Pentingnya Mengetahui Tren Belanja Konsumen - Sahabat Wirausaha, pernah gak sih bikin varian produk tapi pas launching ternyata konsumen tidak begitu antusias karena produknya kurang pas sama selera mereka? 

Atau, kita baru buka bisnis–yang awalnya dipikir akan laku–tapi ternyata sepi setelah enam bulan berjalan. 

Jika pernah mengalaminya, itu terjadi karena Sahabat Wirausaha belum melakukan riset konsumen dengan tepat sebelum memulai bisnis atau menawarkan produk baru. 


Kenapa UMKM Perlu Mengetahui Tren Selera dan Gaya Belanja Konsumen?

Terkadang, langsung “action” saat mau memulai bisnis, tidak selalu bijak. Apalagi saat kita masih belum benar-benar mengerti situasi pasar yang akan kita jangkau. Akibatnya, tak sedikit bisnis yang gagal karena produk yang ditawarkannya tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini. Karenanya, melakukan riset konsumen diperlukan agar kita bisa lebih memahami kondisi pasar terkini. 

Ada beberapa manfaat yang bisa Sahabat Wirausaha rasakan jika melakukan riset pasar, antara lain:

1. Mengembangkan Produk dan Layanan yang Sesuai Kebutuhan Konsumen

Pentingnya Mengetahui Tren Belanja Konsumen bagi pelaku UMKM yang pertama adalah mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar saat ini sehingga membantu menghindari produksi barang yang tidak diminati konsumen dan meningkatkan peluang penjualan. 

Misalnya, sebut saja brand parfum X yang ingin membuat varian brand parfum beraroma green tea karena melihat banyak orang yang suka mengonsumsi minuman green tea. Namun, mereka tak yakin apakah parfum varian ini bisa laku keras di pasaran. 

Maka, parfum X membuat sampel lalu membagikan testernya ke konsumen. Setelah menggunakan parfum, konsumen dimintai pendapatnya tentang aroma parfum itu. Ternyata banyak konsumen yang menyukainya sehingga brand parfum X memutuskan untuk memproduksi varian parfum itu.

2. Menentukan Strategi Pemasaran yang Efektif

Pentingnya Mengetahui Tren Belanja Konsumen juga dibutuhkan dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif. Dengan mengetahui apa yang tengah menjadi tren di tengah masyarakat, kita bisa menyesuaikan pesan dan saluran pemasaran untuk menjangkau target konsumen dengan lebih baik. 

Selain itu, mengetahui tren dan selera konsumen juga bisa membantu kita menentukan tingkat harga yang tepat buat konsumen. 

Belajar Strategi Pertumbuhan Bisnis Melalui Tren Selera dan Gaya Belanja Konsumen Tahun 2025!

3. Meningkatkan Daya Saing

Pentingnya mengetahui tren belanja konsumen juga membantu kita meningkatkan daya saing produk dan layanan. Dari informasi itu, kita bisa terus berinovasi dan mengembangkan produk dan layanan yang sesuai kebutuhan konsumen. 

Dengan begitu, Sahabat Wirausaha tidak perlu terlalu khawatir dengan persaingan kompetitor. Sebab, keberadaan kompetitor hanya akan mengancam bisnis yang enggan berinovasi dan tidak mengetahui kondisi pasar. 

Jika kita bisa mengembangkan produk atau layanan yang sesuai, maka konsumen akan lebih menyukainya sehingga probabilitas produk terjual lebih besar dibandingkan jika produk itu didesain tanpa mempertimbangkan selera konsumen.

4. Membuka Peluang Bisnis Baru

Tak hanya ketiga hal di atas, pentingnya mengetahui tren belanja konsumen juga memiliki sisi positif lainnya yaitu membuka peluang bisnis baru. 

Saat ini banyak pelaku UMKM yang memulai bisnis kedua, ketiga, dan seterusnya setelah bisnis pertama mereka sukses setelah mengetahui ada kesempatan bisnis lain yang bisa digarap.

Contohnya, brand Batik Trusmi yang awalnya fokus berbisnis batik kini memiliki beberapa bisnis lain seperti toko oleh-oleh dan travel. Peluang bisnis ini muncul lantaran owner bisnisnya menyadari wisatawan yang berkunjung ke Cirebon ternyata tidak hanya mencari batik, tetapi juga mencari oleh-oleh dan jasa agen travel. 

Belajar Strategi Pertumbuhan Bisnis Melalui Tren Selera dan Gaya Belanja Konsumen Tahun 2025! 


Cara Mengetahui Tren Belanja dan Selera Konsumen 

Bagi Sahabat Wirausaha yang ingin mengetahui tren belanja dan selera konsumen, ada beberapa metode yang bisa digunakan, antara lain: 

  1. Riset pasar seperti melakukan survei, wawancara, atau analisis data untuk memahami perilaku konsumen.
  2. Media sosial yaitu memantau tren di media sosial, seperti hashtag populer, influencer, dan diskusi komunitas.
  3. Pameran dan konferensi yaitu menghadiri acara industri untuk mengetahui tren terbaru dan berjejaring dengan pelaku bisnis lainnya.
  4. Laporan industri yaitu membaca laporan industri dan berita terkait pasar yang relevan.

Mengetahui  pentingnya mengetahui tren belanja konsumen adalah investasi yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis kita. Dengan memahami tren dan selera konsumen, kita dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik lagi bahkan membuka peluang bisnis baru. 

Bagi yang tertarik belajar tren selera dan gaya belanja konsumen lebih dalam, Sahabat Wirausaha bisa mengikuti webinar dengan tema Kupas Tuntas Penyusunan Strategi Pertumbuhan Bisnis Melalui Tren Selera dan Gaya Belanja Konsumen Tahun 2025. Daftarkan dirimu di link Registrasi Kelas Mahir