Sepuluh tahun belakangan, pertumbuhan e-commerce di Indonesia bisa dibilang cukup pesat. Banyak kanal-kanal perdagangan online bermunculan dan dengan cepat menjadi pasar raksasa. Hal ini tidak mengherankan, sebab seperti yang dilansir dari website ukmindonesia.id, e-commerce memberi banyak keuntungan, khususnya bagi pelaku UMKM. Mulai dari meningkatkan pangsa pasar, mengirit biaya operasional, hingga kemudahan dalam bertransaksi.

Baca Juga: Dapatkan Traffic Untuk Toko Online Anda Menggunakan SEO di Marketplace

Blibli.com adalah salah satu dari banyak kanal perdagangan online yang tumbuh di Indonesia. Menurut data dari Peta E-commerce Indonesia, yang dimuat dalam salah satu artikel Kontan.co.id, Jumlah pengunjung bulanan tertingginya mencapai 26,86 juta per bulan pada 3 bulan terakhir tahun tersebut. Di kala pandemic, tren pertumbuhan yang dicatatnya juga cukup signifikan. Di bulan April tahun lalu, mereka menyebut peningkatan jumlah seller alias penjual mencapai angka 90%.

Dengan pertumbuhan seperti itu, pantas jika Blibli.com sempat menempati peringkat kelima kanal e-commerce di negara kita pada tahun 2019. Dalam menjalankan program-programnya, Blibli.com juga kerap membantu usaha-usaha lokal dan UKM di Indonesia. Seperti apakah bentuk kontribusi Blibli.com terhadap UKM? Dan bagaimana kiat-kiat untuk berjualan hingga sukses di platform e-commerce yang satu ini?


Komitmen Blibli Bersama Pemerintah Untuk Galeri Nusantara

Blibli.com merupakan salah satu platform e-commerce. Dilansir dari Kontan.co.id, Yolanda Nainggolan selaku VP Public Relation Blibli.com memaparkan bahwa sejak masa social distancing diberlakukan, pertumbuhan transaksi di kanal e-commerce tersebut meningkat pesat.

Salah satu yang paling signifikan adalah di kategori Galeri Nusantara. Kategori ini khusus menawarkan produk-produk asli Indonesia, yang dibuat oleh para produsen dan UKM lokal dengan bahan dan material lokal.

Menghadirkan Galeri Nusantara adalah salah satu bentuk dukungan Blibli.com terhadap industri UMKM di Indonesia. Selain menyediakan kategori khusus bagi UKM lokal untuk mempromosikan produknya, Blibli juga percaya bahwa membeli produk asli Indonesia dapat turut menyelamatkan ekonomi bangsa dari keterpurukan.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Dagang atau Toko Online

Produk yang ditawarkan di kategori ini pun beragam, mulai dari produk kerajinan tangan, kecantikan, kuliner, fashion, hingga ibu dan bayi. “Jadi, selama 8 bulan belakangan bekerjasama dengan pemerintah dan 7 kementerian, untuk mempromosikan produk buatan Indonesia,” papar Shirley Handoko, selaku AVP Seller Engagement Blibli.com.


Layanan Merchant Care dan Bussiness Care untuk Penjual

Blibli.com sangat percaya diri bahwa semua fasilitas dan promosi yang mereka sediakan bisa membantu kegiatan jual-beli antara seller dan pembeli. Dari semua e-commerce yang beroperasi di Indonesia, dengan bangga Blibli mengklaim sebagai satu-satunya yang masih “merah putih”. Tak hanya itu, mereka juga memiliki komitmen besar untuk membantu para pemain lokal.

Bentuk dukungan ini adalah diadakannya pemberdayaan dan pendampingan dengan layanan business care bagi teman-teman UMKM yang membuka toko di Blibli.com. Saat penjual kurang aktif di e-commerce sementara pesanan banyak, bussiness care inilah yang akan mengingatkan dan bisa diajak konsultasi untuk membantu menangani masalah.

Baca Juga: Tren Belanja Online (B2C) Dalam Era New Normal

Tak hanya itu, bagi UMKM yang merupakan pengguna baru, Blibli.com juga menyediakan bimbingan tentang bagaimana mulai mendandani akun dagang kita. Mulai dari bagaimana cara mengunggah gambar dan foto produk, cara berjualan, bahkan sampai cara mengemas serta mengirimkan barang. “Untuk UMKM yang masih belum berminat atau takut-takut membuka jualan di e-commerce, Blibli.com bahkan menawarkan untuk membantu pengelolaan toko dan administrasi di awal, free packaging, dan gudang,” jelas Sherlly.

Singkatnya, Blibli.com sudah membangun ekosistem dagang untuk UMKM sejak dini dengan berbagai layanan yang mempermudah proses jual-beli, seperti :

1. Kemudahan Pengiriman dan Distribusi

Blibli senantiasa memastikan bahwa distribusi dan pengiriman barang berjalan sesuai harapan. Karenanya, selain memiliki banyak partner kargo dan jasa pengiriman lokal, mereka juga yang dinamakan Blibli Express. Subsidi ongkir yang dipukul rata untuk semua tipe pengiriman, tidak dibebankan kepada penjual, melainkan ditanggung Blibli.com.

Baca Juga: 3 Kunci Sukses Transformasi Bisnis Offline ke Online

2. Merchant Care

Blibli.com mengadakan training bagi para pelapal baru agar lebih paham mengenai taktik berjualan secara daring, pemanfaatan fitur dan promosi, SEO, hingga payung hukum dalam berjualan di e-commerce.

3. Photoshoot gratis

Blibli.com menyediakan fotografer yg bisa dating ke tempat usaha untuk melakukan pemotretan produk kita secara cuma-cuma. Tak hanya itu, mereka juga memberikan kardus dan kit delivery gratis di awal pembukaan toko kita, juga merchant QR Code jika memang diperlukan.

Baca Juga: Spesifikasi Gawai yang Perlu Dimiliki Untuk Optimalkan Jualan Online

4. Pengembalian Dana Pelanggan

Di Blibli.com, masalah pengembalian dana dengan batas waktu 15 hari untuk pelanggan, umumnya langsung ditangani oleh pihak Blibli. Mereka memiliki program seller care yang memang khusus untuk menangani masalah antara penjual dan pembeli yang fungsinya menengahi. Seller Care akan melakukan semacam penyelidikan kecil, alias assesment.

Jika memang nantinya ada aturan-aturan haryang us ditaati atau yg bisa diacu tentu akan diberitahu oleh mereka. Jika akhirnya pelanggan tetap mau retur, semua ongkos kirim dari dan ke gudang Blibli akan ditanggung oleh Blibli.com sendiri, bukan oleh penjual atau pelanggan yang bermasalah. “Akan di-pickup oleh pihak Blibli dari lokasi customer untuk diantarkan ke gudang Blibli,” terang Sherly.


Memanfaatkan Fasilitas Gudang (Warehouse) di Blibli.com

Salah satu hal yang bisa membuat teman-teman UKM ragu untuk mulai meniti bisnis online, adalah ketiadaan tempat atau bangunan yang bisa dijadikan lokasi penyimpanan produk. Apalagi jika produk yang dijual adalah barang grosir.

Baca Juga: Panda Corp: Dari Bisnis Online Rumahan Jadi Company Store Kecantikan

Untuk ini, Blibli.com memiliki layanan “titip di gudang Blibli” yang menawarkan fasilitas penyimpanan barang. berupa gudang (warehouse). Gudang ini akan digunakan bersama-sama dengan penjual Blibli.com lainnya. Fasilitas ini juga dibarengi dengan layanan lengkap pengelolaan pesanan, Fulfillment by Blibli (FBB).

Saat ini, Blibli sudah memiliki 20 fasilitas gudang (warehouse) yang tersebar di seluruh Indonesia. Gunanya gudang adalah untuk pelapak yang belum memiliki gudang tetap, meskipun produksi sudah banyak.

Di kawasan Jawa, ada tiga gudang di Jakarta, tiga gudang di Tangerang, dua gudang di Bekasi, dua gudang di Bandung, masing-masing satu di Depok, Sentul, Sidoarjo, Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Sementara di kawasan Sumatra, ada masing-masing satu gudang di Medan dan Deli Serdang, satu di Denpasar, Bali, dan satu di Makassar. Layanan ini gratis, dan memfasilitasi pula freezer serta chiller untuk usaha Food and Beverage.


Syarat Untuk Mendapatkan Fasilitas Gudang Blibli.com

Untuk mendapatkan fasilitas gudang, penjual bisa mengajukan terlebih dulu permintaan ke pihak Blibli. Setelah itu harus menunggu ACC dari pihak Blibli. Untuk mendapatkan ACC, Blibli akan memastikan bahwa memang penjual bisa dipercaya dan stok yang ingin dititipkan ke gudang memang penjualannya berjalan, tidak stuck di gudang terus. “Banyak kategori BlibliMart saat ini yang menitip, mulai dari elektronik hingga sembako dan barang kebutuhan sehari-hari,” jelas Sherly.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Paket Iklan Online yang Perlu Diketahui

Ia juga menjelaskan bahwa masing-masing kategori dan tipe barang memang ada ketentuan-ketentuannya. Dan masing-masing kategori assessment-nya akan berbeda. Untuk mendaftar, teman-teman bisa langsung mengontak bagian Seller Care Blibli, dan langsung ajukan permohonan untuk fasilitas penitipan barang. Selama pandemi gudang terus dibuka, dan semakin banyaknya pengguna membuktikan bahwa fasilitas ini memang sangat berguna di masa-masa sekarang.


Tiga Langkah Mudah Berjualan di Blibli.com

  1. Mendaftarkan informasi usaha di Blib.li/seller, jangan lupa untuk menyiapkan informasi pribadi berupa KTP, NPWP, dan nomor rekening.
  2. Mengupload informasi produk yang dijual, yaitu foto produk dan deskripsi lengkap produk, dan
  3. Kelola toko, terima dan penuhi pesanan yang masuk dari pelaggan, jangan lupa untuk selalu mengecek ketersediaan stok dan mengaktifkan program promosi toko dalam berjualan.

Gunakanlah analytical tools yang ada di setiap akun seller, hal ini sangat berguna. Karena bisa mengetahui barang-barang apa saja yang banyak dicari oleh pelanggan Blibli, spesifikasi seperti apa yang diminati pelanggan, hingga barang apa saja yang justru tidak pernah ada di search tool (karena artinya belum ada penjual yang punya produk ini, sehingga belum ada yg memenuhi demand pelanggan). Kita bisa tahu hal-hal semacam itu dari analytical tools.


Program Kakak Asuh oleh Blibli.com

Bekerja sama dengan SMESCO Indonesia, Blibli.com hadir dengan program Kakak Asuh untuk UMKM di Indonesia. Seperti yang dilansir dari Kompas.com, dalam program ini akan terdapat dua kategori peserta, yaitu Kakak Asuh dan Adik Asuh.

Kakak Asuh akan berperan sebagai mentor yang membimbing pelaku UMKM selaku Adik Asuh. Direktur Smesco Indonesia, Leonard Thesabrata, menegaskan bahwa peran Kakak Asuh akan diberikan pada mereka yang sudah mendapat pelatihan dari Blibli dan sangat memahami digital marketing.

Baca Juga: Peluang Manis Bisnis Pangan Praktis di Kanal Online

Sementara Adik Asuh adalah para pelaku UMKM yang belum melek digital dan memang ingin dibimbing dalam mempelajari konsep e-commerce beserta penerapannya. Dengan begitu, UMKM diharapkan lebih berani terjun ke pasar daring dan memperluas akses pemasaran produknya. Program ini ditujukan khusus bagi teman-teman pegiat UKM yang memang belum memahami cara-cara berjualan secara daring, agar bisa lebih mengerti dan belajar soal bagaimana berjualan di online platform.

Nah, bagi teman-teman yang tertarik untuk menjadi Kakak Asuh dan Adik Asuh, bisa langsung mendaftarkan diri melalui website resmi di Blib.li/KAU

Melalui program-program besutannya, Blibli.com menunjukkan komitmen untuk membantu dan membimbing usaha-usaha lokal untuk melaju ke industri e-commerce. Semangat yang sama juga diharapkan muncul dari teman-teman UKM untuk mau maju dan menjajal dunia e-commerce. Sebab sudah saatnya UMKM naik kelas!

Mau tahu lengkapnya? Yuk tonton webinar bertajuk “Memaksimalkan Kanal E-commerce Untuk Meningkatkan Penjualan” dari APINDO UMKM Akademi, yang bisa diakses melalui link berikut.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. kompas.com
  2. blibli.com
  3. wartaekonomi.co.id
  4. kontan.co.id