Produk Terlaris di Lazada - Halo Sahabat Wirausaha! Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain sebagainya merupakan salah satu platform e-commerce yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali Lazada yang menjadi situs marketplace dipercaya dengan menawarkan beragam produk untuk kebutuhan sehari-hari penggunanya.

Dilansir melalui Katadata.co.id, transaksi e-commerce di Lazada sendiri mencapai US$ 34,51 miliar atau sekitar Rp 543 triliun pada tahun lalu. Ini membuktikan bahwa potensi bisnis dengan memanfaatkan platform ini berpotensi meraih keuntungan yang cukup besar untuk pelaku UMKM. Nah, sebelum terjun berdagang di sana, yuk simak dulu apa saja produk terlaris di Lazada belakangan ini!

1. Elektronik

Produk terlaris di Lazada untuk kategori elektronik menjadi produk yang memiliki nilai total belanja terbesar di e-commerce Indonesia termasuk Lazada. Berdasarkan tabel yang ditampilkan menunjukkan nilai total belanja sekitar US$ 10,71 Miliar atau sekitar Rp173 Triliun.

Adapun yang masuk ke dalam kategori produk elektronik diantaranya peralatan rumah tangga yang banyak dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari. Produk yang banyak dicari untuk jenis ini adalah seperti mesin cuci, smart TV, setrika, rice cooker, alat pembersih otomatis, dan lain sebagainya. 

Selain itu, gadget juga bisa dimasukkan ke dalam kategori produk elektronik beserta dengan aksesoris atau perlengkapan tambahan lainnya. Salah satu produk yang banyak dibeli diantaranya seperti smartphone, laptop, tablet, PC komputer, earphone, speaker dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Manfaat Teknologi Blockchain Bagi Bisnis UMKM, Siap Digital dan Bersaing Global

2. Makanan

Produk terlaris di Lazada selanjutnya adalah kategori makanan yang total transaksinya mencapai US$ 6,09 miliar. Artinya, dalam kurun waktu tersebut, setidaknya transaksi pembelian untuk kategori produk makanan berhasil mencapai Rp97,3 triliun. 

Kemudahan berbelanja online saat ini kini mengubah gaya hidup setiap masyarakat yang lebih menyukai membeli makanan lewat aplikasi e-commerce saja. Mengingat saat ini ada banyak inovasi produk makanan yang dikemas secara praktis untuk pengiriman jauh ke berbagai daerah.

Produk-produk makanan yang banyak dicari tak jauh dari jenis makanan ringan, bumbu dapur, atau makanan instan. Bahkan berbagai makanan frozen dan makanan fresh seperti daging, buah, atau sayur-sayuran juga sudah banyak dijual melalui Lazada.

3. Fashion

Produk fashion menduduki peringkat ketiga sebagai produk terlaris di Lazada. Mengingat industri di dunia fashion terus berkembang seiring perubahan minat konsumen yang terus mengikuti tren busana berubah-ubah.

Hal ini dapat dilihat berdasarkan tabel bahwa nilai total belanja produk fashion mencapai US$5,49 Miliar. Nilai tersebut setara dengan Rp8,11 Triliun dalam kurun waktu setahun ke belakang.

Ini membuktikan bahwa industri fashion memiliki potensi pasar yang cukup besar dengan menawarkan berbagai produk yang beragam dari berbagai kalangan atau usia. Baik itu produk pakaian anak, remaja,  fashion pria dan wanita, atau menjual aksesori fashion bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

4. Media Simpan Data Fisik

Jenis produk ini berkaitan dengan aksesoris komputer atau alat elektronik yang banyak digunakan untuk kebutuhan penyimpanan data secara fisik. Total nilai belanja untuk kategori produk ini sekitar US$ 1,85 Miliar atau sebesar Rp17,5 Triliun selama tahun 2023.

Produk ini banyak digunakan sebagai tujuan cadangan, penyimpanan arsip, atau keperluan lainnya baik untuk kebutuhan pribadi atau pekerjaan. Beberapa produk yang masuk ke dalam kategori media simpan data fisik contohnya seperti Hard Disk Drive (HDD), Solid State Drive (SSD), Flash Drive (USB), Cloud Storage, dan kartu memori.

Baca Juga: Pakai Ecommerce dan Punya Orientasi Kewirausahaan Jadi Kunci Keberhasilan Bisnis? Simak Penjelasan Riset Ini!

5. Perkakas

Produk terlaris di Lazada selanjutnya adalah peralatan perkakas yang banyak dibutuhkan untuk produksi manufaktur atau rumah tangga sehari-hari. Beberapa jenis produk yang masuk ke dalam kategori ini meliputi gergaji, palu, bor, pisau, palu, dan lain sebagainya.

Perkakas menduduki peringkat kelima sebagai salah satu produk yang paling banyak dicari oleh pengguna Lazada. Berdasarkan data nilai total belanja, untuk kategori perkakas berhasil mencapai US$ 1,8 Miliar atau sekitar Rp17,49 Triliun.

6. Kecantikan

Produk kecantikan menjadi kebutuhan konsumen terutama wanita untuk menunjang perawatan tubuh sehari-hari. Adapun produk yang masuk ke dalam kategori ini diantaranya seperti skincare, makeup, body care, dan sejenisnya.

Jenis produk terlaris di Lazada memiliki nilai penjualan yang cukup besar di berbagai situs e-commerce termasuk Lazada. Adapun nilai total belanja berdasarkan tabel di atas yakni sebesar Rp1,56 Miliar atau sekitar Rp17,10 Triliun.

7. Mainan dan Hobi

Perlengkapan mainan anak-anak ataupun hobi seperti alat musik, alat menggambar, dan lain sebagainya, rupanya memiliki peluang pasar yang cukup besar jika dipasarkan ke marketplace seperti Lazada. Hal ini dikarenakan produk mainan dan hobi menduduki peringkat ketujuh sebagai produk paling laris di e-commerce Indonesia.

Adapun kategori produk mainan dan hobi berhasil meraih total nilai belanja sekitar US$ 1,49 Miliar. Jika dikonversi ke rupiah, setidaknya transaksi pembelian untuk kategori mainan dan perlengkapan hobi ini bisa mencapai Rp16,9 Triliun per tahunnya.

8. Minuman

Selain kategori makanan yang menjadi produk paling laku di marketplace Indonesia, kategori minuman juga berhasil masuk ke dalam 10 produk terlaris di Lazada. Adapun total nilai belanjanya yaitu sebesar US$ 1,33 Miliar atau setara Rp16,73 Triliun.

Melihat banyaknya permintaan pasar terhadap produk minuman kemasan, tentu ini bisa menjadi peluang bisnis untuk inovasi terbaru. Misalnya, menjual aneka minum ekstrak buah yang diproses secara alami dengan kemasan ramah lingkungan.

9. Tembakau

Produk tembakau menjadi salah satu kategori yang masuk dalam produk terlaris di Lazada. Biasanya, produk yang memiliki penjualan cukup tinggi adalah pada konsumsi rokok ataupun rokok elektronik.

Nilai total belanja pada kategori produk tembakau yaitu mencapai sekitar US$ 1,15 Miliar. Dalam setahun terakhir, itu berarti penjualan produk seperti rokok dan sejenisnya mencapai Rp16,43 Triliun.

Baca Juga: 6 Alasan Bisnis Kecil Perlu Menghubungkan Saluran Pemasaran ke Media Sosial

10. Kebutuhan Rumah Tangga

Jenis produk terlaris di Lazada yang terakhir adalah kebutuhan rumah tangga. Kategori ini biasanya banyak menjual berbagai jenis kebutuhan sehari-hari untuk di rumah seperti produk perabotan, alat kebersihan, dekorasi, dan lain sebagainya.

Menurut data yang tertera, produk dengan kategori kebutuhan rumah tangga memiliki nilai total belanja sekitar US$ 1,11 Miliar atau sebesar Rp16,37 Triliun per tahunnya. Ini membuktikan bahwa peluang bisnis di bidang kebutuhan rumah tangga cukup menguntungkan setiap tahunnya.

***

Itu dia daftar produk terlaris di Lazada yang harus Sahabat Wirausaha tahu. Dengan mengetahui apa saja produk yang paling banyak diminati pasar, ini memudahkan untuk mencari peluang pasar untuk menjalankan bisnis.

Mengingat Lazada sebagai salah satu e-commerce terpercaya di Indonesia, tentu bisa menjadi platform yang tepat untuk memulai bisnis online

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/65e55c945b49e/transaksi-shopee-tiktok-dkk-di-ri-rp543-t-ini-daftar-produk-terlaris 
  2. https://swifthub.sirclo.com/blog/10-produk-terlaris-di-lazada-bisa-jadi-ide-bisnis-online
  3. https://everpro.id/blog/produk-terlaris-di-lazada/