UKM Indonesia

​NABC Analysis


\

Di zaman sekarang, banyak sekali orang yang memiliki ide bisnis, tetapi kesulitan dalam mengeksekusinya. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, misalnya seperti karena belum tahu harus mulai darimana, khawatir jika produk yang dijual tidak laku, tidak tahu bagaimana cara menyampaikan value/nilai manfaat dari produk, dan masih banyak lagi.

Nah, Sahabat Wirausaha bisa membuat struktur ide bisnis secara detail melalui NABC Analysis. NABC merupakan singkatan dari :

  1. N - Need, yang artinya kebutuhan
  2. A - Approach, yang artinya pendekatan
  3. B - Benefit, yang artinya adalah manfaat
  4. C - Competition, yang artinya adalah kompetisi/persaingan

Analisis dengan metode NABC ini bisa menjadi solusi atas permasalahan yang telah disebutkan di atas tadi. Selain itu, NABC juga membantu Sahabat Wirausaha dalam mengembangkan nilai manfaat produk yang dijual. Untuk lebih lanjut lagi, silahkan simak pembahasan rincinya berikut, ya!

Baca Juga: Tips Menambah Basis Data Kontak Konsumen dan Menyimpannya dengan Google Contact

NEED

Sahabat Wirausaha perlu menetapkan kira-kira apakah produk yang Sahabat Wirausaha memang dibutuhkan oleh banyak orang? Apakah produk tersebut memiliki minat pasar tersendiri, atau ternyata pasar justru belum mengerti bahwa mereka butuh produk tersebut? Nah, jika produk Sahabat Wirausaha ternyata memiliki market size yang kecil, diperlukan upaya lebih keras untuk mengedukasi pasar agar merasa butuh dengan produk tersebut.

APPROACH

Meskipun produk Sahabat Wirausaha memiliki nilai jual yang tinggi, jika diiklankan atau dipromosikan dengan cara yang tidak sesuai, maka konsumen tetap saja tidak akan tertarik. Pahami selera konsumen dan bagaimana cara mereka berkomunikasi agar iklan tepat sasaran. Pendekatan ini juga bisa berupa biaya yang cocok dengan pasar, market positioning, dan bagaimana memilih partner/mitra.

BENEFIT

Zaman sekarang, menjual/berbisnis produk saja tidaklah cukup. Mengingat persaingan bisnis juga semakin ketat, Sahabat Wirausaha perlu memiliki "pembeda" atau nilai lebih dari penjual lain. Nilai lebih ini bisa berupa pelayanan yang ramah, pengiriman yang cepat, harga yang lebih terjangkau, rasa yang lebih bervariasi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Chat Commerce

COMPETITION

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, persaingan bisnis sudah semakin ketat. Jika tidak beradaptasi menyesuaikan selera pasar, maka bisnis Sahabat Wirausaha bisa saja tergilas dengan kompetitor/pesaing.

Untuk menghindari hal ini, pelajari bagaimana cara pesaing menjual produknya dan apa kelebihan produknya sehingga Sahabat Wirausaha bisa menawarkan produk lebih baik dan beda dari yang lain.

Nah, itu tadi penjelasan analisis NABC untuk keperluan bisnis Sahabat Wirausaha. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Sumber :

www.unibz.it

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: