UKM Indonesia

Peluang Pasar : Jasa Laundry


shallow focus photo of washing machines

Sumber: Unsplash


Laundry, wah jika mendengar satu kata tersebut apa yang terbesit di benak sahabat wirausaha?. Apakah salah satunya, merupakan jasa favorit sahabat, yang begitu membantu keseharian dengan menyediakan layananan cuci gosok pakaian. Pakaian pakaian yang datang dalam kondisi kotor, seketika menjadi bersih dan harum. Belum lagi, saat ini laundry juga menyediakan layanan jemput antar pakaian,tidak jarang para pelaku usaha ini tidak mengenakan biaya untuk layanan ini, alias gratis. Wah, semakin membuat para pelanggan tergiur bukan?

Pada saat ini pun, dengan semakin bertambahnya pengguna jasa laundry, muncullah berbagai layanan laundry yang lebih variatif dan spesifik. Contohnya : laundry karpet, laundry helm, laundry sepatu, laundry tas, dan laundry boneka. Mana dari laundry tersebut yang menjadi sahabat wirausaha?. Makin maraknya pertumbuhan jasa laundry ini, tentu didorong oleh berbagai faktor. Berikut ini adalah ulasan yang dihimpun dari berbagai sumber.

5 Daya tarik laundry.

Jika, saat ini sahabat wirausaha sedang mempertimbangkan untuk merambah di usaha laundry atau binatu ini. Berikut ini adalah 5 daya tarik laundry, yang menjadi pertimbangan para masyarakat untuk menggunakan jasa tersebut.

  1. Praktis.
Laundry kini begitu dekat dengan keseharian masyarakat, terlebih lagi diarea area yang padat penduduk di area kost, gedung perkantoran, sekolah, dan apartement. Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, tentu kepraktisan laundry adalah daya tarik yang menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan jasa laundry.

  1. Mudah dijangkau.
Nah, point yang kedua adalah mudahnya menjangkau laundry, bahkan ada juga laundry yang memberikan fasilitas antar jemput pakaian tanpa dikenakan biaya tambahan,alias gratis. Wah, siapa yang tidak mau dengan layanan seperti ini, sahabat wirausaha tidak perlu repot untuk mengantarkan dan mengambil ke outlet laundry. Layanan yang begitu memanjakan pelanggan bukan?

  1. Ekonomis.
Dengan layanan yang serba memudahkan pelanggan, tidak heran jika laundry begitu diterima di masyarakat. Point lainnya adalah harganya yang ekonomis, sehingga dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat. Wah, bagaimana tidak menjadi pilihan pelanggan ya, sudah praktis,harganyapun relatif ekonomis.

  1. Layanan Express.
Pada beberapa laundry terutama di kota-kota besar, layanan laundry express pun cukup diminati. Terutama, jika yang menggunakan layanan ini adaah wisatawan, yang hanya memiliki waktu singkat untuk singgah disebuah tempat, tentu laudry express adalah solusi bagi para wisatawan.

  1. Pilihan paket yang beragam.
Laundry kini pun memiliki banyak paket yang beragam, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Contohnya : laudry gosok, laundry cuci gosok, laundry cuci kering. Beragam paket ini pun, memiliki harga yang berbeda, jadi pelanggan dapat menyesuaikan anggaran yang dimiliki.

Apa yang harus disiapkan dalam memulai bisnis laundry?

Wah, apakah sahabat wirausaha sudah semakin tergiur mencoba peluang yang satu ini?. Yuk, simak 5 hal yang harus disiapkan dalam membuka laundry.

  1. Pastikan Konsep Laundry.
Tentukan konsep laundry yang akan dijalankan. Apakah berupa outlet laundry, atau laundry rumahan. Hal ini, perlu ditetapkan di awal karena akan mempengaruhi persiapan selanjutnya. Contohnya : jika akan membuka outlet laundry, maka harus menganggarkan untuk sewa outlet, namun jika membuka dirumah, sahabat wirausaha terbebas dari sewa outlet.

  1. Siapakan alat kerja yang proporsional.
Pada langkah ini adalah langkah yang harus diperhatikan karena terkait dengan anggaran, dan alat penunjang bisnis. Contohnya : mesin cuci, mesin pengering, setrika uap, setrika listrik,pengharum, detergent, mesin kasir, aplikasi kasir, rak baju, timbangan digital, hanger, keranjang pakaian, jemuran pakaian, dan alat packing pakaian.

  1. Jalin Relasi Customer.
Bisnis yang baru saja dirintis, tentu saja perlu diperkenalkan, oleh karena itu dengan menjalin kerjasama dengan para pelanggan, akan mendapatkan kepercayaan yang akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis. contoh dari menjalin relasi ini yaitu bekerja sama dengan kost kostan, agar dapat menjadi penyedia jasa laundry reguler, berikan penawaran harga spesial jika mereka mau menggunakan jasa laundry yang sahabat wirausaha siapkan. Contoh lainnya, dapat juga sahabat wirausaha membuka kerja sama dengan perkantoran, untuk menyediakan jasa laundry untuk karyawan mereka secara reguler, tawarkan harga spesial, spesial pelayanan antar jemput pakaian, dengan begitu akan semakin meluaskan pelanggan yang menggunakan jasa laundry sahabat. Bagaimama, sudah ada gambaran untuk menjalin relasi dengan calon customer Anda.

  1. Garansi.
Tidak hanya produk saja yang memiliki garansi, layanan jasa akan lebih baik lagi jika memiliki garansi kepada customer. Apa pentingnya garansi untuk pelanggan bisnis?, tentu saja untuk memberikan rasa aman, nyaman kepada para pelanggan, memberikan kepastiaan kepada pelanggan bahwa penyedia jasa memberikan layanan terbaik. Contohnya : Jika baju diterima tidak wangi, uang kembali. Nah, siapa pelanggan yang masih akan ragu,jika mendapatkan garansi seperti ini. Garansi juga memberikan efek kepada penyedia, untuk memberikan hasil terbaik dalam prosesnya.

Garansi yang diberikan pun tentu semakin menaikan kepercayaan pelanggan. Nah, diharapkan dengan fasilitas yang diberikan, garansi, dan pelayanan yang prima. Pelanggan yang puas dapat merekomendasikan bisnis sahabat, kepada teman atau koleganya.

  1. Jalin Relasi Suplier.
Selain menjaga relasi kepada customer, agar semakin bertumbuh, tentu menjaga silahturahmi dengan suplier merupakan hal yang dapat dilakukan. Contohnya : jika kita mendapatkan fasilitas pembayaran tempo, maka bayar sesuai dengan tenggangnya. Hal ini, akan mempermudah dan melanggengkan kerja sama dengan suplier. Pilihlah suplier yang mudah diajak komunikasi dan tepat waktu. Hal ini, perlu diperhatikan saat produk harus segara digunakan, suplier dapat memenuhi pemesanan tepat waktu. Dalam memilih suplier, pastikan mendapatkan suplier yang memberikan harga ekonomis, agar sahabat dapat membandrol harga jasa laundry yang relatif terjangkau. Namun, jangan hanya memprioritas harga, namun juga pastikan kualitas yang dimiliki produk tersebut adalah kualitas yang baik.

Wah, dari kelima point diatas mana yang sudah dimiliki oleh sahabat wirausaha?. Segera dsiapkan dan segera mulai bisnis laundry Anda. Berikut ini adalah data yang menunjukkan ketertarikan masyarakat terhadap laundry di Indonesia.

Dimana idealnya outlet laundry dibuka?



Nah, dari data ini hampir keseluruhan wilayah memiliki ketertarikan terhadap jasa laundry. Apalagi jika musim penghujan tiba, lamanya pengeringan menjadi faktor pendorong, untuk menggunakan jasa laundry ini. Para sahabat wirausaha, mungkin ada yang berfikir lalu area seperti apa yang ideal untuk digunakan sebagai outlet laundry. Berikut ini adalah 5 pertimbangan dalam menentukan lokasi atau area outlet laundry.

  1. Ketersediaan Air bersih.
Dalam berbisnis laundry kebutuhan yang paling mendasar yaitu air bersih. Jadi, pastikan area yang digunakan, memiliki ketersediaan air yang cukup, pastikan bahwa di lokasi tersebut minim keluhan atau masalah air bersih.

  1. Daya listrik.
Pada bisnis ini, tentu banyak aktivitas yang menggunakan mesin. Dengan banyaknya penggunaan mesin, tentu saja, daya listrik harus dapat memenuhi kebutuhan semua barang elektronik. Pastikan di area tersebut, minim keluhan daya listrik.

  1. Mudah akes masuk.
Laundry yang memiliki layanan antar jemput pakaian, tentu sering digunakan untuk tim delivery keluar masuk kendaraan. Oleh karena itu, pastikan outlet memiliki akses masuk dan keluar yang mudah. Hal ini, akan mempermudah pelanggan untuk mengakses outlet laundry.

  1. Lokasi aman.
Pastikan keamanan lokasi outlet sahabat wirausaha adalah outle berlokasi ditempat aman. Berikan keamanan outlet,jika memungkinkan berikan keamanan ekstra.Contohnya : cctv, pengaman kunci.

  1. Dekat penduduk.
Laundry merupakan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi, oleh karena itu agar bisnis cepat berkembang, pilih area yang dekat dengan pengguna jasa sahabat. Contohnya : area dekat kost mahasiwa dan karyawan.

Bagaimana, sudah ada gambaran untuk memilih area lokasi laundry?. Semoga 5 point pertimbagan di atas dapat membantu sahabat wirausaha,tepat dalam memilih lokasi outlet laundry. Dengan persiapan yang tepat, semoga bisnis juga dapat berkembang. Membahas tentang laundry memang menggiurkan, berikut ini adalah contoh pembukuan sederhana gambaran keuntungan bisnis laundry mingguan:

  1. Bahan pokok.
1.Detergent 5 liter >> Rp.85.000

2. Pelembut 5 liter. >> Rp 75.000

3.Parfum lily>> Rp55.000

4.Parfum jasmine >>Rp 55.000

5. Parfum Rose >> Rp 55.000

  1. Anggaran token listrik
    1. 7 hari >> Rp200.000
    2. Gas untuk mesin pengering>>Rp 85.000
  2. Packing
    1. Steples+plastik packing >>Rp 65.000
  1. Gaji karyawan 1 minggu.
@Rp55.000 x 2 orang = Rp110.000

Rp110.000 x 7 = Rp770.000

E. Transportasi dan pulsa

Rp 100.000

Jadi, total seluruh pengeluaran adalah Rp 1.545.000

F. Pemasukan

Perhari rata-rata menerima laundry 100kg/hari.

@Rp5.500 x 100= Rp550.000

Rp550.000 x 7= Rp 3.850.000

Maka, laba yang diterima oleh sahabat adalah Rp 3.300.000 dalam 1 minggu.

Pada contoh pembukuan mingguan laundry diatas, dapat berbeda setiap tempat, dan dapat juga berbeda mengenai harga bahan, karena dipengaruhi harga dari suplier dan area penjualan. Bagaimana sudah semakin semangat untuk mencoba bisnis ini?, semangat selalu ya untuk menggapai tujuan bisnis sahabat wirausaha.

7 Alat Kerja yang wajib sahabat miliki saat berbisnis laundry.

Pada pemaparan ini adalah 7 alat kerja yang wajib dimiliki oleh para pembisnis laundry, hal ini diperlukan agar bisnis sahabat dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Nah, apa sajakah alat tersebut, berikut ulasannya :

  1. Mesin cuci.
Pastikan sahabat menyediakan mesincuci yang berkapasitas besar, agar dapat memaksimalkan pengerjaan. Dengan menggunakan mesin cuci, tentu akan mempercepat pengerjaan dan lebih hemat waktu dan air.

  1. Mesin khusus pengering baju.
Mesin ini dikhususkn untuk mengerjakan pengeringan baju tanpa dijemur. Jadi, pastikan sahabat wirausaha memiliki produk ini,jika ingin membuat layanan laundry express. Dengan memiliki mesin ini, pengerjaan tentu semakin cepat dan kapasitas layanan Anda akan semakin banyak.

  1. Strika
Jasa cuci gosok pakaian tentu tidak dapat terlepas dari alat yang satu ini, yaitu alat untuk menggosok pakaian. Saat ini, pilihan alat untu menggosok begitu beragam, jadi dapat disesuaikan dengan kebutuhan laundry sahabat wirausaha.

  1. Keranjang Pakaian.
Nah, yang satu ini, tidak boleh tertinggal oleh sahabat wirausaha ya, karena keranjang pakaian ini berfungsi untuk memilah pakaian customer, agar tidak tercampur dengan customer yang lain. Jadi, padtikanmekiliki stock keranjang yang memadai untuk memilah pakaian pelanggan Anda.

  1. Timbangan Digital.
Alat yang satu ini juga hal yang wajib dimiliki agar mempermudah penimbangan pakaian dan. perhitungan tarif jasa. Timbangan digital lebih diminati karena lebih mudah digunakan dan lebih detail, dibeberapa timbangaj digital jugaadayang dilengkapi dengan penunjuk harga atau tarif. Jadi, mau menggunakan timbangan manual atau timbangan digital, semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan priotitas sahabat wirausaha.

  1. Hanger.
Pasti sahabat wirausaha sudah tidak asing dengan nama barang yang satu ini, pasti hampir semua memilikinya. Ya, hanger adalah benda wajib yang dimiliki pembisnis laundry, agar dapag menjemur pakaian dengan lebih rapi dan kapasitas menjemur menjadi lebih banyak. Selain itu, hanger biasanya digunakan untuk menghanger pakaian pakaian khusus,yang tidak boleh dilipat, yaitu jas, kebaya, dress,dan beberapa pakaian yang memiliki bahan yang mudah terlipat.

  1. Aplikasi laundry.
Memiliki bisnis laundry saat ini, pembisnis juga dimanjakan dengan aplikasi khusus kasir laundry. Pada aplikasi ini, kita dapat mengirimkan nota digital via whatsaap secara otomatis, terdapat pembukuan otomatis yang dilaporkan dapat berupa laporan harian, laporan mingguan, dan laporan bulanan. Dengan menggunakan aplikasi ini, tentu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadal brand laundry. Laporan laporan keuangan yang dapat diakses secara cepat dan praktis,dengan hanya menggunakan ponsel, juga memudahkan owner untuk memantau siklus keuangan dan pertumbuhan bisnis laudry.

Wow, semakin menarik ya mengulas tentang peluang bisnis : jasa laundry ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sahabat wirausaha, jika sahabat tertarik dengan artikel kewirausahaan, kami juga merekomendasikan beberpa artikel terkait, contohnya artikel kisah inspiratif Pendulang Pundi Sari Lerak, Bantu Jaga Bumi. Selamat membaca dan semangat untuk Ukm Naik Kelas.





Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: