Pengertian Inovasi Radikal
Inovasi radikal adalah sebuah langkah dalam komersialisasi produk atau layanan dengan menggunakan teknologi yang memiliki dampak besar bagi masyarakat. Perkembangan inovasi radikal memiliki dua sisi, yaitu sisi perusahaan dan pasar. Perusahaan dengan keunggulannya akan mendorong terjadinya gagasan radikal yang inovatif, sedangkan pasar menawarkan manfaat kepada pelanggan melalui produk yang dihasilkan dari gagasan tersebut.
Baca Juga : Tips Memilih Mitra Ahli untuk Melakukan Inovasi
Jenis-Jenis Inovasi
Inovasi memiliki berbagai jenis tergantung pada dampak yang ditimbulkan bagi pasar dan penggunaan teknologi terbarukan. Jenis inovasi dapat dijelaskan sebagai berikut:
Sumber Foto: Viima.com
Inovasi berkelanjutan (sustaining innovation) dan inovasi tambahan (Incremental innovation) memiliki kesamaan konsep yaitu sebuah inovasi yang diciptakan untuk mempertahankan posisi perusahaan dalam pasar yang telah memiliki produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan pasar. Kedua inovasi ini memiliki dampak yang kecil bagi pasar dan menggunakan teknologi yang bukan terbaru.
Baca Juga : Tips Memilih Mitra Ahli untuk Melakukan Inovasi
Sedangkan inovasi disrupsi (disruptive innovation) dan inovasi radikal (radical innovation) memiliki kesamaan konsep karena inovasi yang dihasilkan mampu mengubah cara pasar dalam mengakses produk atau layanan yang telah ada sebelumnya. Kedua inovasi ini menggunakan teknologi terbarukan dalam menjawab permasalahan pelanggan dengan menciptakan sebuah model bisnis dan produk atau layanan yang baru sehingga memiliki dampak yang luas bagi masyarakat.
Baca Juga : Membangun Tim Dengan Budaya Inovasi
Tiga Level Inovasi Radikal
Dalam inovasi radikal, terdapat tiga level dalam mengembangkan sebuah inovasi yang memiliki dampak dan dapat mengubah pasar yang lebih luas, yaitu sebagai berikut:
Sumber Foto: 1000ventures.com
- Level 1: Breakthrough
Pada tahap ini, sebuah inovasi mampu memberikan sebuah solusi yang lebih kreatif dalam menjawab permasalahan yang terdapat pada pelanggan yang sebelumnya tidak dapat diselesaikan oleh kompetitor bisnis serupa.
- Level 2: Disruptive
Pada tahap ini, sebuah inovasi mampu menciptakan sebuah ceruk pasar (niche market) yang baru. Pada tahap ini inovasi yang dihasilkan telah dikenal luas dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat.
- Level 3: Game Changing
Pada tahap ini, inovasi telah mengubah sebuah permainan. Inovasi yang diciptakan mampu mengubah masyarakat dalam mengakses sebuah informasi, produk, serta layanan yang ada sebelumnya. Pasar telah berubah pada sebuah pola pikir baru dalam menggunakan produk.
Baca Juga: Design Thinking bagi UKM dalam Inovasi
Studi Kasus Penerapan Inovasi Radikal
Agar Sahabat Wirausaha lebih mudah memahami konsep inovasi radikal maka kami akan memberikan studi kasus dalam penerapan inovasi radikal yang telah terjadi disekitar kita.Contoh yang paling mudah adalah hadirnya GOJEK. GOJEK telah mengubah cara kita dalam mengakses produk dan layanan yang telah ada sebelumnya. Sebelumnya, kita harus pergi ke pangkalan untuk mendapatkan ojek yang akan mengantar kita ke suatu tempat. Dengan adanya GOJEK, kita cukup memesannya melalui aplikasi, lalu pengemudi ojek yang sudah dipesan akan menjemput. Begitu pula dalam hal membeli makanan, kita sudah terbiasa menggunakan layanan pesan makanan melalui layanan Go Food. Dengan ini GOJEK mampu mengubah cara kita dalam mengakses sebuah produk dan layanan.
Baca Juga : 8 Jenis Inovasi yang Efektif Untuk Menaikkan Skala UMKM
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi:
3 level inovasi radikal | 1000ventures.com