Sahabat UKM tentu familiar bukan dengan kata produktif. Bagaimana dengan produktivitas dalam bisnis, apakah Sahabat UKM juga familiar dengan istilah tersebut? Produktivitas dalam bisnis merupakan kegiatan yang menghasilkan produk ataupun jasa, yang secara umum berhubungan dengan efisiensi penggunaan sumber daya.

Jika mendengar kata efisien, tentu Sahabat UKM juga akan langsung terngiang dengan kata efektif, karena efektif dan efisien kerap kali disandingkan. Namun tahukah Sahabat UKM perbedaan diantara keduanya? Secara definisi, efektivitas adalah usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan dan target sesuai jangka waktu yang diharapkan. Disisi lain, efisiensi adalah penggunaan sumber daya secara minimal tetapi mampu mencapai hasil yang maksimal, sehingga proses pengerjaan mengeluarkan tenaga, waktu, dan biaya yang minim. Dari definisi tersebut, dapat kita simpulkan bahwa kunci utama efisiensi berada pada penggunaan sumber daya secara minimal tetapi mampu mencapai hasil yang maksimal.

Baca Juga : Efisiensi

Gambar 1. Efektif dan Efisien

sumber : integrasi-edukasi.org


7M, Ragam Sumber Daya dalam Manajemen

Secara umum, beragam sumber daya yang ada di sekitar kita, antara lain:

  • sumber daya manusia : seseorang yang produktif dalam melakukan pekerjaan sebagai penggerak sebuah organisasi untuk merealisasikan tujuan yang ingin dicapai
  • sumber daya kapital : disebut juga modal, sumber yang dapat mendukung produksi seperti, dana, mesin, dan lain sebagainya
  • sumber daya alam : umber yang telah tersedia oleh alam dan dapat memenuhi kebutuhan manusia seperti tanah, tanaman, dan lain sebagainya

Ketiga sumber daya tersebut jika diperdalam ke arah manajemen, terdapat tujuh unsur sumber daya yang perlu Sahabat UKM kelola yang biasa kita kenal dengan 7M, antara lain :

1. Man

Dari semua unsur yang ada, unsur yang pertama dan yang paling utama adalah manusia. Mengapa paling penting? karena ini adalah satu-satunya sumber daya yang tidak bisa di copy n paste. Jika ingin mendapat manusia yang memiliki kompetensi yang baik, maka kita harus melakukan investasi dengan mengikutsertakannya pada pendidikan dan pelatihan. Investasi ini tentu butuh waktu dalam jangka yang panjang. Jika menginginkan secara instan, maka Sahabat UKM harus mengeluarkan dana yang cukup besar untuk meng-hijack karyawan dari perusahaan lain.

Gambar 2. Sumber Daya Manusia

sumber : kompas.id

Menjalankan proses manajemen untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien hanya dapat dijalankan oleh manusia. Sehebat apapun teknologi yang dibuat, tanpa adanya manusia, maka teknologi tersebut juga tidak akan optimal. Agar dapat berkontribusi dengan baik, maka sumber daya manusia perlu mendapat treatment yang tepat melalui gaya kepemimpinan dan pemberian motivasi.

Baca Juga : Pemanfaatan SDM Untuk Riset Pasar dan Pengembangan Produk

2. Money

Uang merupakan unsur kedua yang sangat penting untuk Sahabat UKM kelola agar perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sumber daya uang yang dimiliki tentunya harus benar dan tepat peruntukannya, misal untuk membangun atau menyewa workshop, membeli perlengkapan dan peralatan, hingga menggaji seluruh anggota tim untuk melancarkan proses kegiatan operasional perusahaan.

Gambar 3. Sumber Daya Uang

sumber : situsekonomi.com

Untuk dapat mengelola sumber daya uang dengan baik, tentu Sahabat UKM memerlukan proses manajemen keuangan yang tepat, salah satunya dengan melakukan pembukuan yang sesuai standar yang ada. Namun sayangnya, masih banyak ditemukan dalam bisnis dimana UMKM tidak menyadari hal tersebut. Minimnya pengetahuan akan ilmu akuntansi membuat pegiat UKM menganggap bahwa melakukan pembukuan adalah hal yang memakan banyak waktu. Sebaliknya, justru proses pembukuan adalah hal yang harus ada untuk memastikan pengeluaran dan pemasukan tetap terpantau dan tidak ada pos pengeluaran yang terlalu boros. Untuk dapat membantu, berbagai software akuntansi telah tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh Sahabat UKM, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Baca Juga : Mengemas Narasi yang Efektif Optimalkan Strategi Direct Response Marketing

3. Material

Bahan baku tentu dibutuhkan dalam sebuah proses bisnis. Jika kebutuhan akan bahan baku tidak tersedia, tentu proses produksi akan terhambat. Yang perlu diperhatikan dalam pembelian bahan baku adalah jumlah rekanan supplier yang dimiliki oleh perusahaan beserta spesifikasi atas bahan baku yang dikirimkan. Dalam hal ini, memiliki lebih dari satu supplier tentu akan lebih baik untuk keberlangsungan bisnis Sahabat UKM. Kita tidak akan bergantung pada salah satu supplier dan masing-masing supplier akan memiliki daya saing sehingga terus meningkatkan performanya.

Gambar 4. Bahan Baku

sumber : liputanislam.com

4. Machine

Unsur manajemen lainnya yang mendukung berjalannya proses pencapaian tujuan yang efisien adalah mesin. Kehadiran mesin akan membantu mempercepat penyelesaian pekerjaan yang dilakukan. Ketersediaan bahan baku yang berkualitas, ditunjang dengan mesin dapat membantu Sahabat UKM dalam menghasilkan produk yang berkualitas.

5. Method

Metode merupakan cara kerja, sehingga dapat membuat proses bisnis lebih mudah dan cepat selesai dalam mencapai tujuan yang efisien. Metode yang telah disusun sesuai dengan fungsi kerja yang ada, kelak dapat dijalankan oleh sumber daya manusia yang ahli sesuai bidangnya. Metode yang baik juga akan membuat mesin berjalan dengan sesuai dan optimal, sehingga umur ekonomisnya akan berlangsung sesuai dengan kapasitas dan ketahanan mesin tersebut.

6. Market

Selain lima unsur yang telah kita bahas sebelumnya, unsur lainnya yang membuat proses produksi berjalan efektif dan efisien adalah pasar. Dalam hal ini, salah satu hal terkait pasar yang perlu Sahabat UKM pelajari secara mendalam adalah pemahaman akan tes pasar. Beragam tools telah tersedia untuk memudahkan Sahabat UKM dalam melakukan tes pasar, seperti google form, google maps, hingga fitur polling yang disediakan oleh instagram.

Baca Juga : Simulasi Pasar/ Market simulation

Gambar 5. Google Form untuk Kuesioner

sumber : nesabamedia

Dengan google form, Sahabat UKM dapat membuat dan menyebarkan kuesioner secara online, sehingga kita bisa mendapat banyak insight terkait apa yang diinginkan oleh konsumen. Dengan google maps, Sahabat UKM dapat mengoptimalkan fitur review untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap pesaing-pesaing bisnis yang ada di sekeliling lokasi kita. Tools berikutnya yaitu Instagram, kita dapat menggunakan fitur polling dalam instagram story dimana Sahabat UKM dapat memberikan dua opsi yang dapat dipilih oleh followers. Dari polling ini, kita bisa mengetahui preferensi yang disukai oleh followers sebagai perwakilan dari konsumen secara umum. Dengan data-data yang kita miliki dari beragam tools tersebut, akan memudahkan Sahabat UKM dalam mengambil sebuah keputusan bisnis.

Baca Juga : Mengenal Google My Business dan Tips Mengoptimalkannya Untuk Bisnis

7. Minute

Sumber daya lainnya yang sangat berharga dan perlukan proses perencanaan manajemen secara matang adalah waktu. Setiap hal yang telah kita bahas sebelumnya tentu akan bersinggungan dengan waktu, seperti berapa lama sumber daya manusia kita dapat mempelajari metode baru secara baik?; berapa lama waktu yang Sahabat UKM butuhkan untuk membuat dan mengenalkan produk baru ke pasar; atau berapa lama umur ekonomis dari mesin yang Sahabat UKM miliki. Optimalkan setiap waktu yang Sahabat UKM miliki agar setiap unsur dalam manajemen dapat dikelola secara baik.

Itulah tujuh unsur sumber daya dalam manajemen yang perlu Sahabat UKM kelola dengan baik agar seluruh proses dalam bisnis kita berjalan secara efektif dan efisien. Selamat mencoba!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Sumber referensi :

  1. techmoran.com. Why It Pays to Learn from the Seven M’s’ of Management