UKM Indonesia

​5 Ide Bisnis Yang Bisa Dimulai Dari Rumah dan Tips Suksesnya

Penulis : Supadilah
Editor : Sonia Fatmarani
06 Juli 2022
Lama Baca : 7 menit


C:\Users\supad\Downloads\kiriman instagram keutamaan malam lailatul qadar\3.png

Semakin hari kebutuhan semakin meningkat. Harga-harga kebutuhan pokok semakin naik. Biaya pendidikan juga semakin mahal. Pengeluaran kita pasti semakin besar. Dengan berbagai kondisi tersebut, tidak ada salahnya kita menambah penghasilan dengan membuka usaha dari rumah.

Namun, usaha seperti apakah yang aman dan nyaman dilakukan dari rumah? Nah, sahabat wirausaha, tentu kita ingin dapatkan usaha yang tetap berjalan meskipun dari rumah. Usaha seperti ini cocok dijalankan oleh ibu-ibu yang harus tetap di rumah karena mengurus anak atau mengurus rumah. Bisnis dari rumah ini cocok juga untuk anak muda yang lebih memilih menjadi freelancer dengan pertimbangan waktu yang fleksibel. Sudah banyak lho orang yang sukses menjalankan usaha dari rumah saja. Lalu, apa ya strateginya supaya usaha itu tetap eksis sekaligus menguntungkan? Yuk simak dalam tulisan berikut ini.

1. Dropshipper

Jika kita ingin tetap punya usaha namun tidak ribet dalam hal produksi maupun menyediakan toko fisik, usaha dropshipper ini menjadi pilihan yang tepat.

Kegiatan dropshipper adalah membeli produk dari tempat lain lalu menjualnya kepada yang berminat. Jadi dropshipper berperan sebagai pembeli dan penjual.

Bahkan usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar. Agar bisa menjalankan usaha ini dengan baik, kita harus mendapatkan supplier barang yang tepat. Setelah itu, kita membagikan informasi produk yang bisa dibagikan kepada para pelanggan setia kita. Saat pelanggan memesan barang, kita lalu meneruskan pesanan tersebut kepada supplier produk tersebut.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Sebagai Dropshipper

Salah satu keuntungan dari dropshipper adalah bisa menjual banyak produk seperti fashion, elektronik, alat-alat digital, produk kesehatan atau kecantikan, dan lainnya. Contoh sederhananya begini. Jika kita ingi bisnis batik. Maka kita cari produsen batik. Bisa juga dari toko batik yang sudah ada. Lalu dokumentasikan model-model batiknya. Setelah itu upload foto-foto ke media sosial atau toko online. Promosikan sampai ada yang tertarik atau membeli. Setelah pembeli membayar, kita tinggal menghubungi produsen atau toko batik tadi. Lalu meminta untuk mengirimkannya ke alamat pembeli tadi. Mudah kan?

2. Bisnis Camilan/Makanan Ringan

Camilan atau makanan ringan ini sangat sering dibutuhkan lho Sahabat Wirausaha. Ya, camilan sering menjadi pendamping saat orang sedang mengerjakan pekerjaannya baik itu sedang santai atau dikejar deadline.

Tidak hanya itu, camilan atau makanan ringan juga dibutuhkan di rumah untuk menyiapkan saat tamu datang, untuk menemani mengobrol maupun nonton.

Peminatnya juga banyak lho. Jadi peluang bisnis ini sangat besar karena diminati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Konsumen bisnis ini juga tidak terbatasi. Laki-laki maupun perempuan pasti membutuhkan camilan atau makanan ringan ini.

Bahkan bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil. Misalnya kita ingin membuat camilan berbahan dasar singkong maupun pisang. Bahan bakunya mudah dicari dan harganya pun tidak mahal.

Baca Juga : Kisah inspiratif : Cerdas Menangkap Peluang Bisnis Camilan.

3. Bisnis Jajanan Tradisional

Makanan tak sekadar tentang rasa. Makanan juga tentang kenangan saat menyantapnya. Banyak orang yang terkesan untuk bernostalgia. Di tengah modernitas zaman, banyak kalangan yang ingin menikmati kembali masa lalunya. Bahkan banyak pula pejabat atau instansi yang menghadirkan jajanan tradisional ini dalam acaranya.

Nah, ini bisa dimanfaatkan oleh kita yang punya kemampuan memasak. Buatlah bisnis jajanan traadisional. Bisnis ini bisa dijalankan dari rumah saja. Mulailah dengan membuat katalog lalu menawarkan kepada tetangga atau teman-teman secara langsung maupun grup WhatsApp. Contoh jajanan tradisional adalah onde-onde, klepon, kue lapis, cenil, dan lainnya.

Baca Juga : Membangun Bisnis Kuliner dari Whatsapp

4. Membuka Kursus Online

Kalau kita punya keahlian tertentu, tidak ada salahnya membuka bisnis jasa kursus online. Banyak hal yang bisa dijadikan bisnis kursus online ini. Mulai dari kursus bahasa asing, belajar online, kursus musik, kursus menulis, dan lainnya.

Kondisi pandemi membuat peluang bisnis ini semakin besar. Ya, karena anjuran mengurangi mobilitas di luar, kegiatan sering kali dilakukan secara online. Bahkan bisnis ini tetap potensial walau pandemi sudah berakhir. Mengapa demikian? Karena pola hidup kita semakin digital.

Kursus online juga lebih hemat waktu karena tidak harus datang ke tempat kursus dan tidak membutuhkan biaya transportasi.

Lalu, apa yang harus disiapkan untuk membuat kursus online ini? Untuk membuka kursus online ini kita harus punya keahlian. Siapkan kurikulum atau muatan apa saja yang akan didapatkan dari kursus online itu. Kalau bisa ada sertifikat atau bukti yang bisa menambah kredibilitas bisnis kita. Promosikan bisnis lewat lewat media sosial. Jalin silaturahmi yang baik dengan calon konsumen agar mereka menjadi langganan bisnis kita.

5. Bisnis Herbal

Sahabat Wirausaha, membuka bisnis produk kesehatan punya peluang yang besar. apalagi pada saat pandemi seperti yang sekarang ini, kita kan dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Nah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi produk herbal baik makanan maupun minuman kesehatan.

Baca Juga : Potensi Ekspor Suplemen Kesehatan Herbal (Jamu)

Produk herbal ini dapat berupa obat-obatan atau suplemen yang berasal tumbuhan seperti daun, akar, bunga, serta bagian dari tumbuhan lainnya. Namun, kita juga harus jeli memilih produk herbal ini karena tidak semua produk herbal yang dipasarkan aman digunakan. Jadi, kita juha harus paham kandungan produk herbal agar terhindar dari masalah kesehatan.

C:\Users\supad\Downloads\kiriman instagram keutamaan malam lailatul qadar\4.png


Sahabat Wirausaha, ada beberapa tips yang perlu dilakukan saat memulai berbisnis dari rumah.

1. Pilih Sesuai Minat

Sahabat Wirausaha, sangat penting lho memilih usaha sesuai minat kita. Mengapa demikian? Melakukan usaha sesuai minat itu membuat usaha yang akan kita jalani menjadi semakin lebih mudah dan menyenangkan. Sepakat?

Jadi mulailah membuat daftar bisnis yang bisa kita lakukan dari rumah. Dari sekian banyak itu, pilih mana yang paling sesuai dengan minat kita. Biasanya kita juga sudah punya pengetahuan tentang bisnis itu.

Hindari bisnis yang tidak sesuai dengan minat karena akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahami bisnis itu.

Kalau kita hobi dan punya keahlian memasak pilihlah membuka bisnis kuliner dan sejenisnya. Dari hobi itulah kita bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Baca Juga : Tips Memulai Usaha Yang Sukses

2. Pilih Waktu Yang Tepat

Tentukan waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Jangan buru-buru dalam memulai bisnis. Ingat bahwa bisnis memerlukan perhitungan yang cermat termasuk dalam menghitung waktu. Sebab, salah menghitung waktu, bisa membuat kita menderita kerugian.

Misalnya saat mendekati bulan Ramadhan, bisnis yang paling tepat adalah berjualan busana muslim atau kue lebaran. Saat musim pendaftaran sekolah, bisnis seragam sekolah. Jadi Sahabat Wirausaha, pilihlah waktu yang tepat untuk memulai bisnis.

3. Memilih Jasa Kurir Yang Lengkap dan Menguntungkan

Banyak bisnis membutuhkan bantuan jasa kurir. Hal ini karena jarak antara bisnis kita dan konsumen cukup jauh. Tidak mau repot mengambil atau mengantar sendiri, kita bisa memanfaatkan jasa pengiriman. Namun, penting juga memilih jasa kurir yang lengkap. Punya berbagai pilihan pengiriman. Hal ini bisa berkaitan dengan pilihan waktu biaya. Pilih juga jasa kurir yang terpercaya. Tentu kita nggak mau kan mengecewakan konsumen karena produk yang rusak karena kelalaian pengiriman.

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Kirim Yang Tepat Untuk UMKM

4. Manfaatkan Media Sosial

Sahabat Wirausaha, kita harus memanfaatkan media sosial dalam mempromosikan produk kita. Apalagi bisnis rumahan biasanya tidak punya toko fisik. Jadikan media sosial sebagai toko online kita.

Apalagi kalau kita punya pertemanan yang banyak. Ini merupakan pasar yang besar pula. Rajinlah mempromosikan bisnis kita lewat media sosial. Penggunaan media sosial semakin besar. Ini merupakan kesempatan yang sayang jika dilewatkan.

Nah, sahabat wirausaha demikianlah ulasan tentang ide bisnis dari rumah dan tips suksesnya. Kita yang butuh tambahan penghasilan bahkan penghasilan utama bisa memulai bisnis dari rumah ini. Bahkan bisnis dari rumah ini sangat fleksibel dalam hal waktu.

Kita punya waktu yang lebih fleksibel karena kita sendiri yang mengatur kapan mau jualannya. Kita juga bebas memilih strategi dalam menjalankan bisnisnya. Jadi tidak terlalu ada intervensi dari orang lain. Bahkan, kita juga bisa menentukan besar keuntungan yang hendak kita inginkan dari penjualan produk. Nah, bagaimana sudah tertarik membuka bisnis rumahan? Yuk segera manfaatkan kesempatan ini.

Baca Juga : Tips Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Bisnis

Referensi Tulisan:

  1. 5 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar untuk Pemula
  2. Mau Bisnis Rumahan Kalian Kian Cuan? Simak 5 Tips Jitu Ini
  3. 5 Ide Usaha Rumahan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga, Peluang Sukses!
Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: