Coldplay Konser di Jakarta, Bisnis Saat Konser Musik yang Menguntungkan

‘Lights will guide you home. And ignite your bones. And I will try, to fix you’

Tentu jika Sahabat Wirausaha seorang penggemar musik, akan sangat mengenal lirik lagu itu. Ya, itu adalah penggalan dari lagu berjudul Fix You yang mana musisi penyanyinya saat ini tengah banyak dibicarakan di Indonesia, yakni Coldplay. Sudah ramai berhembus sejak bulan Ramadhan silam, Coldplay konser di Jakarta akhirnya terwujud pada 15 November 2023 mendatang.

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Ide Bisnis Sesuai Minat, Cuan dari Hal yang Disukai

Bukan tanpa alasan sebetulnya kenapa konser grup band asal London, Inggris ini sangat dinantikan. Coldplay sendiri memang begitu luar biasa populer di Indonesia, sehingga sudah dipastikan puluhan ribu tiket konser yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta itu akan diburu. Namun Sahabat Wirausaha, ternyata konser Coldplay ini tak hanya menjadi kegembiraan bagi para penggemarnya saja lho. Kalian juga bisa berpeluang meraih untung besar lewat sejumlah bisnis selama musim konser.


Bisnis Selama Musim Konser? Saatnya Banjir Cuan!

Bertajuk Music of the Spheres World Tour, kehadiran konser Coldplay sendiri memang sudah begitu dinanti tapi tidak banyak yang menduga akhirnya akan singgah di Jakarta. Selama ini grup band yang memiliki sejumlah lagu hits seperti Viva La Vida, Hymn of the Weekend dan Paradise itu memang seringkali melewatkan Indonesia dalam rangkaian tur konser dunia.

Tentu sebagai superband berusia 26 tahun dan memiliki popularitas global, kedatangan Coldplay ini tak hanya membuat para penggemarnya saja yang berbahagia. Bagi para pebisnis, momen Coldplay konser di Jakarta justru bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Bahkan sejatinya bukan hanya saat Coldplay saja, karena peluang bisnis ketika musim konser sudah ada sejak dulu. Adalah Anisa Larasati yang menuai untung besar dalam gelaran konser idol K-Pop Blackpink pada pertengahan Maret 2023 lalu. Kepada Katadata, Anisa yang berjualan aneka aksesoris dan atribut Blackpink ini bahkan mengaku bisa meraup untung minimal Rp500 ribu hingga Rp2 juta per hari saat konser.

Sungguh sangat menggiurkan, bukan?

Nah, bagi Sahabat Wirausaha yang tertarik, berikut adalah sejumlah ide bisnis yang bisa dilakukan saat Coldplay konser di Jakarta pertengahan November mendatang:

1. Jasa Titip Tiket Konser

Kendati konsernya baru digelar enam bulan mendatang, rupanya penjualan tiket konser Coldplay di Jakarta akan resmi dibuka pada 17-19 Mei 2023. Menurut PK Entertainment pihak promotor yang berhasil memboyong Chris Martin dkk itu, penjualan tiket konser Coldplay dibagi menjadi dua bagian yang sama-sama dimulai pada pukul 10.00 yakni pre-sale pada 17-18 Mei yang bekerjasama dengan bank swasta, serta penjualan untuk umum pada 19 Mei 2023.

Baca Juga: Tips Menggali dan Menemukan Ide Bisnis

Dengan jumlah lebih dari 50 ribu tiket yang disediakan, tentunya animo masyarakat bakal luar biasa membludak. Sahabat Wirausaha bisa menawarkan jasa titip tiket konser Coldplay ini karena memang tak semua calon penonton memiliki waktu untuk war pembelian tiket online. Jasa ini akan sangat dibutuhkan ketika pembelian tiket sudah dimulai, sehingga sangat tepat mempromosikannya di media sosial.

Untuk biaya jastip (jasa titip) beli tiket konser, Sahabat Wirausaha bisa menentukan sendiri sesuai kondisi dan kebutuhan. Yang penting tetap adalah pastikan kalian tetap memperoleh untung dengan harga jual kembali tiketnya secara wajar.

2. Jasa Foto di Lokasi

Sebagai seorang penggemar, bisa menghadiri konser idola dan berpose di areanya adalah sebuah kebanggan. Namun tidak semua bisa memiliki dokumentasi yang menyenangkan. Hal ini justru menjadi pulang bisnis untuk Sahabat Wirausaha terutama yang gemar dalam fotografi. Kalian bisa menawarkan jasa foto di lokasi terutama bagi penonton yang sudah tampil all out di arena.

Dikutip dari Koinworks, tidak sedikit penonton yang adalah para penggemar berat ini rela tampil sebaik mungkin sehingga akan sangat mencari jasa foto di venue konser.

foto: lightstick idol Kpop

3. Jual Makanan dan Minuman di Area Konser

Tak peduli siapapun yang konser, ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Ya, jika Sahabat Wirausaha tidak tertarik menonton Coldplay tapi tetap ingin meraup cuan, berjualan makanan dan minuman di area konser adalah jawaban terbaik. Karena para penonton yang harus mengantre sebelum masuk ke venue jelas membutuhkan asupan makanan dan minuman.

Hal itulah yang dilakukan juga oleh Mega Zulaila, seorang penjual risol dan air mineral keliling. Dilansir Detik, Mega bahkan sampai membawa empat kardus air mineral dan sedikitnya 100 biji risol yang dia jajakan di sekitar venue konser dan laris manis dalam waktu singkat. Dengan harga jual yang relatif lebih tinggi daripada harga umum, tentu Sahabat Wirausaha bisa meraup cuan berkali-kali lipat.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Kreatif Bagi Pecinta Anime, Mana Paling Cuan?

4. Jual Merchandise Konser

Salah satu barang yang biasanya bakal dibeli oleh penonton setiap konser adalah pernak-pernik alias merchandise idola. Dalam kasus konser K-Pop, penjualan merchandise idol ini bahkan sangatlah menjanjikan karena aneka produk bisa laku mulai dari lightstick non official, hand banner, album musik, poster, kaos, kipas tangan, photo card hingga towel atau aneka aksesoris kepala.

Kendati Coldplay bukanlah idol K-Pop dan penontonnya lebih berasal dari segala kalangan dan jenjang usia, Sahabat Wirausaha juga tetap bisa berjualan merchandise konser seperti tumblr atau kipas tangan bergambar Chris Martin, Johnny Buckland, Guy Berryman, Will Champion, atau Phil Harvey.

5. Jasa Penitipan Barang Saat Konser

Dan ide bisnis saat konser terakhir yang bisa dipertimbangkan adalah jasa penitipan barang selama acara berlangsung. Sahabat Wirausaha tentu tahu jika penggemar Coldplay yang menonton konser mereka bulan November nanti besar kemungkinan berasal dari seluruh pelosok Indonesia. Tak sedikit baru tiba di Jakarta hanya beberapa jam sebelum konser, sehingga membawa sejumlah perlengkapan seperti koper. Nah, karena mereka tak mungkin membawa ke venue, kalianbisa menawarkan jasa ini.

Seorang pedagang jasa penitipan barang yang mampu meraup untung besar saat konser adalah Hamida. Dari penjelasannya di Katadata, Hamida bisa sedikitnya meraup untung hingga Rp3,5 juta per hari. Untuk tarifnya sendiri, Hamida memasang biaya Rp25 ribu per tas dan Rp50 ribu per koper hingga konser usai. Tentu jenis bisnis yang ditawarkan Hamida ini terbilang unik tapi ternyata memiliki peluang yang menjanjikan.

Bagaimana? Terbukti kan ketika Coldplay konser di Jakarta nanti akan ada banyak peluang usaha yang menjanjikan? Jika Sahabat Wirausaha bukan seorang pendengar lagu Coldplay tapi ingin ikut dalam kehebohannya secara menguntungkan, bisa mencoba salah satu ide bisnis selama musim konser di atas. Dengan begitu, di saat para penonton tertawa riang menyanyikan A Sky Full of Stars, kalian yang ada di luar venue bisa tersenyum lebar saat melihat a wallet full of money di tas masing-masing.

Jika Sahabat Wirausaha merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman lainnya. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.