Customer experience creative collage

“Ah udah ah, aku mending beli di tempat lain aja. Disana pelayannya kayak robot.”

“Aku suka banget beli di toko X, pelayanannya ramah banget, kita nanya apapun diladenin. Jadi beli tuh kita tahu betul apa yang kita beli, membantu banget pelayanannya.”

Dua pernyataan di atas adalah ungkapan hati para konsumen ketika membeli suatu produk atau menggunakan sebuah jasa. Ada yang sangat terkesan dengan pelayanan yang diberikan, dan ada pula yang kapok.

Seringnya ketika bisnis yang ditekuni oleh seseorang sudah sangat ramai sehingga harus membuka cabang disana-sini, memperkerjakan lebih banyak pegawai yang tentu saja memiliki kapasitas dan kemampuan yang berbeda-beda, maka ada kecenderungan pelayanan juga berkurang.

Entah karena lelah telah melayani banyak orang atau memang usaha itu kurang memperhatikan segi engagement-nya dengan konsumen. Memangnya sepenting apa sih engagement dalam bisnis? Nah dalam artikel ini kita akan membahas tips bagaimana meningkatkan customer engagement dalam bisnis.


Apa Itu Customer Engagement?

Customer engagement adalah ketertarikan pelanggan. Customer engagement adalah hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Kenapa? Karena hubungan yang terjalin dengan baik antara penjual dan pembeli akan mengikat customer untuk terus memilih produk atau layanan kita secara berkala. Hasilnya memang tidak akan langsung terlihat, namun seiring dengan berjalannya waktu kita akan merasakan hasil konsistensi dari peningkatan customer engagement itu sendiri.

Baca Juga: Meningkatkan Engagement Instagram Melalui IG Story

Ketika kita berhasil menciptakan customer engagement dalam jangka panjang, pelanggan kemudian akan merasa puas dengan layanan yang kita berikan. Nah, salah satu indikator keterlibatan pelanggan yang berhasil adalah loyalitas customer menjadi semakin meningkat pada produk atau layanan jasa kita.


Cara Meningkatkan Customer Engagement dalam Bisnis

Beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam meningkatkan customer engagement dalam bisnis yaitu :

1. Pendekatan Personal

Benar apa yang dikatakan pepatah, “Tak kenal maka tak sayang.” Oleh karena itu, strategi untuk meningkatkan customer engagement ini salah satunya adalah mengenal siapa target market kita. Jika target market kita adalah usia remaja, ya kita juga harus tahu apa saja yang remaja sukai, apa saja yang mereka tidak sukai, apa yang membuat mereka terkesan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial

Menurut Smarteye.id kita perlu tahu bahwa customer akan merasa dihargai jika mereka didekati secara langsung/personal. Oleh karena itu media sosial dalam sebuah bisnis tidak hanya berfungsi sebagai pemberi informasi mengenai produk kita ke customer, namun kita juga bisa menggunakannya untuk memperkenalkan bisnis kita dan juga mendekatkan hubungan dengan calon pelanggan maupun pelanggan setia.

Melalui media sosial maupun angket atau broadcast message kita bisa lakukan pendekatan personal lho. Contohnya dengan selalu menanyakan bagaimana feedback tentang produk atau jasa yang dipakai oleh customer. Menanyakan apa yang harus diperbaiki dari produk atau layanan kita dan apa kebutuhan customer yang kira-kira belum terpenuhi.

Baca Juga: Fitur-Fitur Instagram Yang Bermanfaat Bagi Bisnis

Cara ini cukup sukses lho jika dilakukan secara konsisten. Karena secara psikologis customer akan lebih mengenal, percaya dan akhirnya memutuskan untuk membeli atau bahkan menjadi bagian dari produk maupun jasa kita.

2. Membangun Komunitas Sosial atau Forum Diskusi

Salah satu cara untuk meningkatkan engagement customer yakni dengan membangun sebuah komunitas sosial atau forum diskusi sehingga customer atau calon customer tidak hanya mendapatkan produk atau jasa, tapi juga keilmuan, networking, hingga pengalaman.

Forum diskusi yang dibuat bisa bertemakan umum. Misalnya saja kalau produk kita adalah skincare, maka kita bisa membuat forum diskusi dengan tema Lifestyle dan Kecantikan. Tiap minggunya, kita bisa juga mengundang narasumber untuk membagikan ilmunya di forum diskusi.

Baca Juga: Tips Desain Kemasan Untuk Menonjolkan Keunggulan Produk dan Citra Brand

Bisa juga lho kita mengambil narasumber dari customer yang memang kompeten di bidangnya. Begitu juga dengan panitia diskusi, kita juga bisa melibatkan customer loyal untuk “tampil”.

Selain untuk membentuk branding kita pun akhirnya bisa meningkatkan customer engagement. Karena pelanggan merasa dilibatkan dengan program-program kita. Seru kan?

Dengan adanya komunitas sosial maupun forum diskusi, kita sebagai penyedia produk maupun jasa pada akhirnya bisa lebih banyak memberikan manfaat tentunya. Tidak hanya manfaat produk atau jasa, tapi juga edukasi dan networking. Sesuatu yang jarang didapatkan oleh para customer sejauh ini.

Baca Juga: 5 Jenis Aplikasi Digital Untuk Bisnis Naik Kelas

Adanya ruang diskusi antar customer dan juga pelaku usaha, kita bisa melakukan engagement lebih jauh karena customer dapat menyampaikan pesan mereka secara dua arah. Sarana ini juga akan lebih efektif untuk membuat customer kita lebih dihargai secara personal.

Forum diskusi dapat dilakukan melalui whatsapp group, Group Facebook, Google Communities, maupun forum daring lainnya, dan dapat digunakn untuk menjaga customer tetap up to date dengan perkembangan bisnis kita melalui pemberian informasi perihal kemunculan produk baru, potongan harga, event berkala, dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Membuat Konten Reels Instragam Jadi Viral

3. Mengadakan Event Berkala

Mengadakan event secara berkala juga dapat meningkatkan customer engagement lho. Karena dengan diadakannya event seperti giveaway, lomba blog, share foto di akun media sosial masing-nasing, dan lainnya tidak hanya dapat meningkatkan perhatian customer kita ke produk bisnis. Tapi juga menghargai upaya mereka dengan memberikan hadiah.

Adanya event berkala tersebut juga dapat meningkatkan promosi secara tidak langsung lho! Itu sebabnya penting banget kita membuat event berkala jika memiliki sebuah bisnis ya!

Baca Juga: Tips Membuat Jadwal Konten di Media Sosial

4. Memberi Customer Wadah untuk Berperan dalam Bisnis Kita

Seperti yang telah saya bahas sebelumnya pada point “memberikan ruang diskusi untuk meningkatkan engagement customer”, kita juga bisa memberi wadah untuk para customer yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan hobi atau bakat yang mereka miliki dari wadah yang kita bentuk atau ciptakan.

Jika kita kebingungan mengembangkan produk terbaru, customer biasanya akan selalu punya jawabannya, beri wadah untuk pelanggan dalam menuangkan ide dan ekspektasi mereka terhadap bisnis dan produk kita. Selain mendapatkan insight mengenai produk yang akan datang, kita juga membuat customer kita lebih dihargai dan dibutuhkan.

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Instagram Untuk Berbisnis, Yuk Simak Tipsnya!

5. Memberi Penghargaan pada Customer

Memberi penghargaan pada customer adalah salah satu bentuk rasa syukur, menurut saya. Ketika kita memberikan penaawaran spesial atau potongan harga pada customer, kita dapat membuat mereka merasa lebih dihargai.

Kita juga dapat membagikan informasi perihal penawaran ini melalui akun-akun media sosial ataupun melalui email. Langkah untuk memberikan penghargaan pada customer ini cukup efektif lho untuk meningkatkan customer engagement.

Penghargaan tersebut bisa berupa fasilitas, barang, atau kupon jika pelanggan kita melakukan pembelian di nominal tertentu.

Baca Juga: Membangun Brand Positioning Agar Bisnis Berkembang

Nah, itulah poin-poin yang bisa Sahabat Wirausaha lakukan untuk meningkatkan customer engagement untuk bisnis. Dari hal-hal yang dijabarkan di atas, tentu kita semua setuju betapa pentingnya komunikasi dua arah antara pelaku bisnis dan customer demi menjaga hubungan, kelangsungan dan perkembangan bisnis kita.

Namun perlu diingat bahwa sebanyak apapun strategi kita dalam memaksimalkan engagement pada pelanggan, tentu kita harus menyeimbangkannya dengan penampilan dan juga kualitas produk yang maksimal. Karena itulah inti dari apa yang kita unggulkan bukan?

Untuk Sahabat Wirausaha yang pernah melakukan langkah-langkah di atas untuk meningkatkan customer engagement, boleh banget yuk bagikan pengalamannya di kolom komentar.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi :

  1. Grints.id
  2. 3D Marketing oleh Faizal Alfa