Bisnis Ria Ricis - Sahabat Wirausaha mungkin sepakat bahwa menjadi seorang selebritis alias sosok pesohor sepertinya adalah profesi idaman banyak orang, terutama generasi muda. Bagaimana tidak, menjadi selebritis tak cuma memperoleh popularitas tapi juga pundi-pundi uang yang menjanjikan. Dari popularitas dan penghasilan yang diperoleh, kalian bisa mengelolanya menjadi modal bisnis sehingga mampu meningkatkan pendapatan.

Hal seperti itulah yang dilakukan Bisnis Ria Ricis dan menjadikannya sebagai salah satu panutan para milenial muda dan gen Z. Perempuan yang pada 1 Juli mendatang bakal genap berusia 29 tahun itu disebut-sebut memiliki penghasilan super fantastis yakni mencapai miliaran Rupiah per bulan yang didapat Ricis dari sejumlah Bisnis Ria Ricis. Bahkan beberapa profesi yang digeluti Ricis ini juga bisa Sahabat Wirausaha tiru dalam lingkup bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Apa saja? Intip ulasannya berikut ini:

1. YouTuber

Berbeda dengan kakak kandungnya yakni Oki Setiana Dewi yang dikenal publik sebagai seorang aktris dan ustadzah, Ricis justru meraih popularitasnya sebagai YouTuber. Perempuan dengan nama asli Ria Yunita itu bahkan menjadi YouTuber perempuan pertama dengan jumlah pelanggan (subscriber) terbanyak di Asia Tenggara. Kesuksesan Ricis di YouTube jelas tidak berjalan mudah dan dalam waktu singkat, karena ternyata dirinya sudah memulainya pada tahun 15 Januari 2016 silam.

Foto: Instagram Ria Ricis

Dalam konten-konten awal video yang diunggah ke YouTube, Ricis memang sudah fokus pada daily life seperti bernyanyi bersama temannya, atau memperkenalkan lingkungan rumahnya. Konten video Ricis pertama yang menyentuh jutaan penonton di YouTube berjudul ROOMTOUR 2016 – BONGKAR KAMAR RIA RICIS, dengan tontonan lebih dari dua juta orang. Uniknya, ide dari konten video itu merupakan permintaan dari penggemar yang akhirnya membuat Ricis membuat konten-konten serupa.

Baca Juga: Kisah Sukses Abdurrahman bin Auf, Merintis Bisnis dari Nol Hingga Jadi Miliarder Lewat Wirausaha

Barulah di tahun 2017 berkat video squishy berjudul RIA RICIS MAKAN SQUISHY? SQUISHY YANG BISA DIMAKAN..., Ricis mampu meraih tontonan lebih dari 120 juta orang. Hingga bulan Juni 2024 ini, kanal YouTube Ricis tercatat memiliki 45,9 juta pelanggan, sudah mengunggah 4.341 video dan penonton total sebanyak lebih dari 7,7 miliar orang.

Dengan statistik yang sangat fantastis itu, berapakah kisaran penghasilan yang diperoleh berkat Bisnis Ria Ricis sebagai seorang YouTuber?

Berdasarkan perhitungan website Social Blade, Ricis diperkirakan meraup US$37 ribu – US$592 ribu (sekitar Rp602 juta – Rp9,6 miliar) setiap bulannya. Dari jumlah itu, maka kisaran penghasilan kotor Ricis dalam satu tahun bisa saja sedikitnya Rp7,2 miliar sebagai YouTuber. Meniru jejak Ricis, Sahabat Wirausaha juga bisa mengunggah konten mengenai kesibukan harian menggeluti bisnis UMKM. Seperti konten proses produksi, mencari bahan baku hingga saat berjualan yang sebetulnya memiliki target penontonnya sendiri.

Jangan diremehkan potensi YouTube untuk bisnis UMKM, karena menurut laporan firma konsultan independen Oxford Economics seperti dilansir Jawa Pos, platform milik Google ini bukan hanya bisa memberi manfaat finansial langsung tapi juga menjangkau audiens lebih luas dalam mengeksplorasi sumber pendapatan lain seperti kemitraan atau siaran live. Tak heran kalau akhirnya dampak YouTube ke sektor ekonomi kreatif seperti UMKM memiliki dampak besar.

2. Jasa Endorse Media Sosial

Kendati menjadi YouTuber adalah ladang Bisnis Ria Ricis yang terbesar, faktanya media sosial pertama yang digeluti oleh perempuan kelahiran Batam, Kepulauan Riau ini justru Instagram. Ibu dari seorang putri berusia dua tahun bernama Cut Raifa Aramoana ini dilaporkan sudah jadi selebgram sejak tahun 2014. Tidak berbeda jauh dengan konten-konten di YouTube, unggahan Ricis di Instagram juga mengambil tema lucu atau komedi yang membuatnya cepat meraih popularitas.

Hingga bulan Juni 2024, dilaporkan kalau pengikut alias followers Ricis di Instagram menyentuh lebih dari 36 juta orang. Sudah mengunggah sebanyak 640 konten, Social Blade melaporkan kalau dalam satu konten unggahan Instagramnya, Ricis rata-rata meraih 278 ribu likes dan 3.862 komentar. Statistik itu akhirnya membuat akun Instagram Ricis menjadi incaran banyak pemilik brand dan mengajaknya bekerja sama sebagai seorang endorser.

Dalam laporan yang dikutip dari IDX Channel, terungkap kalau Ricis mematok tarif endorsement di akun Instagram pribadinya mencapai Rp5 juta untuk sekali postingan. Bisnis Ria Ricis sebagai endorser ini pun dijalani Ricis dengan bertahap, karena saat pengikutnya masih mencapai puluhan ribu orang, dirinya tidak memasang tarif. Mantan istri pesinetron Teuku Ryan ini bahkan cuma memasang fee endorse sebesar Rp80 ribu untuk sekali postingan, saat memiliki pengikut sejumlah ratusan ribu orang.

Kini dengan semakin populernya Ricis, profesi selebgram jelas menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan yang dia geluti. Tak heran kalau Ricis akhirnya membentuk tim manajemen khusus untuk mengatur jadwal dan penyesuaian tarif endorsement. Apalagi saat Ricis terpilih sebagai BA (Brand Ambassador) untuk klinik kecantikan Bening’s, eksistensi Ricis sebagai seorang endorser makin diperhitungkan oleh banyak brand.

Bagi pebisnis UMKM, para endorser ini jelas memiliki peran yang penting karena semakin besar pengikut para endorser itu di media sosial, maka makin tinggi pula brand awareness yang diberikan. Namun Sahabat Wirausaha juga harus memahami bahwa jumlah pengikut yang besar akan sebanding dengan tarif endorsement yang ditawarkan. Jika bisnis kalian masih skala mikro, bisa mempertimbangkan memakai nano-influencer yang punya tarif endorse terjangkau dan jangkauan brand cukup efektif.

Baca Juga: 5 Cara Hasilkan Uang Dari Konten, Raup Cuan dari Profesi Konten Creator

3. Bisnis di Dunia Entertainment

Foto: Instagram Ria Ricis

Mencapai status sebagai seorang YouTuber dan selebgram populer, membuat Bisnis Ria Ricis merambah ke dunia entertainment nasional seperti sang kakak. Perempuan yang meraih gelar sarjana S1 Ilmu Komunikasi dari Universitas Pancasila itu bahkan memperoleh tawaran mengisi acara TV, merilis lagu, menjadi aktris di sejumlah film dan serial web. Sebagai seorang presenter TV, Ricis ternyata sudah melakukannya sejak tahun 2016 lewat acara Gen Why, Inbox, sampai Pestaria dan Sahabat Cantik.

Sedangkan sebagai seorang aktris, Ricis memulainya lewat film SELEBGRAM (2017) yang kemudian berlanjut lewat film YOWIS BEN (2018), TARGET (2018), WEDDING AGREEMENT (2019), AKU TAHU KAPAN KAMU MATI (2020), HAYYA 2: HOPE, DREAM & REALITY (2022), sampai KIBLAT (2024). Kendati bukan sebagai aktris utama, keterlibatan Ricis dalam sejumlah judul film itu tentu membuatnya memperoleh bayaran yang cukup menjanjikan.

Menariknya, Ricis juga berperan sebagai manajer produksi untuk film 212: THE POWER OF LOVE (2018) dan THE POWER OF LOVE 2: HAYYA (2019), serta produser/produser eksekutif untuk empat judul serial web mulai tahun 2019-2022. Profesi ini membuktikan kalau Bisnis Ria Ricis mampu menjadikan dunia entertainment sebagai ladang bisnis yang menjanjikan.

Dunia entertainment memang menjadi salah satu pasar menjanjikan bagi bisnis. Kalian bisa memasang brand pada produk-produk kreatif dunia hiburan. Lantas bagaimana dengan pebisnis UMKM yang notabene punya modal pas-pasan? Tenang. Kalian juga bisa memanfaatkan pasar dunia hiburan dalam lingkup lokal terlebih dulu atau skema kerjasama dengan produk kreatif.

4. Bisnis Produk Kecantikan

Jika ketiga Bisnis Ria Ricis sebelumnya berkaitan dengan dirinya sebagai selebritis di ranah dunia entertainment, maka bisnis yang keempat ini adalah produk kecantikan. Dikutip dari Liputan6, Ricis pernah terkait dengan produk perawatan rambut dan parfum lewat merek Yes Now. Produk Yes Now sendiri dijual dengan harga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp24 ribu saja.

Masih dari bisnis kecantikan, Ricis juga mengenalkan produk lotion bernama Keyglow. Sekadar informasi, Keyglow adalah produk lotion pencerah kulit yang diklaim mampu mencerahkan, menutrisi, melembabkan, dan menghilangkan bekas luka. Sedangkan bisnis kecantikan terbaru, diperoleh Ricis saat dirinya menikah dengan Ryan pada 12 November 2021 silam. Ricis dan mantan suaminya itu memperoleh hadiah salah satu cabang klinik kecantikan Bening’s yang berlokasi di Bogor.

Dilansir dari Tribun News, cabang klinik kecantikan Bening’s itu dihadiahkan oleh Oky Pratama, seorang dokter kecantikan yang juga pemilik Bening’s Group. Dari penjelasan Oky, salah satu cabang klinik kecantikan miliknya itu mempunyai nilai investasi Rp6,5 miliar – Rp10 miliar yang tentunya menjadi salah satu sumber Bisnis Ria Ricis saat ini.

Bisa dibilang kalau produk kecantikan termasuk salah satu bisnis yang menjanjikan bahkan sejak skala UMKM. Sahabat Wirausaha tak perlu langsung membuka bisnis skala besar seperti Bening’s, tapi kalian bisa mulai menggeluti bisnis produk kecantikan sebagai reseller atau dropshipper terlebih dulu. Baru saat omzet dan pangsa pasar makin besar, beranikan diri merilis brand sendiri lewat konsep bisnis maklon sebelum kemudian mampu memproduksi dalam jumlah besar lewat pabrik pribadi.

Baca Juga: Konsistensi di Berbagai Aspek Bisnis, Inilah Kunci Sukses Martabak Pecenongan 78 Hingga Punya Ratusan Gerai

5. Bisnis Fashion Muslimah

Sebagai seorang muslimah yang juga berhijab, Ricis rupanya juga tertarik menggeluti Bisnis Ria Ricis di bidang fashion. Lewat merek bernama RicisbyKhayra, Ricis menyedakan berbagai item fashion muslimah premium dengan material berkualitas seperti hijab, mukenah dan pakaian seperti gamis atau dress muslimah. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp50 ribuan per item, produk-produk RicisbyKhaira memang menargetkan para pengikutnya yang mayoritas perempuan-perempuan berhijab.

Tak berbeda dengan Bisnis Ria Ricis di produk kecantikan, ada banyak pelaku UMKM memilih jualan item fashion muslimah berkat pangsa pasar besar. Untuk memulai bisnis ini, Sahabat Wirausaha juga bisa menjalankannya sebagai reseller atau dropshipper dulu sebelum akhirnya merilis brand sendiri.

6. Bisnis Kue Kekinian

Bisnis Ria Ricis terakhir yang juga digeluti oleh Ricis adalah kue kekinian. Cukup menarik karena dalam beberapa tahun ke belakang ada cukup banyak selebritis yang menggeluti bisnis serupa seperti Teuku Wisnu dengan Malang Strudel, Shireen Sungkar dengan Bogor Raincake, Laudya Chintya Bella lewat Bandung Makuta, dan Irwansyah melalui Medan Napoleon. Ricis sendiri awalnya bekerjasama dengan sang kakak, Oki, lewat kue kekinian Surabaya Patata yang dikenalkan pada 2017 silam.

Sukses Surabaya Patata membuat Ricis mendirikan gerai kue kekinian sendiri di Yogyakarta menggunakan merek Jogja Cushy Cheese. Ditawarkan dengan enam varian rasa, Jogja Cushy Cheese dijual dengan harga mulai dari Rp55 ribu.

Kendati kue kekinian memang identik dengan para selebritis seperti Ricis, Sahabat Wirausaha yang berbisnis UMKM di bidang kuliner bisa mengikuti jejak serupa. Kalian bisa memulainya lewat inovasi kue seperti bakpao hijau Malang yang sebetulnya merupakan kue bakpao biasa, hanya memiliki warna adonan hijau dan dijual di Kota Malang. Jika produk itu bisa memenuhi keinginan pasar, bukan tak mungkin bakal sepopuler bisnis-bisnis kue kekinian selebritis.

Bagaimana Sahabat Wirausaha? Sangat menginspirasi sekali kan sepak terjang Bisnis Ria Ricis sebagai seorang selebritis? Di usianya yang belum menyentuh 30 tahun, Ricis mampu mengelola keuangannya secara baik sehingga memiliki sejumlah Bisnis Ria Ricis di berbagai sektor yang menjanjikan. Kalian yang pelaku bisnis UMKM dan ingin mengikuti jejak kesuksesan bisnis seperti Ricis, tetap semangat serta pantang menyerah, ya!

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan di-share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM.