Sumber: Freepik

Sahabat Wirausaha, apakah bisnis Anda sudah memiliki struktur organisasi?

Keberadaan struktur organisasi penting untuk memastikan setiap pekerja mengikuti dan menjalankan arahan dengan jalur koordinasi yang sudah ditentukan. Pada kamus bisnis kali ini, kita akan membahas tentang struktur organisasi bisnis.

Penasaran? Mari kita simak pada artikel berikut.


Definisi

Struktur Organisasi adalah kerangka kerja formal organisasi yang dengan kerangka itu tugas-tugas pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan (Robbins dan Coulter, 2007).

Di dalam struktur organisasi, ada pembagian dan pengelompokkan kerja, serta jalur koordinasi antar individu dalam struktur yang dihubungkan dengan tugas dan tanggung jawab. Contoh struktur organisasi sederhana yang ada pada usaha skala mikro misalnya seperti ini :

BENTUK STRUKTUR ORGANISASI BADAN USAHA

Sumber : Struktur Organisasi Usaha Mikro, 2016

Jika diperhatikan, pada struktur organisasi tersebut, terdapat direktur utama sebagai pemimpin perusahaan yang berada pada puncak struktur. Direktur utama biasanya merupakan pemilik dan pendiri usaha. Posisi ini memiliki tanggung jawab paling besar dibandingkan dengan posisi yang ada di bawahnya.

Direktur dibantu oleh beberapa manajer yang memiliki peran berbeda. Ada manajer pemasaran yang tugasnya mengurus pemasaran dan penjualan produk, serta mengontrol dan mengawasi bagian penjualan yang berada di bawahnya. Ada manajer administrasi dan keuangan yang mengurus administrasi dan finansial perusahan, serta ada manajer pembelian dan gudang yang mengontrol urusan pembelian barang, mengelola stok, dan mengontrol gudang.

Baca Juga: Cara Tepat Menerima Kritik dan Saran dari Karyawan

Struktur organisasi juga menjelaskan pembagian dan pengelompokkan kerja dalam sebuah perusahaan, misalnya bagian pemasaran dan penjualan memiliki garis struktur terpisah dari bagian lainnya. Ini menjelaskan bagian itu memiliki cakupan tanggung jawab yang berbeda dengan bagian administrasi keuangan dan bagian pembelian.

Selain itu terdapat alur koordinasi yang digambarkan dengan garis penghubung dan proses pengawasan digambarkan dengan tanda panah. Direktur utama memiliki garis terhubung dan tanda panah yang tertuju kepada para manajer yang artinya direktur mengawasi kinerja dan berkoordinasi langsung dengan para manajer.

Baca Juga: Apa itu Curriculum Vitae?


Fungsi Struktur Organisasi Bagi Pelaku Usaha

Struktur organisasi menjelaskan peran masing-masing unit organisasi dalam mendukung sistem sebuah organisasi. Bayangkan jika suatu usaha tidak memiliki struktur organisasi, masing-masing unit punya kehendak yang saling bertentangan. Kondisi ini jelas tidak sehat bagi kelangsungan usaha, memicu konflik antar individu, bahkan bisa mendatangkan kerugian bagi perusahaan.

Mengapa sebagai pelaku usaha kita perlu membuat struktur organisasi ? Setidaknya ada tiga fungsi membuat struktur organisasi bagi perusahaan.

Baca Juga: Tips Merekrut Karyawan

Pertama, struktur organisasi mendukung perkembangan usaha. Usaha yang ingin naik kelas sudah pasti memiliki visi dan rencana usaha. Sebagai pemilik, kita perlu mengarahkan dan memastikan bahwa semua karyawan yang bekerja mengerti dan bersedia untuk ikut merealisasikan visi dan rencana usaha perusahaan. Ketika pemilik dan para karyawan memiliki visi yang sama untuk membesarkan usaha dan berkomitmen mencapai target-target usaha, maka perkembangannya dapat mudah diwujudkan.

Kedua, struktur organisasi memperjelas jalur komunikasi. Seperti dikutip dari accurate, adanya struktur organisasi membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Masing-masing unit jadi mengetahui kepada siapa seharusnya berkoordinasi dan menyampaikan laporan pekerjaannya. Hal ini juga memudahkan lini yang berada di atasnya melakukan pengawasan terhadap unit yang berada di bawahnya.

Baca Juga: Cerita Inspirasi Djampi Sayah

Ketiga, struktur organisasi menawarkan fleksibilitas. Setiap usaha tentu punya kebutuhan yang berbeda-beda. Ada usaha yang butuh lini produksi, ada usaha yang tidak butuh lini tersebut karena hanya melakukan penjualan. Struktur organisasi memungkinkan pemilik usaha mendesain sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Struktur organisasi mencerminkan upaya dan keseriusan pemilik usaha untuk mengembangkan perusahaan. Ada tiga fungsi utama dari membuat struktur organisasi antara lain untuk mendukung perkembangan usaha, menjelaskan jalur komunikasi, dan memberikan fleksibilitas sesuai kebutuhan manajemen.

Baca Juga: Apa itu Job Description?

Membuat struktur organisasi amat penting bagi perusahaan manapun, terlebih bagi perusahaan yang sudah melakukan perekrutan karyawan untuk mendelegasikan tugas dan tanggung jawab. Struktur organisasi yang jelas membuat setiap lini dan unit bisnis memahami jalur koordinasi dan pengawasan sehingga dapat meminimalisir konflik internal antar individu.

Itulah penting mengapa pemilik usaha yang menginginkan kenaikan skala usaha perlu memperhatikan kondisi internal perusahaan, salah satunya dengan membuat struktur organisasi, karena kestabilan internal sangat mempengaruhi capaian-capaian eksternal yang ingin diraih seperti kenaikan jumlah pelanggan, penjualan, dan sebagainya. Yuk kita naik kelas!