Dipo Alam, Bisnis Es Krim – Kisah diaspora Indonesia yang sukses berbisnis di negeri orang bisa jadi inspirasi sendiri bagi pelaku UMKM. Salah satunya adalah cerita Dipo Alam, mantan pemain sepakbola Indonesia yang cukup terkenal pada tahun 2010-an. Namanya mulai terkenal setelah ia berhasil bergabung dalam klub bola di Inggris pada usianya yang masih sangat muda yaitu di bawah 18 tahun. 

Sempat dipanggil untuk bergabung dengan timnas sepakbola Indonesia pada tahun 2012, namun karena adanya konflik di tubuh PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) maka Dipo Alam memutuskan untuk menolak panggilan tersebut. Lalu bagaimana akhirnya ia bisa menjadi pengusaha es krim yang sukses di Amerika Serikat? Berikut ini kisahnya, yuk disimak.


Perjalanan Karir Dipo Alam di Amerika Serikat

sumber foto: suara.com

Karir Alam di Amerika Serikat diawali sebagai seorang pemain sepak bola pada klub Chivas USA (sebuah klub bola di Amerika). Tak hanya fokus pada sepak bola, Alam juga melanjutkan studinya di Pasadena City College. Disisi lain, Alam pun berusaha mencari uang tambahan dengan bekerja sebagai tukang cuci piring di sebuah restoran di Amerika. 

Rupanya membagi waktu untuk latihan sepakbola, kuliah, dan bekerja memang bukan hal yang mudah. Akhirnya setelah memahami dunia bisnis di Amerika dan memiliki pengalaman yang cukup dari bekerja di beberapa restoran,  Alam pun memutuskan untuk menggeluti dunia bisnis saja.

Baca Juga: Berdaya dengan Social Entrepreneurship, Kisah Inspiratif Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman yang Kelola 59 Unit Bisnis Demi Danai Pendidikan Para Santri

sumber foto: onlyinyourstate.com 

Karir bisnis Alam di Amerika dimulai saat ia bekerja di Potato Corner (sebuah bisnis waralaba kentang goreng ternama di Amerika). Berbekal kemahirannya dalam bisnis, Alam pun berhasil mengelola 24 toko Potato Corner di seluruh negara bagian Amerika Serikat. 

Tak puas sampai disitu, pada tahun 2012 Alam pun memutuskan untuk pindah ke Albuquerque (salah satu kota terpadat di New Mexico, negara bagian Amerika Serikat). Di sana, Alam memutuskan untuk membuka toko Potato Corner secara mandiri. 

Selama tinggal dan menjalankan bisnis di Albuquerque, Alam sering mengunjungi salah satu toko Paletas (es krim loli khas Meksiko) yang bernama La Michoacana De Paquime. Ketertarikannya akan produk yang ditawarkan oleh toko tersebut mengantarkan Alam untuk berkenalan dengan Estala dan Marquez yang saat itu merupakan pekerja sekaligus anggota keluarga dari pemilik toko waralaba La Michoacana De Paquime.  

Sejak saat itu, Alam banyak berdiskusi dengan Estala dan Marquez yang kemudian sepakat untuk mendirikan bisnis Paletas secara mandiri dengan nama The Paleta Bar. Mereka pun melakukan pembagian tugas. Alam bertugas pada kegiatan branding dan marketing, Estala yang sudah berpengalaman dalam membuat Paletas ditugaskan untuk fokus pada resep dan pengembangan produk, dan Marquez bertugas pada bidang konstruksi dan perluasan toko. 

Baca Juga: Tips Melakukan Financial Check Up, Sudah Sehatkah Keuangan Bisnismu?


The Paleta Bar: Bisnis Waralaba Es Krim Loli Khas Meksiko

sumber foto: twitter.com (@VisitLasCruces)

The Paleta Bar merupakan bisnis waralaba es krim loli khas Meksiko yang didirikan pada Juni 2017. Toko pertamanya didirikan di Albuquerque dan berkembang pesat hingga mencapai 36 toko yang tersebar di berbagai kota di Amerika Serikat. 

Bisnis ini menawarkan produk es krim loli khas Meksiko dengan berbagai varian rasa seperti stroberi, jeruk, coklat, dan sebagainya. Berbeda halnya dengan La Michoacana (pesaing yang sudah memiliki nama besar di kota tersebut), Alam dan kawan-kawannya berusaha menciptakan inovasi dengan membuat resep terbaru dan kebebasan bagi pelanggan untuk membuat es loli sendiri dengan menghiasnya secara mandiri. 

Selain itu, mereka juga ingin menciptakan lingkungan yang lebih ramah terhadap pelanggan dari ras, etnis, dan latar belakang lain selain meksiko. Mereka menuliskan semua menu yang ada menggunakan Bahasa Inggris. Tujuannya agar pelanggan yang tidak bisa berbahasa Meksiko dapat dengan mudah memahami nama produk dan mengetahui bahan utama produk tersebut. 

Mereka juga mencoba membuat toko dengan desain modern yang berbeda dibandingkan dengan pesaing. Dengan tema tersebut, mereka berhasil menciptakan kesan produk khas Meksiko yang tidak ketinggalan zaman. 

Melalui berbagai strategi yang mereka terapkan, kini The Paleta Bar berhasil tersebar di berbagai daerah di Amerika Serikat. Mulai dari New Mexico, Colorado, California, Texas, Arizona, Utah, Nevada, hingga Kansas. Bahkan kedepannya mereka berencana untuk membuka lebih banyak toko di kota-kota lainnya. 

Baca Juga: Bisnismu Baru Berdiri? Begini Cara Kenalkan Produk Baru ke Konsumen Agar Cepat Populer


Kunci Kesuksesan Bisnis Dipo Alam

Selain memiliki bisnis The Paleta Bar, Dipo Alam pun memiliki bisnis kuliner lainnya seperti Potato Corner (bisnis waralaba toko kentang goreng), Spring Rollin (restoran cepat saji Vietnam), dan Pho Kup (toko sup mie asli Vietnam). Kesuksesannya didasari oleh kepribadian yang ia miliki dan kepiawaiannya dalam menyusun strategi bisnis. Berikut ini kunci kesuksesan bisnis Dipo Alam yang dapat Sahabat Wirausaha teladani:

1. Pandai Berkomunikasi dan Bernegosiasi

Kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi merupakan salah satu kemampuan utama yang umum dimiliki oleh para pebisnis sukses. Dipo Alam menunjukkan kepiawaiannya dalam berkomunikasi dan bernegosiasi salah satunya dibuktikan dengan keberhasilannya dalam mengajak kedua rekannya, Estala dan Marquez, untuk membangun bisnis bersama. 

2. Membuat Resep yang Khas dan Konsisten

Sebelum membuka toko pertamanya, Alam dan kawan-kawan berusaha membuat resep yang khas. Untuk dapat menciptakan resep tersebut, mereka bahkan berkunjung ke Miami dan Guadalajara (salah satu kota di Meksiko) untuk belajar secara langsung membuat Paletas (es krim loli khas Meksiko). 

Selain itu, mereka juga selalu berusaha untuk menjaga resep produk agar tetap konsisten di seluruh cabang tokonya. Oleh karena itu, tak heran apabila The Paleta Bar memiliki banyak pelanggan dari berbagai daerah di Amerika Serikat. 

3. Membangun Merek yang Kuat

sumber foto: grubhub.com

Membangun toko es krim loli khas Meksiko di Albuquerque bukanlah hal yang mudah. Sebelumnya sudah banyak toko serupa yang bahkan sudah memiliki nama besar dikalangan masyarakat Meksiko. Meskipun begitu mereka berusaha menciptakan inovasi, membuat sesuatu yang berbeda, sehingga berhasil membuat merek yang kuat dan memenangkan hati pelanggan. 

4. Menciptakan Keunikan Sendiri Dalam Bersaing di Pasar

Dipo Alam berhasil menunjukkan bahwa keunikan produk merupakan faktor penting dalam kesuksesan bisnis. Ia mampu memberikan sesuatu yang berbeda pada produknya yang membuatnya mampu bersaing dengan bisnis lokal lainnya.

Baca Juga: 6 Cara Membangun Keunikan Produk Melalui Riset Pasar, Sukses Beradaptasi di Pasar yang Kompetitif

5. Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial

Salah satu kunci utama kesuksesan bisnis Dipo Alam adalah memanfaatkan kekuatan media sosial. Sejak awal bisnis ini dibangun, Alam selalu menekankan pentingnya kehadiran digital dalam dunia bisnis.

Seluruh akun media sosial The Paleta Bar seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok berhasil meraih jutaan penonton dan berhasil menarik perhatian khalayak umum. Selain itu, Alam juga menyebutkan bahwa sangat penting bagi pebisnis untuk membuat profil digital bisnis yang menarik. 

Strategi lainnya yaitu dengan bekerja sama dengan para content creator pecinta kuliner. Bahkan pada Oktober 2023, Stan Lopez, seorang content creator pecinta kuliner di Las Vegas yang diajak bekerjasama oleh Alam untuk mempromosikan produknya, berhasil mendapatkan lebih dari 237 ribu tayangan video di Instagram dan 12 ribu like dari video tersebut. 

Berbagai strategi pemasaran digital telah dilakukan oleh Alam dan sangat terbukti efektif. Meskipun begitu, ia menyebutkan bahwa strategi pemasaran yang dibangun harus disesuaikan juga dengan karakteristik brand mereka.

Nah, itu dia kisah sukses bisnis es krim loli Dipo Alam di Amerika Serikat. Bagaimana Sahabat Wirausaha? Apakah tertarik untuk mengikuti jejak beliau? Semoga kisah ini dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi Sahabat Wirausaha ya.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi: 

  1. https://www.youtube.com/watch?v=akoVf2E8Aa8  
  2. https://www.abqjournal.com/business/the-meteoric-rise-of-the-paleta-bar/article_93f60db8-740f-11ee-9038-07c47eb3b9f0.html 
  3. https://www.bizjournals.com/albuquerque/news/2018/06/07/mexican-dessert-shop-expanding-in-albuquerque.html 
  4. https://thepaletabar.com/  
  5. https://www.suara.com/bola/2023/03/26/105423/kisah-dipo-alam-eks-timnas-indonesia-yang-kini-jualan-es-krim-di-amerika-serikat 
  6. https://www.onlyinyourstate.com/washington/potato-corner-menu-wa/ 
  7. https://foursquare.com/v/paleteria-la-michoacana/4c2aa9052219c9288281a348/photos 
  8. https://twitter.com/VisitLasCruces/status/1677452737959608320 
  9. https://www.abc15.com/entertainment/events/paleta-bar-announces-grand-opening-date-for-glendale-location 
  10. https://downtowncs.com/paleta-bar/ 
  11. https://www.grubhub.com/restaurant/paleta-bar-2442-cerrillos-rd-santa-fe/2578891