Sumber: Freepik

Sahabat Wirausaha, sebagai pengguna media sosial, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah view. Istilah ini erat kaitannya dengan jumlah audiens yang melihat konten yang telah kita posting di suatu platform media sosial. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak dalam kamus bisnis berikut ini!


Definisi Views

Views pada media sosial adalah sebutan sebuah fitur yang menunjukkan jumlah penonton yang menonton sebuah konten. Sementara itu, sebutan viewer digunakan untuk penyebutan orang yang menonton konten. Contohnya, Hani menonton sebuah konten memasak di Youtube. Dalam kondisi ini, Hani disebut sebagai viewer atau penonton.

Baca Juga: Soft Selling, Hard Selling

Nah, contoh berikutnya tentang views. Dalam konteks lain, Hani adalah seorang Youtuber. Dia baru saja mengunggah konten memasak ala anak kost dengan budget murah. Setelah dilihat dari data fitur view, konten tersebut sudah ditonton dengan jumlah pemirsa mencapai 5000 orang. Berdasarkan dari contoh tersebut jelas ya perbedaan antara views dan viewer.


Apa saja yang memiliki fitur views?

Sahabat Wirausaha, mungkin bertanya dimana saja dapat kita jumpai fitur views ini? Fitur ini terdapat di media sosial dan e-commerce. Pada e-commerce biasanya menggunakan simbol mata untuk menunjukkan fungsi view. Pada beberapa e-commerce, view dilaporkan dengan keterangan jumlah pemirsa produk. Jadi, viewer juga dapat disebut sebagai pemirsa, penonton, atau pengunjung.

Baca Juga: Search Engine Optimization (SEO)

Apa dampak views pada pemasaran?

Views di media sosial dapat berfungsi sebagai tolak ukur untuk mengetahui respon pengguna sosial media terhadap konten yang disajikan. Semakin tinggi penonton, semakin tinggi popularitas konten tersebut. Misalkan, kita ingin meningkatkan awareness sebuah produk dengan membuat dan membagikan konten suatu produk. Semakin sering konten produk tersebut ditonton dan dibagikan, semakin besar peluang produk tersebut dikenali masyarakat. Potensi views inilah yang dapat memberi dampak positif untuk pemasaran.

Baca Juga: Ragam Jenis Endorser Dalam Pemasaran Digital

Bagaimana cara meningkatkan views?

Mendengar ulasan tentang dampak views yang dapat meningkatkan dampak pemasaran tentu akan membuat Sahabat Wirausaha menjadi semakin tertarik dengan topik ini. Mungkin, ada yang bertanya bagaimana cara meningkatkan views? Ada beberapa tips yang dapat Sahabat Wirausaha terapkan untuk meningkatkan views suatu konten.

  1. Buatlah konten yang dibutuhkan oleh pemirsa.
  2. Lakukan riset konten yang paling diminati oleh pemirsa. Data ini bisa diambil dari views, mana yang paling memiliki viewers tertinggi.
  3. Untuk semakin meningkatkan penjualan, jangan lupa tambahkan kalimat ajakan yang ingin dituju dalam pembuatan konten tersebut.
  4. Gunakan hastag yang relevan dengan produk atau konten yang disajikan.
  5. Jika menggunakan Instagram, untuk menambah peluang meningkatkan view, tambahkan lokasi.
  6. Variasikan konten agar menarik bagi pemirsa.

Baca Juga: Mengenal Psikologi Konsumen Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran

Jika produk yang ditawarkan masih baru, gunakan fitur iklan untuk menjangkau penonton atau pemirsa sesuai target market. Anda juga dapat meningkatkan views dengan membuat kuis, giveaway, dan lomba-lomba yang menarik untuk diikuti. Dengan aktivitas konten yang produktif, tentu dapat menambah peluang semakin meningkatkan pemirsa konten.

Baca Juga: Mengenal Costumer Acquisition

Apa konten yang dapat digunakan untuk membangun interaksi yang meningkatkan views?

Pada Instagram, Anda dapat menggunakan story untuk meningkatkan views. Melalui fitur ini, Anda dapat membuat konten yang interaktif dengan pemirsa. Anda juga dapat melakukan tips berikut untuk meningkatkan jumlah views, antara lain:

  1. Membuat konten dengan fitur Q & A;
  2. Membuat konten dengan fitur polling;
  3. Membuat konten foto produk, yang disajikan dengan menarik; dan
  4. Membuat konten video manfaat produk.
Demikian penjelasan tentang views, semoga bermanfaat untuk Sahabat Wirausaha. Salam sukses!