Sahabat Wirausaha siapa yang saat ini tidak mengenal Instagram? Pada tahun 2021, Instagram memliki 2 Miliar pengguna di dunia yang aktif disetiap bulannya. Indonesia menyumbang kurang lebih 91 juta pengguna aktif di Instagram. Sekarang bagaimana caranya agar bisnis sahabat dapat dikenal orang melalui Instagram? Yuk, mari simak penjelasan dibawah ini.
Cara Meningkatkan Follower Instagram
Sahabat wirausaha, sahabat sudah tidak asing lagi bukan dengan salah satu media sosial Instagram? Bagaimana sih caranya untuk memanfaatkan platform tersebut agar dapat meningkatkan pendapatan bisnis Anda? Salah satunya adalah dengan menaikkan jumlah followers (pengikut) aktif pada akun instagram yang Sahabat Wirausaha miliki.
1. Buatlah Nama Profil Akun Bisnis
Menurut hubspot, halpertama yang harus Sahabat Wirausaha lakukan pada tampilan akun Instagram adalah:
- Buatlah laman Instagram sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan;
- Beritahukan bisnis pada kolom bio Instagram;
- Buatlah link call to action (link menuju e-commerce, hubungi kami, dll);
- Buatlah nama akun binsis yang mudah dicari pada mesin pencarian;
- Buat tagar (tagline) untuk bisnis;
- Pastikan sudah men-setting akun menjadi akun bisnis.
Sumber gambar : Instagram- thenblank
Nah, seperti contoh di atas, Then Blank adalah sebuah merek pakaian. Nama akun yang mereka gunakan adalah merek mereka sendiri. Hal ini memudahkan pengikut untuk mencari nama bisnis Anda pada lama pencarian. Then Blank juga memiliki moto dress well, keep it simple, yang artinya mereka menyajikan design pakaian yang sederhana namun tetap terlihat bagus saat dikenakan.
Baca Juga: Tips Membuat Konten Reels Instragam Jadi Viral
Mereka juga meletakkan link menuju website penjualan pada bio (Thenblack.com/links). Dengan adanya call to action akan memudahkan calon pembeli untuk menghubungi anda secara langsung.
Nah, dengan contoh seperti diatas apakah Sahabat Wirausaha sudah mendapat gambaran apa yang ingin Anda tampilkan kepada pengikut dan calon pengikut laman Instagram bisnis anda?
2. Unggah Konten Sesuai Dengan Momen Tertentu
Setelah membuat akun bisnis, pastikan Anda mengetahui trend apa yang sedang marak, baik tentang bisnis, dunia hiburan luar atau dalam negeri, bahkan dunia industri. Setelah Anda menganalisis trend atau momen, mulailah Sahabat untuk mengunggah konten. Gunakanlah reels atau Video pada Instagram seperti contoh dibawah ini.
Momen saat Maulid Nabi | Momen saat sedang trennya sebuah drama berjudul |
Gunakan momen untuk yang ada dan jangan lupa sesuaikan desain yang akan Sahabat Wirausaha gunakan sesuai dengan apa yang disukai oleh target pengikut Anda. Jangan lupa tuliskan call to action pada setiap desain yang anda buat.
Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Instagram Untuk Berbisnis, Yuk Simak Tipsnya!
3. Gunakan Reels untuk Membagikan Momen (Konten)
Sahabat Wirausaha, pada pertengahan tahun 2021, Kompas merilis bahwa tools terbaru Instagram telah dapat diakses yaitu reels. Jika sampai saat ini masih belum menggunakan reels saat mengunggah momen atau konten, Sahabat Wirausaha akan kehilangan sebuah kesempatan besar untuk menambah pengikut.
Saat ini hampir semua influencer dan online shop menggunakan reels untuk membagikan konten mereka. Seperti contoh dibawah ini.
Pada contoh reels di atas, Atala Scarves mendapat 8000 likes pada postingan tersebut. Bagaimana sih caranya membuat reels agar memaksimalkan fungsinya? Menurut laterblog.com, ada beberapa caranya:
- Gunakanlah kata kunci dan tagar yang sesuai dalam reels sahabat.. Contoh diatas menggunakan merek mereka sebagai tagar (#atalascarves, #ASwidepants).
- Gunakanlah musik yang sedang tren saat itu. Pada postingan Atala mereka menggunakan lagu Second dari Hyoyeon personil girl grup Girl’s Generation. Dimana pada saat itu lagu itu sedang trending.
- Atur reels sahabat agar tetap pendek dan tajam untuk mendorong terjadinya pengulangan
- Buatlah konten asli
- Tambahkan teks pada video untuk penonton yang tidak mendengarkan suara
- Ambil gambar dengan kualitas tinggi
Baca juga: Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing
4. Gunakan Tagar Khusus yang Sesuai
Menurut wordstream.com, tagar khusus atau merek, memungkinkan calon pengikut Sahabat Wirausaha untuk menemukan apa yang mereka cari pada kolom pencarian. Buatlah tagar bisnis secara umum, kemudian mengerucut ke merek/jenis produk Anda. Nah, sekarang bagaimana caranya untuk menemukan tagar yang sesuai untuk bisnis Anda?
Menurut buffer.com, carilah nama gambar dari foto produk bisnis Anda. Kemudian pilih tagar terbanyak untuk memperluas konten Anda nantinya.
5. Unggah Konten Secara Konsisten
Menurut buffer.com, pada tahun 2021 ada sebuah studi mengatakan bahwa seminggu rata-rata 14 industri bisnis memposting empat konten. Namun akan lebih baik jika setidaknya Sahabat Wirausaha memposting Instagram satu kali dalam sehari.
Dengan adanya timeline algoritmik dari Instagram, maka konsistensi adalah elemen kunci untuk membuat postingan Sahabat Wirausaha lebih dikenal orang dan banyak diikuti oleh orang banyak.
Baca juga: Tips Beriklan di Instagram Ads
Selain karena konsistensi Anda memposting, tentu saja kualitas postingan juga penting. Oleh karena itu, tidak selalu dengan memposting banyak berarti keterlibatan pengikut Instagram anda akan banyak juga. Fokuslah pada pembuatan konten yang banyak diminati oleh target pengikut Instagram.
Saat ini cukup banyak aplikasi penjadwalan Instagram yang memungkinkan anda memposting secara konsisten tanpa harus khawatir harus langsung memposting melalui aplikasi setiap hari. Gunakanlah alat tersebut untuk membantu Sahabat Wirausaha agar tetap terjadwal dan tidak tertinggal.
6. Aktiflah Dalam Akun Instagram
Lakukanlah interaksi dengan orang-orang yang menjadi target pasar Anda dengan memberi likes dan komentar pada konten mereka secara teratur, bukan dengan spamming. Aktiflah berinteraksi dengan calon pengikut atau target pasar Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan interaksi dengan beberapa influencer di Instagram.
Baca Juga: Meningkatkan Engagement Instagram Melalui IG Story
7. Pelajari Cara Kerja Algoritma Instagram
Sahabat Wirausaha menurut buffet.com banyak pengguna Instagram yang tidak mengetahui dan berakhir panik tentang peralihan kronologis peringkat suatu postingan pada timeline. Namun jangan khawatir, tetaplah konsisten dalam memposting konten yang sesuai dengan target bisnis Sahabat Wirausaha, alih-alih menghawatirkan bagaimana algoritma pada Instagram bekerja.
Nah Sahabat Wirausaha, berikut adalah beberapa faktor yang sekiranya dapat menentukan feed yang muncul pada timeline sesorang:
- Minat: Serapa banyak instagram berpikir tentang kemungkinan sesorang menyukai postingan berdasarkan aktivitas sebelumnya.
- Ketetapan waktu: Seberapa baru postingan tersebut berdasarkan postingan sebelumnya.
- Hubungan: Suatu akun yang digunakan seseorang secara teratur
- Frekuensi: Seberapa sering seseorang menggunakan instagram
- Mengikuti: Postingan dari akun yang diikuti oleh seseorang
- Penggunaan: Berapa banyak waktu yang dihabiskan sesorang untuk menggunakan Instagram sehari-hari.
Baca Juga: Fitur-Fitur Instagram Yang Bermanfaat Bagi Bisnis
Algoritma Instagram bertujuan untuk menampilkan konten terbaik ke setiap individu penggunanya. Jadi, walaupun enam faktor diatas membuat Anda khawatir akankah terjadi peningkatan followers terhadap akun bisnis, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat konten berkualitas yang didukung dengan riset dan konsistensi.
8. Tambahkan Keyword (Kata Kunci) pada Bio Instagram
Menurut later.com, kata kunci sering diletakkan pada bio Instagram agar memudahkan pencarian. Apakah Sahabat Wirausaha mengetahui itu ? Misalnya, jika merek atau bisnis sahabat memiliki spesialisasi membuat kue, maka sahabat dapat memasukkan kata kunci ‘cake’, atau ‘korean cake’pada kolom bio Instagram.
Penggunaan kata kunci yang tepat dapat membuat follower menemukan akun Instagram dengan mudah.
Baca Juga: Membuat Konten Interaktif Dengan Mengoptimalkan Fitur Instagram dan Facebook
Kesimpulan
Nah, Sahabat Wirausaha itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk meningkatkan followers pada akun Instagram. Diantara semua tips diatas, jangan lupa untuk terus meriset konten dan menyesuaikan gaya penulisan agar sesuai dengan minat target pasar. Jika belum, teruslah membuat inovasi agar postingan Anda menarik follower.
Hal itu bukan hal yang sulit sekaligus tidak mudah. Ingat bahwa practice makes perfect!
Ayo Sahabat Wirausaha mari terus kembangkan pengetahuan akan dunia pemasaran digital agar bisnis semakin dikenal dan terus berkembang.
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi :
- https://buffer.com/library/instagram-growth/
- https://tekno.kompas.com/read/2021/06/23/12374037/fitur-reels-dan-instagram-music-resmi-hadir-di-indonesia?page=all
- https://www.tailwindapp.com/blog/how-often-should-i-post-to-instagram-at-least-once-per-day
- https://www.instagram.com/thenblank/
- https://blog.hubspot.com/marketing/gain-instagram-followers
- https://later.com/blog/get-more-instagram-followers/
- http://www.wordstream.com/blog/ws/2016/10/19/get-more-instagram-followers
- https://www.instagram.com/Atalascarves/
- https://www.instagram.com/Chocolazo.id/