Cara Hasilkan Uang Dari Konten – Tahukah Sahabat Wirausaha, dilansir dari sumber katadata.co.id, potensi pasar industri konten kreator di Indonesia diperkirakan mencapai 4 triliun hingga 7 triliun rupiah loh. Jumlah tersebut dihitung berdasarkan jumlah biaya yang dikeluarkan oleh brand (merek) sebagai pengguna jasa konten kreator. Cukup besar, bukan?

Nah, sebagai pelaku usaha, Sahabat Wirausaha bisa banget loh menghasilkan uang dari konten yang dibuat sendiri tanpa bergantung pada jasa profesional. Lantas, bagaimana strateginya? Untuk menjawabnya, yuk simak macam-macam cara hasilkan uang dari konten berikut ini!


Mengenal Jenis-Jenis Konten

Sebelum membahas bagaimana cara hasilkan uang dari konten, ada baiknya kita pahami dulu apa itu sebuah konten di dunia digital. Konten merupakan kumpulan informasi yang dibagikan melalui media maupun produk elektronik lainnya. Dalam dunia bisnis, konten merupakan bagian penting dari digital marketing. Dengan menyajikan konten yang menarik dan relevan, Sahabat Wirausaha dapat menarik perhatian calon pelanggan untuk membeli dan menggunakan produk usaha.

Berikut ini terdapat 3 jenis konten yang dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Sahabat Wirausaha, baik secara langsung maupun tidak langsung.

1. Konten Infografis

Konten infografis berupa kumpulan informasi yang bersifat edukatif di dalam satu halaman. Berbeda dari artikel atau konten foto biasa, konten infografis memiliki poin-poin informasi yang disertai dengan gambar, simbol, tabel atau diagram, dan warna-warna yang menarik.

Baca Juga: 10 Artificial Intelligence untuk Marketing, Bisa Bantu Bikin Konten Hingga Data Pemasaran

2. Konten Web

Konten yang disajikan pada halaman Web umumnya berupa artikel yang berisi tulisan, foto, video, maupun konten infografis. Sahabat Wirausaha bisa mempromosikan produk usaha melalui artikel tersebut atau menyajikan topik artikel lainnya yang relevan dengan bisnis.

3. Konten Video

Tak bisa dipungkiri, konten video memang paling populer di kalangan masyarakat. Sahabat Wirausaha dapat memanfaatkan hal ini untuk mempromosikan produk usaha dan menghasilkan cuan. Pelajari cara membuat konten video yang menarik, kemudian unggah video tersebut di platform Youtube, TikTok, Facebook, atau Instagram.


Strategi Dan Cara Hasilkan Uang Dari Konten

Setelah menyiapkan konten-konten tersebut di atas, Sahabat Wirausaha perlu tahu strategi yang tepat untuk mengoptimalkan konten tersebut sehingga dapat menghasilkan uang seperti berikut.

1. Pelajari Cara Mengoptimalkan Mesin Pencari Google (Search Engine Optimization/SEO)

Google memiliki algoritma tertentu untuk menentukan peringkat halaman web atau situs. Dengan mengoptimalkan mesin pencari, maka halaman web atau situs akan tampil di halaman depan Google sehingga lebih terlihat dan menarik perhatian para pengunjung.

Hal ini penting karena sebagus apapun konten yang dibuat, jika konten tersebut tidak terlihat oleh pengunjung tentu akan sia-sia. Untuk mengetahui cara mengoptimalkan konten dengan menggunakan SEO, dapat dibaca melalui link ini.

2. Tentukan  Strategi Konten yang Efektif untuk Bisnis

Cara hasilkan uang dari konten yang kedua adalah memilih strategi efektif dalam mengunggah konten itu sendiri. Tentukanlah strategi konten yang efektif untuk bisnis Sahabat Wirausaha. Caranya adalah dengan membuat perencanaan konten (content plan) yang baik. Mulai dari menentukan tujuan, topik, hingga jadwal untuk mengunggah konten. Untuk mengetahui cara membuat content plan di media sosial, dapat dibaca melalui link ini.

Agar lebih mudah dipahami, berikut contoh cara membuat strategi konten yang efektif:

a. Tentukan Tujuan/Sasaran                

Meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan jumlah pengunjung halaman web sebesar 25 persen dalam periode 6 bulan.

Baca Juga: Konten dan Iklan Jadi Kunci! Intip Strategi Digital Marketing ala Wearing Klamby, Brand Busana Muslim Beromzet 4 Milyar per Bulan 

b.  Tentukan Target Audiens         

Profesional muda dengan kriteria usia antara 25 hingga 35 tahun serta tertarik pada pengembangan pribadi dan pertumbuhan karier.

c. Tentukan Saluran (Channel) Konten   

Halaman web, LinkedIn, dan Instagram.

d.  Tentukan Ide Konten yang Diunggah 

Artikel di halaman web tentang saran karier, infografis di Instagram tentang produktivitas, artikel LinkedIn tentang tren industri, konten berkinerja terbaik dan tips eksklusif lainnya.

e. Buat Kalender Konten   

Buatlah jadwal khusus untuk mengunggah konten baik di halaman web, LinkedIn, maupun Instagram.

f. Lakukan Kegiatan Promosi              

Berkolaborasi dengan influencer, serta beriklan di Instagram dan LinkedIn.

g. Lakukan Evaluasi dan Analisis        

Memantau jumlah pengunjung halaman web dan LinkedIn, serta engagement rate di Instagram. Sesuaikan topik konten dan strategi promosi berdasarkan evaluasi kinerja dari masing-masing channel.

3. Konsisten Membuat Konten yang Berkualitas

Agar cara hasilkan uang dari konten yang kita lakukan berhasil, utamakanlah konsistensi. Konsisten dalam membuat konten berarti Sahabat Wirausaha secara rutin memproduksi materi konten yang berkualitas dari segi nilai, relevansi, dan akurasi. Buatlah konten yang informatif dan menarik sesuai minat dan kebutuhan target audiens sehingga dapat menarik perhatian audiens untuk membaca atau melihat konten tersebut.

Bukan hanya dari materi konten saja, Sahabat Wirausaha juga perlu konsisten untuk mengikuti jadwal unggah konten. Lantas, bagaimana caranya untuk mengetahui waktu unggah konten yang tepat di media sosial? Caranya yaitu dengan mempelajari perilaku audiens untuk memahami kapan waktu aktif mereka di media sosial.

Misalnya, konten profesional mungkin dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik pada hari kerja yaitu Senin sampai Jumat. Waktu unggah yaitu sore hari saat jam pulang kantor. Sementara itu, konten hiburan mungkin dapat menghasilkan kinerja yang baik jika diunggah di malam hari dan akhir pekan. Pertimbangkan juga zona waktu yang berbeda-beda.

Baca Juga: Berawal dari Resep Keluarga, Eatsambal Raup Omzet Milyaran Berkat Inovasi dan Kreativitas

5. Promosikan Konten di Berbagai Saluran (Channels)

Cara hasilkan uang dari konten yang terakhir, adalah dengan rajin mempromosikannya di berbagai channels. Jangan lupa untuk aktif membagikan konten di berbagai saluran pemasaran seperti media sosial dan email. Lantas, bagaimana cara mempromosikan konten di saluran pemasaran tersebut? Berikut penjelasannya.

a. Platform Instagram             

Gunakan hashtag (tagar) yang populer dan relevan dengan bisnis Sahabat Wirausaha. Hal ini agar konten dapat lebih mudah ditemukan oleh para pengguna Instagram. Bila perlu, buat dan promosikan hashtag (tagar) yang unik untuk merek (brand) bisnis Sahabat Wirausaha. Selain itu, berkolaborasi dengan influencer dan beriklan di Instagram juga dapat dilakukan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

b.  Platform Facebook             

Buatlah jadwal khusus untuk mengunggah postingan konten dan berusahalah untuk tetap konsisten dengan jadwal tersebut. Selanjutnya, buatlah kampanye iklan untuk menjangkau target audiens menggunakan Pengelola Iklan Facebook. Untuk mengukur kinerja konten tersebut, Sahabat Wirausaha dapat menggunakan fitur Facebook Insights.

c. Email Bisnis           

Atur daftar email pelanggan ke dalam beberapa segmen berdasarkan kriteria seperti kelompok usia, demografi, perilaku pembelian sebelumnya, atau engagement rate. Kemudian, sesuaikan konten dengan setiap segmen  tersebut agar lebih relevan dan menarik.

Contoh segmentasi audiens yaitu sebagai berikut.

Segmen 1: Penggemar Fashion Muda (kelompok usia 18-24 tahun, dengan engagement rate yang tinggi)

  • Konten Email        : Tren fashion terkini, cuplikan eksklusif koleksi produk pakaian baru, serta informasi diskon dengan periode waktu tertentu.
  • Call-To-Action  : Tampilkan tombol/pilihan: Belanja Sekarang dengan tautan ke produk baru atau produk yang ingin dipromosikan tersebut.

Segmen 2: Profesional yang melek teknologi (kelompok usia 25-34, memiliki riwayat pembelian gadget)

  • Konten Email        : Ulasan dan perbandingan gadget teknologi terkini, peluang pemesanan di muka (pre-order) eksklusif, dan informasi tips seputar teknologi.
  • Call-To-Action  : Tampilkan tombol/pilihan: Pre-Order Sekarang dengan tautan ke produk baru atau produk yang ingin dipromosikan tersebut.

Baca Juga: 10 Rekomendasi AI Untuk Menulis, Bantu Bikin Konten Hingga Riset Informasi!

Dengan menerapkan berbagai cara hasilkan uang dari konten di atas, Sahabat Wirausaha dapat mengoptimalkan konten untuk menarik lebih banyak audiens, menerima lebih banyak masukan, serta umpan balik dari calon pelanggan tentang produk usaha.

Nah, demikian ulasan singkat tentang cara jitu hasilkan uang dari konten. Tunggu apa lagi? Yuk, siapkan konten-konten bisnis yang menarik sejak sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM.

Referensi Web : domainesia.com, katadata.co.id, marketsplash.com.