Sahabat UKM pernah mendengar istilah POS dalam bisnis? Eits jangan salah paham ya. POS disini bukan merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berlogo burung merpati yang bergerak di bidang jasa pengiriman surat Sahabat UKM. POS yang dimaksud disini adalah akronim dari point of sales.
Bagaimana, apa sudah familiar dengan singkatan ini? Jika belum, kita akan coba pelajari bersama-sama ya di artikel ini. Meskipun Sahabat UKM belum familiar dengan istilah tersebut, tapi saya yakin sebetulnya Sahabat UKM sudah sering melihat atau bahkan jangan-jangan menggunakannya. Yuk kita kenalan lebih dekat dengan point of sales atau POS.
Mengenal Apa Itu Point of Sales
Point of Sales (POS) adalah sistem yang biasa digunakan oleh berbagai macam usaha ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli. Secara sederhana, sistem ini merupakan versi modern dari mesin kasir konvensional.
Sahabat UKM tentu pernah masuk ke minimarket seperti Indomaret atau Alfamart bukan? Jika diperhatikan secara seksama, kasir di Indomaret maupun Alfamart menggunakan mesin kasir atau cash register yang dilengkapi dengan cash drawer.
Baca Juga: Bagaimana UMKM Menerapkan Target Penjualan?
Gambar 1. POS System
Sumber: squareup.com
POS merupakan versi modern dari mesin kasir ini, Sahabat UKM. Terdiri dari seperangkat mesin kasir yang telah dilengkapi dengan cash drawer untuk menyimpan uang dan printer untuk mencetak struk, membuat sistem POS sudah banyak sekali digunakan oleh beragam jenis usaha saat ini, seperti restoran, coffee shop (kedai kopi), barbershop, hingga laundry kiloan.
Dengan berkembangnya teknologi, perangkat sistem POS dapat dengan mudah Sahabat UKM dapatkan, baik yang menggunakan tablet pintar berbasis Android maupun iOS. Lebih jauh, Sahabat UKM juga dapat menggunakan perangkat khusus POS yang biasa disebut dengan terminal.
Perkembangan teknologi terkait POS saat ini bukan hanya mengenai perangkatnya, melainkan juga konektivitasnya. Sebagai contoh, Sahabat UKM akan banyak menemukan alat pencetak struk yang tidak menggunakan kabel, melainkan dihubungkan secara bluetooth atau biasa kita sebut dengan wireless.
Manfaat Sistem POS dalam Bisnis
Jika fungsinya sama seperti mesin kasir, mengapa harus menggunakan POS? Eits siapa bilang sistem POS itu hanya tentang mesin kasir. Dibanding mesin kasir konvensional, ada banyak sekali manfaat yang dapat Sahabat UKM dapatkan jika menggunakan sistem POS, dan itu bukan hanya tentang kasir lho. Yuk kita simak apa saja manfaat dari sistem POS berikut ini.
Baca Juga: Marketing Campaign: Seberapa Efektif Meningkatkan Penjualan?
1. Melacak inventory di lebih dari satu toko
Jika Sahabat UKM memiliki lebih dari satu toko atau cabang, biasanya sering mengalami kesulitan terkait pelacakan inventory atau ketersediaan stok barang. Dengan sistem POS, kesulitan ini dapat kita minimalisir karena sistem ini memungkinkan Sahabat UKM untuk melacak persediaan di seluruh cabang atau toko yang dimiliki.
Jika ditemukan adanya kekurangan stok di salah satu cabang, maka dengan mudahnya Sahabat UKM dapat menutupi kekurangan tersebut dari stok yang berada di cabang lainnya. Hal ini akan sangat membantu kelancaran operasional bisnis Sahabat UKM bukan?
Gambar 2. Inventory
Sumber: nesto.id
2. Meningkatkan performa layanan di mata pelanggan
Apakah Sahabat UKM pernah mengalami kejadian dimana baru mengingat produk yang dibutuhkan ketika sudah di hadapan kasir? Alih-alih kita kembali ke rak, biasanya kita langsung menanyakan ketersediaan produk tersebut kepada kasirnya bukan?
Baca Juga: Strategi Optimalisasi Digital Marketing & CRM Untuk Meningkatkan Penjualan
Dengan adanya sistem POS, kasir tersebut akan dengan mudah dan cepat mengetahui apakah stok barang tersebut tersedia atau tidak, berapa jumlah stoknya, dimana peletakannya, dan lain sebagainya. Kecepatan ini sangat penting di mata konsumen, karena customer experience yang dirasa akan sangat baik.
3. Menyediakan laporan penjualan yang lengkap dan akurat
Dengan sistem POS, Sahabat UKM dapat memiliki laporan penjualan yang lengkap dan akurat, antara lain jumlah produk yang terjual, produk best seller atau yang paling laris, keuntungan penjualan, dan masih banyak lagi. Data ini dirasa akurat, karena dengan sistem POS, human error yang biasanya terjadi ketika memasukkan data penjualan secara manual dapat diminimalisir.
4. Keamanan data pelanggan
Data menjadi hal yang sensitif dan krusial saat ini bukan? Maraknya kasus jual beli data menjadikan kita semakin berhati-hati dalam menggunakan data, termasuk data dan informasi kartu kredit pelanggan. Data-data ini haruslah diyakini telah disimpan secara aman.
Sahabat UKM tenang saja, karena Cloud POS memastikan seluruh data pelanggan tersimpan dengan baik dan aman. Seluruh data akan disimpan di dalam Cloud, bukan di sistem komputer, sehingga akan aman dari kehilangan akibat pencurian maupun virus ataupun sistem yang rusak.
Baca Juga: 3 Langkah Pemanfaatan Data Untuk Mengambil Keputusan Bisnis
Gambar 3. Cloud POS
Sumber: onlypos.com
Tips Memilih Aplikasi POS dalam Bisnis
Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia saat ini di pasaran, mungkin ada diantara sahabar UKM yang masih bingung dalam menentukan hal-hak apa saja yang harus ada dalam aplikasi POS dan pertimbangan lainnya dalam memilih aplikasi POS. Lakukan riset mendalam terkait hal ini.
Riset adalah hal yang sangat penting dilakukan dalam bisnis, termasuk dalam menentukanaplikasi POS. Sahabat UKM perlu mencari informasi mendalam tentang siapa saja perusahaan pengembang aplikasi kasir POS hingga siapa saja klien atau perusahaan bisnis yang telah menggunakan jasa aplikasi POS mereka. Selain itu, sahabat UKM juga perlu melakukan riset mendalam terkait :
Baca Juga: Mengenal Content Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan
1. Harga dan Fitur
Ketika Sahabat UKM memilih aplikasi POS, kenali terlebih dahulu seperti apa kebutuhan usaha yang Sahabat UKM geluti, sehingga kita bisa mendapatkan aplikasi POS yang sesuai, baik dari segi harga maupun fiturnya.
2. Perangkat Pendukung
Selain menyesuaikan kebutuhan dengan harga dan fiturnya, Sahabat UKM perlu melakukan riset terkait perangkat pendukung dari sistem POS tersebut, baik hardware maupun softwarenya.
3. Pengelolaan Stok Barang
Jika Sahabat UKM memiliki bisnis yang sudah cukup besar, seperti rumah makan atau restoran yang memiliki banyak menu dan kebutuhan akan stok bahan baku, maka Sahabat UKM tentu membutuhkan fitur inventory atau pengelolaan stok barang.
Secara umum, fitur ini bersifat opsional atau tambahan. Artinya, jika Sahabat UKM merasa belum membutuhkan fitur tersebut, maka lebih baik jangan menggunakan fitur tersebut untuk menghemat biaya.
4. Laporan Penjualan Lengkap
Pelajari secara mendalam apakah aplikasi POS dapat memberikan laporan secara lengkap, mulai dari penjualan harian, produk apa saja yang paling laris, hingga pemisahan laporan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan oleh pelanggan.
5. Simplicity
Sistem aplikasi POS yang dipilih nantinya tentu bukan hanya akan digunakan oleh Sahabat UKM, melainkan juga oleh seluruh karyawan. Dengan tampilan yang simplicity, maka aplikasi POS akan mudah dimengerti dan digunakan oleh siapa saja, termasuk para karyawan. Hal ini sangat penting karena dapat mengurangi resiko kesalahan atau human error.
6. Layanan purna jual
Hal lainnya yang perlu Sahabat UKM riset secara mendalam adalah layanan purna jual yang diberikan oleh perusahaan pengembang aplikasi POS, seperti layanan bantuan yang siap sedia kapanpun Sahabat UKM mengalami kendala dalam mengoperasikan aplikasi POS tersebut.
Baca Juga: Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan
7. Berbasis cloud (online)
Poin terakhir yang perlu Sahabat UKM cari tau secara mendalam apakah aplikasi POS tersebut berbasis cloud atau tidak. Jika berbasis cloud, maka Sahabat UKM dapat melakukan banyak hal untuk mengurus operasional usaha, seperti mengecek laporan secara online. Sangat efisien bukan?
Gambar 4. POS
Sumber: paper.id
Ragam Penyedia Aplikasi POS di Indonesia
Jika Sahabat UKM mencari informasi aplikasi apa saja yang menyediakan layanan sistem POS, maka Sahabat UKM akan menemukan banyak sekali startup yang berkecimpung dalam layanan tersebut, antara lain :
1. Moka
Moka adalah perusahaan asosiasi dari Gojek yang menyediakan berbagai solusi untuk kebutuhan penjualan offline dan online. Moka merupakan startup POS yang memanfaatkan tablet sebagai mesin utamanya. Secara sederhana, Sahabat UKM hanya perlu memasang aplikasi Moka POS pada tablet dan menambah sejumlah perangkat tambahan seperti laci uang, printer, atau perangkat scan.
Gambar 5. Aplikasi Moka
Sumber: mokapos.com
Yang menarik dari aplikasi ini adalah Moka bukan hanya sekedar berfungsi sebagai sistem POS, melainkan juga menyediakan beragam tools. Dilansir dari mokapos.com, layanan yang ditawarkan oleh Moka, antara lain :
- Solusi operasional meliputi manajemen pesanan, pembayaran digital, dan manajemen meja
- Solusi administratif meliputi laporan penjualan harian, laporan stok barang, dan perhitungan pajak
- Solusi tumbuh kembang meliputi dasbor, manajemen banyak cabang, dan survey pelanggan
- Solusi pengamanan meliputi manajemen karyawan dan shift karyawan
- Solusi promosi meliputi diskon dan promosi, customer relationship management (CRM) pro, hingga program loyalitas
Terlebih, karena Moka telah berbasis cloud, maka semua data inventaris dan penjualan dapat Sahabat UKM akses dimana saja dan kapan saja. Moka cocok dan dapat digunakan oleh semua tipe dan skala bisnis Sahabat UKM, dari bisnis F&B, retail, penyedia jasa, bisnis yang baru dimulai, hingga bisnis yang telah memiliki ratusan cabang.
Baca Juga: 10 Aplikasi Keuangan Digital
Jika ingin berlangganan, Sahabat UKM akan diberikan beragam pilihan untuk berlangganan setiap bulan atau tahun, yang dimulai pada harga Rp 249.000 per bulan untuk langganan per tahunnya. Jika ingin mencoba terlebih dahulu sebelum berlangganan, Sahabat UKM dapat mengoptimalkan Moka POS gratis selama 14 hari dengan klik Coba Gratis yang ada di beranda, lalu ikuti langkah yang diberikan.
Gambar 6. Coba Moka Gratis
Sumber: backoffice.mokapos.com
Untuk berlangganan, Sahabat UKM dapat melakukan langkah-langkah berikut :
- Masuk dan lakukan Pendaftaran Akun pada website Moka
- Masuk pada back office dan lakukan pembayaran pada halaman Tagihan
- Sahabat UKM dapat membeli perangkat pendukung disini
- Sahabat UKM dapat menghubungi Moka untuk bantuan proses pembayaran pada Hotline 021-1500 970 atau melalui kirim pesan melalui WhatsApp ke 08111168999
- Jika perlu melakukan cicilan, Sahabat UKM dapat melakukan pembayaran melalui Moka Official Tokopedia Store
Jika sudah berlangganan, maka Sahabat UKM sudah dapat mulai menggunakan aplikasi MOKA. Caranya sebagai berikut :
- Install aplikasi Moka dari Google Play atau App Store pada iPad atau Android tablet Sahabat UKM
- Masuk ke back office dari link https://backoffice.mokapos.com/login
- Ikuti panduannya disini
2. Pawoon
Gambar 7. Aplikasi Pawoon
Sumber: pawoon.com
Pawoon adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi informasi dalam pembuatan aplikasi Point of Sale (POS) berbasis online atau cloud dengan tiga fitur utama sebagai berikut :
Baca Juga: Langkah Praktis Untuk Melakukan Pencatatan Keuangan Usaha
- Pencatatan Data Pelanggan
Dilansir dari pawoon.com, dengan bantuan aplikasi kasir, Sahabat UKM dapat melakukan pencatatan data pelanggan melalui sistem yang lebih mudah dan cepat. Selain mendapatkan informasi lebih dari pelanggan, kelebihan ini juga bisa menghemat waktu transaksi yang dapat membuat pelanggan semakin happy.
Selain itu, pendataan pelanggan juga bisa memberikan Sahabat UKM informasi bermanfaat seperti nama, email, dan tanggal lahir, yang dapat digunakan untuk melakukan promosi. Data yang Sahabat UKM miliki ini tentunya akan lebih valid, karena langsung diberikan oleh pelanggan tersebut. Semakin banyak data yang bisa diperoleh, maka akan semakin banyak perbaikan yang dapat Sahabat UKM lakukan dalam bisnis..
- Loyalty Program
Memberikan program loyalitas bisa menjadi salah satu cara untuk memanjakan pelanggan setia. Dalam hal ini, Sahabat UKM bisa memberlakukan berbagai jenis program mulai dari promo spesial menggunakan diskon, voucher, hingga program pengumpulan poin. Untuk memudahkan program loyalitas, Sahabat UKM membutuhkan aplikasi kasir yang bisa membantu membuat dan mengelola promo dengan mudah.
Fitur promo di aplikasi kasir Pawoon juga bisa jadi solusi tepat untuk pengelolaan promo di banyak cabang. Sahabat UKM dapat memanfaatkan opsi samakan pengaturan promo, yang akan secara otomatis mengaplikasikan promosi yang dibuat ke seluruh toko yang Sahabat UKM miliki. Jangan lupa atur dan tetapkan kuota dan jumlah promosi yang dibuat, agar Sahabat UKM tidak terlalu banyak menghabiskan anggaran untuk promosi semata.
- Pencatatan Riwayat Transaksi
Selain mendapatkan informasi personal dari pelanggan, aplikasi kasir Pawoon juga memungkinkan Sahabat UKM mendapatkan informasi penting lainnya, seperti riwayat transaksi yang dilakukan pelanggan.
Setelah mendapatkan data tersebut, Sahabat UKM bisa mengatur strategi untuk memberikan privilege yang membuat pelanggan merasa nyaman dan spesial dengan cara memberikan diskon khusus pada produk favorit pelanggan, atau bisa memberikan produk tambahan gratis yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan setia.
3. Dokuku
Gambar 8. Aplikasi Dokuku
Sumber: dokuku.com
Dilansir dari dokuku.com, aplikasi Dokuku merupakan aplikasi berbasis web yang dirancang untuk memudahkan pebisnis dalam melihat dan mengontrol transaksi penjualan dan pembelian yang ada dengan fitur :
- POS yang dapat digunakan secara online dan offline
Aplikasi Point Of Sales Dokuku dapat digunakan secara online ataupun offline. Jika internet off, program kasir ini tetap dapat berjalan normal. Jika internetnya on, data transaksi penjualan dari aplikasi point of sales dokuku akan langsung dikirim ke pusat atau ke dashboard dokuku.com.
- Security yang handal
Untuk mencegah kecurangan kasir, POS Dokuku telah dilengkapi dengan security setting yang handal untuk membatasi hak akses user pada jenis aktivitas, seperti merubah harga, print struk sementara, pembatalan transaksi (sudah tersimpan), cancel transaksi (draft), hingga pengembalian barang.
Baca Juga: Faktor Penyebab Gagalnya Bisnis dan Tidak Optimalnya Pertumbuhan Usaha
- Log Activity
Semua aktivitas yang berpotensi mendatangkan kerugian atau kecurangan oleh kasir akan di catat (log) waktu dan usernya. Log bisa diakses secara online dan realtime dari web monitoring,
- Diskon Harga dan Bonus
POS Dokuku dilengkapi dengan fasilitas diskon yang flexible, yaitu diskon dalam bentuk barang (bonus) atau diskon dalam bentuk potongan harga. Diskon harga aplikasi kasir dokuku bisa berupa persen (%) ataupun jumlah nominal uang (Rp).
- Transaksi Retur, Void, dan Antrian
Retur adalah pengembalian barang, void untuk membatalkan transaksi penjualan, sedangkan antrian adalah untuk memfasilitasi pembeli yang ingin menambah belanja dan memproses antrian berikutnya terlebih dahulu.
- Menu Paket
Menu yang sangat memudahkan membuat paket penjualan barang dan beragam fitur lainnya yang dapat menunjang operasional bisnis Sahabat UKM.
Bagaimana Sahabat UKM, tertarik untuk menggunakan aplikasi POS? Segera hubungi pengembang aplikasi POS yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat UKM ya. Selamat mencoba!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi:
dokuku.com. Beranda
mokapos.com. Beranda
pawoon.com. Beranda