Pentingnya kemasan produk - Sahabat Wirausaha, siapa yang merasakan semakin ketatnya persaingan bisnis di era ini? Produk serupa yang terus bermunculan di pasar merupakan salah satu cirinya. Jika merasakan hal tersebut, maka sebagai pelaku UMKM kita harus membuat strategi bisnis yang cerdas demi meningkatkan daya saing produk kita. 

Salah satu langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan memanfaatkan kekuatan kemasan produk. Saat ini kemasan tidak hanya berperan sebagai wadah penyimpanan produk, melainkan juga merupakan alat pemasaran strategis yang dapat memengaruhi daya saing dan kesuksesan bisnis. Namun, sebetulnya apa saja alasan pentingnya kemasan produk bagi UMKM? Berikut ini penjelasannya, yuk disimak.

1. Menarik Perhatian Konsumen

Sumber foto: www.lazada.co.id (toko: cemilan4u)

Kemasan merupakan wajah produk yang pertama kali dilihat oleh konsumen, baik ketika produk dipajang di rak toko maupun saat berbelanja secara online. Untuk itu, kemasan sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Tampilan kemasan yang menarik juga menjadi daya tarik yang membuat produk UMKM bersaing dengan produk dari perusahaan besar. 

Logo yang khas dapat memberikan identitas yang kuat dari merek kita, sedangkan pilihan warna yang tepat dapat menciptakan kesan tertentu di hati konsumen. Desain yang kreatif juga memberikan nilai tambah yang dapat meningkatkan ketertarikan konsumen dan mendorong mereka untuk mencoba produk tersebut. 

Salah satu contoh produk dengan kemasan menarik adalah produk minuman Pororo. Produk tersebut merupakan produk minuman asal Korea Selatan yang dikenal sebagai takhta tertinggi minuman di minimarket. Dilansir dari hops.id, kemasan yang sangat gemas dengan karakter kartun pororo membuat produk ini berhasil memikat hati target pasarnya yaitu anak-anak. 

Sahabat Wirausaha juga dapat belajar dari hal tersebut dengan membuat kemasan yang menarik dan sesuai dengan target pasar. Pastikan pula bahwa kemasan tersebut memiliki ketahanan yang baik, aman, dan nyaman saat digunakan. 

Baca Juga: Informasi Penting Nih! Mengenal Jenis-Jenis Kemasan Berdasarkan Bentuk dan Penggunaannya

2. Menciptakan Identitas Merek

Sumber foto: kisahfoto.com 

Kemasan bukan sekadar soal penampilan fisik, tetapi juga berkaitan dengan identitas merek yang kuat. Untuk itu, sebagai pelaku usaha kita harus mampu membuat desain kemasan yang mencerminkan visi dan misi bisnis kita. Dengan begitu, konsumen dapat merasakan hubungan yang terjalin antara produk, nilai-nilai perusahaan, dan pengalaman saat menggunakan produk tersebut. 

Identitas merek yang kuat juga dapat memberikan keunggulan tersendiri di tengah persaingan pasar yang ketat. Produk dengan ciri khas tertentu akan lebih mudah diingat oleh konsumen. Hal ini tentunya akan memengaruhi kesuksesan bisnis yang kita jalankan.

Salah satu contoh produk yang memiliki identitas merek yang kuat adalah Bhumi. Bhumi merupakan merek skincare lokal yang fokus pada kebaikan alam. Selain menggunakan bahan alami, saat ini produk tersebut juga telah aktif berkontribusi terhadap lingkungan dengan membuat refill pack (kemasan isi ulang) yang biodegradable (mudah terurai) dan sustainable (berkelanjutan). 

Melalui langkah tersebut mereka berhasil menciptakan identitas merek skincare yang sehat dan ramah lingkungan. Sahabat Wirausaha juga dapat mengikuti langkah ini ya. Tentunya harus disesuaikan pula dengan nilai-nilai bisnis yang akan kita tunjukan. 

3. Sarana Perlindungan Produk dan Keamanan Konsumen

Sumber foto: kompasiana.com 

Selain berfungsi sebagai alat pemasaran yang strategis, kemasan juga berperan penting dalam aspek perlindungan produk dan keamanan konsumen. Untuk itu, sebagai pelaku UMKM kita tidak hanya dituntut menciptakan kemasan dengan daya tarik visual yang baik tetapi juga mampu menjadi pelindung produk dari berbagai risiko yang mungkin terjadi selama proses distribusi.  

Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai risiko kerusakan produk yang dapat terjadi selama proses distribusi. Baik melalui pengiriman darat, laut, maupun udara, kita harus memilih kemasan yang tahan benturan, getaran, dan tekanan. Meski begitu, kita juga dapat memberikan kemasan pelindung tambahan seperti dus ataupun rak kayu untuk meminimalisir risiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Baca Juga: Mau Daftar Merek? Perhatikan 4 Kriteria dan Contoh Merek yang Ditolak Registrasinya

Perhatikan pula bahwa pemilihan jenis kemasan harus disesuaikan dengan faktor lingkungan yang mungkin dapat merusak produk seperti faktor cuaca, kelembapan, dan perubahan suhu. Untuk itu, kenali secara pasti karakteristik produk sehingga kita dapat menentukan jenis kemasan yang sesuai. 

Sebagai contoh, produk coklat batangan umumnya terdiri dari dua lapisan kemasan yaitu kemasan aluminium foil dan kemasan kertas. Kemasan aluminium foil digunakan untuk mencegah bau, tahan cuaca, dan menghindari kerusakan yang mungkin terjadi saat proses pengiriman. Dengan begitu kualitas coklat akan tetap terjaga. Sementara itu, kemasan kertas sangat dibutuhkan untuk memberikan nilai estetika pada produk tersebut.

Pemilihan bahan kemasan juga harus aman bagi konsumen. Hindari penggunaan kemasan yang berbahan PVC (Polyvinyl Chloride) dan Polystyrene (styrofoam) karena berbahaya bagi kesehatan otak dan organ tubuh lainnya. 

4. Sumber Informasi Produk

Sumber foto: flexypack.com

Salah satu pentingnya kemasan produk adalah sebagai sumber informasi penting bagi konsumen. Sering kali pelaku UMKM lupa akan hal ini. Sebagian besar justru hanya berfokus pada fungsi perlindungan produk tanpa memperhatikan unsur estetika dan informasi produk yang harus dicantumkan di dalamnya. 

Terdapat beberapa informasi yang harus disampaikan pada kemasan seperti nama produk, nama dan alamat usaha, dan cara pemakaian. Untuk produk makanan dan minuman dapat ditambahkan informasi seperti legalitas, kode produksi, masa berlaku, berat bersih, komposisi produk, dan nilai gizi. Kita juga dapat menambahkan informasi keunggulan produk yang tidak dimiliki kompetitor misalnya informasi gluten free pada produk makanan. 

Kelengkapan informasi yang dicantumkan pada kemasan dapat menjadi nilai tambah bagi konsumen. Dengan begitu, konsumen dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang produk yang akan dibelinya dan merasa lebih yakin dalam membuat keputusan pembelian. 

Dalam strategi pemasaran, kemasan yang informatif dapat menjadi alat komunikasi yang efektif. Hal ini membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produk dengan baik, meningkatkan kesadaran konsumen terhadap manfaat dan karakteristik produk yang dapat menciptakan pengalaman positif, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan mendukung pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Bananania Bagikan 8 Cara Memasarkan Produk ke Swalayan

5. Meningkatkan Nilai Persepsi Produk

Sumber foto: anekamesinpengemas.com

Selain penting sebagai penampilan luar, kemasan juga penting dalam memengaruhi persepsi konsumen akan nilai suatu produk. Kemasan yang eksklusif dan mewah tentunya dapat memberikan kesan bahwa produk tersebut memiliki nilai lebih, meskipun sebetulnya pada dasarnya produk tersebut merupakan produk yang kurang lebih sama dengan produk kompetitor. 

Sebagai contoh, gambar di atas merupakan salah satu produk kopi yang dijual dengan kemasan kayu elegan dan desain yang mewah. Hal ini sangat berbeda dibandingkan produk kopi kemasan pada umumnya yang dijual dalam kemasan botol plastik atau botol kaleng biasa. Tentunya persepsi yang tercipta di benak konsumen pun akan berbeda. Dengan kemasan yang lebih baik, kita bahkan dapat menetapkan harga jual yang lebih tinggi. 

Disisi lain, kemasan juga sangat penting untuk meningkatkan nilai persepsi produk yang dijual secara online. Hal ini karena konsumen tidak memiliki kesempatan untuk melihat atau meraba langsung produk tersebut. Dengan begitu melalui kemasan kita dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan mendorong minat beli konsumen.

Nah, Sahabat Wirausaha itu dia beberapa alasan pentingnya kemasan produk bagi UMKM. Dengan memahami betapa pentingnya kemasan, kita dapat merancang strategi bisnis yang cerdas, kreatif, dan mampu meningkatkan daya saing di pasar yang penuh persaingan ini. 

Perlu diingat bahwa kesuksesan UMKM tidak hanya bergantung pada kualitas produk saja, tapi juga seberapa baik kita dalam memperkenalkan produk dengan cara yang dapat membuat konsumen terkesan. Tetap semangat dan terus belajar ya, Sahabat Wirausaha! 

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://www.freepik.com/free-photo/retailer-merchandise-pack-big-hermetic-pouch-white-with-blank-label-presented-near-craft-paper-bag-rustic-wooden-brick-red-table_11333901.htm#fromView=search&page=6&position=8&uuid=d0fa0e23-e21c-4648-b0e9-86687c9a6851 
  2. https://www.lazada.co.id/products/paldo-pororo-minuman-rasa-buah-235-ml-i7358222060-s14335154734.html?spm=a2o4j.tm80150940.3312045370.1.67f85m6X5m6XoI.67f85m6X5m6XoI 
  3. https://www.hops.id/unik/29411675593/sampai-buat-syok-dan-viral-terbongkar-takhta-tertinggi-minuman-di-indomaret-netizen-harganya-bisa-buat-beli-minyak?page=1 
  4. https://www.fimela.com/beauty/read/4835232/bhumi-skincare-ramah-lingkungan-selamatkan-bumi-jadi-lebih-baik?page=2 
  5. https://www.kisahfoto.com/2022/01/bhumi-skincare-rilis-kemasan-refill-pack.html 
  6. https://www.kompasiana.com/sintarosmadewi2596/63ed98c7c57afb61cd6db4c2/rahasia-aluminium-foil-dibalik-kemasan-coklat 
  7. https://biteship.com/blog/4-alasan-pentingnya-kemasan-produk-wajib-tahu/ 
  8. https://istanaumkm.pom.go.id/pangan/kenali-kemasan-plastik-untuk-produk-pangan-olahan#:~:text=PVC%20(%20Polyvinyl%20Chloride)&text=Makanan%20yang%20dikemas%20dengan%20plastik,ginjal%2C%20hati%20dan%20berat%20badan
  9. https://www.kompasiana.com/sintarosmadewi2596/63ed98c7c57afb61cd6db4c2/rahasia-aluminium-foil-dibalik-kemasan-coklat#google_vignette 
  10. https://flexypack.com/news/5-hal-yang-harus-ada-di-label-kemasan-makanan 
  11. https://anekamesinpengemas.com/uploads/2018/05/exotic-coffee-collection-by-paradise-2.jpg