Apa itu Google My Business - Bayangkan Sahabat Wirausaha berkunjung ke sebuah daerah yang belum familiar sebelumnya. Disaat yang sama, Sahabat Wirausaha membutuhkan obat untuk meredakan sakit kepala. Sayangnya, karena ini daerah yang belum kita kenal secara baik, Sahabat Wirausaha tidak tahu dimana lokasi apotek terdekat.
Jika hal ini terjadi, apa yang akan Sahabat Wirausaha lakukan? Yes betul sekali, Sahabat Wirausaha tentu akan mencari di Google, mungkin dengan keyword “apotek terdekat dari lokasi saya”. Voila, tidak perlu menunggu lama, data dan informasi deretan apotek yang berlokasi di sekitar kita akan langsung tampil di mesin pencarian tersebut.
Sumber : Google
Inilah salah satu kehebatan Google, khususnya Google My Business. Jika di cerita tadi Sahabat Wirausaha berada di posisi konsumen, maka Google My Business memberikan manfaat bukan hanya untuk konsumen, namun juga para pegiat usaha. Dalam hal ini, apotek tersebut jadi lebih mudah dikenali dan ditemukan oleh pelanggan.
Apa itu Google My Business? Sederet Manfaat Pentingnya Buat Bisnis
Google My Business adalah tool gratis dari Google yang dapat Sahabat Wirausaha gunakan untuk mengelola bisnis, terutama yang berhubungan dengan tampilan digital dalam hasil pencarian Google Search dan lokasi di Google Maps. Dengan memanfaatkan fitur ini, calon konsumen dapat menemukan bisnis Sahabat Wirausaha secara lebih mudah. Bukan hanya itu, Sahabat Wirausaha juga bisa mengatur informasi terkait bisnis tersebut, misalnya informasi mengenai alamat, kontak, hingga review atau ulasan dari konsumen sebelumnya.
Sumber : jasacampaign
Berikut beberapa manfaat Google My Business bagi bisnis, yaitu:
1. Mengatur Informasi Bisnis
Salah satu manfaat Google My Business adalah membantu Sahabat Wirausaha untuk mengatur informasi yang akan ditampilkan kepada calon konsumen, terutama saat mereka mencarinya melalui mesin pencari Google. Ragam informasi yang dapat kita tampilkan, antara lain seperti alamat, jam buka dan tutup, alamat email, dan nomor telepon bisnis. Lewat informasi-informasi penting tersebut, bisnis kita akan lebih mudah ditemukan oleh para calon konsumen.
Sumber : Google
2. Meningkatkan Tampilan Bisnis Digital
Dengan menambahkan informasi-informasi penting mengenai bisnis Sahabat Wirausaha, seperti pada poin 1 melalui Google My Business, digital presence bisnis kita pun semakin kuat. Calon konsumen bisa menemukan kita secara mudah hanya dengan melakukan pencarian lewat Google.
3. Berinteraksi dengan Pelanggan
Melalui Google My Business, Sahabat Wirausaha dapat melihat sekaligus memberikan respon terhadap ulasan yang telah diberikan konsumen. Cara ini sangat efisien untuk berinteraksi dengan konsumen bukan? Sebagai contoh, pelanggan dari UKM Alif Kurma n Friends memberikan ulasan di Google My Business terkait dengan pengalamannya membeli kurma.
Dalam hal ini, Sahabat Wirausaha sebagai owner dapat memberikan respon dengan memberikan ucapan terima kasih atas ulasan yang disampaikan, atau sekedar mengajak konsumen tersebut untuk datang kembali ke toko kita.
Sumber : Google
4. Mendapatkan Insight Menarik dari Google My Business
Google My Business telah dilengkapi dengan fitur insights, sehingga Sahabat Wirausaha dapat melacak bagaimana konsumen mencari halaman bisnis Sahabat Wirausaha melalui mesin pencari Google serta melakukan evaluasi performa iklan atau campaign menggunakan Google My Business. Kita juga akan mendapat insight data menarik untuk merancang strategi yang lebih efisien dan optimal kedepannya.
5. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pelanggan
Kumpulan ulasan atau review pelanggan dapat mendorong calon konsumen baru untuk lebih percaya pada bisnis Sahabat Wirausaha dan lebih tertarik untuk menggunakan produk atau layanan yang kita tawarkan sehingga kredibilitas bisnis Sahabat tentu akan meningkat di mata calon pelanggan.
Baca juga: Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing
Cara Mengoptimalkan Pemakaian Google My Business
Sebelum kita belajar bagaimana cara mengoptimalkan Google My Business, maka pastikan Sahabat Wirausaha sudah memiliki akun Google dan mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku. Setelah kita memberikan ragam informasi penting, Google akan melakukan verifikasi terlebih dahulu.
Dalam hal ini, Google akan memberikan kartu pos berisi kode verifikasi yang dapat Sahabat Wirausaha input ke dalam Google My Business nantinya. Voila, bisnis kita sudah terdaftar di Google Bisnisku dan kita dapat lakukan berbagai cara untuk mengoptimalkannya, seperti:
1. Pastikan Informasi yang Ditampilkan Akurat
Menurut Local Citations Trust Report, 9 dari 10 konsumen frustasi dengan informasi yang salah secara online. Oleh karena itu, agar Google My Business dapat berfungsi dengan baik dengan mesin pencarian, kita harus memastikan bahwa informasi, khususnya nama, alamat, dan nomor telepon bisnis kita akurat. Sesuaikan nama yang tercetak di papan nama, kartu nama, situs web, hingga akun Google Bisnisku. Jika tidak, hal itu akan membingungkan pelanggan.
Sumber : Media Konsumen
2. Tulis Deskripsi Bisnis Selengkap Mungkin
Di Google Bisnisku, Sahabat Wirausaha akan memiliki opsi untuk menambahkan deskripsi sebanyak 750 karakter. Ini adalah kesempatan untuk memberi tahu calon pelanggan tentang bisnis kita. Deskripsi ini sangat penting ya, karena menjadi salah satu hal pertama yang akan dilihat calon pelanggan saat mereka mengunjungi Google My Bisnis kita.
Saat menulis deskripsi, pastikan Sahabat Wirausaha memasukkan deskripsi singkat tentang bisnis Sahabat; apa yang kita tawarkan; apa yang membedakan produk kita dengan produk sejenis; dan informasi penting lainnya. Fokus utama pada deskripsi ini adalah tentang bisnis kita, bukan detail tentang promosi, harga, atau penjualan.
3. Pilih Kategori dan Sub-Kategori dengan Tepat
Kategori bisnis menjadi salah satu aspek terpenting dari Google Bisnisku ya, Sahabat Wirausaha. Kategori dapat diubah, jadi kita dapat melakukan eksperimen dengan apa yang paling cocok untuk bisnisnya. Namun, jangan terlalu sering mengubah kategori, karena terkadang dapat memicu penangguhan dari Google.
Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Untuk Membuat Website Toko Online Milik Sendiri
4. Menambah atau Memperbarui Informasi Bisnis
Cara optimalisasi yang pertama adalah dengan menambahkan informasi bisnis sebanyak dan se-up to date mungkin, termasuk foto profil bisnis, daftar area yang termasuk jangkauan layanan kita, jam buka dan tutup bisnis, hari dan tahun kita membuka usaha, nomor telepon, serta URL website bisnis Sahabat Wirausaha.
5. Menambah Foto Produk dan Jasa
Menurut Google, bisnis dengan foto menunjukkan 35% lebih banyak klik ke situs web mereka dan permintaan petunjuk ke lokasi bisnis 42% lebih tinggi di Google Maps. Dalam hal ini, foto harus memiliki lebar minimal 720 piksel dengan tinggi 720 piksel dan file JPG atau PNG. Terkait dengan foto, maka foto sampul dan foto profil Google Bisnisku adalah salah satu yang paling penting, karena akan muncul menjadi wajah eksistensi bisnis kita di era digital ini.
Sumber : Google
Baca Juga: Membedah Platform E-Commerce untuk UKM Ekspor
6. Menambah Video
Selain foto, Sahabat Wirausaha juga dapat menambahkan video. Dalam hal ini, Google memberikan rekomendasi video dengan durasi 30 detik atau lebih pendek, 100 MB atau lebih kecil, serta memiliki resolusi 720p atau lebih tinggi. Namun jika memang tidak memiliki video pemasaran, maka kita tidak harus mencantumkannya dalam profil Google Bisnisku.
7. Optimasi Fitur Review atau Ulasan
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ulasan positif dari pelanggan akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon pelanggan.
Sumber : Google
Baca Juga: Seluk Beluk Analisa Peluang Pasar di Tokopedia
Sahabat Wirausaha, itulah penjelasan terkait Google My Business dan 7 cara mengoptimalkannya agar bisnis kita mudah ditemukan di internet. Selamat mencoba dan selamat bertumbuh!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.
Referensi:
- Bright Local. Local Citations Trust Report.
- Google. Google Business Profile Help.