Trade Expo Indonesia – Tahukah Sahabat Wirausaha, dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia mengalami tren positif pertumbuhan ekspor untuk berbagai produk dan jasa di pasar global loh. Salah satunya yaitu ekspor non migas yang mengalami tren positif pertumbuhan sebesar 14,98% untuk periode tahun 2018-2022. Tentu, ini merupakan kabar baik bagi Indonesia!

Namun demikian, pencapaian tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan seiring dengan persaingan yang begitu ketat antara Indonesia dengan negara-negara lain dalam meraih peluang global. Nah, dalam rangka meningkatkan kinerja ekspor Indonesia, Kementerian Perdagangan Indonesia telah melakukan berbagai upaya dan strategi. Salah satunya yaitu mengadakan Trade Expo Indonesia (TEI). Lantas, apa itu Trade Expo Indonesia (TEI)? Yuk, simak ulasannya berikut ini.


Apa Itu Trade Expo Indonesia (TEI)?

[Sumber: Headway/Unsplash]

Sahabat Wirausaha, Trade Expo Indonesia (TEI) adalah pameran dagang tahunan berskala internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indonesia. Pameran dagang ini sekaligus merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia. Adapun tujuan utama penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) yaitu untuk mempromosikan produk-produk ekspor Indonesia sehingga dapat meningkatkan kinerja ekspor nasional. 

Kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 merupakan “TEI Hybrid Edition” (TEI Edisi Hybrid) yaitu bentuk transformasi dari TEI konvensional. Disebut sebagai edisi hybrid karena merupakan dilaksanakan dalam dua agenda yaitu kegiatan onsite (18 Oktober - 22 Oktober) dan kegiatan online (18 Oktober – 18 Desember).  Ini merupakan strategi baru yang digunakan Kemendag untuk menjangkau pasar global.

Baca Juga: ​Daftar Pameran Dagang di Eropa, Peluang Promosi Produk UMKM di Kancah Global!

Kemendag juga secara proaktif mengundang para pembeli dan investor untuk berinteraksi secara langsung dengan penyedia produk dan jasa ekspor Indonesia dalam kegiatan pameran tersebut.  Dilansir dari ekonomi.bisnis.com, di tahun ini terdapat sekitar 5600 calon pembeli internasional yang telah terdaftar untuk mengikuti kegiatan Trade Expo Indonesia (TEI) 2023. Secara rinci, data calon pembeli dari berbagai negara tersebut yaitu sebagai berikut.

  1. India : 11,76% dari total pendaftar.
  2. Malaysia : 7,3% dari total pendaftar.
  3. China : 2,20% dari total pendaftar.
  4. Australia : 1,9% dari total pendaftar.
  5. Brasil : 1,56% dari total pendaftar. 

Pameran dagang ini terdiri dari dua jenis kegiatan antara lain:

  • ‘B to B’ (Business to Business), yang diadakan pada hari rabu sampai Jumat.
  • ‘B to B’ (Business to Business) dan ‘B to C’ (Business to Customer), yang diadakan pada hari Sabtu dan Minggu.

Trade Expo Indonesia (TEI) juga dihadiri oleh ratusan peserta pameran dagang dari berbagai bidang usaha yaitu antara lain:

    • Health Care & Beauty (Perawatan Kesehatan & Kecantikan)
  • Food & Beverages (Makanan & Minuman)
  • Manufacture (Manufaktur)
  • Fashion & Accessories (Mode dan Aksesoris)
    • Furniture & Home Decor (Furnitur & Dekorasi Rumah)
  • Digital & Services (Digital dan Layanan)
  • Medical Equipment (Peralatan Medis)

Melalui kegiatan pameran dagang tersebut, Kemendag berupaya untuk mengembangkan jaringan bisnis, menarik investasi, serta menampilkan produk dan layanan terbaik Indonesia kepada para pembeli dari mancanegara. Selain itu, Trade Expo Indonesia (TEI) tidak hanya menampilkan pameran tapi juga berbagai kegiatan paralel seperti seminar internasional, business matching, dan business counseling.

Baca Juga: Membedah Pameran Internasional di Asia

Mungkin Sahabat Wirausaha bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud dengan business matching dan business counseling? Nah, dilansir dari laman web beacukai.go.id, business matching merupakan pertemuan bisnis antara pelaku bisnis dengan calon mitra distribusi, calon mitra supplier, calon mitra pendanaan dan juga calon mitra investor untuk melakukan kesepakatan bisnis. 

Sementara itu, dilansir dari kemendag.go.id, business counseling merupakan kegiatan konseling bisnis yang bertujuan untuk membantu  para  pelaku  usaha  kecil  dan  menengah  (UKM)  untuk  melakukan konsultasi  secara langsung  dengan  perwakilan  perdagangan. Adapun peserta kegiatan  business counseling di TEI 2023 dihadiri oleh 377  peserta  yang  meliputi  pelaku  UKM,  eksportir,  dan  calon  eksportir  yang  merupakan ekshibitor, serta para pengunjung TEI.

Nah, bagi Sahabat Wirausaha yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Trade Expo Indonesia dan daftar pesertanya, dapat mengunjungi laman web tradexpoindonesia.com maupun laman web  satudata.kemendag.go.id. Demikian ulasan mengenai Trade Expo Indonesia.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Referensi : beacukai.go.id, ekonomi.bisnis.com , kemendag.go.id, satudata.kemendag.go.id, tradexpoindonesia.com.