Sahabat Wirausaha, apakah kalian pernah mendengar istilah nano-influencer? Ya, nano influencer atau Key Opinion Leader (KOL) adalah salah satu metode marketing untuk meningkatkan jangkauan media sosial melalui dukungan produk atau barter. 

Dalam marketing media sosial, keberadaan nano influencer sangat dibutuhkan agensi dan pemilik brand karena biaya jasa relatif lebih terjangkau daripada pesohor lainnya. Memang seperti apa sih nano influencer itu? Yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini ya!


Apa Itu Nano-Influencer?

Nah, nano influencer adalah mereka yang memiliki 1.000 hingga 10.000 pengikut. Nano influencer biasanya adalah individu yang memiliki engagement tinggi meski memiliki jumlah pengikut sedikit. Ini karena konten yang mereka bagikan sudah diketahui komunitas kecilnya dan berasal dari pengalaman sehari-hari atau aktivitas pada bidang yang disukai audiens.

Karena nano influencer memiliki audiens yang kecil, mereka lebih mudah berinteraksi secara dua arah. Alhasil, pesan yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh para pengikutnya. Nano influencer merupakan salah satu metode untuk memberikan kesan otentik terhadap produk atau jasa yang dipromosikan.

Itu mengapa nano-influencer bisa menjadi pilihan yang tepat bagi wirausahawan yang baru memulai bisnis tetapi tidak memiliki anggaran besar atau segmentasi tertentu. Selain karena konten yang diberikan memiliki nilai jual, harga yang ditawarkan nano juga cukup terjangkau. Tidak heran jika mereka seringkali menerima barter value sebagai imbalan atas produk atau jasa yang ingin dipasarkan. 

Baca Juga: Onix Fragrance : Sukses Menggandeng Influencer Lewat Kolaborasi


Jenis-jenis Nano-Influencer

Sebelum membahas kelebihan dan keuntungannya, sebaiknya Sahabat Wirausaha mengetahui dulu jenis-jenis dari nano influencer, yaitu:

1. Native Nano Influencer

Native nano influencer adalah mereka yang memulai karir sebagai influencer dari nol. Meski begitu, mereka tetap memproduksi konten berkualitas tinggi demi membangun komunitas sendiri.

2. Non-Native Nano Influencer

Non-Native Nano Influencer adalah orang-orang yang memiliki keuntungan karena sudah memiliki privilege terkait ketenarannya. Jenis ini biasanya yang paling dicari oleh sebuah brand/merek.


Kelebihan Menggunakan Nano Influencer

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, nano-influencer memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah:

1. Memiliki Engagement Tinggi

Hal ini terbukti tidak hanya dari wawasan data, tetapi juga dari fakta bahwa nano influencer umumnya terlibat secara penuh dengan audiens. Jumlah pengikut yang sedikit memudahkan mereka untuk berinteraksi dengan audiens sehingga mampu menampilkan image produk yang menarik.

2. Influencer Bisa Menjadi Teman

Ketika Sahabat Wirausaha menggunakan jasa nano-influencer, maka mereka akan berinteraksi dengan audiens seolah-olah sudah saling berteman. Hal ini tentunya akan memberikan kenyamanan dan kemudahan interaksi dengan audiens terkait produk atau jasa yang dipromosikan.

3. Influencer Pemula yang Siap Tumbuh dan Berkembang

Keuntungan lain bekerja sama dengan nano influencer adalah mereka bersemangat untuk tumbuh dan berkembang dengan menyuguhkan konten-konten yang lebih fresh kepada audiens. Selain itu, nano influencer memiliki kredibilitas tinggi karena selalu fokus untuk menghasilkan konten berkualitas.

Baca Juga: Mau Bisnis Viral? Ketahui Tips Memilih Influencer Bagi UMKM

4. Biaya Lebih Murah

Nano-influencer dengan jumlah pengikut sedikit tentu saja akan mengenakan biaya lebih murah dibandingkan influencer dengan jumlah pengikut yang banyak. Bahkan beberapa dari mereka tidak bersedia dibayar dengan uang. Artinya, Sahabat Wirausaha cukup memberikan kompensasi berupa produk atau barang yang ingin dipromosikan.

5. Mudah dan Dapat Dipercaya Audiens

Ketika seorang influencer berinteraksi dengan lebih sedikit pengikut, audiens pun cenderung mempercayai apa yang dipromosikan. Hal ini terjadi karena tumbuhnya citra seorang teman, bukan sekedar orang asing. Tentu saja interaksi ini akan menghasilkan efek atau promosi dari mulut ke mulut. Selain itu, pengikut akan menganggap konten tersebut asli karena memiliki kredibilitas tinggi.

6.  Memberikan Keunggulan yang Kompetitif

Biasanya, menjadi nano-influencer adalah pekerjaan sampingan. Akibatnya, mereka tidak akan mengajukan permintaan yang tinggi. Selain itu, nano influencer juga mudah untuk menyetujui berbagai ketentuan yang sudah Sahabat Wirausaha tetapkan, misalnya seperti batasan-batasan tertentu dalam pembuatan konten.

Jika menggunakan jasa mereka, kita juga bisa memanfaatkan influencer tersebut untuk mengadakan acara khusus pada sebuah brand. Hal ini akan berdampak positif terhadap minat pengikut media sosial atau pada komunitas tertentu.


Bisnis yang Cocok Menggunakan Jasa Nano Influencer

Nano influencer bisa menjadi pilihan tepat bagi Sahabat Wirausaha yang memiliki usaha kecil dan menengah karena biaya kolaborasinya yang terjangkau. Adapun bisnis-bisnis yang cocok untuk menggunakan jasa nano influencer adalah:

  • Makanan ringan
  • Frozen food
  • Voucher game
  • Fashion
  • Kebutuhan rumah tangga

Baca Juga: Influencer Rate Card


Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu nano-influencer, kelebihan dan potensinya untuk bisnis. Namun sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka, pastikan Sahabat Wirausaha sudah mempertimbangkan segala keuntungan dan kerugiannya. Semoga membantu!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://virus.co.id/apa-itu-nano-influencer/
  2. https://www.mokapos.com/blog/nano-influencer-adalah
  3. https://lemon.co.id/articles/nano-influencer-adalah/

Referensi gambar

https://www.allstars.id/blog/wp-content/uploads/2022/02/nano-influencer-scaled.jpg