Cosmetic product packaging mockup Free Psd

Sahabat wirausaha, persaingan usaha kian hari semakin ketat, berbagai inovasi dan keunikan coba ditonjolkan para pelaku usaha. Tak ada batasan pasti, selama ide masih bergulir, maka selama itu pula akan banyak inovasi dari produk dan layanan.

Pada artikel ini sahabat wirausaha akan belajar untuk menciptakan keunggulan unik produk dan menceritakannya. Hal ini penting guna membedakan produk sahabat wirausaha dengan para pesaing.

Baca Juga: Inovasi Radikal


Apa Itu Keunikan Produk?

Keunikan produk adalah sesuatu yang mengidentikkan barang atau jasa tertentu yang dapat menimbulkan suatu persepsi seseorang terhadap barang atau jasa tersebut. Ahli lain mengatakan bahwa keunikan produk adalah nilai tambah yang membuat produk tampil beda dibandingkan dengan pesaing lain.

Keunikan produk ini memberikan pengaruh terhadap suatu perusahaan. Manfaat yang bisa didapatkan dari keunikan produk adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Tips Desain Kemasan untuk Menonjolkan Keunggulan Produk dan Citra Brand

1. Keunikan akan memperpanjang siklus hidup produk

Suatu produk pasti akan mengalami siklus penurunan. Jadi pada prinsipnya sebelum terjadi penurunan di dalam pemasaran produk, perlu dilakukan strategi keunikan produk supaya penjualan di dalam pemasaran meningkat kembali.

2. Keunikan akan membuat produk lebih diingat oleh konsumen

Keunikan akan membuat produk lebih melekat di benak konsumen. Sebagai informasi, perbedaan yang ada pada produk akan membuat konsumen lebih mudah untuk mengingat produk yang dipasarkan karena adanya point of interest yang dimiliki yaitu keunikan yang tidak dimiliki oleh produk lain.

Pada dasarnya segala sesuatu yang unik dan tidak dimiliki oleh produk lain merupakan suatu hal yang selalu memancing rasa ingin tahu konsumen. Berbekal rasa ingin tahu tersebut, konsumen akan tertarik untuk mengetahui produk atau jasa tersebut dengan lebih dalam dan biasanya tertarik untuk mencoba mengkonsumsi produk tersebut.

Baca Juga: Lima Alasan Kenapa Budaya Inovasi Penting Bagi UMKM

3. Keunikan akan membuat produk terlihat lebih baik dibandingkan produk lain

Hal ini disebabkan karena keunikan tersebut adalah nilai tambah dari produk yang dipasarkan. Suatu produk yang memiliki bentuk dan keunggulan yang relative sama dengan produk lain biasanya akan terlihat biasa saja di mata konsumen, karena pada prinsipnya konsumen sering merasa jenuh dengan penawaran produk atau jasa yang keunggulannya relative sama dengan yang lain.

Dengan adanya keunikan atau perbedaan yang menarik dari produk, maka hal tersebut akan membuat konsumen memiliki persepsi bahwa produk yang dihasilkan lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Dengan persepsi itu, maka konsumen juga tertarik untuk mencoba menggunakan produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.

4. Keunikan akan membuat nilai jual produk yang dipasarkan menjadi lebih tinggi

Perusahaan dapat menjual produk dengan harga yang lebih tinggi karena keunikan yang dimiliki, sehingga menambah rasa percaya diri perusahaan tersebut.

Baca Juga: 8 Jenis Inovasi yang Efektif Untuk Menaikkan Skala UMKM

5. Membantu terciptanya image produk

Semakin unik produk yang ditawarkan, maka akan semakin memudahkan konsumen dalam mengenali produk tersebut. Dan semakin banyak konsumen yang mengenali produk kita, maka semakin besar pula peluang untuk menanamkan image produk yang perusahaan tawarkan di hati para konsumen.


Bagaimana Menciptakan Keunikan Suatu Produk?

Berikut ini akan kami tampilkan beberapa cara agar bisa tampil unik, berbeda, dan memenangkan persaingan usaha dengan keunikan tersebut. Cara ini dapat membantu sahabat wirausaha menemukan dimana letak keunikan yang harus ditonjolkan, dan bagaimana cara agar produk atau layanan kita, dapat tampil stand out diantara produk atau layanan sejenis.

1. Memperhatikan competitor

Kompetitor atau pesaing kita akan berdampak positif bagi usaha kita, apabila kita tahu kelebihan dan kelemahan dari pesaing kita, dan belajar dari kesalahan kompetitor kita tersebut. Buat riset yang yang mampu memetakan secara menyeluruh, tentang para kompetitor kita. Hal yang baik kita ambil dan yang buruk kita perbaiki.

Pesaing adalah pemicu agar kita mampu berbenah diri, jika ingin sukses dalam persaingan usaha, maka perhatikan dengan seksama pesaing-pesaing kita, lalu jadikan semua kelebihan serta kekurangannya menjadi bahan introspeksi kita. Berikan sentuhan yang baru, agar menjadi ciri khas dan karakter produk atau layanan kita.

Baca Juga: 10 Tipe Inovasi Bisnis yang Perlu Dilakukan

Apabila kita mampu menyentuh semua yang kita serap dengan ciri khas kita, maka hal tersebut akan berdampak sangat baik bagi produk atau layanan kita, jalan memenangkan persaingan terbuka lebar, konsumen pun dapat mengenali dengan mudah produk atau layanan kita.

2. Menerima saran dan kritik

Saran dan kritik adalah suplemen penambah energi kesuksesan kita. Selalu minta saran dan kritik dari orang terdekat, menerima kritik dan saran dari para pelanggan atau calon pelanggan kita, dan mengambil intisari dari hal tersebut, sangatlah tepat dalam upaya membangun produk yang unik, berbeda, dan memiliki daya saing dan daya jual yang tinggi.

Tak ada yang sia-sia dari menerima kiritik dan saran tersebut, bukan tidak mungkin dari masukan-masukan berharga tersebut, mampu membentuk karakter unik dari produk atau layanan usaha kita. Selama kita mampu menerima kritik dan saran dengan lapang dada, dan menjadikan hal tersebut sebagai pemicu kesuksesan kita, maka akan banyak hal-hal positif yang akan kita dapatkan.

Mengetahui hal-hal yang diinginkan oleh para pelanggan juga hal yang sangat baik, karena walau bagaimanapun, mereka adalah muara dari semua yang kita hasilkan. Pastikan kita mengakomodir dengan baik semua saran dan kritik yang mengarah pada kita.

3. Membebaskan ide sebebas-bebasnya

Ada kalanya pikiran dan kreativitas kita terkungkung karena diri kita sendiri, kita terkadang membatasi ide yang berseliweran, tidak berani menangkap setiap ide yang muncul karena berbagai macam alasan. Entah karena kita berpikir ide tersebut sulit diwujudkan, terlalu aneh, atau terlalu mengada-ada.

Baca Juga: Membangun Tim Dengan Budaya Inovasi

Bebaskan pikiran, buatlah mindset bahwa membebaskan ide adalah hal yang baik, membebaskan ide adalah salah satu kunci dalam menemukan keunikan produk dan layanan kita. Biarkan ide mengalir sebebas mungkin, jangan pernah meremehkan kekuatan ide, karena banyak hal yang dirasa mustahil di dunia ini pun dulunya hanya berupa ide liar yang nampak aneh dan cenderung mengada-ada, atau banyak dibilang berkhayal.

Tak ada yang salah dari sebuah ide, terkadang hanya diri kita saja yang terlalu membebankan pikiran kita untuk memproduksi ide yang itu-itu saja. Monoton dan cenderung main aman adalah hal yang harus kita hindari. Kita sedang berusaha menemukan hal yang unik, maka kita harus berpikir diluar kebiasaan kita.

4. Implementasi ide

Setelah kita membebaskan ide yang berseliweran, kini tiba saatnya kita untuk mengimplementasikan ide tersebut, tiba saatnya kita mengeksekusi ide tersebut. Jika masih ragu dalam menerapkan ide tersebut, maka mintalah saran dari orang terdekat, atau pengusaha yang lebih senior dan lebih sukses dari kita.

Baca Juga: Memberdayakan Potensi Lokal Dengan Inovasi Melalui Singkong Ala Sriminil Cake Singkong

Pelaksanaan ide sangat bergantung perencanaan yang matang, gagal dalam merencanakan sesuatu, sama saja dengan merencanakan kegagalan. Apabila rencana sudah disusun secara matang, maka tiba saatnya kita untuk memberanikan diri untuk memulai langkah dalam pelaksanaan ide tersebut, dan menjalankannya dengan penuh keyakinan.

5. Berani mengambil resiko

Banyak orang yang mengatakan, berani untuk sukses, harus berani mengambil resiko. Idiom tersebut, kadangkala ada benarnya, yang membedakan pengusaha sukses dan kurang sukses, biasanya hanyalah keberanian dalam mengambil resiko. Bisnis adalah tentang membuat pilihan yang tepat diantara pilihan-pilihan yang mengandung resiko tinggi.

Bisnis adalah manajemen resiko, dan bagaimana cara menangani resiko kegagalan-kegagalan tersebut. Apabila dalam berbisnis kita tidak mampu berani mengambil resiko, maka dapat dipastikan bahwa semua yang kita rencanakan dengan matang adalah sia-sia belaka, tak ubahnya seperti seseorang yang gemar bermimpi, namun tak berusaha mewujudkannya.

6. Sabar dan konsisten

Sabar dan konsisten adalah hal yang mudah diucapkan, namun sulit untuk dijalankan. Banyak diantara para pengusaha yang tidak sabar dalam menuju kesuksesan. Tidak konsisten dalam menjalankan usaha. Apabila suatu usaha yang kita lakukan gagal dalam pelaksanaannya, maka teruslah berusaha, dengan sabar dan konsisten, niscaya akan membuahkan hasil yang baik.

Kecenderungan dari para pengusaha adalah, baru menjalankan inovasi tertentu, lalu perubahan tersebut tidak membuahkan hasil, maka langsung putus asa, berhenti melakukan inovasi, kapok menjalankannya lagi.

Baca Juga: Melirik Peluang Bisnis di Sektor Pertanian Lewat Inovasi

Padahal apabila kita konsisten, mungkin saja kesuksesan sudah di depan mata. Karena terkadang kesuksesan itu membutuhkan kesabaran, dan membutuhkan lebih banyak waktu. Kunci dalam melakukan hal ini adalah terus-menerus tanpa henti.

7. Evaluasi

Setelah melakukan perencanaan yang matang,dan implementasi dari ide-ide yang kita miliki. Maka harus dilakukan evaluasi, mana usaha atau tindakan yang dinilai berhasil, maka usaha atau tindakan tersebut harus kita tingkatkan, sedangkan usaha yang tidak menghasilkan sesuatu yang baik, harus kita evaluasi, mana yang menjadi kekurangan, apa saja hambatannya, bahkan kita hentikan jika perlu.

Kita alihkan seluruh daya dan upaya kita kepada hal yang lebih membuahkan hasil. Jangan pernah lelah untuk melakukan inovasi, perubahan dan menemukan keunikan serta ciri khas dari produk atau layanan kita.

Lakukan evalusi dalam jangka waktu tertentu, seperti evaluasi mingguan atau bulanan. Evaluasi secara menyeluruh dan sesuai dengan realitas adalah sesuatu yang harus kita lakukan, semua demi kemajuan usaha kita di masa yang akan datang.

8. Berpikir outside the box

Mungkin banyak dari kita yang masih saja berusaha menemukan keunikan produk dan layanan yang kita miliki, namun dengan pola pikir yang itu-itu saja, pola pikir yang konvensional, konservatif dan cenderung takut keluar dari zona nyaman. Apabila terus kita melakukan seperti itu, maka dapat dipastikan kita tak akan pernah mendapat ide-ide yang segar.

Berpikirlah berani, keluar dari zona nyaman kita, tantang diri agar selalu terasah dalam menghadapi persaingan yang kian ketat. Berpikirlah dengan kacamata dan cakrawala pemikiran yang baru, agar dapat menemukan keunikan dari produk atau layanan kita.

Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram


Menceritakan Keunikan Suatu Produk

Salah satu cara yang dapat sahabat wirausaha lakukan untuk menceritakan keunikan produk adalah dengan buzz marketing. Buzz marketing adalah strategi marketing untuk meningkatkan engagement atau penjualan bisnis melalui mulut ke mulut. Adapun mulut yang dimaksud dalam hal ini adalah mulut dari para buzzer. Secara umum, buzz marketing merupakan bagian dari viral marketing.

Jadi, secara sederhana, strategi marketing yang satu ini memanfaatkan buzzer untuk terus membicarakan keunggulan dan keunikan produk atau layanan agar menjadi trending di dunia maya. Secara tidak langsung, lama-kelamaan orang-orang juga akan tertarik membicarakan produk tersebut dan menceritakannya kepada orang terdekatnya.

Alhasil, engagement bisnis akan meningkat karena banyak publik mengetahui tentang produk atau layanan milik sahabat wirausaha. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, berikut tips-tips yang bisa dilakukan saat melakukan buzz marketing:

1. Buat kampanye yang menarik

Salah satu cara untuk memaksimalkan buzz marketing adalah dengan memikirkan konsep yang matang untuk membuat kampanye dan konten. Usahakan untuk membuat kampanye yang lebih menarik dari pesaingmu. Pastikan, isi kampanyemu memiliki pesan yang emosional sehingga menyentuh para pelangganmu.

Baca Juga: Kesuksesan Ekspor Hitara Black Garlic Menciptakan Nilai Keunggulan Produk Bawang

2. Maksimalkan media sosial

Untuk menjadikan produkmu viral, pastikan kamu sudah memaksimalkan media sosial dengan sebaik mungkin. Bagikan kampanyemu ke berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain.

Selain itu, usahakan juga untuk memanfaatkan email marketing untuk menyampaikan kampanyemu kepada pelanggan. Dengan memaksimalkan segala platform online yang tersedia, produkmu akan jadi bahan perbincangan bagi banyak orang.

3. Meningkatkan kualitas produk

Ingat, kampanye yang viral harus diimbangi dengan kualitas produk yang luar biasa. Akan sangat disayangkan jika ekspektasi konsumen terhadap produkmu tidak dipenuhi dengan maksimal. Padahal, kamu telah membuat kampanye yang sedemikian rupa dengan menceritakan kelebihan dari produkmu. Oleh karena itu, seimbangkan antara viral dan kualitas dari produk atau layananmu agar memenuhi ekspektasi pelanggan.

4. Analisis kampanye

Jangan lupa untuk melakukan analisis kampanye yang sudah kamu jalankan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa besar animo pelanggan terhadap produkmu. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui mana yang harus diperbaiki dan dikurangi untuk kampanye selanjutnya.

Demikian sedikit penjelasan yang dapat disampaikan mengenai pentingnya menciptakan keunikan produk dan menceritakannya agar orang-orang semakin mengenali bisnis milik sahabat wirausaha. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat wirausaha semua yang membacanya! See you on TOP!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://www.dewaweb.com/blog/menemukan-keunikan-un...
  2. https://text-id.123dok.com/document/9yn6g3pqv-keun...
  3. https://123dok.com/document/6zk6xeyx-pengaruh-keun...
  4. https://text-id.123dok.com/document/7qvl72ly-anali...