Merek Lokal Yang Kolaborasi Dengan Brand Ternama – Beberapa jenama lokal Indonesia cukup beruntung punya kesempatan menjalin kolaborasi dengan brand ternama dunia. Tak mengherankan, banyak diantaranya adalah brand yang mengusung tokoh kartun, fiksi, dan anime terkenal.

Tak hanya bisa memicu efek FOMO (Fear Of Missing Out), langkah ini juga ternyata juga mampu meluaskan jangkauan pasar mereka. Nah, apa saja merek lokal yang  kolaborasi dengan brand ternama dunia? Berikut adalah daftar lengkapnya.

1. Buttonscarves Dan Disney : The Little Mermaid

Buttonscarves merupakan salah satu merek lokal yang kolaborasi dengan brand ternama dunia. Di tahun 2021, jenama ini meluncurkan lini koleksi Disney x Buttonscarves : The Little Mermaid, yang merupakan kolaborasi pertama mereka dengan brand skala internasional. Terinspirasi dari film kartun masa kecil, koleksi ini mengambil elemen-elemen bawah laut, seperti kerang, rumput laut, dan terumbu karang sebagai motif desain serta warna hijab utamanya.

Kolaborasi tersebut nampaknya punya dampak positif terhadap penjualan produk Buttonscarves. Terbukti, di tahun-tahun berikutnya, mereka kembali berkolaborasi dengan Disney untuk lini produk hijab dan scrunchie.

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Tren Belanja Konsumen Bagi Bisnis UMKM, Agar Produkmu Cocok Sama Kebutuhan Pasar

2. THENBLANK Dan Harry Potter

THENBLANK merupakan jenama fesyen lokal yang terkenal rajin meluncurkan kolaborasi dengan brand lain. Di pertengahan tahun 2024, merek ini mengagetkan konsumen setianya lewat peluncuran koleksi produk yang berkolaborasi dengan Harry Potter, brand fiksi dunia. Menurut owner THENBLANK, Mutiara Kamila, persiapan untuk produk kolaborasi ini sudah dimulai sejak setahun sebelum peluncuran.

Koleksi ini sukses besar. Terbukti, hanya dalam waktu 24 jam, beberapa produk yang menggunakan elemen dan tema Harry Potter sudah ludes terjual. Di halaman Instagram mereka, tak sedikit konsumen yang meminta restock untuk produk limited edition tersebut. Kolaborasi dengan Harry Potter dan jumlah produk yang terbatas ternyata mampu membuat para Potterhead menjadi FOMO dan berburu koleksi mereka.

3. Nona Rara Batik dan Mickey Mouse

Nona Rara Batik, sebuah bisnis dengan tujuan pemberdayaan pengrajin batik di Solo, juga termasuk salah satu merek lokal yang kolaborasi dengan brand ternama dunia. Dilansir dari Hypeabis, merek ini meluncurkan koleksi bertajuk Dazzling Disney pada Juli 2021. Koleksi ini menampilkan tokoh kartun legendaris Mickey Mouse dan menghadirkan paduan citarasa lokal dengan sentuhan global.

Persatuan motif batik Garut dan Pekalongan dengan desain Mickey Mouse sukses  dihadirkan tanpa menghilangkan seni batik asli.

Founder Nona Rara Batik, Pipiet Noorastuti, menjelaskan bahwa ia mencocokkan elemen batik tradisional dengan rasa nostalgia yang dibawa oleh kartun lawas tersebut. Ia berharap, koleksi tersebut mampu membawa batik Indonesia masuk radar pasar internasional.

Gabung jadi Member ukmindonesia.id buat update terus info seputar UMKM dan peluang usaha!

4. Kintakun dan Tahilalat x One Piece

Kolaborasi yang satu ini terbilang cukup unik, karena melibatkan 3 pihak sekaligus. Brand lokal Tahilalat, brand anime Jepang One Piece, dan merk sprei lokal Kintakun bekerja sama untuk meluncurkan produk sprei dengan gambar para tokoh utama manga tersebut dalam rangka merayakan 25 tahun hadirnya One Piece.

Diluncurkan 12 Desember 2024 lalu, gambar yang ditampilkan pun bukan sekadar gambar tempel dari manga dan anime. Karakter Luffy, Zoro, Tony Tony Chopper, hingga Sanji digambar langsung oleh para komikus Tahilalat dengan gaya khas mereka. Produk edisi terbatas ini sudah pasti masuk daftar incaran para Nakama One Piece di Indonesia.

Tak hanya dengan Kintakun, Tahilalat x One Piece juga menggandeng brand fesyen lokal, 3Second dan Kanky untuk berkolaborasi di lini pakaian jadi. Helena Irma, Regional Director Animation International yang memegang lisensi One Piece di Indonesia, mengatakan bahwa kolaborasi ini merupakan momen langka antara brand manga ternama tersebut dengan bisnis lokal. Kanisius Gerry dari Kintakun pun menyebut karakter Luffy sebagai inspirasi semangat berkarya bagi pekerja seni Indonesia.

5. Rose All Day Dan The Powerpuff Girls

Jenama make-up lokal, Rose All Day, turut masuk di deretan merek lokal yang kolaborasi dengan brand ternama dunia. Di bulan Agustus 2024, brand ini meluncurkan koleksi terbaru yang berkolaborasi dengan tokoh kartun legendaris, The Powerpuff Girls. Koleksi ini terdiri atas 5 produk, yaitu maskara, liptint, hingga eyeshadow palette yang dibungkus kemasan bergambar ketiga tokoh utama The Powerpuff Girls, yaitu Blossom, Bubbles, dan Buttercup.

Diluncurkan untuk merayakan momen 7 tahun berdirinya Rose All Day, kolaborasi ini terinspirasi oleh ketiga karakter utama yang dinamis dan nostalgic, dengan konsep warna yang playful dan cerah.

6. Aerostreet Dan Doraemon

Aerostreet, brand sneakers lokal Indonesia yang sebelumnya sempat kolaborasi dengan merek snack legendaris Khong Guan, tahun ini menggandeng kartun kesayangan semua umat, Doraemon, sebagai tema koleksi terbarunya. 5 produk dalam koleksi ini didesain dengan warna cerah yang masing-masing menampilkan ilustrasi kelima tokoh utama kartun tersebut, yaitu Doraemon, Nobita, Shizuka, Giant, dan Suneo.

Lewat akun official Instagram mereka, Aerostreet menyebutkan bahwa harga sepatu koleksi Doraemon ini cukup terjangkau, yaitu Rp229.900 untuk ukuran 37-44. Kombinasi desain yang unik dan material berkualitas menjadikan koleksi ini pilihan menarik bagi para penggemar anime di Indonesia.

Baca Juga: Cara Bisnis Pemula Bertahan di Tengah Persaingan Ketat, Jalani 6 Tips Ini

7. Aftersundays Dan Jujutsu Kaisen

Brand clothing lokal Aftersundays juga salah satu merek lokal yang kolaborasi dengan brand ternama dunia, Jujutsu Kaisen. Seri manga asal Jepang karya Gege Akutami ini termasuk sering menjadi pembahasan di dunia anime dan punya fanbase sendiri di Indonesia. Koleksi lini clothing hasil kolaborasi ini pun diluncurkan pada tahun 2023 lalu.

Zul Waqaar, owner Aftersundays, mengatakan bahwa produk Indonesia saat ini sudah banyak diajak berkolaborasi dengan industri hiburan mancanegara. Artinya, kualitas produk lokal dianggap tak kalah saing dengan produk asing. Menurutnya, kolaborasi ini menjadi kesempatan Aftersundays untuk terus berkembang dan dilirik pasar luar negeri.

Nah, itu tadi 7 merek lokal yang kolaborasi dengan brand ternama dunia. Kesuksesan mereka dalam membawa produk Indonesia ke radar global mampu perluas jangkauan pasar dan jadikan jenama lokal makin dikenal. Jadi yuk, jangan ragu buat jalin kolaborasi!

Jika tulisan ini bermanfaat, silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi :

  1. https://www.buttonscarves.com/blogs/product-release/disney-x-buttonscarves-the-little-mermaid-series?srsltid=AfmBOoouZEr2dDF8cQALxQP3cCe8Sn2YvTi1p_3Y8f9Y7LO5FXWYY-oL
  2. https://hypeabis.id/read/6003/nona-rara-batik-luncurkan-koleksi-bermotif-mickey-mouse
  3. https://www.antaranews.com/berita/2471757/mickey-mouse-bersatu-dengan-batik-garut-dan-pekalongan
  4. https://www.cantika.com/read/1779409/rumus-bisnis-nona-rara-batik-merawat-kolaborasi-dengan-komunitas-dan-perajin-batik
  5. https://store.kintakun-bedcover.co.id/2024/12/12/petualangan-dari-kamar-bersama-kintakun-x-one-piece-x-tahilalats-dimulai/?srsltid=AfmBOoovdJ37V3Ci4Fjz6T7LpjfSYIAl3lwfW_ievyxPpbriV65bX12Y
  6. https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-7630557/kolaborasi-epik-3-brand-lokal-dengan-one-piece-x-tahilalats
  7. https://www.beautyjournal.id/article/rose-all-day-cosmetics-rilis-5-koleksi-makeup-terinspirasi-dari-the-powerpuff-girls
  8. https://www.jatimnetwork.com/gaya-hidup/4313478153/5-karakter-sepatu-kolaborasi-aerostreet-x-doraemon-yang-baru-launching-intip-harganya
  9. https://www.popmama.com/life/health/aurelliaputri/brand-kolaborasi-dengan-serial-anime-ada-kopi-kenangan