Membuat Content Plan - Menggunakan media digital untuk proses pemasaran mengharuskan kita membuat konten-konten menarik untuk meningkatkan ketertarikan audiens kita. Bagi pelaku usaha yang sudah lama bergelut di pemasaran digital mungkin semakin menyadari bahwa konten yang menarik bisa meningkatkan minat audiens atau calon konsumen terhadap produk yang kita pasarkan.

Di sisi lain, menyiapkan dan memproduksi konten yang menarik membutuhkan waktu yang tak singkat. Butuh waktu untuk meramu konsep, menyiapkan ide, dan merapikan desain hingga mampu hasilkan konten yang menarik bagi audiens.

Namun, sekedar memposting konten saja tak cukup. Nyatanya, jika hanya memposting konten jualan terus menerus akan membuat audiens kita jenuh dan menurunkan tingkat engagement atau keterlibatan mereka untuk menyukai dan memberi komentar pada postingan kita. Nah, strategi content planning bisa jadi solusi agar konten yang kita posting tetap terasa fresh dan menarik.


Mengenal Content Planning dan Cara Menerapkannya

Content planning adalah proses merencanakan dan mengorganisir pembuatan konten untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya untuk meningkatkan brand awareness hingga penjualan. MEmbuat content planning akan memberi kita kemudahan dalam: mencapai tujuan bisnis, menjangkau target konsumen yang tepat, membuat konten yang menarik dan relevan dengan target konsumen, dan mengoptimalkan anggaran.

Lalu langkah apa yang perlu kita lakukan untuk membuat content planning?

1. Tentukan Tujuan

Sahabat Wirausaha, penting bagi kita untuk menentukan tujuan pembuatan konten. Apa yang ingin kita capai? Apakah ingin meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) atau meningkatkan penjualan? Setelah menentukan tujuan, kita baru dapat mulai mengembangkan content planning yang sesuai.

2. Kenali Audiens atau Target Konsumen

Langkah selanjutnya adalah mengenal audiens kita. Siapa yang ingin dijangkau dengan konten tersebut? Apa yang target konsumen kita minati? Apa yang mereka butuhkan? Semakin baik kita memahami target audiens atau konsumen, semakin relevan konten yang dapat kita buat.

3. Gunakan Media yang Tepat

Ada banyak platform atau media yang dapat kita gunakan untuk mendistribusikan konten Anda. Pilih media yang paling sesuai dengan target audiens Anda. Misalnya, jika targetnya adalah anak muda, kita dapat gunakan platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. 

4. Buat Jadwal Konten

Setelah memiliki tujuan, menentukan target konsumen, dan memilih media yang tepat, kita dapat mulai membuat jadwal konten. Jadwal konten akan membantu kita tetap konsisten dalam membuat dan mendistribusikan konten.

5. Buat Konten Berkualitas

Konten yang berkualitas adalah kunci keberhasilan dalam perencanaan konten atau content planning. Konten yang berkualitas adalah konten yang menarik, informatif, dan relevan dengan audiens Anda.

6. Evaluasi Konten

Setelah mulai membuat konten, penting untuk mengevaluasinya secara berkala. Evaluasi konten akan membantu kita untuk mengetahui konten mana yang berhasil dan konten mana yang perlu diperbaiki.

Nah, Sahabat Wirausaha, dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kita dapat membuat content planning yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis sesuai harapan.

***

KOMPETISI KONTEN JUALAN SPESIAL HUT KE-6 UKMINDONESIA.ID

Memeriahkan HUT UKMINDONESIA.ID yang ke-6 tahun, kami ingin bagi-bagi hadiah untuk Sahabat Wirausaha semua sekaligus ngajak kalian untuk #BeneranNaikKelas dengan konten
📸

Menangkan uang tunai total 2 juta rupiah!

Juara 1: 700 Ribu Rupiah
Juara 2: 500 RIbu Rupiah
Juara 3: 300 Ribu Rupiah
Juara 4 dan 5: 250 Ribu Rupiah
serta dapatkan produk dari UKMJAGOWAN Snack Zone, Pawon Narasa dan Tentang Pristiwa

Simak tata cara dan ketentuan selengkapnya serta submit kontenmu pada link:
https://bit.ly/UKMID6KONTEN