Sahabat Wirausaha, apakah kamu sering mendengar istilah riset pasar? Riset pasar merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan bisnis untuk mendapatkan informasi tentang jenis produk dan jasa baru apa yang dapat mendatangkan keuntungan serta mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa yang disediakan.

Oleh karena itu, riset pasar menjadi salah satu komponen penting dalam membangun bisnis lho, sahabat Wirausaha! Yuk, kita pelajari tentang riset pasar lebih lanjut di artikel ini.

Baca Juga: Google Trend Report, Memahami Trend Pasar Melalui Mesin Pencarian


Pengertian Riset Pasar

Riset pasar merupakan sebuah kegiatan dalam pemasaran untuk mengevaluasi kelayakan produk atau layanan baru yang akan diluncurkan ke pasar, dengan melakukan riset atau penelitian langsung dengan konsumen potensial. Menurut American Marketing Association (AMA), riset pasar berfungsi menghubungkan antara penyedia produk/jasa dengan konsumen untuk mengidentifikasi peluang maupun masalah dalam pasar.

Dengan adanya riset pasar, perusahaan dapat mengetahui target konsumen potensial, mengetahui preferensi produk atau jasa kebutuhan konsumen, dan mengetahui sifat-sifat konsumen. Oleh karena itu, riset harus dilakukan secara sistematis, mulai dari perumusan masalah, penentuan tujuan riset, pengumpulan dan pengolahan data, interpretasi data, evaluasi, hingga menjadi laporan hasil analisis pasar. Riset pasar dapat dilakukan secara langsung oleh bisnis atau melalui pihak ketiga ke lembaga yang memiliki keahlian dalam proses ini.

Baca Juga: 3 Langkah Pemanfaatan Data Untuk Mengambil Keputusan Bisnis

Pada umumnya, riset pasar mempunyai 5 ruang lingkup riset, yaitu:

  1. Harga jual: bertujuan untuk mengukur peluang dan daya beli konsumen.
  2. Produk: bertujuan untuk mengetahui kegunaan, nilai, dan tingkat penggunaan produk di pasar.
  3. Alat pemasaran: bertujuan untuk menilai efektivitas alat yang digunakan sebagai media pemasaran.
  4. Distribusi: bertujuan untuk melihat efektivitas distribusi produk terhadap konsumen.
  5. Konsumen: bertujuan untuk menganalisis perilaku serta kebutuhan konsumen.

Jenis-Jenis Riset Pasar

1. Riset Pasar Primer

Riset pasar primer merupakan riset yang dilakukan secara mandiri oleh bisnis atau mempekerjakan pihak ketiga untuk memperoleh data riset. Informasi yang didapatkan dari riset pasar primer diperoleh langsung dari calon konsumen, dengan metode pengumpulan data yang umum digunakan adalah:

Baca Juga: Mengidentifikasi Peta Persaingan Supaya Bisnis Tetap Unggul

  1. Wawancara secara langsung: merupakan wawancara secara langsung (tatap muka), baik dengan personal maupun grup. Wawancara langsung merupakan peluang bagus untuk membangun hubungan dengan calon konsumen.
  2. Wawancara melalui telepon: Jika dibandingkan dengan wawancara langsung, wawancara yang dilakukan melalui telepon lebih efisien dari segi waktu dan kecepatan. Wawancara melalui telepon memungkinkan kita untuk melakukan banyak wawancara ke konsumen dalam waktu yang singkat, pasar yang luas, dan mendapatkan tanggapan dari berbagai wilayah geografis.
  3. Penyebaran kuesioner: merupakan metode penelitian dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari daftar pertanyaan yang diberikan kepada responden secara langsung (offline) maupun tidak langsung (online).
  4. Observasi etnografi: etnografi merupakan sebuah bidang yang meneliti perilaku-perilaku manusia. Riset yang menggunakan observasi etnografi mengharuskan peneliti terjun langsung ke dalam lingkungan responden (dalam hal ini adalah calon konsumen) dan menyesuaikan diri.

Baca Juga: Peluang Pasar : Membangun Usaha Jasa Rutin Pendukung Kehidupan

2. Riset Pasar Sekunder

Riset pasar sekunder merupakan riset yang menggunakan data atau informasi kuantitatif yang telah disusun, diatur, dan siap dimanfaatkan yang dapat diperoleh dari pihak ketiga untuk mencapai tujuan dari riset pasar kita. Sumber data riset pasar sekunder dapat didapatkan dari badan resmi pemerintah, asosiasi perdagangan, maupun bisnis kompetitor. Sumber data ini terdiri dari:

  1. Sumber internal: terdiri dari riset yang telah tersedia dan dikumpulkan dalam database perusahaan. Sumber internal mencakup informasi yang telah dikumpulkan oleh perusahaan dan dapat digunakan untuk mengembangkan proyek di masa mendatang. Contoh dari sumber riset pasar sekunder internal adalah:
    • Neraca bisnis (Balance sheets)
    • Laporan laba rugi (Profit and loss statement)
    • Catatan inventaris (Inventory records)
    • Proyeksi penjualan (Sales figures)
  2. Sumber eksternal: terdiri dari data yang telah dikumpulkan oleh perusahaan maupun pihak ketiga/lembaga lainnya. Data ini dikumpulkan dari luar area bisnis dan mencakup berbagai sumber. Contoh dari sumber riset pasar sekunder eksternal adalah:
    • Situs resmi pemerintah
    • Universitas dan jurnal mahasiswa
    • Internet
    • Data kompetito

Baca Juga: Kisah Inspiratif Fitria Apriyani, Jadikan Hobi Sebagai Peluang Usaha


Pentingnya Riset Pasar untuk Bisnis

  1. Mendapatkan informasi pasar yang akurat melalui analisis hasil riset yang telah dilakukan, seperti informasi terkait konsumen potensial, target pasar, lokasi bisnis, jalur distribusi produk, penempatan produk di pasar, dan kompetitor. Dengan mempelajari pasar secara tepat, kita dapat mengambil langkah bisnis yang tepat untuk kedepannya.
  2. Menganalisis tanggapan pasar terhadap produk. Ketika melakukan riset (seperti melalui wawancara atau penyebaran kuesioner), kita dapat menanyakan ke konsumen mengenai produk yang ingin kita jual dan meminta tanggapan terkait produk tersebut. Hasil tanggapan ini akan berguna untuk meningkatkan kualitas serta mengembangkan produk.
  3. Mempelajari preferensi pasar. Riset pasar membantu kita untuk mengetahui preferensi dan selera konsumen, sehingga kita dapat menentukan jenis produk yang harus dijual berdasarkan kebutuhan spesifik, kebiasaan pembelian, dan tingkat pendapatan konsumen.
  4. Menyusun strategi bisnis. Hasil analisis riset pasar dapat digunakan oleh manajemen sebagai bahan pendukung untuk membuat keputusan bisnis.

Baca Juga: Tips Melakukan Riset Pasar Bagi UMKM

Dengan riset pasar yang baik, kita akan mendapatkan informasi yang efektif yang dapat diolah untuk mengembangkan bisnis kita lho. Setelah membaca artikel ini, jangan lupa ya untuk mengimplementasikan teknik riset pasar di bisnis sahabat wirausaha. Saatnya UMKM naik kelas!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Sumber:

  1. Mengenal Apa itu Riset Pasar: Jenis, Metode, dan Langkah Melakukannya (skillacademy.com)
  2. Pengertian Riset Pasar, Metode, Jenis dan Tips Melakukannya (accurate.id)
  3. Riset Pasar: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Halaman all - Kompas.com
  4. (2) Mengenal Riset Pasar Primer dan Riset Pasar Sekunder | LinkedIn