta sebarkan juga infonya di media sosial atau melalui e-mail. Hal ini dapat membantu meningkatkan traffic situs web Sahabat Wirausaha dan membuat mereka tertarik untuk melakukan pembelian.

5. Membangun Reputasi Website yang Baik

Reputasi yang baik dapat membantu meningkatkan kepercayaan calon pembeli pada bisnis. Meskipun bisnis dilakukan secara online, tetap berikan pelayanan yang terbaik dan tanggapi setiap pertanyaan atau keluhan dari calon pembeli dengan ramah.

Berikan juga ulasan positif (positive review) dari pelanggan yang sudah puas dengan produk atau layanan Sahabat Wirausaha di website tersebut, agar semakin meyakinkan para pengunjung lainnya untuk membeli produk.

6. Menyelenggarakan Kontes atau Challenge

Salah satu taktik yang paling efektif untuk menarik perhatian dengan cepat adalah dengan mengadakan kontes. Biasanya, orang akan lebih tertarik untuk berpartisipasi dalam kontes karena ingin memenangkan hadiah yang dijanjikan.

Maka, Sahabat bisa mengadakan kontes yang mengarahkan audiens untuk mengunjungi website. Sebarkan juga postingan kontes ini di berbagai platform lainnya, jika diperlukan. Nantinya hadiah yang diberikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya berupa produk baru yang akan rilis, ataupun hadiah lain yang masih relevan dengan bisnis online yang dijalankan.

Baca Juga: Meningkatkan Kualitas Website dengan Backlink

7. Memberdayakan Komunitas

Jika sudah melakukan semua hal di atas namun pengunjung belum melakukan pembelian, Sahabat bisa memberdayakan komunitas yang ada secara online. Tenang, ada banyak komunitas di dunia maya dengan anggota aktif tiap komunitasnya.

Contohnya seperti komunitas yang berdasarkan hobi tertentu (misalnya penggemar game online yang sering mabar atau main bareng). Biasanya, komunitas tersebut menggunakan platform online dalam berkomunikasi serta melakukan kegiatan rutin dengan sesama anggota lainnya.

Sahabat Wirausaha dapat mengajukan kerja sama dengan komunitas yang relevan dengan bisnis yang dilakukan. Misalnya, jika Sahabat Wirausaha memiliki website untuk usaha konten digital/metaverse, maka Sahabat Wirausaha dapat bekerja sama dengan komunitas NFT atau graphic designer.

Keberadaan komunitas ini juga dapat menunjang traffic pada website. Ketika berinteraksi dengan komunitas, maka audiens yang berasal dari komunitas tersebut akan mengakses konten dari website Sahabat. Namun, tetap jaga privasi mereka serta jangan terus menerus melakukan tindakan yang terkesan repetitif setiap waktu, karena bisa mengganggu anggota yang ada di komunitas tersebut.

8. Gunakan PPC (Pay-per-click) Advertising Jika Dibutuhkan

Nah, kalau Sahabat memerlukan alternatif untuk mendatangkan pengunjung dengan relatif singkat, maka promosikan website secara langsung melalui iklan online. Pay-per-click atau PPC advertising adalah salah satu iklan online yang dapat dijadikan pilihan. Kelebihan menggunakan iklan ini adalah Sahabat Wirausaha hanya perlu membayar ketika pengunjung mengakses iklan saja, yang mengarah ke website milik Sahabat.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Website Untuk Bisnis

Pemilihan kata kunci yang tepat dan iklan yang menarik dapat menjangkau calon pembeli yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, bentuk iklannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti gambar, teks, ataupun video. Dalam pembuatan iklan tersebut, jangan lupa agar ditargetkan dengan segmentasi pasar atau customer yang ingin dijadikan sasaran, seperti dari segi demografis, wilayah, hobi, usia, dan lain-lain.


Mengubah Pengunjung Menjadi Pembeli

Setelah Sahabat Wirausaha berhasil mendatangkan pengunjung ke situs website dalam jumlah yang diharapkan, maka langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengubah atau mengkonversi pengunjung tersebut menjadi pembeli produk Sahabat. Kira-kira, seperti apa caranya? Berikut pembahasannya.

1. Kembangkan Tampilan Website yang Memanjakan Mata

Kehadiran website sebagai salah satu sarana untuk bisnis memang akan mempengaruhi tingkat konversi yang dihasilkan. Maka, jika pengunjung website merasa nyaman dan betah untuk mengakses website kita, semakin besar pula kesempatan untuk mendatangkan pembeli.

Kembangkan serta tampilkan desain website Sahabat Wirausaha dengan sebaik mungkin. Tetapi, pastikan agar desainnya tetap terlihat profesional dan memuat informasi yang diperlukan. Misalnya seperti nomor telepon bisnis, jam operasional, atau lainnya.

Jika Sahabat Wirausaha belum dapat mengembangkan desain tersebut, jangan ragu untuk menyewa atau menggunakan jasa desain website yang amanah dan terpercaya. Penggunaan jasa tersebut bersifat opsional, karena bisa disesuaikan terlebih dahulu dengan budget dan kondisi bisnis saat ini. Yang terpenting, konten website sudah memuat informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung jika akan membeli produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Memaksimalkan Jangkauan Bisnis dan Transaksi Secara Digital

2. Tingkatkan Nilai dan Kepercayaan dari Calon Pembeli

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis online di tanah air memang masih belum banyak digunakan di seluruh wilayah Indonesia, terlebih jika wilayahnya masih belum terjangkau oleh sinyal Internet. Tentunya hal ini menjadi tugas kita untuk membangun kepercayaan pengunjung atau calon konsumen pada website yang dikembangkan.

Persaingan yang ketat di marketplace/media sosial, salah satunya dapat diatasi dengan meningkatkan nilai/value pada website Sahabat. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

  • Memberikan jaminan garansi uang kembali dengan persyaratan tertentu
  • Menampilkan ulasan positif atau review dari pembeli sebelumnya (jika ada)
  • Mencantumkan hotline service (nomor telepon) serta alamat toko offline (jika ada)
  • Memberikan promo/gratis ongkir atau voucher belanja dengan nilai minimum belanja
  • Menghubungkan (link) dengan akun media sosial agar bisnis terintegrasi dengan baik

Kesimpulan

Dalam menjalankan bisnis online, mendatangkan pembeli ke website kita merupakan salah satu kunci keberhasilan. Selain itu, produk atau layanan yang ditawarkan pada website tersebut juga menjadi perhatian utama bagi mereka, maka persiapkan juga segala sesuatu yang bisa menunjang transaksi di website, ya!

Misalnya pembayaran dengan dompet digital, kartu kredit, serta pengiriman dengan layanan ekspedisi tertentu. Berikan juga garansi atau jaminan lainnya agar bisa meningkatkan keyakinan pengunjung website untuk membeli produk. Semangat mencoba ya, Sahabat Wirausaha!

Referensi : Blog Triv, Sirclo, Meson Digital