Artem Beliaikin/Unsplash

Sahabat Wirausaha, ketika menjalankan bisnis, pernahkah Sahabat Wirausaha menerima orderan yang begitu banyak dalam satu waktu? Kira-kira hal apa saja yang memicu tingginya orderan saat itu?

Apakah karena harganya murah? Apakah karena bisnis Sahabat Wirausaha menggunakan jasa endorser sehingga produk bisnis dikenal secara luas? Atau kah, ada alasan lainnya?

Baca Juga: Mengenal Psikologi Konsumen Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, sangatlah penting bagi Sahabat Wirausaha untuk memahami tentang Hukum Permintaan. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.


Apa itu Hukum Permintaan?

Disadur dari sumber Investopedia, Hukum Permintaan (Law of Demand) merupakan salah satu konsep dasar dalam ekonomi yang menyatakan bahwa jumlah barang yang dibeli berbanding terbalik dengan harga. Definisi tersebut sejalan dengan bunyi Hukum Permintaan yang disadur dari sumber Wikipedia, antara lain sebagai berikut.

Semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin sedikit jumlah permintaan terhadap barang tersebut. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang maka semakin banyak jumlah permintaan terhadap barang tersebut. *Ceteris Paribus.

*Ceteris Paribus merupakan asumsi bahwa hukum permintaan tersebut hanya berlaku ketika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah atau dianggap konstan (tetap).

Baca Juga: Strategi Branding Mendapatkan Konsumen Loyal


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Berdasarkan definisi serta bunyi hukum permintaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa jumlah permintaan terhadap suatu barang dipengaruhi oleh tingkat (tinggi/rendahnya) harga barang tersebut. Lantas, adakah faktor lainnya yang mempengaruhi jumlah permintaan tersebut? Tentu ada.

Disadur dari sumber Wikipedia, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan yaitu jumlah pendapatan/penghasilan konsumen, selera konsumen, intensitas kebutuhan konsumen, harga barang subtitusi (pengganti) dan barang komplementer (pelengkap), perkiraan harga di masa depan, dan jumlah penduduk. Untuk penjelasan lengkapnya, Sahabat Wirausaha dapat mengunjungi link ini yah.

Baca Juga: 7 Strategi Mengelola Hubungan Baik Dengan Konsumen

Baca Juga: Segmen Konsumen

Nah, dengan demikian Sahabat Wirausaha kini dapat mengevaluasi faktor apa saja yang mempengaruhi jumlah permintaan atau jumlah orderan produk bisnis yang sedang dijalankan saat ini. Semoga pembahasan singkat mengenai Hukum Permintaan ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

Wikipedia, Investopedia.