Perkembangan zaman pasti membuat bisnis mau tidak mau bertransformasi ke arah digital yang serba cepat. Sahabat Wirausaha juga pasti merasakan sendiri bagaimana cepatnya proses digitalisasi di berbagai aspek bisnis. Namun sebagai pelaku usaha, Sahabat Wirausaha perlu menganggap kecepatan ini sebagai peluang untuk mempercepat proses bisnis dan juga memperluas jangkauan pemasaran dari produk Sahabat Wirausaha. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pasar daring atau online marketplace sebagai tempat untuk memasarkan produk dan menyelesaikan transaksi.

Baca Juga : Solusi Transaksi Digital Untuk Pengelolaan Keuangan Bisnis

Mungkin beberapa Sahabat Wirausaha telah nyaman dan pandai dalam mengelola transaksi bisnis digital. Tak sedikit pula yang belum pernah mencoba untuk memasarkannya via digital ini. Oleh karenanya, berikut adalah petunjuk untuk Sahabat Wirausaha mempersiapkan dan mengelola transaksi digital.


Tahap Persiapan

1. Persiapkan perangkat gawai atau ponsel pintar khusus

Perangkat ponsel pintar khusus untuk bisnis sangat dibutuhkan dalam mengelola transaksi bisnis. Pemisahan antara ponsel pribadi dengan bisnis dapat mempermudah pengelolaan transaksi. Spesifikasi ponsel tersebut tidak perlu terlalu bagus namun hanya perlu pada kelas menengah ke atas di harga sekitar Rp1.500.000 sampai dengan Rp3.000.000. Berikut adalah beberapa contoh ponsel pintar yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi digital.

Baca Juga : Spesifikasi Gawai yang Perlu Dimiliki Untuk Optimalkan Jualan Online

2. Siapkan rekening

Rekening di sini digunakan untuk memudahkan proses transaksi digital nantinya ketika pembayaran dilakukan secara tidak langsung. Penggunaan rekening juga sangat menguntungkan karena pencatatan keluar masuk yang jelas dibandingkan uang kas. Beberapa rekening memiliki biaya administrasi rendah. Bahkan jika menggunakan bank Syariah Sahabat Wirausaha dapat memilih tabungan dengan biaya administrasi 0 rupiah saja.

3. Foto produk yang mumpuni

Untuk menarik banyak pelanggan, foto produk yang bagus dan jelas serta memperhatikan detail akan membuat calon pelanggan mengunjungi toko digital Sahabat Wirausaha. Oleh karenanya foto produk sedikit banyak berperan penting dalam mengarahkan calon pelanggan untuk membeli produk. Salah satu produk UKM yang memiliki foto produk yang mumpuni adalah Melts yang memproduksi kudapan coklat.

Baca Juga : Tips Mengambil Foto Produk Secara Profesional

4. Memberikan harga yang kompetitif

Harga yang kompetitif sangat berperan dalam pasar digital dikarenakan para calon pelanggan sangat sensitif terhadap harga. Penting untuk pelaku usaha digital selalu memperhatikan para kompetitor dalam memberikan harganya. Harga terbaik bukan berarti harga termurah melainkan harga yang sepadan dengan kualitas produk.

5. Merapikan toko digital

Toko digital dapat diandaikan seperti toko fisik Sahabat Wirausaha namun dalam bentuk digital. Sehingga, masih perlu penataan dan merapikan toko tersebut. Merapikan toko dapat dilakukan dengan memasang foto-foto produk yang jelas, memberikan harga yang kompetitif, menjelaskan detail produk pada deskripsi produk, dan memberikan alur untuk menyelesaikan transaksi yang jelas. Dengan begitu, para calon pelanggan akan memiliki informasi dan ekspektasi yang sesuai dengan apa yang ditampilkan pada toko digital para Sahabat Wirausaha.

Baca Juga : Dapatkan Traffic Untuk Toko Online Anda Menggunakan SEO di Marketplace


Tahap Pelaksanaan

1. Promosikan toko digital

Pemberitahuan kepada pelanggan bahwa produk Sahabat Wirausaha kini tersedia di toko digital sangat membantu untuk meningkatkan kewaspadaan para pelanggan dan calon pelanggan. Memberitahukan dari mulut-ke-mulut, berbagi dengan kawan di media sosial, bahkan bisa juga dengan menggunakan fitur iklan digital. Semua dilakukan sesuai dengan kebutuhan Sahabat Wirausaha.

Baca Juga : Membangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial

2. Segera balas pesan dari calon pelanggan

10 Pesan Email Marketing yang Bisa Anda Kirim ke Pelanggan | Entrepreneur  Camp

Ketika memiliki toko digital, banyak calon pelanggan yang akan menanyakan produk dengan fitur pesan digital. Pertanyaan para calon pelanggan dapat meliputi berbagai aspek seperti ketersediaan produk, kapan produk dikirimkan, cara pembayaran, spesifikasi detail produk, dan lain-lain. Sebagai pemilik toko yang baik, Sahabat Wirausaha perlu membalas pesan tersebut dengan cepat serta dibalas dengan keramahan. Cara dan bagaimana Sahabat Wirausaha membalas pesan merupakan pengalaman bisnis bagi mereka yang akan membekas sehingga perlu untuk memberikan usaha terbaik agar mereka segera melakukan transaksi dan dapat membeli kembali serta menjadi langganan di toko.

Baca Juga : Menjamin Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Mitra Bisnis Lewat Kontrol Kualitas

3. Perbarui dan tingkatkan toko

Toko yang baik adalah toko yang selalu memperbarui ketersediaan dan mengganti harga jika terjadi perubahan harga. Sehingga, para pelanggan selalu tahu bahwa produk tersebut tersedia dengan harga yang benar dan mengurangi kekecewaan pelanggan karena produk ternyata tidak ada.


Tahap Penyelesaian Transaksi

1. Cek pesanan

Setelah terjadi transaksi oleh pembeli, segera cek pesanan dan pastikan barang tersedia. Kemudian cek juga metode pembayaran yang diinginkan oleh pelanggan karena akan menyesuaikan ekspektasi Sahabat Wirausaha sebagai penjual. Terakhir, metode pengiriman yang diinginkan pelanggan. Apakah pelanggan menginginkan barangnya dikirim dengan ojek daring, kurir, ataupun ternyata akan diambil langsung oleh pelanggan. Sesuaikan juga jenis kurir yang diminta oleh pelanggan. Apakah pelanggan meminta kurir spesifik atau bebas yang tersedia saja. Ketiga hal tersebut menjadi sangat penting untuk menyelesaikan pesanan dengan baik.

2. Kemas pesanan dengan kemasan yang aman

https://images.tokopedia.net/img/BgtCLw/2020/7/3/9321e998-f136-45fa-b458-1a8071887d02.jpg?ect=4g

Pilih kemasan yang aman untuk segala jenis pengiriman. Penggunaan bubble wrap menjadi solusi agar barang tidak rusak. Perhatikan jenis produk yang akan dikirimkan apakah mudah rusak ataupun pecah. Jika diperlukan kemas dengan kayu juga dibutuhkan untuk barang seperti cermin, piring, gelas, dan sebagainya. Kemasan yang baik akan memberikan hasil yang baik sehingga pelanggan tidak kecewa saat produk datang ke tempatnya.

Baca Juga : Di Mana Cari Inspirasi Logo, Kemasan, dan Jargon?

3. Tuliskan alamat pengiriman yang jelas

Alamat pengiriman perlu sangat jelas agar tidak merepotkan kurir yang mengirimkan produk tersebut. Jika pelanggan memberikan alamat yang kurang jelas, sudah sepatutnya Sahabat Wirausaha untuk mengonfirmasi ulang informasi tersebut sehingga tidak ada kesalahpahaman dan risiko produk tidak terkirim dan dikembalikan kepada Sahabat Wirausaha.

4. Minta tinjauan kepada pelanggan

Setelah dapat konfirmasi dari pihak ekspedisi bahwa barang sudah sampai. Segera minta tinjauan kepada pelanggan sebagai bahan perbaikan dan menjaga kualitas produk. Selain itu, tinjauan pelanggan juga dapat digunakan sebagai penarik pelanggan lain. Beberapa pasar digital memberikan fitur untuk menampilkan tinjauan para pelanggan terhadap produk. Semakin banyak tinjauan, semakin percaya juga para pelanggan terhadap toko digital Sahabat Wirausaha.

5. Segera respons tinjauan negatif dari pelanggan

Jika pelanggan kurang puas dengan produk yang dikirimkan segera cari tahu apakah kesalahan tersebut berasal dari pelanggan atau Sahabat Wirausaha. Jika kesalahan berasal dari Sahabat Wirausaha, segera buat permohonan maaf dan opsi untuk melakukan perbaikan. Bisa dengan mengirimkan barang kembali atau pengembalian uang. Namun, Sahabat Wirausaha juga perlu bijak dalam menanggapi kritik.

Baca Juga : Retensi Pelanggan

6. Hati-hati dengan penipuan

Modus Pacaran, Komplotan Penipu Diotaki Warga Afrika Kuras Uang Korban  Rp15,8 Miliar | merdeka.com

Penipuan dalam dunia digital tak dapat disangka-sangka sangat banyak ragamnya dan metodenya. Oleh karena itu, tiap kali terdapat transaksi mencurigakan, Sahabat Wirausaha perlu untuk memperhatikan dengan detail dan berhati-hati. Terutama jika transaksinya dengan nominal besar dengan pemesan yang tidak jelas.

Dengan melakukan tahapan-tahapan di atas, Sahabat Wirausaha akan memiliki pengalaman yang baik dalam mengelola transaksi digital. Berbagai permasalahan yang timbul juga akan dapat diselesaikan dengan cepat seiring jalannya waktu dan sering mendapatkan pesanan digital. Tips di atas dapat membantu para Sahabat Wirausaha untuk meraih omzet yang lebih tinggi dan melebarkan sayap yang lebih luas di kancah domestik maupun internasional. Yuk, saatnya UKM Go Digital!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.