Sahabat Wirausaha, kita sebagai pelaku bisnis tentu ingin memiliki banyak sekali konsumen dan pelanggan supaya bisa memperoleh omzet yang maksimal. Hanya saja beberapa di antara kita kadang tidak paham bahwa untuk memaksimalkan penghasilan perlu mengenal sosok konsumen lebih jauh. Sepenting itukah mengenal sosok konsumen dalam kaitannya dengan omzet bisnis?

Baca Juga: Segmentasi Pasar

Jawabannya adalah sangat penting.

Karena bagaimanapun juga, setiap bisnis tentu memiliki produk yang berbeda bahkan sekalipun berada dalam sektor yang sama. Produk yang berbeda ini akhirnya membuat target pasar juga tak sama. Di sinilah letak pentingnya mengapa setiap pelaku bisnis harus memahami apa itu segmen konsumen.


Pengertian dan Dampak Segmen Konsumen

Sodexo melansir segmentasi konsumen atau segmen konsumen sebetulnya merupakan sebuah strategi yang bertujuan menarik lebih banyak pelanggan melalui pengelompokan konsumen yang berbeda. Untuk bisa memilah-milah konsumen, ditetapkan sejumlah indikator mulai dari sifat, kebutuhan, hingga perilaku dari konsumen itu sendiri. Bahkan pengelompokan berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, sampai profesi juga makin dibutuhkan demi hasil yang lebih akurat.

Baca Juga: Strategi Branding Mendapatkan Konsumen Loyal

Melalui tahapan segmen konsumen yang tepat, Sahabat Wirausaha sebagai pelaku bisnis akan lebih paham bahwa konsumen mempunyai karakteristik khusus ketika berinteraksi dengan produk. Hal ini akhirnya memberikan dampak positif bagi kita untuk menetapkan strategi bisnis yang tepat sehingga akhirnya mampu memaksimalkan omzet.

Lebih lanjut, Accurate menjelaskan bahwa segmentasi konsumen ini juga bisa mengacu pada pembagian sasaran pasar ke beberapa kelompok supaya dapat dikelola secara tepat. Tentunya sesuai dengan karakteristik yang akhirnya memberikan dampak lebih efektif. Contoh termudah adalah sektor perbankan yang sudah melakukan segmen konsumen sesuai dengan status ekonomi dan relasi mereka terhadap bank. Dengan begitu, komunikasi yang disampaikan bank lebih tepat.

Baca Juga: Mengenal Psikologi Konsumen Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran

Baca Juga: 7 Strategi Mengelola Hubungan Baik Dengan Konsumen

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.