UKM Indonesia

Valuasi Merek (Brand Value)

Penulis : Sry Lestari Samosir
Editor : Annisa Anastasya
28 September 2022
Lama Baca : 3 menit

Sahabat Wirausaha, kita hidup di dunia abad ke-21 yang cukup kompetitif, khususnya dalam aktivitas bisnis. Banyak strategi yang digunakan pelaku bisnis agar produknya tampil beda dan mampu bertahan di pasar, salah satunya dengan konsep valuasi merek atau brand value. Mari simak artikel ini untuk memahami lebih dalam tentang brand value dan manfaatnya.


Apa itu Brand Value?

Valuasi merek atau brand value adalah identitas, kualitas, pesan, atau persona dari sebuah merek. Menginvestasikan waktu untuk mendalami brand value sangatlah penting bagi pelaku bisnis karena dapat membantu Anda menciptakan keunikan produk di tengah pasar yang kompetitif.

Baca Juga: Pentingnya Berjejaring dengan Supplier dan Kriteria Pemilihannya


Manfaat Brand Value

Berikut beberapa manfaat brand value yang perlu Sahabat Wirausaha ketahui, antara lain:

1. Menguntungkan Aktivitas Branding

Dalam branding, biasanya kita melakukan berbagai upaya komunikasi dengan konsumen. Menambahkan nilai dalam merek dapat memperkuat pesan yang ingin kita sampaikan. Poin ini akan membuat hubungan dengan konsumen menjadi lebih erat.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Kinerja Reseller

2. Meningkatkan Kepercayaan Bisnis

Beberapa orang merasa cocok dengan merek karena memiliki kesamaan nilai. Maksudnya, merek dan audiensnya sama-sama sepakat dengan suatu nilai. Biasanya ini terkait dengan isu sosial atau keresahan dari para konsumen sendiri. Dampaknya, merek kita mendapat kepercayaan lebih tinggi dari mereka.

3. Penargetan Lebih Relevan

Sebuah merek tanpa nilai lebih sering buang-buang uang untuk kampanye iklan yang salah target. Keuntungan dari memberi brand value adalah kita dapat menemukan prospek potensial. Cari tahu siapa mereka, dari mana asalnya dan bagaimana cara terbaik untuk menjangkaunya. Keterlibatan merek berbasis nilai memudahkan hubungan dengan para pelanggan setia.

Baca Juga: Brand Activation

4. Bisa Fokus pada Pemasaran

Setelah mengetahui targetnya, kita kini tinggal fokus menyusun strategi pemasaran yang oke. Tarik mereka lebih dalam dengan berbagai macam cara. Metode pemasarannya tidak terbatas, tergantung pada pendekatan Anda masing-masing.

5. Meningkatkan Motivasi Karyawan

Anggaplah kita memiliki perusahaan, yang bukan hanya memiliki valuasi tinggi tetapi juga sangat positif di mata pelanggan. Kemungkinan besar ini dapat menumbuhkan motivasi kerja di dalam diri setiap karyawan. Ini berarti mereka akan bekerja lebih keras demi mendukung merek kita berkembang.

Baca Juga: Tips Memilih Atribut Brand

Pada intinya brand value akan membantu kita untuk meningkatkan penjualan. Maka dari itu mari mulai menyusun strategi brand value. Semoga artikel ini bermanfaat!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. www.publikasimedia.com
  2. www.marketingtutor.net
Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: